Gejala dan Penyebab Penyakit Maag

Gejala dan Penyebab Penyakit Maag

Terkadang, seseorang baru menyadari nikmatnya sehat ketika ia dalam kondisi sakit. Ketika sehat terkadang kita lalai dalam menjaga tubuh kita, begitu pula lambung kita sehingga pada akhirnya sakit di lambung sudah terasa nyeri. Penyakit nan menyerang lambung sebab adanya luka peradangan sehingga timbul rasa sakit itu ialah penyakit maag. Penyakit maag terkadang terabaikan sehingga levelnya dapat meningkat menjadi penyakit maag akut. Ketika sakit maag akut tersebut terasa, maka kita akan mencari obat sakit maag akut nan paling manjur.



Tahapan Penyakit Maag

Sakit maag jika dilihat dari seberapa parahnya bisa dibedakan menjadi empat tahapan, yaitu maag ringan, maag sedang, dan maag kronis atau maag akut. Maag ringan ialah penyakit maag nan masih dalam termin ringan sehingga sakitnya belum begitu terasa. Namun dalam pemeriksaannya, akan terlihat asam lambung berlebih.

Maag sedang ialah penyakit maag nan sudah menimbulkan rasa nyeri dan mual sehingga bisa mengganggu aktivitas keseharian kita jika penyakit maag tersebut sudah terasa. Maag kronis atau maag akut merupakan penyakit maag nan sudah cukup parah sehingga Menyebabkan nyeri , bengkak, badan panas, dan menyebabkan beberapa gangguan fungsi organ tubuh.

Maag akut merupakan penyakit nan tak boleh dianggap sepele. Jika sakit maag akut ini dibiarkan maka akan menyebabkan sakit nan sangat pada lambung sehingga kondisi tubuh menurun bahkan maag akut ini bisa menyebabkan muntah darah.



Gejala dan Penyebab Penyakit Maag

Terkadang seseorang tak merasakan bahwa dirinya sudah terkena penyakit maag. oleh karenanya kita harus mengetahui gejala-gejala penyebab sakit maag. Gejala tersebut di antaranya terasa nyeri dan perih pada perut dan dada, terasa mual dan ingin muntah, sering merasa lapar, perut kembung, sering bersendawa, dan sakit saat buang air besar.

Itu ialah beberapa gejala nan biasanya terasa oleh penderita penyakit maag. Lalu mengapa seseorang dapat menderita penyakit maag? Apakah ada obat sakit maag akut?

Seseorang dapat menderita penyakit maag nan ringan sampai pada sakit maag akut dapat jadi sebab gaya hayati sehari-hari nan salah dan pola makan nan tak teratur. Terkadang kesibukan nan padat menyebabkan kita lupa buat makan atau kita sudah terbiasa memakan makanan nan tak sehat. Apalagi buat mereka nan tinggal di kota-kota besar dengan kesibukan nan sangat tinggi, terkadang sebagian dari mereka lupa atau menunda-nunda waktu makan dan kalaupun makan mereka mencari makanan nan praktis.

Mereka berangkat kerja terburu-buru sehingga tak sempat sarapan. Selain gaya hayati dan pola makan nan tak benar, penyakit maag juga disebabkan sebab sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau pola tidur nan tak sehat, atau stress nan hiperbola maka akan berpengaruh pada meningkatnya asam lambung.

Jika sakit maag masih dalam termin ringan, biasanya kita menggunakan obat-obatan nan dijual di pasaran nan sebenarnya obat-obatan tersebut hanya buat mengurangi asam lambungnya saja. Namun bagaimana pengobatan bagi sakit maag akut?

Sakit maag harus cepat disembuhkan sebab akan berbahaya jika dibiarkan dapat berakibat fatal sampai pada penyakit kanker lambung. Banyak obat sakit maag akut nan ditawarkan ada nan berbentuk obat herbal nan sudah tersedia di apotik-apotik dan ada pula obat nan diambil dari tanaman obat nan kita ramu sendiri dan ada juga obat kimia.



