Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Hampir semua orang niscaya pernah mengalami batuk berdahak. Tidak sedikit pula nan mengobati batuk berdahak tersebut dengan bermacam-macam obat, baik dengan cara alami atau tradisional maupun dengan mengkonsumsi obat-obatan protesis pabrik. Mengobati batuk berdahak dapat dikatakan susah-susah gampang, sebab tak semua orang cocok dengan obat batuk berdahak nan beredar di pasaran atau pun obat batuk berdahak dari dokter.

Bila dipelajari lebih jauh, batuk berdahak ialah salah satu gejala penyakit. Jadi ketika Anda mengalami batuk berdahak, sebenarnya Anda sedang tak mengalami penyakit batuk. Melainkan penyakit lain nan memiliki gejala berupa batuk, misalnya influenza, TBC, atau radang paru-paru. Jika sudah terkena batuk berdahak kita seakan tersiksa dibuatnya, dan tak ada jalan lain selain mencari cara buat mengobati batuk berdahak. Suara batuk berdahak nan khas membuat orang langsung mencari cara buat mengobatinya.



Mengobati Batuk Berdahak - Pengalaman Menderita Batuk Berdahak

Semua orang sudah tentu pernah menderita sakit batuk berdahak bukan? Bagaimana rasanya jika sedang batuk berdahak? Tidak nyaman sekali bukan? Lucunya meskipun kita seringkali menderita batuk berdahak dan mengobati batuk berdahak dengan obat nan biasa kita gunakan buat meredakannya, tetap saja batuk berdahak ini mengintai kita. Kita seaakn tak dapat menghindari kejaran dari batuk berdahak ini.

Batuk berdahak merupakan salah satu bagian dari batuk. Batuk seperti nan kita ketahui teridiri dari batuk berdahak dan batuk kering. Jika disuruh memilih, tentu saja kita tak mengingnkan kedua jenis batuk tersebut menyerang kita. Namun, jika haarus memilih, batuk berdahak lebih mending daripada batuk kering. Batuk kering dapat memicu terjadinya radang tenggorokan, sedangkan batuk berdahak dapat membuat napas kita sesak sebab lendirnya nan menumpuk di panggal tenggorokan tetapi sporadis membuat radang tenggorokan. Kedua jenis batuk terebut cara mengobati batuk berdahak nan agak-agak susah memilihnya.

Anda pernah mengalami batuk berdahak? Bagaimana rasanya? Sangat tak nyaman sekali. Pada awalnya kita akan mengidap batuk berdahak biasanya diawali dengan flu. Flu nan disertai dengan batuk biasanya berupa batuk berdahak, sporadis sekali batuk kering. Jika sudah terkena batuk berdahak biasanya dapat sembuh dalam jangka waktu nan cukup lama. Mengapa demikian? Itu dikarenakan kadar dahak nan ada dalam tenggorokan kita apakah banyak atau tidak, serta mudah dikeluarkan atau tidak. Mengobati batuk berdahak juga demikian, tak dapat dalam waktu singkat.

Mengobati batuk berdahak sejak dulu selalu dicari bagaimana cara mengobati nan paling praktis dan efisien. Batuk berdahak ialah penyakit nan banyak dihindari orang, terutama bagi mereka nan bekerja kantoran. Batuk berdahak dapat menggangu kenyamanan orang bekerja. Hal ini dikarenakan ketika kita batuk, suara nan timbul sangatlah mengerikan, beserta suara dahak nan sangat kentara sekali. Terutama jika diruang kerja Anda menggunakan AC, batuk berdahak Anda sudah dapat dapat dipastikan akan bersahut-sahutan. Jadi, mengobati batuk berdahak dengan cepat dan mudah sangatlah diperlukan.

Mengobati batuk berdahak tak selamanya pergi ke dokter, atau mengobati batuk berdahak tak selalu menggunakan obat nan dijual bebas di apotik. Mengobati batuk berdahak ini juga harus diperhatikan kecocokan obat nan kita minum. Tidak semua orang dapat cocok dengan satu jenis obat batuk berdahak, jadi jangan memaksakan diri Anda meminum obat batuk berdahak nan diminum oleh orang lain jika tak cocok dengan Anda. Sekalipun untuk orang lain cocok, belum tentu ampuh bagi Anda, malah salah mengobati batuk berdahak bisa-bisa batuk Anda tidak kunjung sembuh.



Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Ada banyak cara nan dapat kita lakukan buat mengobati batuk berdahak ini selain dengan menggunakan obat dari dokter. Kita dapat mengobati batuk berdahak dengan mengonsumsi obat batuk berdahak nan alamai. Dengan kata lain, kita dapat mengobati batuk berdahak dengan menggunakan obat nan terbuat dari bahan-bahan nan alami. Saat ini dapat kita lihat sudah banyak obat batuk berdahak nan terbuat dari bahan nan alami. Obat batuk nan ada dipasaran juga terdiri dari berbagai jenis, ada nan kapsul, tablet, bahkan sirup.

Mengobati batuk berdahak harus diperhatikan taraf kepekatan dahaknya. Jika nan mengalami batuk berdahak nan memiliki dahak nan pekat berarti mencari cara mengobati batuk berdahak spesifik buat dahak nan pekat. Mengobati batuk berdahak dengan menggunakan obat batuk spesifik nan memiliki dahak nan pekat berguna buat mengurangi taraf kepekatannya sehingga dahaknya dapat keluar dengan mudah.

