Tips Membuat Skotel Mie Dengan Bahan Terbaik

Tips Membuat Skotel Mie Dengan Bahan Terbaik

Kita juga dapat membuat skotel mengunakan mie, melalui resep skotel mie . Caranya membuatnya sangat mudah, buat pengunaan bahan tergantung dari nan kita inginkan. Panganan ini dapat dimakan kapanpun jua.

Siapa nan tak mengenal skotel, panganan nan enak dan mudah buat dibuat. Makanan ini asalnya dari Eropa. Dan menyebar melalui Italia, Finlandia, Swedia dan hingga menyebar keseluruh dunia. Skotel dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang. Isinya bermacam-macam tergantung selera pembuatnya.

Bahan utamanya terdiri dari keju, telur, susu cair. Sedang bahan penambahnya atau variasi rasa, dapat ditambahkan krim, kentang, daging sapi, ayam dan sebagainya. Untuk membuat skotel mie sinkron nan kita inginkan, sehat dan enak rasanya. Harus mengunakan bahan nan bermutu.

Bisa saja mie nan kita pake supaya praktis, mengunakan mie instan. Tapi lebih baik klo memang dapat dan sempat, dapat kita untuk mie sendiri sinkron selera. Dari bahan-bahan terbaik kita akan menghasilkan skotel nan enak, lezat dan bergizi. Skotel mie dapat menjadi sajian sarapan, nan mengenyangkan sekaligus menyehatkan.



Tips Membuat Skotel Mie Dengan Bahan Terbaik

Untuk membuat skotel nan sehat dan enak. Kita harus pintar memilih bahan pembuatnya, dari bahan nan bermutu dan pilihan. Ketika memilihnya, kita harus mengetahui ciri-ciri bahan tersebut. Apakah bahan tersebut masih baik dan segar. Ciri-ciri itu antara lain:

1. Telur
Memilih telur nan masih segar itu gampang-gampang susah, kalau tak jeli malah akan bisa telur nan tak bagus. Cara memilih telur nan bagus dengan cara:

a. Mencari telur dengan kondisi kulit telur nan higienis dan cerah.
b. Guncangkan telur buat mengetahui apakah berbunyi atau tidak. Jika tak berbunyi artinya telur masih dalam kondisi baik. Tetapi bila berbunyi artinya telur dalam kondisi kurang bagus, bahkan dapat jadi sudah busuk.
c. Ciumlah bagian luar telur, bila mengeluarkan bau tidak sedap artinya telur sudah busuk. Bau telur nan sudah rusak dapat tercium aromanya melalu kulit telur walau tak dipecahkan.
d. Untuk mendapatkan kuning telur nan masih bagus dan lebih banyak. Pilihlah telur dengan bentuk lonjong, jangan telur nan berbentuk bulat.
e. Merendam telur didalam air. Cara ini dapat kita lakukan bila akan mengunakan telur sebagai bahan olahan seperti kue dan sebagainya. Karena lebih ekonomis waktu dan tenaga. Telur nan dalam kondisi rusak akan mengapung, sedangkan telur dengan kondisi baik akan tenggelam.

2. Mie
Memilih mie nan baik sebagai bahan pembuat mie skotel, perlu dilakukan buat mendapatkan mie nan sehat, enak dan kenyal. Memang dapat saja kita memilih mie instan buat membuatnya, lebih cepat dan praktis.

Tetapi bila kita ingin makanan nan sehat dan bebas bahan kimia, terutama makanan buat keluarga. Lebih baik membuatnya sendiri dari bahan-bahan nan alami. Untuk membuat mie sehat, gunakan tepung terigu nan mempunyai kadar protein nan tinggi.

Ketika menguleni adonan mie jangan terlalu kalis, sebab akan menjadi terlalu liat ketika di konsumsi. Apalagi ketika adonan mie di roll, adonan akan bertambah kalis. Jadi uleni seperlunya saja. buat membuat mie supaya tak mudah hancur ketika dimasak. Jangan dibuat terlalu tipis, sebab akan menjadi bubur ketika dimasak. Buat mie dengan ketebalan sekitar 1,5 – 2 mm.

Untuk membuat mie nan sehat bahan pencampurnya tentu harus nan alami. Jangan mengunakan soda kue buat membuat mie lebih kenyal. Kita dapat mengunakan putih telur sebagai pengenyalnya. Selain lebih sehat, putih telor akan membuat mie lebih gurih dan enak. Kalau tak ada putih telur kita dapat mengunakan tepung putih telur.

