Gagal Ginjal dan Gejalanya

Gagal Ginjal dan Gejalanya

:

Banyak sekali artikel penyakit gagal ginjal yang beredar di internet. Dari mulai pengertian ginjal, bentuk ginjal, penyakit gagal ginjal hingga pengobatannya banyak dijelaskan pada artikel nan tersebar di Internet.

Sayangnya, artikel penyakit gagal ginjal nan beredar hanya sedikit nan menjelaskan tips agar terhindar dari penyakit gagal ginjal. Kebanyakan artikel tersebut diakhiri dengan iklan pengobatan gagal ginjal. Untuk itu pada artikel ini, selain dijelaskan tentang ginjal dan penyakit ginjal dijelaskan pula tips agar terhindar dari penyakit nan satu ini.



Struktur Organ Ginjal

Ginjal merupakan organ nan berbentuk kacang nan ter;etak di belakang perut dan memiliki fungsi buat menyaring kotoran. Kotoran tersebut kemudian dibuang oleh ginjal bersama air sehingga mengeluarkan urine.

Kandungan air dalam darah, ion mineral, serta pH ialah unsur-unsur dalam tubuh nan diatur oleh Ginjal. Ginjal merupakan organ tubuh nan penting. Jika seseorang tak punya ginjal, ia harus melakukan terapi pengganti ginjal.

Jika ginjal nan dimiliki hanya satu, orang tersebut masih dapat dapat hayati meskipun kesehatannya berbeda dengan orang nan memiliki dua ginjal. Untuk lebih mengenal ginjal, akan dijelaskan struktur ginjal nan terbagi ke dalam tiga bagian struktu seperti dijelaskan berikut ini.



1. Kulit ginjal

Kulit ginjal sering juga disebut (korteks) merupakan bagian ganjil loka adanya glomerulus dan simpai Bowman. Kedua bagian ini saling bekerjasama nan kemudian membentuk Badan Malpighi.

Fungsi dari bagian ini ialah buat memproses penyaringan darah. Badan malpighi erat kaitannya dengan nefron, Nefron, merupakan sebuah unsur nan terstruktur dari ginjal. Nefron dibentuk dan berasal dari badan malpighi ini.



2. Rongga ginjal

Bagian ini di sebut juga sebagai pelvis renalis. Rongga ginjal merupakan muara dari saluran pengumpul. Urine, disebut juga sebagai air seni keluar dari bagian saluran ureter nan berasal dari rongga ini.

Setelah itu urine bergerak ke bagian kandung kemih. Melalui saluran ureta, urine keluar dari tubuh setelah sebelumnya berada di kandung kemih.



3. Sumsum ginjal (medula)

Badan malphigi sangat berpengaruh pada bagian ini. Sumsum ginjal atau medula, merupakan susunan dari saluran-saluran nan berasal dari saluran nan ada di bagian dan badan malphigi.

Sumsum gnjal punya tugas sebagai pelapis dalam ginjal. Pada sumsum ginjal ini terdapat sebuah jaringan berbentuk kerucut. Bagian ini bertugas dalam mengumpulkan khasil ekskresi.



Gagal Ginjal dan Gejalanya

Artikel ini akan membahas terlebih dahulu ciri-ciri orang nan terkena penyakit ini. Ciri-ciri seseorang terkena penyakit ginjal ialah terserang gejala-gejala semacam bengkak pada mata, kurangnya nafsu makan, air kencing nan keluar sedikit serta badan terasa lemas.

Selain itu, gejala lain nan sering muncul juga ialah sering merasa mual, sering kencing, dan juga bengkak. Spesifik gejala kencing, seringkali terjadi perubahan pada rona seni.

Jika Anda terkena gejala-gejala semacam itu sebaiknya Anda periksakan diri ke dokter. Siapa tahu Anda terserang penyakit ini dan masih dapat dicegah semenjak dini. Karena penyakit ini kadang tak disadari, ada baiknya memang diperiksa buat berjaga-jaga.

Jangan dianggap enteng, gejala gagal ginjal selalu diabaikan oleh banyak orang dan hanya dianggap penyakit biasa. Untuk lebih jelasnya, berikut gejala gagal ginjal nan kadang tak disadari oleh orang-orang.



• Gatal di kulit nan berlebihan

Rasa gatal pada dapat jadi dampak ginjal mengalami gangguan. Fungsi ginjal sebagai pembuang kotoran terhambat atu ada gangguan dari hal lain. Terganggunya ginjal ini bisa menyebabkan bertumpuknya kotoran di dalam tubuh.

