Resep Pempek Palembang Kuliner Sumatera Selatan

Resep Pempek Palembang Kuliner Sumatera Selatan

:

Negara Indonesia kaya akan budaya nan tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Begitu juga dengan masalah makanan nan sangat beranekaragam jenis dan rasanya. Salah satu masakan nan sangat terkenal sejak lama ialah kuliner Sumatera Selatan .

Masakan nan berasal dari Palembang, kebanyakan sudah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Berikut ini terdapat informasi mengenai resep dan asal mula pempek nan berasal dari kota Palembang Sumatera Selatan. Dengan demikian, Anda bisa menambah daftar resep kuliner nan dapat Anda untuk di rumah.



Asal Mula Julukan Pempek Kuliner Sumatera Selatan

Makanan pempek ini sangat enak dan gurih. Semua orang sangat menyukainya, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Berikut informasi mengenai asal mula sejarah dari julukan nama makanan khas Palembang nan satu ini.

Empek-empek atau nan biasa disebut dengan pempek memiliki bahasa asing dengan sebutan fish cake. Istilah nan berasal dari makanan pempek berasal dari sebutan keturunan orang Tionghoa nan tinggal di kota Palembang nan dipanggil dengan sebutan apek. Menurut kisahnya, orang Tionghoa nan dipanggil apek tadi, berjualan makanan nan berbahan dasarkan ikan dan tepung.

Orang keturunan Tionghoa berjualan mengelilingi kota Palembang sambil menggunakan sepeda. Nah sebab banyak orang nan suka membeli makanan tepung ikan ini, akhirnya jika ada nan mau membeli tinggal panggil dengan sebutan apek. Karena, Norma inilah, akhirnya kuliner nan berasal dari ikan dan tepung mendapat julukan dengan sebutan pempek.

Cerita lain nan berkaitan tentang asal mula pempek ini bermula dari seorang raja nan telah kehilangan juru masak andalannya sebab telah meninggal dunia. Hal ini membuat raja sangat terpukul dan sangat bersedih. Selanjutnya, raja memiliki ide buat melakukan sayembara. Dalam sayembara tersebut berisi tentang, bagi siapa saja nan dapat membuat makanan nan lezat dan nikmat serta berasal dari ikan, dengan memiliki cita rasa nan asam, manis, pedas segar, hadiahnya akan diangkat menjadi juru masak istana.

Sayembara ini kemudian cepat sekali tersebar ke seluruh warga. Ternyata warta ini tersebar hingga sampai ke negeri nan lain. Setelah warta ini tersebar, kemudian diadakan sebuah kompetisi nan diikuti oleh semua warga. Dari kompetisi tersebut, tinggal empat orang nan tersisa.

Empat orang nan tersisa, kemudian memasak kuliner handalannya. Juru masak pertama, telah memasak kuliner ikan ala kuliner Jepang. Juru masak kedua, telah memasak makanan dengan menggunakan cita rasa makanan padang. Juru masak nan ketiga telah memasak makanan nan memiliki cita rasa kuliner jawa. Ketiga juru masak tersebut menyuguhkan hasil masakannya kepada raja. Akan tetapi, kuliner mereka ternyata masih membuat raja tak puas.

Akhirnya juru masak keempat nan memiliki nama Apek, dipanggil ke kompetisi. Apek langsung memulai memasak kuliner handalannya dengan menggunakan bahan dasar ikan. Setelah kuliner Apek sudah matang, langsung dihidangkan kepada raja. Ketika raja mencicipi dan merasakan kuliner ini, ternyata raja sangat menyukai kuliner Apek hingga rasanya terbang melayang-layang sebab merasakan makanan itu nan sangat lezat sekali.

Raja pun akhirnya bertanya pada Apek tentang nama makanan tersebut, sebab makanan hasil olahan Apek belum ada namanya, raja pun akhirnya memberikan nama pada makanan itu dengan sebutan pempek. Pempek berasal dari nama juru masak tadi nan bernama Apek.

Makanan pempek ini, ternyata memiliki beberapa jenis yaitu seperti pempek adaan, pempek kapal selam, dan pempek dos. Berikut ini klarifikasi asal mula masing-masing jenis pempek tersebut :

1. Asal mula pempek adaan

Asal mula sebutan pempek adaan yaitu sebab memiliki bentuk nan bulat. Namun pengertian dari adaan nan sebenarnya ternyata bukan bulat. Menurut cerita orang Palembang asli, adaan memiliki arti yaitu dadakan atau langsung. Proses pembuatan pempek adaan pun juga cepat dan praktis. Pempek adaan tak perlu direbus, akan tetapi langsung digoreng saja.

2. Asal mula pempek kapal selam

Cara memasak dari pempek ini harus ditenggelamkan di dalam air, kemudian lama kelamaan pempek ini akan langsung terapung ke atas, sebab pempek ini sudah matang. Dari proses inilah, pempek jenis ini disebut dengan pempek kapal selam. Alasannya, sebab cara kerja dari kapal selam sama dengan proses pembuatan dari pempek jenis ini.

3. Asal mula pempek dos

Pempek dibuat tak menggunakan bahan dasar ikan. Istilah pempek dos terjadi sebab saat proses menggorengnya, sering meletup dan berbunyi dos, akhirnya pempek ini disebut dengan pempek dos.



Resep Pempek Palembang Kuliner Sumatera Selatan

Selanjutnya ialah resep dalam pembuatan pempek. Berikut resepnya:

1. Resep pempek jenis adaan

Bahan :

Air es sebanyak 200 ml
Ikan tenggiri sebanyak 600 gram
Bawang merah diris halus sebanyak 4-6 siung
Kuning telur sebanyak 3 butir
Tepung kanji sebanyak 300 gram
Daun bawang dicincang halus 2 batang
Gula pasir sebanyak 1 sendok
Garam sebanyak 1 sendok
Bawang goreng sebanyak 1-2 sendok
Terigu sebanyak 2 sendok

Cara membuat :

  1. Masukkan air, garam, gula, bawang goreng, daun bawang, bawang merah, kuning telur dan ikan jadi satu, kemudian aduk dan uleni hingga semua bahan bercampur menjadi satu. Silakan Anda uleni sampai kalis, sambil memasukkan tepung kanji ke dalamnya. Ketika diuleni, harus diingat bahwa adonan nan dibuat jangan sampai terlalu kenyal.
  2. Adonan nan sudah siap, kemudian Anda ambil dengan cara menggenggamnya lalu ditekan. Adonan nan keluar sebab ditekan selanjutnya diambil dengan menggunakan sendok.
  3. adonan nan sudah dibentuk tadi kemudian direbus dengan menggunakan air nan mendidih.
  4. Jika sudah direbus, kemudian pempek adaan ini digoreng sampai matang. Jika sudah matang, kemudian angkat dan tiriskan. Sajikan pempek adaan bersama dengan cuko.

2. Resep pempek jenis kapal selam

Bahan :

Ikan gabus atau ikan tengiri 1 kg
Garam dan air secukupnya
Tepung kanji atau tepung sagu ½ kg

Cara membuat :

  1. Keluarkan seluruh isi perut ikan dan bersihkan hingga bersih
  2. Kulit ikan nan sudah dibersihkan kemudian dibuang kulitnya, dan tulangnya
  3. Ikan dipotong kecil-kecil kemudian digiling
  4. Ikan nan digiling dengan diblender kemudian ditambahkan garam, air, dan tepung secukupnya setelah halus ikannya. Kemudian silakan giling lagi adonan tersebut hingga semua bahan bercampur menjadi satu.
  5. Jika sudah bercampur menjadi satu, maka adonan tersebut sudah siap buat ditambahkan ke adonan dasar.

Adonan dasar pempek kapal selam:

Bahan :

Daging ikan nan sudah di untuk tadi, 500 gram
Tepung kanji atau tepung sagu 150 gram
Air es sebanyak 10 sendok
Vetsin sebanyak ½ sendok teh
Garam sebanyak 2 sendok teh

Cara membuat :

  1. Ikan, vetsin, garam, dan air es, diambil kemudian diaduk rata dengan cara diuleni
  2. Masukkan tepung sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis atau tak menempel pada tangan
  3. Pempek siap buat dimasak, dan dapat sebagai bahan dasar buat jenis pempek lainnya.

