Eksperimen Resep Tahu

Eksperimen Resep Tahu

Resep tahu merupakan makanan nan disukai hampir semua kalangan, terutama kalangan menengah ke bawah. Hal itu sebab selain harganya nan sangat terjangkau, tahu juga bergizi serta dapat dipadukan dengan berbagai jenis makanan.

Bahkan dewasa ini, sering kita temui warung atau loka jajanan di tempat-tempat generik seperti kantor, sekolah, dan pasar nan menjajakan resep tahu sebagai dagangannya.

Sebut saja beberapa makanan berdasarkan resep tahu seperti tahu bulat, tahu isi, tahu pedas, tahu gejrot, dan lain sebagainya. Resep tahu tersebut menjadi berbeda ketika sudah dijadikan makanan unik nan secara bentuk dan rasa menjadi bervariasi.

Resep tahu nan pertama ialah tahu bulat nan sangat terkenal sebagai tahu pop. Tahu ini berbentuk bulat dan berisi seperti gabus sehingga saat dimakan akan terasa renyah dan gurih. Setelah tahu bulat digoreng, kita dapat mencampurnya dengan berbagai bumbu.

Dari mulai bumbu rasa keju, rasa barbeque, rasa asin pedas, dan rasa lainnya dapat kita campur sinkron selera. Maka jadilah makanan tersebut camilan nan tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan camilan bungkusan lainnya.

Resep tahu nan juga tidak kalah populer dengan tahu bulat ialah tahu pedas atau biasa juga disebut gehu pedas. Tahu pedas ini memiliki keunikan dari rasa pedasnya nan sangat gurih dan membuat orang nan mencicipinya ketagihan.

Resep tahu pedas ini dapat kita dapatkan dari berbagai pedagang kaki lima. Sayangnya, tiap pedagang tahu pedas memiliki misteri masing-masing mengenai dosis kepedasan dan rasa gurih nan terdapat di dalam tahunya. Kita pun jadi ketagihan dan hanya dapat memakannya dan memakannya lagi.

Tahu gejrot juga pernah menjadi makanan resep tahu yang digemari pada beberapa tahun lalu. Kebanyakan orang nan menjual tahu gejrot ini ialah pedagang asongan atau pedagang keliling nan berjualan dari rumah ke rumah.

Namun, resep tahu nan satu ini sudah sporadis kita temui di kota sebab mungkin jenis makanannya nan kurang praktis buat dibawa dan dimakan dibandingkan dengan kedua resep tahu sebelumnya.

Nah, daripada kita bosan menunggu pedagang tahu nan beredar lewat depan rumah, lebih baik kita untuk saja sendiri resep tahunya. Kita dapat membuat makanan dengan resep tahu nan sudah ada, dapat juga membuat resep tahu nan baru.



Eksperimen Resep Tahu

Memasak makanan nan itu-itu saja kadang membuat nafsu makan kita menurun. Terlebih lagi jika kita merupakan seorang pekerja nan sering merasa lelah, bahkan hanya buat sekadar mengisi perut. Makanan nan kita idam-idamkan pun bahkan lebih dari sekadar resep tahu.

Akan tetapi, jika kita bosan dengan makanan camilan nan resepnya itu-itu saja, kita untuk saja makanan baru ala kita sendiri, misalnya saja resep tahu orak-arik pedas berikut. Selain membuatnya mudah, kita juga dapat sambil bereksperimen membuat jenis makanan lain, kan?



Resep Tahu Orak-Arik Pedas

Bahan-Bahan:
  1. 2 bungkus tahu jepang (tofu putih)
  2. Bawang daun secukupnya
  3. Bawang merah (secukupnya/sesuai selera)
  4. Merica (secukupnya/sesuai selera)
  5. Bawang putih (secukupnya/sesuai selera)
  6. 2 sdm margarin


Cara Membuat:
  1. Tumbuk halus tofu dan bawang daun sampai terlihat seperti adonan.
  2. Masukkan 2 sdm margarin ke dalam wajan, diikuti dengan bawang merah dan bawang putih.
  3. Masak dengan barah nan kecil.
  4. Jika wangi bawang sudah tercium, masukkan tofu nan sudah diaduk dengan bawang daun ke dalam wajan.
  5. Sangrailah sampai tofu terlihat mengering dan membentuk pisahan-pisahan tahu kecil.
  6. Jika sudah, tambahkan merica sinkron dengan selera.
  7. Angkat, dan makanan pun siap buat disajikan.