Dan buat memberi rona pada mie, kita dapat mengunakan pewarna alami nan terbuat dari sayuran. Bahan pewarna alami tersebut lebih sehat dan bergizi. Kita dapat mengambil rona orange dari wortel, ungu dari buah bit, hijau dari daun pandan dan sebagainya.

3. KejuKetika akan membuat skotel, carilah keju nan sinkron dengannya. Kita dapat memilih keju mozarela, sebab memliki tekstur nan cocok buat membuat skotel. Bila tak mengerti, kita dapat menanyakan hal tersebut kepada penjualnya. Tentunya mereka mengerti mana keju nan sinkron dengan kuliner tertentu.

Pilihlah keju nan masih baik dan di bungkus dengan benar. Belilah sinkron dengan kebutuhan, sebab bila tak disimpan dengan sahih keju akan menjadi busuk. Keju dibuat dengan kumpulan organisme nan hidup, sehingga harus dibiarkan terbuka wadahnya. Keju nan tertutup kedap akan memudahken keju menjadi rusak. Simpan keju dalam wadah nan berlubang-lubang, terutama pada keju nan lembut.

Keju bermacam jenisnya. Untuk keju jenis lain nan beda dengan keju lembut atau keju mozarela. Seperrti keju batangan nan keras, dapat disimpan dalam wadah tertutup. Atau dibungkus dengan kertas alumunium foil dan dimasukan kedalam kulkas.

4. Susu cair
Untuk mencari susu nan masih segar dan sehat, kita harus melihat bagaimana susu disimpan. Susu nan disimpan terlalu lama akan membuat susu menjadi rusak. Di akibatkan sebab adanya bakteri dan kuman nan mengkontaminasinya. Susu nan mempunyai kualitas baik dapat kita lihat dari:

a. Pilihlah susu nan sudah diberi label dengan tanda kadaluarsa nan tercantum diatasnya.
b. Susu nan masih segar akan disimpan dalam pendingin dalam keadaan nan beku.
c. Susu nan m asih baik akan mengeluarkan bau harus khas susu. Tidak pecah lemaknya, tak bebrbau menyengat, dan tak berasa asam.
d. Pilihlah susu nan di bugkus dengan baku bungkus higenis buat produk susu. Biasanya dalam alumunium foil atau karton dengan lapisan alumunium foil.
e. Jangan memeilih susu dalam kemasan nan tak ada tanda expirednya. Kecuali kalau kita membeli susu segar dari pedagang susu nan baru diambil atau diperah.
f. Bila memlih susu buat skotel, pilihlah susu nan sinkron dengan menu nan kita untuk tersebut.
g. Pastikan produk susu mempunyai garansi, sehingga kita dapat mengajukan pengaduan bila produk susu ternyata rusak.
Itulah diantara karakteristik nan dapat kita jadikan patokan buat memilihnya. Jangan membeli susu dalam jumlah banyak bila tak segera dihabiskan.

5. Bahan tambahan
Untuk bahan tambahan atau bahan pengisi. Kita dapat mengunakan berbagai bahan seperti daging sapi, ayam, sosis, sayuran, dan sebagainya. Untuk daging sapi kita dapat mengunakan nan masih segar, dengan membelinya langsung di toko daging. Dapat juga mengunakan daging kalengan nan dalam kondisi masih baik. Lihat tanggal kadaluarsanya sebelum dibeli. Hal serupa dapat kita terapkan buat memilih daging lainnya.

Untuk sosis, pilihlah nan masih dalam kondisi kemasan nan tertutup rapat. Banyak sekali produk sosis dipasaran, bila tak cermat memilihnya. Akan didapatkan sosis nan murahan dan dibuat dengan bahan nan tak higenis. Untuk sayur kita bsia memlih brokoli, wortel, dan sayur nan kita sukai. Tentunya harus membeli sayur nan masih dalam kondisi segar.

6. Bumbu
Untuk bumbunya kita juga harus mengunakan bahan nan masih segar. Walaupun tak dalam kondisi segar, setidaknya bahan bumbunya masih dalam kondisi baik. Biasanya bahan bumbu skotel terdiri dari, bawang bombai, pala bubuk, merica, cream, bawang putih, garam, air, dan bahan lain sesui selera kita.

Berbagai hal diatas tersebut dapat kita terapkan bila ingin membuat resep skotel mie nan enak dan lezat sekaligus menyehatkan. Jadi tunggu apalagi, carilah bahan terbaik buat mendapatkan skotel nan enak, lezat, dan bergizi.

advertisements

Tips Sehat

advertisements