Cara Buat Susu Kedelai

Cara Buat Susu Kedelai

Mungkin, beberapa di antara Anda ada nan tak suka meminum susu sapi sebab dianggap bau amis. Meskipun susu sapi telah disediakan dalam berbagai rasa, Anda tetap enggan meminumnya.

Bagi Anda nan memang sangat "bermusuhan" dengan susu sapi, susu kedelai ialah pilihan tepat. Mengingat pentingnya peran susu bagi kesehatan, Anda harus berusaha meminum susu. Salah satunya, susu kedelai. Cara untuk susu kedelai tergolong mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Kandungan serta kegunaan susu kedelai tak jauh berbeda dengan susu sapi. Bahkan, lebih baik dari susu sapi. Yang membedakan hanyalah sumber susu dan rasa. Warnanya pun tak jauh berbeda, yaitu putih kekuningan. Jika selama ini kedelai lebih identik dan dikenal sebagai bahan standar pembuatan tahu dan tempe, ternyata kedelai pun bisa dijadikan bahan dasar pembuatan susu. Seperti kita ketahui bahwa tahu dan tempe merupakan sumber protein, begitupun susu kedelai.



Manfaat Kandungan Susu Kedelai

Kedelai bukan hanya tanaman biasa nan tak memiliki khasiat atau hanya makanan camilan saja. Kedelai juga memiliki kandungan nan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain sebagai camilan. Kedelai juga dipakai sebagai susu alternatif. Maksud dari sus alternatif ialah susu selain susu nan biasanya didapatkan dari sapi. Bagi nan tak doyan atau tak mau susu sapi maka susu kedelai dapat menjadi alternatif buat tetap dapat sehat dengan meminum susu tanpa ada rasa amis nan biasa inheren pada susu sapi.

Kandungan protein dalam susu kedelai memiliki fungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Fungsi ini hampir sama dengan vitamin c nan dipercaya buat memberikan kekebalan tubuh.

Sebagaimana orang sering memburu buat memakan jeruk demi mendapatkan vitamin c nan terkandung di dalam jeruk tersebut. Semuanya itu tak lain ialah supaya kondisi tubuh tetap terjaga dari penyakit dengan meningkatnya daya tahan tubuh.

Kedelai juga mampu memberikan kegunaan seperti memperbaiki sistem jaringan nan telah rusak, serta mengendalikan pertumbuhan tubuh agar tetap stabil. Dengan demikian proses penyembuhan akan semakin cepat ketika terjadi kerusakan sistem jaringan nan ada di dalam tubuh.

Selain protein, susu kedelai mengandung zat bermanfaat lain, yaitu karbohidrat, lemak nabati, serat atau fiber, vitamin A, vitamin B1 dan B2, vitamin E, mineral, polisakarida, kolesterol baik (HDL), dan kalsium.

Selain itu, susu kedelai mengandung salah satu zat nan terbilang ajaib, yaitu isoflavon . Isoflavon berguna buat menyehatkan tubuh sehingga tubuh lebih bugar dan terhindar dari berbagai agresi penyakit.

Kesehatan sangat krusial bagi tubuh setiap orang. Tentunya semua orang ingin sehat setiap hari dan setiap saat. Oleh karenanya, dengan mengkonsumsi susu kedelai ini maka kesehatan tubuh dapat lebih terjaga sebab adanya kandungan dari isoflavon nan berfungsi buat menyehatkan tubuh.

Manfaat lain susu kedelai ialah sebagai cara berdiet nan sangat baik. Kandungan lesitin dalam susu kedelai sangat cocok bagi Anda nan sedang melakukan diet. Susu kedelai pun hadir sebagai alternatif susu bagi Anda nan vegetarian.

Ketika anda menjalani program diet maka jangan takut buat meminum susu. Susu nan satu ini tak akan membuat perut anda atau pun program diet nan sedang anda jalani menjadi terganggu.

Malah dengan mengkonsumsi susu nan satu ini akan ikut membantu kelancaran dan kesuksesan dari program diet nan sedang anda jalani tersebut. Semua itu dikarenakan susu kedelai sangatlah berbeda dengan susu sapi.

Susu kedelai tak mengandung lemak berlebih seperti nan ada pada susu sapi. Jadi ketika anda meminum susu kedelai malah akan lebih bagus sebab adanya kandungan lesitin di dalam susu kedelai serta kandungan lemaknya nan tak seperti pada susu sapi.



Cara Buat Susu Kedelai

Susu kedelai bisa dikatakan sebagai produk susu termurah sebab bisa dibuat atau diproduksi sendiri. Namun, jangan lupa. Pilihlah kedelai berkualitas baik. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembuatan susu kedelai.

1. Perendaman

Biji kedelai dibersihkan dan direndam sekitar 10-16 jam. Bila sempat, sebaiknya Anda menguliti biji kedelai dan membilasnya dengan air. Biji kedelai nan dikuliti akan menghasilkan ekstrak atau sari susu kedelai nan lebih baik. Prosesnya pun lebih efisien dibanding biji kedelai nan tak dikuliti.

Anda nan ingin melakukan pembuatan susu kedelai maka langkah nan paling pertama buat dilakukan ialah perendaman biji kedelai itu sendiri. Tentu saja biji kedelai tersebut telah dicuci higienis sehingga terpisah dari kotora-kotoran nan menempel pada biji kedelai itu sendiri.

Proses perendaman dilakukan agar ketika proses penggilingan biji kedelai akan lebih mudah dibandingkan dengan menggilingnya langsung tanpa harus melakukan perendaman. Tentu saja proses penggilingan tanpa perendaman akan banyak mengalami kesulitan. Oleh karenanya lakukan perendaman terlebih dahulu sebelum dilakukan proses penggilingan biji kedelai.

2. Pemanasan

Proses ini merupakan langkah nan bersifat opsional, boleh dilakukan dan boleh tidak. Hal itu sebab pemanasan hanya bertujuan sebagai penghilang bau langu pada biji kedelai. Biji kedelai nan sudah direndam bisa dipanaskan dalam microwave selama 2 menit.

Karena memang hanya bersifat opsional maka dapat anda lakukan dan juga tidak. Semuanya bergantung pada diri anda sendiri. Jika tak menginginkan adanya bau pada susu kedelai nan akan anda minum tadi maka hendaknya dilakukan pemanasan terlebih dahulu.

Namun jika hal tersebut bukanlah hal nan dapat jadi masalah bagi anda maka bisa dilakukan proses penggilingan tanpa ada proses pemanasan terlebih dahulu. Semuanya akan kembali pada diri anda sendiri, toh nan minum juga anda bukanlah orang lain.

3. Penggilingan

Biji kedelai nan sudah melalui perendaman dicampur dengan satu liter air dan digiling menggunakan blender. Setelah campuran air dan biji kedelai terlihat merata dan menyerupai rona susu, hentikan penggilingan. Kemudian, saring campuran tersebut buat memisahkan sari susu dan ampas kedelai.

Penggilingan dilakukan buat mendapatkan bubuk kedelai nan akan digunakan menjadi susu kedelai. Penggilingan juga dapat dilakukan langsung bersama dengan air. Proses ini buat mempermudah mencampurkan air dengan kedelai.

Setelah air tercampur dengan kedelai maka proses buat mendapatkan susu kedelai hampir selesai. Dan bentuk dari kedelai sekarang hampir menyerupai dari sebuah susu.

Penggilingan biasanya dilakukan dengan menggunakan mesin penggiling nan orang generik biasa menyebutnya dengan blender. Dengan adanya blender ini maka lebih memudahkan dalam proses mendapatkan sari kedelai atau susu kedelai.

Hanya dalam hitungan menit saja, biji kedelai nan masih berupa utuh dapat hancur dan manunggal dengan air nan nantinya akan menjadi susu kedelai. Tentu saja dengan catatan ada sumber daya nan berupa listrik dan mesin penggiling berupa blender.

4. Perebusan

Panaskan susu kedelai hingga mencapai titik didih sekitar 5-10 menit. Perebusan ini bertujuan agar susu kedelai matang sehingga dapat lebih awet. Setelah matang, susu kedelai diangkat dan tunggulah sampai dingin. Setelah dingin, susu kedelai siap dinikmati. Susu kedelai bisa bertahan hingga tiga hari jika disimpan dalam lemari es.

Proses perebusan juga bertujuan sebagai wahana sterilisasi dari berbagai bakteri nan dimungkinkan ikut singgah ke biji kedelai. Dengan adanya proses pemanasan berupa perebusan sari kedelai nan didapatkan dengan cara digiling maka bakteri akan mati. Selain itu juga, susu kedelai juga akan bertahan lebih lama.

Biasanya sebelum diminum hasil dari proses penggilingan dan pemanasan akan disaring terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar ampas kedelai nan telah diblender tak ikut tertelan atau malah menjadi penggangu ketika minum sari kedelai atau nan biasa disebut dengan susu kedelai.

5. Pemberian Rasa

Sebenarnya, susu kedelai tanpa rasa pun sudah sangat baik bagi kesehatan. Namun, jika ingin merasakan sensasi nan lebih nikmat, Anda bisa menambahkan gula sebagai perasa. Selain gula, Anda dapat mencampur susu kedelai dengan buah-buahan sehingga kandungannya semakin baik dan tentu saja nikmat.

Selain gula juga dapat diberi rasa lain agar lebih majemuk supaya tak bosan ketika harus meminum susu kedelai. Rasa nan diberikan juga dapat rasa strawberi atau vanila ataupun rasa lain nan disukai.

Dengan adanya majemuk rasa tersebut. Tentunya anda akan tak bosan ketika setiap hari harus meminum susu kedelai.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik buat membuat susu kedelai? Selamat mencoba!

advertisements

Tips Sehat

advertisements