Akibat hal ini tubuh terserang rasa gatal mengakibatkan rasa gatal nan hiperbola pada kulit. Bukan hanya itu saja, pergelangan kaki, tangan, dan beberapa bagian tubuh lain akan terkena bengkak sebagai akibat dari terganggunya fungsi ginjal ini.



• Sakit di Sekitar Daerah Pinggang.

Sakit pinggang ialah sakit nan biasa. Seringkali orang menganggap sakit ini dampak faktor kelelahan sebab tubuh bekerja seharian. Jika masalahnya sederhana tak akan jadi masalah namun jika sakit pinggang terjadi terus menerus hal tersebut perlu diwaspadai. Sakit pinggang tersebut dapat diakibatkan sebab penyakit batu ginjal .



• Tubuh Merasa Kedinginan.

Tubuh nan menggigil biasanya sering dianggap sebagai penyakit demam biasa. Jika demam ini terus menyerang apalagi saat bangun tidur, Anda perlu hati-hati. Apalagi jika Anda di suhu nan hangat tetapi badan merasa kedinginin, ada kemungkinan Anda sudah terserang gejala awal gagal ginjal.



• Sesak Nafas.

Gangguan pernapasan ini ada kemungkinan diakibatkan ginjal tak berfungsi dan menghambat saluran paru-paru. Ada dua jenis akibat dari sesak napas ini. Yang pertama sebab gangguan cairan nan menghambat pernapasan dan nan kedua sebab anemia. Gejala ini juga mengakibatkan Anda tak dapat tidur dan tubuh merasa sangat berat saat beraktivitas.



Penyebab Terjadinya Gagal Ginjal

Ada beberapa karena mengapa seseorang terkena penyakit gagal ginjal. Salah satunya disebabkan oleh penyakit lain nan mengakibatkan kerusakan secara perlahan pada organ ginjal. Penyebab terserangnya seseorang terkena gagal ginjal ialah sebab pertama, orang tersebut mengidap diabetes mellitus.

Penyakit berbahaya ini akan berakibat pada kerusakan badan termasuk ginjal. Kedua dapat disebakan sebab tekanan darah nan teramat tinggi. Selain itu, penyebab gagal ginjal dapat disebabkan sebab saluran kemih nan tersumbat, kelainan autoimun, dan mengidap kanker.



Tips Mencegah Penyakit Gagal Ginjal

Sedia payung sebelum hujan, begitulah kira-kira peribahasa nan pas buat mereka nan ingin menjaga kesehatannya. Sebelum terjadi sesuatu dengan bagian tubuh Anda, sebaiknya lakukan tips berikut ini. Berikut ini beberpa tips nan akan lebih baik dibandingkan tak berbuat apa-apa dan menunggu penyakit datang.



• Olah Raga

Salah satu kegiatan pengusir penyakit ialah rajin berolahraga. Selain menyehatkan, olahraga nan teratur juga mampu membuat tubuh lebih dan muka tam[ak awet muda. Tidak perlu ke gym, Anda hanya perlu melakukan olahraga santai semisal lari pagi atau jalan santai minimal seminggu dua kali.



• Berhenti Merokok

Tips nan satu ini biasanya sulit dijalani bagi mereka nan sudah candu dengan rokok, Padahal sudah sering pihak-pihak nan peduli kesehatan menyarankan agar para perokok berpikir ulang tentang kegiatan merokoknya. Nikotin dalam rokok sangat berbahaya.

Nikotin ini bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh terutama paru-paru dan ginjal.



• Menjaga Berat Badan

Dari sekarang mulai kurangi konsumsi makanan berlemak. Lemak hanya akan menambah kadar kolestrol dalam darah. Kontrol pula berat Anda agar tak terlihat gemuk. Obesitas dapat membuat Anda terkena berbagai penyakit. Untuk itu, jagalah badan dan bila diperlukan lakukan check up ke dokter ahli.



• Perbanyak Air putih

Daripada memakan makanan nan tak jelas dan minuman bersoda nan malah menambah lemak, sebaiknya Anda minum air putih nan sangat banyak.

Penuhi kebutuhan air putih Anda minimal delapan gelas sehari. Air putih selain murni dan netral juga dapat membuat Anda terhindar dari nafsu memakan makanan berlemak.

advertisements

Tips Sehat

advertisements