Dokter Keluarga

Dokter Keluarga

Dari sekian banyak makalah tentang kesehatan , makalah nan membahas tema-tema mengenai kesehatan murah masih sangat sedikit.



Belajar dari Negara Kuba

Padahal tema kesehatan murah cukup menarik buat dikaji dan diwacanakan seiring dengan semakin mahal dan komersilnya global kedokteran di tanah air.

Dalam konteks ini, global telah lama mengenal Kuba sebagai negara “pengekspor dokter” terbanyak ke berbagai penjuru bumi. Bukan dalam rangka mengeruk laba melainkan buat misi solidaritas dan kemanusiaan.

Bahkan masyarakat Klaten korban gempa Jogja-Jateng tahun 2006 silam pun pernah menggelar doa berjamaah buat kesehatan Presiden Fidel Castro dalam acara perpisahan warga setempat dengan paramedis dan dokter-dokter asal Kuba nan telah merawat ribuan korban gempa selama berbulan-bulan di Klaten tersebut.

Sistem layanan kesehatan nan diterapkan oleh Kuba tentu menjadi kajian nan sangat menarik buat dijadikan tema makalah tentang kesehatan. Kajian ini akan mengarahkan kita pada satu sosok revolusioner nan tak banyak orang tahu bahwa ia lah nan berkontribusi besar dalam menancapkan fondasi sistem kesehatan murah dan terbaik bagi rakyat di negaranya.

Adalah Ernesto ‘Che’ Guevara nan lebih populis dikenal sebagai gerilyawan, pejuang revolusi bersenjata. Akan tetapi banyak nan tak mengulas bahwa ia juga seorang dokter.

Pidato dokter Che nan berjudul “On Revolutionary Medicine” merupakan dasar filosofis bagi sistem layanan kesehatan Kuba nan sosialis itu.



Dokter Keluarga

Sistem layanan kesehatan murah di Kuba dipraktekkan dengan mengorganisir dokter keluarga. Jika pada masa sebelum revolusi, Kuba hanya memiliki rasio 1:1051 yakni, 1 orang dokter buat melayani 1051 orang, maka ketika program Kesehatan Generik Menyeluruh (Medicina General Integral dijalankan, Kuba memiliki rasio nan lebih proporsional dan efektif yakni 1 orang dokter sekaligus 1 orang perawat buat melayani 120 keluarga pada masing-masing kelurahan.

Tim medis kecil inilah nan secara rutin mengunjungi semua keluarga di setiap teritori loka ia bertugas. Dukungan bagi tim-tim dokter keluarga diwujudkan melalui pembangunan poliklinik nan juga dilengkapi dengan laboratorium dan spesialis medis. Setiap poliklinik nan dibangun diperuntukkan bagi pelayanan kesehatan 20 hingga 40 ribu orang penduduk.

Sebangun dengan pemikiran di atas, konsep mengenai dokter keluarga juga pernah diulas dalam makalah tentang kesehatan murah oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia, dr. Fahmi Idris.

Tugas dan wewenang dokter keluarga ialah memelihara kesehatan semua keluarga di suatu wilayah.Dokter keluarga juga akan lebih memprioritaskan upaya preventif dalam sistem kerjanya. Karena masyarakat di sekitar nan dapat diajak buat hayati sehat dan menjaga lingkungan bisa menekan jumlah orang sakit setiap bulannya.

Mengubah layanan kesehatan nan mahal menjadi murah dapat dimulai dengan menggeser kerangka berpikir masyarakat akan pentingnya slogan “mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Jika biasanya warga mendatangi dokter dalam keadaan sakit, maka sedini mungkin sejak terjadinya gangguan kesehatan, warga dapat mendatangi dokter. Bahkan ketika belum sakit pun, masyarakat juga berhak mendatangi dan didatangi oleh dokter keluarga nan bekerja di wilayahnya.

Sedianya makalah tentang kesehatan murah ini bisa memberi wacana alternatif tentang perlunya terobosan sistem baru nan lebih pro rakyat dan bisa mengikis layanan kedokteran di tanah air nan semakin hari semakin komersil dan kapitalistik ini.



Mengemil Sehat

Kali ini kita akan berbicara mengenai apa intisari nan dapat didapat dari makalah tentang kesehatan seputar me ngemil nan sehat. Ngemil identik dengan obesitas atau menjadi penyebab kegemukan. Oleh sebab itu mengapa banyak nan menghindarinya. Namun saat ini Anda tak perlu takut gemuk sebab ngemil , karena ada ngemil nan menyehatkan.

Ternyata me ngemil itu juga ada nan menyehatkan kita. Selama ini makanan camilan selalu identik dengan makanan nan tak sehat dan menyebabkan kegemukan. Nah, berdasarkan dari makalah tentang kesehatan mengenai ngemil nan sehat, ada beberapa makanan nan menyehatkan buat ngemil .

Ngemil dan diet, dua kata ini sangat antagonis bagi orang nan ingin mengurangi berat badan. Tapi kebanyak dari kita tak dapat menghindari ngemil , apalagi saat sedang bosan, kesal atau marah. Ngemil jadi pelarian nan sangat memuaskan. Tapi biasanya setelah itu kita jadi merasa bersalah sebab sudah terlalu banyak makan.

