10 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

10 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Banyak sekali kegunaan nan terkandung di dalam buah alpukat bagi kesehatan manusia. Hal itu mulai disadari oleh masyarakat sehingga kita bisa selalu menemukan tumpukan buah ini di supermarket, pasar, dan tokoh buah. Buah berwarna hijau dan merah ini pun tergolong buah nan murah, kisaran harganya rata-rata Rp 10.000/kg. Harga buah ini nan murah menjadi salah satu faktor mengapa buah ini populer di masyarakat.

Buah alpukat memiliki rasa nan enak, unik, dan khas nan membuat buah ini dapat dibuat menjadi berbagai variasi makanan dan minuman. Tidak mengherankan bila Anda menemukan makanan dan minuman nan terbuat dari buah ini di menu restoran. Banyak juga chef terkenal di restoran nan menambahkan buah ini sebagai pendobrak rasa.



Kandungan Gizi Buah Alpukat

Buah ini diperkirakan berasal dari Mexiko dan negara Amerika lainnya. Namun seiring kepopulerannya, maka buah ini dibudidayakan di seluruh negara di dunia, termasuk di tanah air. Mungkin banyak orang nan melakukan diet atau menjaga berat badan mengira bahwa buah ini tak baik bagi dirinya sebab mengandung banyak kalori.

Menurut pakar gizi, kandungan buah ini sekitar 300 kalori per buah. Dengan kalori sebanyak itu, Anda dapat memenuhi hampir 30% dari kebutuhan kalori per hari dengan makan satu buah. Sebenarnya, pelaku diet dapat menikmati enak dan segarnya buah ini dengan menjaga pola makan. Misalnya, ketika memakan menu dari buah ini, maka pelaku diet sebaiknya mengurangi porsi makanan nan mengandung kalori berlebih seperti nasi, roti dan lainnya.

Kandungan vitamin nan ada di buah alpukat sangat banyak. Bahkan, ada pakar kesehatan mengatakan bahwa kandungan vitamin dalam buah ini super kaya bila dibandingkan dengan buah nan lain. Vitamin nan terkandung di buah ini ialah vitamin A, C, E, K, dan B6.

Kebutuhan tubuh akan vitamin setiap harinya setidaknya dapat terpenuhi 50% bila Anda menjadikannya makanan keseharian. Penelitian modern ternyata menemukan kandungan lain dalam buah ini, yaitu karotenoid lutein, zeaxanthin, riboflavin, niacin, folate, dan pantothenic acid.

Nutrisi hebat lain dalam buah ini ialah potasium. Satu buah alpukat memiliki sekitar 1000 mg potasium. Dengan angka sebesar itu maka bisa dikatakan bahwa buah ini ialah buah nan kaya akan potasium.



10 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Banyak kegunaan nan dapat diperoleh dari mengonsumsi buah ini. Para pakar gizi, bidan, dokter dan praktisi kesehatan sangat menyarankan Anda buat mengkonsumsinya secara rutin agar mendapatkan berbagai kebaikan darinya. Manfaat buah alpukat bagi kesehatan di antaranya:



1. Menjaga Jantung

Buah nan kaya akan folat ini bisa mengurangi agresi penyakit jantung. Menurut penelitian terbaru, kandungan vitamin nan ada di buah ini sangat baik bagi kesehatan jantung. Maka dari itu, tak ada salahnya bagi Anda nan menjaga kesehatan jantung buat beralih menu kepada makanan dan minuman nan terbuat dari buah buaya ini.



2. Menjaga Kebugaran Tubuh

Kandungan antioksidan nan ada di buah ini ternyata sangat baik buat menjaga tubuh dari agresi polusi udara. Bila Anda hayati di kota besar seperti Jakarta, mengonsumsi buah ini sebanyak satu buah setiap harinya berguna buat menjaga tubuh Anda dari imbas negatif nan disebabkan oleh racun polusi udara.

Selain itu, antioksidan bisa menjaga Anda dari agresi penyakit rheumatoid dan osteo-arthritis. Belum lagi vitamin C dan E pastinya akan membuat tubuh semakin imun terhadap penyakit ringan, seperti pegal-pegal, sariawan, radang tenggorokan, dan flu.



