Vegetarian Society

Vegetarian Society

Vegetarian belakangan makin banyak diminati orang dan menjadi trend gaya hayati nan cukup banyak dipilih. Banyak alasan orang memilih menjalani pola hayati vegetarian, seperti sebab alasan agama, alasan menjaga kesehatan, menjaga lingkungan, dan berbagai alasan lainnya.

Meskipun demikian masih banyak orang nan belum mengerti dan memahami dengan sahih pengertian vegetarian dan menganggapnya hanya sebagai pemakan sayuran belaka.

Tradisi dan Norma vegatarian sebenarnya telah dilakukan orang sejak lama. Kebiasaan ini pada awalnya merupakan ajaran suatu agama, namun kemudian berkembang menjadi suatu gaya hidup.

Apalagi dengan makin tingginya sejumlah penyakit degeneratif nan mematikan nan ditengarai dampak makan makanan dari hewani nan banyak mengandung kolesterol, seperti penyakit jantung, hipertensi, maupun diabetes.



Apa Itu Vegetarian?

Pengertian vegetarian ialah pola makan nan hanya mengonsumsi produk-produk botani atau dari tumbuhan dan tak memakan makanan nan berasal dari binantang.

Meski demikian, beberapa tipe vegetarian masih mengizinkan adanya konsumsi produk olahan dari binatang, seperti mentega, susu, telur dan keju bahkan ikan.

Komunitas vegetarian pertama kali muncul di Inggris pada 1847. Istilah vegetarian pertama kali digagas oleh Joseph Brotherton pada pengukuhan berdirinya komunitas vegetarian atau Vegetarian Society tersebut.

Diet vegetarian kemudian berkembang semakin luas, dan di era modern ini pola hayati vegetarian menjadi trend hayati sehat nan dijalani oleh semakin banyak orang.



Vegetarian Society

Istilah pengertian vegetarian berasal dari kata vegetus nan berarti keseluruhan, hidup, segar, sehat, sehingga pengertian vegetarian ialah orang nan memakan semua jenis makanan segar dan sehat dan menghindari memakan makanan dari unsur hewani.

Istilah vegetarian digunakan pertama kali pada tahun 1847 saat berdirinya sebuah komunitas di Inggris nan menghindari memakan daging nan bernama Vegetarian Society .

Namun vegetarian menurut komunitas ini masih memasukkan unsur telur dan hasil ternak perah ikutannya, seperti susu, keju, dan sebagainya. Sehingga vegetarian bagi mereka lebih pada pemahaman menjauhi makanan dari daging-dagingan. Dalam perkembangannya, kelompok ini menyebar ke berbagai belahan dunia.

Sebagai sebuah gaya hidup, vegetarian juga cepat diterima masyarakat. Para seniman top global tak sedikit pula nan menjalani gaya hayati baru ini. Berbagai restoran atau rumah makan spesifik vegetarian juga bermunculan. Selain itu, tak sedikit pula restoran besar nan selalu menyiapkan menu vegetarian bila ada konsumen nan memintanya.



Jenis Vegetarian

Istilah vegetarian sebenarnya bukan berasal dari kata vegetable atau tanaman non biji, sehingga pengertian vegetarian bukan berarti orang nan murni hanya mengonsumsi sayuran non biji dan menghindari makanan lainnya. Hal ini berhubungan dengan jenis vegetarian nan setidaknya bisa dibagi lagi dalam 3 kelompok, yaitu:



1. Semi Vegetarian (Pesco atau Pollo Vegetarian)

Semi vegetarian atau pollo vegetarian ini ialah kelompk vegatarian nan masih mengonsumsi jenis makanan ikan, susu, telur, beberapa jenis daging eksklusif seperti ayam namun menghindari jenis daging nan berwaran merah.



2. Lacto-evo Vegetarian

Lacto-eco vegetarian ialah kelompok vegetarian nan sudah menghindari berbagai jenis daging maupun ikan, namun masih memakan produk-produk ikutan hewani, seperti susu, telur, maupun keju.

Dalam kelompok ini terdapat dua kelompok, yaitu mereka nan memakan telur namun menghindari susu nan disebut ovo vegetarian, da kelompok nan mengonsumsi susu tetapi tak memakan telur disebut lacto vegetarian.



3. Vegan Vegetarian

Vegan vegetarian ialah vegetarian nan murni meninggalkan semua makanan dari daging, ikan maupun produk ikutannya dan hanya mengonsumsi makanan dari sayuran, tanaman biji-bijian, dan buah-buahan.

Bahkan berbagai produk selain makanan namun dari hewan buat kepentingan busana, kosmetik dan lainnya juga dijauhi. Selain itu, kelompok ini juga dikenal menghindari semua produk serangga dan turunannya seperti madu, royal jelly.



Tren Vegetarian

Vegetarian, diakui banyak kalangan sebagai pola hayati nan sehat. Saat ini pola makan ala vegetarian justru menjadi trend pola makan modern nan sehat. Banyak selebritas global nan mengaku menerapkan pola hayati vegetarian buat menjaga kesehatan, sebagai aktualisasi diri sayang dan peduli terhadap binatang, hingga isu mutakhir mencegah akibat dunia warming atau pemanasan global.

Di samping isu lingkungan, alasan terbanyak nan digunakan para penganut pola makan vegetarian ialah menghemat pengeluaran buat konsumsi makanan, sebab harga produk botani jauh lebih murah dibandingkan produk hewani.