Sebenarnya tidak harus seperti ini jika menjalani diet. Ngemil bukanlah hal nan salah, tapi dalam hal ini harus terprogram dan terkontrol. Yang krusial ialah bagaimana mengenal apa nan dibutuhkan tubuh, tanda-tanda nan diberikan pada kita dan mempelajari bagaimana menanggapi semua tanda tersebut dengan layak, jadi diet tidak perlu lagi disertai rasa bersalah. Berikut beberapa kunci ngemil sehat nan dapat diterapkan dalam menu diet Anda.



Keuntungan Ngemil

Ngemil tidak selamanya jelek untuk diet dan kesehatan. Pada kenyataannya makan camilan dalam beberapa kali sehari malah membawa manfaat, dengan pedoman sebagai berikut ini:

  1. Kontrol Norma me ngemil dengan makan makanan rendah lemak seperti biskuit berbahan padi-padian, sedikit kue kering asin, buah segar atau sayuran, malahan bisa membuat kita menghindari nambah saat makan di jam makan berikutnya. Selain itu, sepanjang hari itu kita sudah mengonsumsi sejumlah kalori.
  1. Energi dan nutrisi ekstra. Memasak makanan sendiri memang membutuhkan waktu di antara jadwal sibuk Anda. Makanan kecil jadi santapan nan lebih praktis daripada tak makan sama sekali.
  1. Memuaskan rasa lapar. Anak-anak nan perutnya kecil memang hanya butuh sedikit porsi makanan dalam sekali makan. Tetapi bagi orang dewasa dengan lebih banyak aktivitas dan membakar lebih banyak kalori, akan lebih nyaman dengan makan sedikit tapi sering.


Pilih Makanan Kecil nan Sehat

Pilih makanan nan bisa memenuhi rasa lapar, isi tubuh Anda dengan energi dan nutrisi penting. Pilih majemuk makanan buat memastikan terpenuhinya nutrisi dalam tubuh. Dan untuk acara ngemil lebih menyenangkan. Berikut beberapa pilihan makanan kecil terbaik nan bisa dipertimbangkan.

  1. Padi-Padian. Makanan berbahan padi-padian kaya serat dan karbohidrat kompleks. Makanan jenis ini akan memberi energi dan membuat tetap bertenaga. Pilih biskuit berbahan padi-padian, atau kue kering nan bahan padi-padian.
  1. Buah dan Sayur. Makan buah dan sayur akan membuat kita merasa kenyang. Selain sehat makanan ini tak mengandung lemak, serta sedikit kalori. Makanan ini juga mengandung vitamin, mineral, serat dan nutrisi lainnya.
  1. Kacang dan Biji-Bijian. Kacang mengandung protein, nan membantu awet kenyang. Kacang dan biji-bijian mengandung lemak tidak jenuh, jenis lemak nan bagus untuk kesehatan. Kacang-kacangan dan biji-bijian ini juga mengandung kalori tinggi, jadi jangan ngemil banyak-banyak.
  1. Produk Susu Rendah Lemak. Keju, yogurt dan produk susu lain ialah sumber kalsium dan protein nan bagus, plus sejumlah vitamin dan mineral. Tapi produk-produk susu ini biasanya tinggi lemak, jadi pilih nan versi rendah lemak. Beberapa jenis yogurt biasanya ditambah gula, jadi pertimbangkan yogurt tanpa gula jika ingin membatasi konsumsi kalori.

Ada kiat sederhana buat membuang 100 kalori dari menu rutin sehari-hari. Bagaimana cara kerjanya? Anda dapat mengikuti kiat-kiat berikut ini, supaya dapat berhasil membuang kalori harian nan berlebihan.

  1. Hanya memakan setengah roti bagel.
  1. Jus orange memang baik, tapi memankannya langsung lebih baik ketimbang meminum perasannya.
  1. Saat memesan pancake atau waffle , sebaiknya sisihkan mentega atau butter .
  1. Makan dengan perlahan jangan terburu-buru.
  1. Gunakan yogurt ketimbang mayonaise saat membuat tuna atau salmon sandwich .
  1. Konsumsi telur rebus ketimbang nan digoreng.
  1. Daripada madu, gula atau sirup lebih baik gunakan bubuk kayu manis atau pala buat memaniskan kopi atau teh.
  1. Tambahkan buah berry segar di atas cake atau pie ketimbang es krim atau sorbet.
  1. Konsumsi ikan dengan jus lemon ketimbang saus tartar .
  1. Gunakan yogurt rasa plain buat membuat pasta keju daripada memakai krim asam.
  1. Makanan nan dibakar, seperti ikan dan ayam, lebih baik daripada makanan nan digoreng atau dilapisi tepung.
  1. Pilih selai buah saat makan roti di pagi hari, jangan mentega atau krim kacang.
  1. Hindari mengonsumsi kulit ayam atau daging.
  1. Gunakan keju bebas lemak atau rendah lemak jika memungkinkan.
  1. Gunakan piring lebih kecil saat makan.
  1. Kunyah permen karet saat sedang menyiapkan makanan. Ini akan menghindari kita ngemil saat menyiapkan menu.
  1. Pilih anggur, bukan kismis.
  1. Minum dengan sedotan. Ini akan mengontrol berapa lambat dan cepat kita minum.
  1. Pilih smoothie dengan yogurt ketimbang milkshake dengan es krim.
  1. Hanya membeli daging tanpa lemak.

advertisements

Tips Sehat

advertisements