3. Baik buat Diet

Bila Anda sekarang sedang diet, maka segera beralihlah ke alpukat sebab Anda dapat berdiet sehat dengannya. Memakan buah ini bisa memberikan gizi super bagi Anda dan Anda dapat menyerap nutrisi sebanyak 300% per hari. Kenapa dapat sampai 300%? Telah dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan buah ini sangat banyak dan bila Anda beralih dari makan nasi ke makan buah ini berarti Anda mendapatkan lebih banyak nutrisi.



4. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin E nan banyak dalam buah ini akan membuat kulit Anda sehat. Para pakar sepakat bahwa vitamin E dan antidioksidan nan ada dalam buah ini sangat baik buat menjaga kebugaran dan kesegaran kulit Anda. Dengan vitamin E, juga Anda dapat terhindar dari penuaan dini.

Harga alpukat nan murah tentunya akan membuat kantong Anda tak terkuras dalam menjaga kulit sebab kita ketahui bahwa kosmetik buat kesehatan kulit dan penuaan dini dapat menghabiskan jutaan rupiah buat setiap bulannya.



5. Memperbaiki Penglihatan

Kandungan lutein dan zeaxanthin nan ada pada buah alpukat sangat baik buat mata Anda. Menurut para pakar mata, lutein dan zeaxanthin ternyata bisa menjaga mata dari degradasi penglihatan sebab bertambahnya umur.

Karotenoid lutein juga bisa menjaga mata Anda dari penyakit mata seperti katarak. Dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin, maka Anda tak akan memakai kacamata plus pada masa tua Anda atau sekitar 50 tahun ke atas.



6. Menghidari Penyakit Kanker

Ada sumber nan menyebutkan bahwa jumlah penderita kanker di Indonesia sangat besar, yaitu menempati peringkat 3 dunia. Jenis kanker nan kebanyakan diderita ialah kanker payudara. Nah, kandungan antioksidan pada buah ini dapat membuat hati Anda tenang sebab resiko agresi kanker tersebut setidaknya bisa dikurangi bila Anda memakan buah ini secara rutin.



7. Menjaga Tekanan Darah

Tingginya potasium pada buah ini bisa menstabilkan tekanan darah Anda. Ini berarti Anda tak usah risi akan agresi darah tinggi. Agresi darah tinggi menurut dokter ialah salah satu penyebab dari penyakit stroke, penyakit nan membuat tubuh wafat suri/tidak bisa bergerak separuh tubuh. Dengan potasiumnya nan tinggi maka agresi penyakit sirkulasi darah lainnya juga bisa diminimalisir.



8. Baik Untuk Ibu Hamil

Kandungan gizi super nan ada pada alpukat bisa memberikan asupan gizi pada ibu hamil dan janinnya. Vitamin A, C, E, K dan B6 merupakan gizi krusial bagi ibu hamil supaya sehat dan tetap beraktifitas secara normal. Dan nan terpenting ialah folat, sebab menurut dokter kandungan bahwa zat ini akan menambah kecerdasan otak janin. Folat juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh janin dari berbagai penyakit.



9. Memperbaiki Pencernaan

Kandungan enzim alpukat bisa memperbaiki kesehatan pencernaan Anda, terutama dalam hal penyerapan nutrisi makanan. Anda tentunya tak ingin makanan nan dimakan setiap harinya lepas dan tak terserap nutrisinya. Itu berarti separuh makanan nan bergizi nan dimakan menjadi sampah di tubuh. Maka, segera konsumsi buah enak ini agar hal itu tak menjadi momok bagi Anda.



10. Baik bagi wanita

Sekali lagi perlu diingat bahwa alpukat bukanlah penambah lemak nan merupakan monster bagi perempuan nan sedang diet. Diet nan Anda lakukan akan semakin sehat dengan mengkonsumsi buah ini. Bahkan, vitamin B6 nan banyak dikandung buah bisa menjaga kesehatan Anda dari agresi anemia.

Anemia ialah salah satu penyakit nan sering diderita wanita sebab salah pola makan dan kurang olahraga. Rutinlah memakan buah ini agar resiko agresi kurang darah menjadi sangat kecil.

Itulah 10 kegunaan buah alpukat bagi kesehatan Anda. Begitu banyaknya kegunaan nan dapat diberikan buah ini tentunya bisa dirasakan ketika Anda mengkonsumsinya secara rutin setiap hari atau paling tak seminggu 2 kali.

advertisements

Tips Sehat

advertisements