Tanaman Berkhasiat buat Penyakit Maag

Perlu diketahui, terdapat tanaman nan berkhasiat sebagai obat sakit maag akut di antaranya ialah lidah buaya dan temulawak. Lidah buaya dapat dijadikan obat sakit maag sebab kandungan nan terdapat dalam lidah buaya, yaitu aloin, aloin emodin, resin, tanin dan polisakarida sangat baik buat mengobati sakit maag.

Lidah buaya merupakan tanaman daerah semi tropis nan biasanya ditanam di halaman rumah. Umumnya kebanyakan masyarakat mengetahui lidah buaya ini berkhasiat buat menyuburkan dan menguatkan rambut. Namun khasiat lidah buaya juga dapat buat mengobati penyakit maag.

Cara mengolah lidah buaya buat dijadikan obat sakit maag cukup sederhana, terlebih dahulu kita harus mengupas kulit lidah buaya kemudian bersihkan daging lidah buaya tersebut sampai lendirnya berkurang. Setelah itu rebus daging lidah buaya sampai matang. Selesai dan siap buat dimakan dengan disajikan seperti nata de coco atau dapat juga dibuat jus. Untuk mengurangi rasa getir dari daging lidah buaya maka bisa ditambahkan madu sebagai pemanis.

Selain lidah buaya, tanaman obat nan dapat digunakan buat menyembuhkan sakit maag ialah temulawak. Temulawak ini merupakan tanaman obat orisinil dari Indonesia nan termasuk ke dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae) seperti halnya kunyit atau jahe.

Kandungan nan terdapat dalam temulawak di antaranya terdapat kandungan minyak atsiri dan kurkumin pada rimpangnya bisa bermanfaat sebagai acnevulgaris dan sebagai anti inflamasi buat mengobati penyakit maag. Selain buat mengobati penyakit maag, temulawak sudah banyak dimanfaatkan sebagai penyedap makanan atau minuman, dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik atau buat pewarna alami dan banyak khasiat lainnya.

Cara mengolah rimpang temulawak buat dijadikan obat sakit maag akut cukup sederhana dan mudah. Cuci higienis rimpang temulawak lalu kupas kulitnya. Setelah itu iris tipis-tipis dan dikeringkan dengan cara diangin-anginkan pada loka nan terlindung dari sinar matahari sebab jika terlalu panas akan membuat kandungan minyak atsiri pada rimpang tersebut menguap. Setelah itu rimpang direbus dengan air sampai mendidih dan disaring. Selesai dan siap buat diminum sebagai obat.

Selain temulawak, kunyit juga dapat digunakan buat obat sakit maag. tanaman kunyit ini nan masih satu suku dengan temulawak memiliki kandungan kurkumin, kurkuminoid serta minyak atsiri nan sangat baik sebagai antioksidan, antibakteri dan antiradang sehingga bisa digunakan sebagai obat maag. cara mengolah kunyit sebagai obat sakit maag cukup mudah.

Pertama kunyit dicuci sampai bersih. Setelah bersih, kunyit kemudian dikupas dan diparut. Tambahkan air matang pada kunyit nan telah diparut, mixer kemudian peras dan ambil sarinya. Sari kunyit tersebut diminum setiap dua kali sehari.

Selain obat alami nan diambil dari tanaman obat nan kita untuk sendiri, ada banyak obat sakit maag akut nan ditawarkan baik di apotik-apotik atau di internet. Salah satu obat nan ditawarkan di internet ialah obat herbal dari jelly gamat nan bahannya terbuat dari hewan bahari teripang emas. Kandungan nan terdapat dalam teripang ini sangat baik buat pengobatan, di antaranya terdapat protein, antiseptik alami, kolagen , omega, mineral, dan masih banyak lagi kandungan baik lainnya.

Mereka mengklaim bahwa obat herbal tersebut kondusif tanpa imbas samping sebab tak menggunan bahan zat kimia sedikitpun, tanpa menggunakan zat pewarna dan perasa serta kondusif dikonsumsi buat segala usia. Masih banyak lagi obat sakit maag akut nan ditawarkan baik obat herbal maupn obat kimia. Namun nan terpenting ialah jagalah kesehatan tubuh kita dengan gaya hayati sehat dan pola makan nan sahih sehinga bisa meminimalisir datangnya penyakit.

advertisements

Tips Sehat

advertisements