Masih ingin makanan nan lain? Kita juga dapat membuat resep tahu goreng tipis.



Resep Tahu Goreng Tipis

Bahan-Bahan:
  1. 10 biji tahu kuning (ukuran kecil)
  2. 1 butir kuning telur nan sudah dikocok kalis
  3. Garam
  4. Bumbu penyedap
  5. Bumbu rasa keju/barbeque/jagung bakar (sesuai selera)


Cara Membuat:
  1. Iris tipis tahu
  2. Masukkan garam dan bumbu penyedap ke dalam kocokan telur.
  3. Jika kocokan telur sudah terasa gurih, masukkan irisan tahu tersebut dengan mencelupnya sebelum menggoreng.
  4. Gorenglah tahu sampai kering.
  5. Angkat dan beri bumbu rasa (sesuai selera).


Selain buat dijadikan bahan-bahan camilan, kita juga dapat membuat resep tahu nan lain sebagai teman lauk-pauk. Misalnya, membuat perkedel tahu nan dicampur dengan tempe.
Resep tahu ini hampir mirip dengan cara membuat perkedel tahu atau perkedel kentang, hanya bedanya resep ini dicampur dengan adonan tempe.



Resep Tahu Pertategor (Perkedel Tahu Tempe Goreng)

Bahan-Bahan :
  1. 10 biji tahu nan sudah ditumbuk halus
  2. 1 batang tempe nan sudah ditumbuk halus
  3. Bawang daun
  4. Garam (secukupnya)
  5. Bumbu penyedap rasa (bila perlu)
  6. 500 gr tepung terigu
  7. Air higienis secukupnya
  8. Kuning telur nan sudah dikocok
  9. Minyak goreng



Cara Membuat :
  1. Aduklah tahu dan tempe nan sudah ditumbuk halus sehingga menyatu.
  2. Masukkan terigu dan air higienis secukupnya sampai adonan terasa cukup buat dapat digoreng.
  3. Masukkan garam, bawang daun, dan bumbu penyedap rasa pada adonan.
  4. Jika sudah, bentuklah seperti perkedel pada umumnya.
  5. Celupkan perkedel pada kocokan telur sebelum menggorengnya.
  6. Gorenglah perkedel hingga matang.

Jika kita dapat berkreasi lebih banyak buat memasak berbagai jenis resep tahu, kita akan lebih jago memasak. Selain itu, kita pun dapat lebih pandai dalam memilih bahan-bahan buat membuat makanan nan enak.

Salah satunya, yaitu pemilihan tahu nan baik. Jenis tahu nan berkualitas baik biasanya dapat kita temui di pabrik tahu ternama atau di supermarket. Tahu jenis ini mudah buat dipotong dan tak mudah remuk saat terkikis benda tajam. Sementara itu, tahu nan kualitasnya kurang baik mudah sekali remuk sehingga sulit dijadikan bahan-bahan berbagai resep tahu.

Selain memilih jenis tahu nan baik, dosis nan digunakan dalam memasak pun harus sinkron dengan resep tahu nan sudah ada (bagi nan belum tangguh dalam memasak).

Akan tetapi, hal nan paling krusial saat kita memasak makanan dengan resep tahu ialah kesungguhan hati dan keikhlasan dalam memasak. Itulah sebabnya banyak resep nan dapat dibagikan kepada orang lain. Namun tetap saja, hasil kuliner resep tersebut tetap berbeda dengan pemasak nan memiliki taraf keikhlasan nan tinggi saat memasak.

Oleh sebab itu, sebelum kita memulai buat memasak, hal nan harus kita lakukan ialah berdoa supaya kuliner nan kita untuk terasa enak di lidah orang nan memakannya. Seperti halnya saat memasak resep tahu di atas, meskipun masakannya sangat murah dan mudah, namun kita dapat membuat kuliner tersebut menjadi istimewa dengan keikhlasan saat memasak makanan tersebut.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa resep tahu bukanlah hal pertama nan menjadi faktor agar membuat kuliner kita menjadi lebih enak. Hati dan pikiran kitalah nan membuat kuliner tersebut lebih nikmat di lidah pengonsumsinya.

Jangan heran jika banyak anak nan lebih memilih kuliner ibunya ketimbang dengan kuliner orang lain, bahkan chef terkenal sekalipun. Hal itu disebabkan oleh keikhlasan sang ibu saat memasak makanan tersebut. So , selamat memasak dengan ikhlas ya!

advertisements

Tips Sehat

advertisements