Mengobati batuk berdahak sebaiknya menggunakan cara pengobatan nan alami. Kita juga harus ingat imbas negatif dari obat-obatan nan mengandung zat kimia nan bhisa berbahaya bagi organ tubuh nan lainnya. Dengan kata lain, obat batuk berdahak dari obat-obatan nan mengandung zat kimia membawa imbas samping atau kontra indikasi bagi penderitanya. Anda tentu saja tak ingin mengalami risiko tersebut bukan? Nah, lebih baik Anda menggunakan obat batuk berdahak nan alami buat mengobati batuk berdahak Anda.

Bagi Anda nan mengalami batuk berdahak, berikut ialah beberapa tips mengobati batuk berdahak tanpa menggunakan obat-obatan sintetis atau obat-obatan nan mengandung zat kimia:

  1. Perbanyaklah minum air putih, minimal 7-8 gelas per hari. Hal ini dapat membantu mengencerkan dahak nan mengganggu. Jadi, anda tak perlu bersusah payah mengeluarkan dahak sendiri sebab dapat mengakibatkan dinding tenggorokan Anda terluka.

  2. Jagalah tubuh agar terus hangat, misalnya dengan pakai jaket atau selimut ketika tidur. Jika Anda bekerja di ruangan ber-AC sedangkan pada saat itu Anda sedang mengalami batuk berdahak, sebaiknya Anda menggunakan baju hangat atau sweater selama bekerja, jika perlu Anda menggunakan syal. Hawa atau udara nan dingin bila masuk ke dalam hidung akan memicu batuk berdahak.

  3. Sebaiknya jauhi tempat-tempat nan terlalu dingin atau banyak debu. Jika perlu Anda menggunakan masker epilog mulut dan hidung buat mengahalau angin, dan debu nan masuk.

  4. Setiap mandi, dianjurkan buat selalu mandi air hangat. Iar nan hangat selain dapat menghangatkan tubuh juga dapat ikut andil mengencerkan dahak yanga da dalam batang tenggorokan Anda. Demikian juga pada waktu minum, sebaiknya minum air hangat.

  5. Pastikan Anda tak bekerja terlalu berat dan memiliki waktu istirahat nan cukup. Sebenarnya mengobati batuk berdahak ini tak hanya memerlukan obat tetapi istirahat nan cukup. Hal ini dilakukan supaya ada ekuilibrium dalam tubub Anda.

  6. Konsumsi vitamin C sebagai penambah daya tahan tubuh. Vitamin C dapat didapat dari buah atau sayur. Dengan kata lain ganti makanan Anda dengan makanan nan berserat dan mengandung vitamin C nan tinggi, buat asupan vitamin C nan cukup selama menderita batuk berdahak.

  7. Untuk mengobati batuk berdahak dari dalam, Anda dapat meminum ramuan atau jamu tradisional nan bisa dibuat sendiri dengan mudah. Jika tak ada jamu, Anda dapat meminum obat batuk berdahak herbal seperti Komix sirup, OBH Kombi dan sebagainya.

  8. Bila Anda punya Norma merokok, segera hentikan Norma ini. Asap rokok dapat memicu batuk berdahak Anda, bahkan tak akan berhenti Anda batuk. Asap rokok termasuk penyebab lain nan membuat batuk berdaha kita keluar selain angin dan debu.


Bahan Alami buat Mengobati Batuk Berdahak

Lalu jika kita ingin mengobati batuk berdahak secara alami, bahan alami apa saja nan dapat kita gunakan buat mengobati batuk berdahak ini? Anda dapat menggunakan bahan alami sebagai berikut buat mengobati batuk berdahak Anda:



Jeruk nipis

Ramuan nan paling banyak dipakai buat mengobati batuk berdahak ialah campuran jeruk nipis dengan kecap, namun Anda juga dapat mencampur air perasan jeruk nipis dengan madu.

Peraslah jeruk nipis sebanyak satu sendok teh, lalu campurkan dengan madu secukupnya. Minum ramuan ini setidaknya 2-3 kali sehari.



Jahe

Jahe memiliki kandungan zat anti bakteri nan cukup baik, selain itu jahe juga dapat menghangatkan tubuh. Untuk mengobati batuk berdahak, Anda dapat meminum sari jahe hangat, atau membuat ramuan tertentu.

Siapkan jahe dan kencur secukupnya, cuci lalu iris hingga tipis. Rebus bahan-bahan tersebut, lalu saring buat mendapatnya air rebusannya saja. Campur dengan jeruk nipis atau madu, dan minum 1-2 kali sehari.



Daun sirih

Salah satu bahan alami buat mengobati batuk berdahak ialah daun sirih. Siapkan sekitar 5 lembar daun sirih nan sudah dicuci bersih, rebus hingga mendidih. Agar terasa lebih nikmat, Anda juga dapat mencampurnya dengan potongan jahe atau jahe nan sudah digeprek (dipukul hingga pecah).

Minumlah air rebusan ini 1-2 kali sehari agar tubuh tetap hangat dan lebih sehat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements