Mewaspadai Susu Bermelamin

Mewaspadai Susu Bermelamin

Susu kering atau disebut juga susu tepung ada dua jenis yaitu susu tepung whole dan susu tepung skim. Susu tepung whole ialah susu segar nan semua airnya diuapkan sehingga berbentuk seperti tepung. Sedangkan susu tepung skim ialah susu tepung nan merupakan hasil penguapan susu segar nan lemaknya juga dikurangi. Hanya tersisa 0,1 % saja. Jenis susu ini cocok buat bayi sebab tinggi akan kandungan protein dan memiliki kadar lemak nan rendah.

Kedua jenis susu tepung ini memiliki kandungan nan berbeda-beda. Namun dari kedua jenis susu tepung ini sama-sama memiliki kandungan air, lemak, protein, karbohidrat dan mineral nan jauh lebih besar dibandingkan dengan susu whole atau skim cair.



Kandungan dalam Susu Tepung

Jadi sebetulnya susu tepung lebih kaya kandungannya dibandingkan susu cair. Kandungan nan terdapat dalam susu tepung whole dan susu tepung skim ialah sebagai berikut:

1. Air

Air krusial buat metabolisme dalam tubuh manusia. Susu tepung whole memiliki kandungan air 2,0% sedangkan pada susu tepung skim kandungan airnya yaitu 3,0%.

2. Lemak

Lemak bagi manusia berfungsi sebagai cadangan makanan pada tubuh. Namun imbas negatifnya jika lemak berlebih yaitu bisa menimbulkan kegemukan. Susu tepung whole memiliki kandungan lemak nan jauh lebih besar dibandingkan susu tepung skim.

Pada susu tepung whole terdapat 27,5% lemak sedangkan pada susu tepung skim lemaknya hanya 0,8% saja. Jadi jika sedang berdiet atau menjaga agar tubuh tetap langsing, Anda dapat jadikan susu tepung skim sebagai pilihan buat dikonsumsi.

3. Protein

Fungsi protein dalam tubuh yaitu buat pertumbuhan dan buat regenerasi sel-sel nan rusak. Protein sangat krusial bagi tubuh, terutama buat usia pertumbuhan. Kandungan protein nan dimiliki susu tepung skim lebih banyak dibandingkan dengan susu tepung whole.

Pada susu tepung skim kandungan proteinnya mencapai 35,9% sedangakan pada susu tepung whole kandungan proteinnya hanya 26,4% saja. Oleh sebab itu, susu tepung jenis skim sangat dianjurkan buat dikonsumsi anak-anak usia pertumbuhan dari usia 7 bulan ke atas.

4. Karbohidrat

Karbohidrat diperlukan buat sumber energi atau kalori bagi tubuh manusia. Karbohidrat nan terdapat pada susu tepung skim lebih banyak dibandingkan susu tepung whole. Pada susu tepung skim kandungan karbohidratnya yaitu 52,3%, sedangkan pada susu tepung whole hanya 38,2%.

5. Mineral

Mineral nan krusial bagi tubuh yaitu kalsium, phospor, magnesium, belerang, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, jenis susu tepung skim lebih unggul dibandingkan susu tepung whole. Perbandingannya, pada susu tepung skim mengandung 8,0% mineral, sedangkan pada jenis susu tepung skim mengandung 5,3% mineral.



Mewaspadai Susu Bermelamin

Beberapa waktu lalu, kita perna dikejutkan dengan warta di televisi dan koran di Cina ihwal kematian beberapa balita nan diperkirakan gara-gara minum susu tepung bermelamin. Banyak para orang tua terperangah sebab susu sudah menjadi bagian dari menu anak-anak mereka.

Perbuatan ini dampak dari ulah nakal beberapa produsen susu di Cina nan berniat mendapat laba besar. Mereka mengklaim susu mereka tinggi protein sehingga dapat menjualnya dengan harga mahal. Padahal, sesungguhnya susu mereka bukan sebab benar-benar kaya protein tapi sebab mengandung kristal melamin nan memberi kaya protein.

Sudah barang tentu para orang tua ingin membeli susu nan berprotein tinggi agar pertumbuhan anaknya maksimal. Celakanya, pada susu nan bermasalah ini bukan protein nan didapatkan anak-anak mereka, tapi melamin nan sengaja ditambahkan para produsen susu nakal. Karena mereka tahu cara badan pengawas makanan menguji kadar protein pada susu dan produknya hanya dengan melihat kadar nitrogen.

