Manfaat Jus Nanas

Manfaat Jus Nanas

Nanas. Siapa nan tak mengenalnya? Buah tropis ini sangat disukai. Terlebih lagi, bila buahnya diolah menjadi jus. Selain itu, nanas juga dapat dimanfaatkan buat membuat saus asam manis. Nanas merupakan keluarga Bromeliaceae. Nanas memiliki rasa manis dan asam. Wujudnya berwarna kuning cerah, sungguh menarik selera.

Salah satu enzim krusial dalam nanas ialah bromelain. Manfaat jus nanas sebab ia banyak mengandung sulfur dan senyawa protein nan membantu pencernaan.



Sejarah Singkat Nanas

Nanas merupakan tanaman buah berupa semak nan memiliki nama ilmiah Ananas comosus . Memiliki nama daerah danas (Sunda) dan neneh (Sumatera). Dalam bahasa Inggris disebut pineapple dan orang-orang Spanyol menyebutnya pina. Nanas berasal dari Brasilia (Amerika Selatan) nan telah di domestikasi di sana sebelum masa Colombus.

Pada abad ke-16 orang Spanyol membawa nanas ini ke Filipina dan Semenanjung Malaysia, masuk ke Indonesia pada abad ke-15, (1599). Di Indonesia pada mulanya hanya sebagai tanaman pekarangan, dan meluas dikebunkan di huma kering di seluruh wilayah nusantara. Tanaman ini kini dipelihara di daerah tropik dan sub tropik.

Buah nanas selain dikonsumsi segar juga diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman, seperti selai, buah dalam sirop dan lain-lain. Rasa buah nanas manis sampai agak masam segar, sehingga disukai masyarakat luas. Disamping itu, buah nanas mengandung gizi cukup tinggi dan lengkap.

Buah nanas mengandung enzim bromelain, (enzim protease nan bisa menghidrolisa protein, protease atau peptine), sehingga bisa digunakan buat melunakkan daging. Enzim ini sering pula dimanfaatkan sebagai alat kontrasepsi Keluarga Berencana.



Manfaat Jus Nanas

Nanas merupakan buah nan banyak bermanfaat buat kesehatan. Setidaknya ada 9 alasan kenapa nanas patut buat dikonsumsi. Buah nanas banyak dikonsumsi oleh masyarakat baik sebagai buah asli, jus atau dapat juga dicampurkan dalam salad buah, asinan dan rujak. Nanas merupakan salah satu buah tropis nan dapat memberikan imbas segar bagi nan mengonsumsinya. Berikut beberapa manfaat jus nanas nan membuat tubuh sehat.

  1. Kaya Vitamin dan Mineral. Manfaat konkret dari nanas ialah mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, kalium, serat dan vitamin C. Di samping itu rendah lemak dan kolesterol.

  2. Memperkuat Tulang. Salah satu kegunaan dari nanas ialah membantu membangun tulang nan sehat. Nanas kaya mangan, mineral nan diperlukan bagi tubuh buat membangun tulang dan jaringan ikat. Hanya satu cangkir nanas memberikan 73 persen dari jumlah nan disarankan harian mangan.

  3. Manfaat nanas bisa mempengaruhi pertumbuhan tulang pada orang muda dan penguatan tulang pada orang tua.

  4. Baik buat Gigi. Gusi memegang gigi pada tempatnya dan gigi akan berada dalam kondisi nan jelek jika Anda memiliki gusi tidak sehat. Dengan makan nanas, Anda memperkuat gusi selama bertahun-tahun kemudian.

  5. Mencegah Degenerasi Makula. Nanas mengandung banyak beta karoten nan baik buat mata dan penglihatan. Studi menunjukkan bahwa makan tiga atau lebih porsi nanas sehari bisa menurunkan kesempatan mendapatkan degenerasi makula nan berkaitan dengan usia, penyebab primer kehilangan penglihatan pada orang tua.

  6. Membantu Arthritis. Bromelain pada nanas juga dianggap sebagai anti inflamasi nan efektif. Konsumsi secara teratur setidaknya satu setengah cangkir nanas segar harian diakui bisa meringankan nyeri sendi pada osteoarthritis. Di Jerman, bromelain disetujui sebagai obat pasca-cedera sebab dianggap buat mengurangi inflamasi dan pembengkakan.

  7. Meredakan Batuk dan Pilek. Manfaat nanas ketika Anda terserang flu atau batuk ialah sama dengan kegunaan dari jus jeruk, tetapi ada laba tambahan dari nanas. Bromelain nan ditemukan dalam nanas, telah ditemukan buat membantu menekan batuk dan melonggarkan lendir.

  8. Melancarkan Pencernaan. Bromelain nan ditemukan dalam nanas membantu dalam pencernaan. Makan satu pangkas nanas setelah makan akan mengurangi gas, kembung, mual, sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar. Jus nanas segar juga membantu dalam menghilangkan cacing usus.

  9. Meringankan Sinusitis dan Bronchitis. Bromelain telah terbukti bermanfaat buat infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti sinusitis dan bronkitis. Bromelain membantu mengurangi inflamasi hidung dan memecah lendir di hidung, sinus dan daerah pernapasan.

  10. Mengurangi risiko penggumpalan darah dan penyakit jantung. Nanas bisa membantu mengurangi risiko bekuan darah, dengan demikian juga mencegah terjadinya masalah pada jantung.


Nanas Kaya Akan Antioksidan

Nanas merupakan sumber vitamin C sehingga memberikan konservasi terhadap radikal bebas, nan bisa merusak sel-sel sehat. Penumpukan radikal bebas menyebabkan atherosklerosis , penyakit jantung, agresi asma, dan meningkatkan risiko kanker.

Radikal bebas juga ditengarai sebagai pemicu osteoarthritis dan rematik. Vitamin C ialah antioksidan nan larut dalam air. Ia telah terbukti mencegah kondisi tersebut di atas. Vitamin C juga membantu sistem imun melawan flu.



Mangan dan Nanas

Nanas merupakan sumber nan kaya akan mangan. Mangan ialah mineral esensial dalam enzim nan krusial buat memproduksi energi. Nanas juga mengandung thiamin (vitamin B1) dalam jumlah banyak. Thiamin berperan dalam enzim nan memproduksi energi.



Penurunan Fungsi Penglihatan

Nanas menjaga kesehatan fungsi mata, membantu mencegah penyakit dan kerusakan sel-sel mata. Segelas jus nanas setiap hari membantu mencegah penurunan fungsi penglihatan.



Batang Nanas

Penelitian terakhir menunjukkan bahwa di dalam batang nanas terkandung molekul-molekul nan bisa melawan jenis kanker tertentu. Di antaranya, kanker ovarium, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker kulit.



Memilih dan Menyimpan Nanas

Pilihlah nanas nan terasa berat, terlihat bersih, dan tak memiliki jamur di permukaan luarnya. Setelah dipetik, nanas berhenti matang. Oleh sebab itu, jangan memilih nanas nan belum matang.

Nanas bisa disimpan pada suhu kamar. Meski demikian, nanas mudah busuk. Untuk mempertahankan kesegarannya, bungkus nanas dalam plastik lalu simpan di dalam lemari es. Nanas tersebut bisa bertahan hingga lima hari.

Jika memotong nanas, simpan segera bagian tersisa dalam kontainer rapat udara pada lemari es. Konsumsi sesegera mungkin. Terlalu lama menyimpan dalam lemari es bisa mengubah rasanya.

Efek Samping Nanas

Tidak semua orang bebas mengonsumsi nanas dan merasakan kegunaan jus nanas . Buah nan satu ini mempunyai imbas samping, antara lain:

  1. Menggugurkan kandungan. Nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau homogen obat nan bisa menggugurkan kandungan. Makanya, nanas sering digunakan buat mengatasi haid nan terlambat. Wanita hamil disarankan buat tak mengonsumsi nanas muda.

  2. Memicu rematik. Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini dapat memicu kekambuhan rematik gout. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan buat membatasi konsumsi nanas.

  3. Meningkatkan gula darah. Buah nanas masak mengandung kadar gula nan cukup tinggi. Penderita diabetes sebaiknya tak mengonsumsi nanas secara berlebihan.

  4. Menimbulkan rasa gatal. Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya sebelum dimakan, rendamlah potongan buah nanas dengan air garam.


Membuat Jus Nanas

Jus Nanas

Bahan:

  1. Setengah buah nanas, dipotong-potong
  2. 3 gelas air matang
  3. Gula sinkron selera
  4. Es batu sinkron selera

Cara Membuat:

Masukkan semua bahan ke dalam blender. Saring. Lalu, sajikan segera.

***

Bolinesse Fresh

Bahan:

  1. 200ml Jus buah nanas
  2. 250ml Jus jeruk
  3. 100ml Sirup markisa
  4. 50ml Sirup strawberry
  5. 50ml Sirup melon

Cara Membuat:

  1. Campur dan aduk semua bahan hingga rata.
  2. Masukkan ke dalam lemari pendingin.
  3. Sediakan tiga buah gelas, tuang campuran jus, sajikan dingin.

***

Punch Jambu Nanas

Bahan :

  1. 300 gr jambu merah tanpa biji
  2. 200 gr nanas
  3. 200 ml air manis
  4. 80 gr gula pasir

Bahan Pelengkap :

  1. 300 ml air soda tawar dingin
  2. 200 gr es batu

Cara Membuat :

  1. Blender semua bahan sampai lembut, tambahkan bahan pelengkap. sajikan.

***

Squash Jahe Timun Nanas

Bahan :

  1. 100 ml air panas
  2. 100 gram ketimun, potong-potong
  3. 250 gram nanas, potong-potong
  4. 1 sachet minuman jahe instan
  5. 2 sendok madu
  6. 250 gram es serut

Cara Membuat :

  1. Larutkan minuman jahe instan dengan air panas, dinginkan
  2. Masukan ke dalam mangkuk/ gelas blender nanas, timun, madu dan es serut, tambahkan air jahe
  3. Blender hingga halus
  4. Sajikan dengan minuman soda tawar dingin

***

Jus Jambu Merah Nanas

Bahan Primer :

  1. 300 gr jambu merah tanpa biji
  2. 200 gr nanas
  3. 200 ml air manis
  4. 80 gr gula pasir

Bahan Pelengkap :

  1. 300 ml air soda tawar dingin
  2. 200 gr es batu

Cara Membuat :

  1. Blender semua bahan sampai lembut
  2. Tambahkan bahan pelengkap.
  3. Sajikan.

***

advertisements

Tips Sehat

advertisements