Cuko pempek kapal selam :

Bahan :

Gula aren sebanyak 500 gram
Bawang putih sebanyak 10 siung
Air sebanyak 500 ml
Udang kering sebanyak 60 gram
Cabai rawit atau cabai merah 250 gram
Garam
Cuka putih sebanyak 5 sendok

Cara membuat :

  1. Air dan gula aren dicampur jadi satu, diamkan sampai meleleh selama 3 jam
  2. Silakan Anda masak dengan menggunakan barah nan kecil
  3. Masukkan cabai rawit nan sudah dihaluskan dan bawang putih setelah air mendidih
  4. Cuka putih, garam, dan udang kering dimasukkan
  5. Gunakan barah nan kecil buat memasak kembali. Silakan dimasak dan jangan sampai gosong
  6. Biarkan kuliner mendidih selama 5 menit, kemudian angkat dan dinginkan
  7. Sebelum disajikan, silakan disaring terlebih dahulu

Bahan dalam pembuatan pempek kapal selam:

Adonan dasar pempek
Saus cuko
Telur ayam/telur bebek 8 butir telur

Cara membuat :

  1. Adonan pempek dasar sebanyak 150 gram
  2. Silakan dibentuk secara bulat seperti bola tenis, kemudian dibuat mangkuk lonjong atau centongan
  3. Adonan nan sudah dibentuk kemudian diisi dengan telur
  4. Dalam mengisi telur, sebaiknya jangan sampai penuh, sisakan ruang sedikit buat merapatkan sambungan dengan cara dijepit dengan menggunakan jari
  5. Adonan nan sudah siap kemudian direbus ke dalam air nan mendidih. Silakan dimasak hingga mengapung. Jika sudah mengapung kemudian angkat dan tiriskan.
  6. Silakan goreng pempek nan sudah direbus sampai matang, dan sajikan.
  7. Dalam menyajikan pempek kapal selam, Anda dapat menambahkan mie, irisan ketimun, dan bubuk ebi.

3. Resep pempek jenis dos

Bahan :

Tepung sagu sebanyak 1 kg
Tepung terigu sebanyak ¼ kg
Air putih sebanyak 1 liter
Telur sebanyak 2 butir
Penyedap rasa
Garam secukupnya

Cara membuat :

  1. Tepung terigu dan air dicampur dan dimasak hingga menjadi bubur, lalu biarkan sampai dingin
  2. Jika adonan sudah dingin, silakan kocok 2 butir telur, lalu tepung sagu, penyedap rasa, dan garam buat dimasukkan ke dalam adonan tadi. Silakan diaduk hingga adonan bercampur menjadi satu.
  3. Jika adonan sudah selesai, silakan dibentuk dan dapat diisi dengan menggunakan telur
  4. Adonan nan sudah dibentuk kemudian direbus sambil ditambah minyak sedikit, silakan tunggu hingga mengambang.
  5. Jika sudah mengambang, kemudian angkat dan tiriskan

Bahan pembuatan cuko pempek dos:

Air sebanyak 500 ml
Gula merah sebanyak 200 gram
Cabe merah sebanyak 3 buah
Cuka, kecap, dan garam secukupnya
Bawang putih sebanyak 3 buah

Cara pembuatan cuko pempek dos :

  1. Cabe merah dan bawang putih dihaluskan
  2. Didihkan air, kemudian masukkan cabe merah, bawang putih nan sudah dihaluskan,tambahkan garam, kecap, cuka dan gula merah. Silakan diaduk hingga bercampur menjadi satu
  3. Jika sudah siap, silakan sajikan bersama dengan pempek dos

Demikian asal mula dan resep pempek kuliner Sumatera Selatan . Anda dapat mencobanya di rumah. Selamat mencoba. Terima kasih.

advertisements

Tips Sehat

advertisements