Maka mereka pun mengakali para pengawas tersebut. Dalam pengujian, susu mereka dinyatakan “tinggi protein”. Padahal, bukan sebab kaya protein tapi sebab tinggi kadar nitrogen nan dibawa oleh bubuk melamin. Sementara kadar protein susunya sebenarnya hanya sedikit ataupun biasa-biasa saja.

Akibat perbuatan nakal para produsen ini, dikabarkan sedikitnya empat balita di Cina meninggal. Lalu 54.000 lainnya menderita sakit. Kebanyakan dari mereka menderita batu ginjal.

Ketika kristal melamin tersebut masuk ke dalam tubuh, maka tubuh tidak mampu mematabolismenya. Celakanya lagi, ketika berjumpa dengan asam sianurik di dalam tubuh, kristal melamin ini bersenyawa lalu membentuk kristal di ginjal. Ketika kristal ini semakin banyak sebab anak balita biasnaya masih suka sekali minum susu maka dengan cepat pula kristal tersebut berubah menjadi batu ginjal.

Batu tersebut ada kalanya menyumbat saluran di ginjal sehingga para bayi akan mengalami kesulitn atau malah sama sekali tak dapat buang air kecil. Akibat kejadian ini cukup fatal. Anak akan mengalami gagal ginjal dan akhirnya meninggal. Sungguh tragis! Di satu pihak, orang tuanya memberi mereka susu agar pertumbuhannya optimal tapi ternyata susu bubuk tersebut merengguk nyawa mereka.

Untung saja, kasus seperti ini cepat ketahuan. Melalui supervisi nan lebih seksama, diketahui ada 31 produsen susu bubuk di Cina melakukan hal tersebut. Pemerintah Cina pun segera menarik produk susu bubuk melamin tersebut dari perederan.

Sedangkan pemerintah Indonesia melalu Badan Supervisi Obat dan Makanan (BPOM) RI menenangkan masyarakat bahwa susu tepung nan beredar di Indonesia tak ada nan bermelamin. Semuanya telah lolos uji dan kondusif dari melamin.

Maka dari itu, para orang tua mesti bijak dalam membelikan susu bubuk buat anaknya. Akan lebih baik, bila membelinya dengan saran nan dianjurkan oleh para dokter. Pasalnya, dokter tentu tahu susu apa nan baik dan bagus buat anak. Tentu saja, dokter nan dicari bukanlah dokter nan selalu siap menerima titipan susu nan diperdagangkan para sales penjual susu.



Manfaat Susu Secara Umum

Kandungan nutrisi nan terbilang sangat lengkap membuat susu memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh manusia, di antaranya sebagai berikut.

  1. Mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.
  2. Membantu pembentukan otot dan menjaga otot dari kerentanan cedera atau kecelakaan.
  3. Membantu pertumbuhan anak menjadi tinggi.Membantu menurunkan tekanan darah.
  4. Melindungi dan mencegah timbulnya kerusakan gigi, misalnya plak dan gigi berlubang, serta menjaga kesehatan mulut sebab susu bisa mengurangi taraf keasaman mulut.
  5. Menetralisasi berbagai racun atau toksin nan masuk ke dalam tubuh, misalnya timah maupun logam nan secara tak sengaja masuk bersama makanan nan dikonsumsi.
  6. Mencegah kanker usus atau kolon nan merupakan penyakit ketiga penyebab kematian di dunia.
  7. Pada wanita pramenopause, meminum tiga gelas susu setiap hari mampu mengurangi risiko terjangkit kanker payudara.
  8. Mencegah penyakit diabetes.Dapat mempercantik paras serta menghaluskan kulit. Susu bisa membuat paras dan kulit lebih bersinar.
  9. Mencegah dan mengobati tidak bisa tidur atau penyakit susah tidur sebab kandungan susu bisa merangsang hormon melatonin sehingga mata akan cepat mengantuk.
  10. Meningkatkan kualitas tidur serta mencegah tubuh dari kelelahan ketika bangun di pagi hari. Dengan demikian, segala aktivitas Anda pun akan lancar.

Sayangnya, meminum susu bagi sebagian orang merupakan sebuah “penyiksaan”. Jika selama ini susu lebih identik dengan minuman anak-anak, ternyata hal itu salah. Tidak hanya anak-anak nan krusial minum susu, orang dewasa pun perlu minum susu. Bahkan, usia lanjut. Hal itu mengingat banyaknya kegunaan susu bagi kesehatan. Nah, jika malas dengan susu cair, cobalah buat meminum susu tepung . Ingat, kesehatan krusial dijaga sejak dini. Jangan sampai timbul penyesalan di belakang hari.

advertisements

Tips Sehat

advertisements