Untuk menjadi seorang vegetarian bukanlah hal nan mudah. Karena tentunya makanan-makanan berdaging sangat menggugah selera. Berikut ini ialah beberapa hal nan membuat kita sulit buat mengubah pola makan sebagai vegetarian :

  1. Terlalu suka pada produk olahan daging, sehingga sangat sulit ketika harus berhenti mengkonsumsi daging buat selamanya.
  1. Kekhawatiran sulit mendapatkan makanan vegetarian di pasaran sehingga akan menyulitkan ketika ingin makan di luar.


Kiat Menjadi Vegetarian

Menjadi vegetarian sebenarnya bukanlah hal nan sulit. Asal memiliki tekad kuat buat menjalani pola hayati sehat agar terbebas dari risiko terkena penyakit berbahaya, pasti tekad buat menjadi seorang vegetarian dapat terlaksana.

Teman-teman, aku memiliki tips bagi para vegetarian buat meningkatkan stamina tubuh melalui pemilihan bahan makanan. Berikut ini tips pemilihan bahan makanan nan baik :

  1. Pilih bahan makanan nan nerupakan sumber protein seperti kacang tolo, kacang almond, kacang merah, kacang tanah, kedelai dan hasil olahannya seperti tahu, tempe, susu kedelai dan tauco.
  1. Bagi kelompok vegetarian nan masih mengonsumsi susu dan telur (Lacto-ovo-vegetarian) sebaiknya membatasi jumlah konsumsi mengingat kandungan lemak tak jenuh kedua produk hewani membuat kita lebih beresiko menderita penyakit jantung.
  1. Konsumsi lebih banyak makanan nan mengandung vitamin C. Karena vitamin C berfungsi buat meningkatkan terserapnya zat besi oleh tubuh.
  1. Bagi vegan disarankan buat meningkatkan mengonsumsi makanan nan mengandung sumber vitamin B12 seperti aneka olahan kacang kedelai serta sereal nan telah difortifikasikan atau mengonsumsi suplemen.
  1. Bagi vegetarian nan masih kangen rasa daging, sudah ada produk olahan daging palsu nan berasal dari bahan-bahan nabati. Rasanya pun sangat mirip dengan daging merah. Pengganti daging juga dapat diperoleh dari jamur. Berbabagi jenis jamur dengan olahan eksklusif memberikan imbas rasa nan sangat mendekati rasa daging.

Banyak kegunaan nan akan diperoleh ketika kita menganut pola makan vegetarian. Manfaat paling primer ialah dari aspek kesehatan. Berikut ini kegunaan nan akan diperoleh seorang vegetarian:

  1. Pola makan vegetarian akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Konsumsi sayuran dan buah-buahan nan banyak mengandung serat sangat membantu buat menjaga kesehatan saluran pencernaan dan melancarkan metabolisme tubuh.
  1. Konsumsi sayur dan buah akan meningkatkan kecantikan dan elastisitas kulit sehingga kulit akan terlihat lebih halus, kencang dan awet muda. Bagi nan sedang menjalankan program diet, pola makan vegetarian akan sangat membantu upaya menurunkan berat badan.
  1. Tidak memakan daging juga akan menghindarkan diri kita terkena risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan juga beberapa jenis kanker.

Sebagai permulaan buat menjadi seorang vegetarian, tak ada salahnya Anda mencoba resep nan mengolah bahan makanan buat seorang vegetarian. Berikut ini ada sebuah contoh menu makanan nan spesifik dibuat buat vegetarian, Anda pun juga dapat membuatnya di rumah.



Perkedel Tempe Kacang Merah

Bahan:
  1. 150 gram tempe
  2. 150 gram kacang tanah
  3. 2 sdm tepung roti
  4. 1 butir telur ayam
  5. Minyak goreng


Bumbu:
  1. 5 buah cabai merah
  2. 5 buah cabai rawit
  3. 1 sdt ketumbar
  4. 1 lbr daun jeruk
  5. 1 iris kencur
  6. Garam secukupnya


Cara Membuat:
  1. Rebus tempe dan kacang merah.
  2. Cincang kemudian haluskan.
  3. Kemudian haluskan semua bumbu-bumbu.
  4. Campur semua bahan dan bumbu nan telah dihaluskan, aduk rata kemudian bentuk sinkron selera.
  5. Goreng hingga matang, sajikan dengan saus.

***

Masih banyak contoh resep makanan spesifik vegetarian ini. Anda dapat menemukannya di berbagai sumber atau buku resep. Pastikan menu vegatarian nan digunakan atau diracik sinkron dengan tipe vegetarian nan Anda jalani.

Kesehatan memang menjadi hal nan sangat krusial buat kita jaga. Jika sudah sakit baru kita menyadari akan arti pentingnya sehat. Salah satu kiat buat menjaga kesehatan dari asupan makanan nan kita makan ialah dengan mengikuti atau menjani pola makan vegetarian.

Mengonsumsi bahan makanan nan bersumber dari sayuran, buah, biji-bijian sangatlah baik buat tubuh kita. Pengertian vegetarian di sini tentu saja menitik beratkan pada pola hayati sehat, bukan semata-mata dari makanan nan wajib dimakan saja. Memahami pengertian vegetarian membuat kita paham bila tak sepenuhnya sahih jika menjadi seorang vegetarian itu “tersiksa”.

advertisements

Tips Sehat

advertisements