Membuat Salad Buah Sendiri

Membuat Salad Buah Sendiri

Makan ialah salah satu kegiatan nan paling menyenangkan. Bagi para pecinta kuliner, mencoba makanan baru tentulah menjadi suatu tantangan. Namun harus diingat, tak semua jenis makanan itu sehat. Bahkan, banyak nan menggunakan bahan-bahan nan jelek sehingga akan mengganggu kesehatan kita.

Mencari makanan nan sehat tak sulit, kok. Bahkan, kita sendiri dapat membuatnya di rumah hanya dengan bahan-bahan nan tersedia, seperti salad buah.



Salad Buah sebagai Pilihan Makanan Sehat

Anda penyuka makanan sehat? Niscaya Anda sudah mengenal nama salad buah. Yah, menu ini ialah masakan nan sehat, tetapi juga nikmat dan membuat nan memakannya merasa segar. Salad buah berisi berbagai jenis buah nan dipotong-potong kecil kemudian diberikan beraneka ragam toping. Toping-toping tersebut dapat berupa yoghurt, madu, atau susu manis. Hal ini tergantung pilihan dan selera Anda.

Mengonsumsi makanan bernutrisi nan menyegarkan ini memang paling cocok saat cuaca sedang panas. Kesegaran dari buah dan es batu nan bercampur menjadi satu akan membuat Anda merasa segar. Seperti kita ketahui, buah-buahan banyak mengandung vitamin. Adapun vitamin ini akan membuat kulit dan tubuh Anda jauh lebih sehat.

Selain berfungsi sebagai makanan nan menyegarkan, menu ini juga berfungsi buat membantu Anda berdiet. Komposisi nan tak berlemak ini tentu akan membuat badan terhindar dari lemak-lemak jahat. Hanya saja berhati-hatilah pada penggunaan toping. Jika Anda berniat diet, jangan sekali-kali menggunakan mayones sebagai toping salad buah Anda.



Salad buah sebagai Menu Diet

Salad buah dikenal bermanfaat buat menurunkan berat badan, mempertahankan kecantikan, membuat awet muda, dan juga menghindari Anda dari bau mulut. Menu ini dapat ditemukan di banyak kedai. Harga menu ini memang bervariatif di setiap kedainya, tetapi percayalah harganya tak akan menguras kantong Anda.

Salad buah popular di kalangan wanita sebab khasiatnya sehingga membuat banyak wanita tergiur. Tidak ada wanita nan tak ingin memiliki tubuh ideal, bukan? Menu ini mampu membantu Anda mendapatkan tubuh nan diinginkan. Seperti kita ketahui, tubuh nan ideal itu harus ditunjang oleh makanan nan sehat, bebas lemak, dan kolesterol.

Satu jenis buah saja tak akan memenuhi kebutuhan vitamin pada tubuh Anda. Untuk itu, potongan-potongan buah nan berisi beraneka ragam jenis buah-buahan di rasakan mampu membantu meningkatkan kadar vitamin dalam tubuh Anda. Untuk lebih sehatnya lagi, jangan pernah mengonsumsi salad buah nan mengandung bahan kimia tambahan, seperti penguat rasa atau pemanis buatan.

Pastikan makanan Anda tak mengandung kedua bahan tersebut. Sebagai informasi, Anda dapat menurunkan berat badan sampai dengan lima kilogram dalam tiga hari hanya dengan mengonsumsi buah-buahan. Keadaan seperti ini disebut diet buah. Selain melangsingkan, diet buah ini juga membantu dalam pembuangan racun di dalam tubuh.

Racun di loka ini maksudnya penumpukan lemak dampak mengonsumsi makanan tak sehat, seperti junk food atau makanan-makanan berlemak dan berkolesterol tinggi. Dengan mengonsumsi buah-buahan setiap hari, Anda sudah membantu tubuh buat tetap sehat.

Menu ini ialah salah satu makanan sehat nan banyak ditemui di cafe-cafe atau mol sehingga memudahkan konsumennya buat mengonsumsinya setiap saat. Untuk itu, tak ada istilah beralih ke gorengan sebab Anda tak menemukan makanan sehat.



Membuat Salad Buah Sendiri

Ada beberapa jenis salad buah nan dapat Anda buat, seperti salad buah yoghurt atau salad buah campur. Salad buah Yoghurt ialah campuran aneka ragam buah-buahan dengan yoghurt nan juga dapat ditambah dengan susu. Cara membuatnya tak beda jauh dengan membuah sup buah, sangat mudah dan praktis.

Dalam pembuatan salad ini, Anda harus mempersiapkan berbagai jenis buah nan diinginkan, seperti apel, jeruk, anggur, melon, mangga, nanas, semangka, stroberi, dan sebagainya. Anda hanya perlu 25 gram per buah buat membuat menu ini. Selain itu, jangan lupa buat mempersiapkan yoghurt sebanyak 100 mililiter dan susu kental manis secukupnya.

Untuk rasa nan lebih alami, gunakan yoghurt rasa buah-buahan, seperti rasa blueberry atau stroberi. Hal ini dilakukan buat memperkuat rasa buah-buahan nan sudah ada. Setelah semua bahan tersedia, potonglah berbentuk dadu atau kotak buah-buahan tersebut. Kemudian, masukkan buah-buahan tersebut ke dalam piring atau mangkok, lalu siramkan yoghurt ke dalamnya.

Setelah buah-buahan dan yoghurt tercampur, tambahkan susu kental manis cokelat atau putih tergantung selera Anda. Jika Anda menyukai rasa manis, masukkan susu agak banyak. Setelah penambahan susu tersebut, makanan siap di santap.

Makanan ini memiliki karakteristik khas nan terletak pada aroma dan rasa yoghurtnya nan cukup menonjol. Rasa asam yoghurt bercampur dengan rasa manis dari susu dan buah-buahan ditambah dengan es batu membuat hidangan ini sangat cocok dinikmati di saat bersantai di udara nan panas.

Kesegaran menu sehat ini membuat tubuh Anda segar kembali. Selain segar, salad buah yoghurt ini juga berfungsi menahan Anda dari rasa lapar. Mengapa demikian? Karena salah satu imbas makan yoghurt ialah perut terasa lebih kenyang buat waktu nan cukup lama.

Adapun resep lain buat membuat menu kaya akan vitamin ini, antara lain sebagai berikut.



Bahan:
  1. 150 g leci, belah menjadi dua bagian
  2. 150 g mangga, kupas, pangkas dadu 1 cm
  3. 150 g melon, kupas, pangkas kecil-kecil
  4. 1 buah apel, kupas, potong-potong
  5. 100 g stroberi segar, belah menjadi dua bagian


Bahan Saus, aduk rata:
  1. 150 g kiwi hijau, dihaluskan/diblender
  2. 250 ml yoghurt tawar atau yoghurt rasa buah-buahan
  3. 50 ml madu / susu cair


Cara Membuat:
  1. Campur semua buah-buahan dan masukkan ke dalam mangkuk, simpan di lemari es sampai Anda ingin memakannya, tetapi jangan terlalu lama nanti buah-buahan akan tak segar.
  1. Sajikan salad dengan saus kiwi agar lebih nikmat.


Salad Buah buat Balita

Anda memiliki anak kecil di rumah? Jangan takut memberikan makanan pendukung asi untuknya. Salad buah nan dibuat spesifik buat balita ini dapat membantu Anda memberi makan tanpa dihantui perasaan takut. Namun perlu diingat gunakanlah bahan-bahan nan baik dan segar. Jangan sekali-kali Anda memakai buah-buahan nan sudah busuk atau nan memakai pewarna buatan.

Menu ini dapat diberikan buat melengkapi nutrisi anak Anda. Vitamin nan terkandung didalamnya sudah mampu memenuhi nutrisi tersebut. Ingat, gunakan aneka ragam jenis buah-buahan buat mendapatkan hasil nan maksimal.



Bahan:
  1. 100 gram anggur manis
  2. 100 gram melon, pangkas dadu bagian nan putihnya
  3. 100 gram leci atau longan
  4. 100 gram apel manis, potong-potong kecil
  5. 1 sdm air jeruk lemon


Bahan Saus:
  1. 250 ml susu cair
  2. 50 gram gula pasir
  3. 25 gram margari
  4. 15 gram tepung maizena
  5. 1 kuning telur
  6. 1 sdm air jeruk lemon


Cara Membuat:
  1. Potonglah anggur menjadi dua bagian, jangan lupa buang bijinya.
  1. Kemudian ambillah leci/longan, belah leci menjadi dua atau empat bagian, tidak lupa pangkas melon dan apel menjadi potongan nan kecil.
  1. Setelah semua bahan sudah selesai di potong, masukkan buah-buahan tersebut ke dalam mangkuk. Kemudian, siram dengan air panas, biarkan beberapa menit, lalu tiriskan.
  1. Setelah itu, simpanlah mangkuk berisi buah-buahan tersebut ke dalam lemari pendingin. Agar apel tak berubah rona menjadi kecokelatan, campurlah apel dengan air jeruk lemon.


Cara Membuat Saus:
  1. Campurlah susu dengan tepung maizena, kemudian aduk hingga merata.
  1. Masukkan gula pasir kemudian masak dengan barah sedang hingga adonan mengental. Kecilkan api.
  1. Kocok kuning telur di mangkuk berbeda dan masukkan 3 sdm larutan susu panas, lalu aduk hingga merata.
  1. Masukkan campuran kuning telur ke dalam adonan kental, masak kembali sambil diaduk perlahan. Setelah adonan merata, angkatlah adonan tersebut dan dinginkan.
  1. Aduklah margarin bersama dengan mayones. Tambahkan air jeruk lemon dan campurlah bersama adonan susu, kemudian aduk hingga merata.
  1. Saus salad telah selesai dibuat.
  1. Untuk penyajiannya, masukkan semua buah dingin ke dalam mangkuk dengan menambahkan saus. Sajikan dingin.

Nah itulah sekilas tentang salad buah. Makanan bernutrisi nan nikmat dan murah. Sudah tak ada alasan bagi Anda buat tak memulai hayati secara sehat. Mulailah dengan mengkonsumsi salad buah setiap harinya. Selamat mencoba.



Salad Buah - Menu Segar buat Kesehatan

Salad buah ? Mendengar namanya saja sepertinya cukup menggiurkan, terlebih jika dikonsumsi saat cuaca tengah panas. Sensasi segar dari buah-buahan dicampur dengan asamnya yogurt semakin membuat produksi air liur meningkat.



Salad Buah – Antara Gaya Hayati dan Sekadar Mengikuti Trend

Para wanita niscaya getol makanan nan satu ini. Alasannya ialah tentu saja buat kesehatan juga buat kecantikan. Salad buah memang merupakan kudapan nan mengenyangkan, tapi tak akan membuat bobot tubuh bertambah secara drastis. Sebab itulah, mengapa sebagian besar para wanita, khususnya kota-kota besar, menjadikan salad buah sebagai gaya hidup.

Ada nan menganggapnya dan benar-benar menjalankan gaya hayati dengan mengonsumsi salad buah ini setiap harinya. Ada juga nan hanya ikut-ikutan trend nan tengah berlaku. Biar dianggap “gaul” dan gak ketinggalan zaman. Entahlah, dua alasan itu rasa-rasanya niscaya terlintas di benak banyak wanitaa pengagum salad buah.

Jika memang tujuan menjadikan salad buah sebagai gaya hidup, buat membenahi pola makan, asupan gizi nan kurang tepat, itu sangat tepat. Tetapi, jika tujuannya hanya sekadar menarik perhatian banyak orang, memperlihatkan bahwa Anda bukan orang nan ketinggalan trend, rasanya itu akan sangat sia-sia. Salad buah nan Anda konsumsi tak akan benar-benar terasa nikmat.

Ini memang soal hak, tak ada nan melarang siapa pun buat mengonsumsi salad buah. Tapi ini lebih kepada jujur terhadap diri sendiri. Jika memang salad buah dirasa tak cocok sebagai jalan Anda buat tampil sehat dan cantik, sebaiknya konsumsi makanan nan lain. Atau lakukan kegiatan-kegiatan nan menyehatkan, atau malah cukup selalu berpikir positif dan tersenyum. Selesai.

Tampil cantik pada akhirnya memang menawarkan dua sisi. Menyiksa dan menguntungkan. Menyiksa sebab buat tampil cantik itu tak sembarangan, pola makan harus teratur, agar badan tak melar, asupan gizi harus tepat, agar sel-sel kulit tetap segar, dan lain sebagainya. Salad buah pun pada akhirnya ramai-ramai dipilih sebagai menu favorit agar bisa tampil cantik.

Bayangkan, ketika Anda terbiasa dengan gaya hayati tak teratur, disebabkan sebab padatnya aktivitas, pola makan nan asal-asalan sebab lagi-lagi aktivitas nan padat menjadi penyebabnya, Anda harus mulai berbenah. Yang tak terbiasa makan salad buah pun tiba-tiba menjadi suka dampak “dipaksakan suka”. Bagi sebagian wanita, ini sungguh menyiksa. Bagaimana tidak, jika pilihan nan disediakan ialah bakso dan salad buah.

Tapi lagi-lagi, ini soal pengorbanan. Untuk menjadi sehat dan cantik tentu memerlukan hal tersebut. Itu mutlak, sekalipun wanita nan memang dari lahir sudah cantik, mereka harus tetap mempertahankan kecantikannya sebagai bentuk syukur terhadap Tuhan. Pada akhirnya, salad buah pun menjadi pilihan nan mungkin awalnya dipaksakan, kemudian berubah menjadi kebiasaan.

Mengonsumsi salad buah ialah salah satu alternatif buat tampil sehat dan cantik. Di samping salad buah, tentu masih banyak hal lain nan dapat membantu Anda sehat sekaligus cantik. Terutama buat mereka para wanita nan kurang begitu menyukai buah-buahan. Memangnya ada nan tak suka buah? Tentu saja ada, sebab manusia itu banyak macamnya. Semua berbeda.



Salad Buah – Obat Enak buat Tampil Sehat

Alam sudah menyuguhkan segalanya buat manusia. Apapun nan ada di dalamnya, niscaya diciptakan lengkap dengan manfaatnya. Begitupun dengan buah-buahan. Sebagai bahan primer pembuatan salad buah, buah-buahan memiliki jutaan kegunaan buat kesehatan dan kecantikan.

Buah mengandung banyak sekali manfaat, vitamin C ialah elemen terbanyak nan terkandung hampir di sebagian besar jenis buah. Seperti jeruk. Jeruk pun kemudian menjadi salah satu buah-buahan nan biasanya digunakan buat membuat salad buah. Vitamin C nan terkandung dalam jeruk sangat baik buat kesehatan kulit Anda, juga buat kekebalan tubuh.

Selain jeruk, buah-buahan lain nan biasanya melengkapi obat enak ini ialah apel, anggur, pear, dan semangka. Menyoal buah-buah apa saja nan akan digunakan buat membuat salad buah, itu bergantung pada selera Anda masing-masing. Buah-buahan di atas hanya sebagai contoh nan umumnya memang sering ditemui ketika salad buah dikonsumsi.

Jika selama ini kita mengenal jamu sebagai ramuan herbal nan bisa membantu tubuh menjadi sehat sekaligus cantik, kini hadir salad buah sebagai pilihan. Rasa jamu nan cenderung tak enak, tak bersahabat di lidah, digantikan oleh kesegaran buah-buahan. Sungguh sebuah ramuan sehat buat para wanita dengan citarasa lezat.

Lalu, apakah hanya wanita nan “berhak” mengonsumsi salad buah? Bagaimana dengan laki-laki. Tentu saja tak demikian. Salad buah ialah makanan nan ibaratnya berjenis kelamin unisex. Ia dapat dikonsumsi oleh siapa pun, dengan satu syarat, orang tersebut harus menyukai buah-buahan.

Sebenarnya, entah dari mana, mengapa salad buah selalu diidentikkan dengan wanita. Padahal lelaki juga dapat mengonsumsinya. Mungkin karena image wanita nan seperti buah, manis dan segar, atau mungkin sebab wanita cenderung lebih memperhatikan penampilan daripada lelaki, sehingga makanan nan baik buat penampilan mendapat perhatian lebih. Entahlah, nan jelas, salad buah itu merupakan obat enak buat tampil sehat.



Jadikan Salad Buah Sebagai Menu Diet Anda

Komposisi buah-buahan nan terkandung dalam salad buah memang bermacam-macam. Buah-buahan tersebut mengandung elemen-elemen krusial nan dibutuhkan oleh tubuh. Wajar rasanya jika salad buah kemudian dapat dimanfaatkan sebagai salah satu menu diet.

Mengonsumsi buah-buahan, memang sudah terbukti bagus buat kesehatan. Kandungan air nan cenderung banyak, serat, serta vitamin, ialah faktor-faktor nan bisa membantu Anda menurunkan berat badan, atau paling tak menjaga berat badan buat tetap ideal.

Mengapa demikian? Ketika mengonsumsi buah-buahan dengan kadar air nan cukup banyak, perut pun akan mudah kenyang, ditambah dengan kandungan serat nan membuat Anda tak akan cepat merasa lapar. Sehingga, makanan-makanan nan cenderung ampuh menaikkan berat badan dengan cepat, tak diberi kesempatan buat masuk ke dalam tubuh.

Anda sudah merasakan kenyang terlebih dahulu sebelum makan nasi. Begitulah kira-kira. Tapi, diet nan sahih bukan berarti justru sama sekali menghindari nasi dan mengganti sepenuhnya dengan salad buah. Imbangi konsumsi salad buah Anda dengan nasi, dengan catatan, nasi nan dikonsumsi, setengah dari porsi biasanya. Pengaturan jadwal makan juga berpengaruh pada upaya penurunan berat badan Anda.

Salad buah selalu disajikan dengan tambahan yogurt. Yogurt nan rasanya asam, akan semakin memperlancar proses diet Anda. Yoghurt merupakan salah satu produk susu nan difermentasikan. Meskipun demikian, kandungan alami susu masih tetap bisa dimanfaatkan. Malah, akan semakin bertambah baik sebab bakteri baik nan tumbuh di dalamnya.

Perpaduan antara buah-buahan dan yoghurt dalam salad buah sangat pas bagi menu diet Anda. Bakteri baik nan terkandung dalam yoghurt akan membantu melancarkan proses pencernaan Anda. Sehingga, sisa-sisa makanan akan terbuang dengan lancar.

Selain baik bagi pencernaan, yoghurt juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan baik buat tulang. Bagaimana? Setelah mengetahui kandungan gizi dan kegunaan dari salad buah, apakah berniat buat mulai memasukkan salad buah sebagai menu sehari-hari? Segera!

advertisements

Tips Sehat

advertisements