Mari Kita Galakkan Lagi Senam Kesegaran Jasmani

Mari Kita Galakkan Lagi Senam Kesegaran Jasmani

Anda menginginkan tubuh nan sehat dan proporsional? Anda merasa tubuh tak ideal dan kurang sehat? Untuk menghilangkan kondisi tersebut, maka salah satu kegiatan nan bisa kita lakukan ialah senam. Dan senam nan dianggap sinkron ialah senam irama. Untuk melakukan senam ini, kita harus memahami gerakan-gerakan senam irama agar tak kesulitan saat mengikutinya.

Senam irama memang merupakan salah satu jenis olahraga nan banyak dilakukan oleh masyarakat. Olahraga ini memang bisa dikatakan sebagai olahraga masyarakat karena bisa dilakukan secara massal. Dan senam irama ini merupakan senam nan simpel dan sederhana. Gerakan senam irama tak rumit sehingga siapapun bisa mengikuti dan melakukannya. Bahkan anak kecil saja bisa mengikuti kegiatan senam irama ini. Dan hal tersebut sudah pernah dilaksanakan yaitu senam kesegaran jasmani atau SKJ nan diterapkan di sekolah–sekolah. Tetapi kegiatan tersebut sekarang sudah tak ada lagi.

Padahal senam kesegaran jasmani nan dilaksanakan di sekolah–sekolah setiap pagi menjelang proses pembelajaran memberikan pengaruh nan sangat besar. Kegiatan ini menjadi rutinitas nan harus dilakukan oleh warga sekolah sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Gerakan senam irama sudah seharusnya dibangkitkan kembali agar masyarakat kita sehat kembali. Gerakan ini dahulu begitu menggelegar sehingga tak hanya anak sekolah nan melakukannya, tetapi setiap instansi pemerintah maupun instansi partikelir melakukan juga.



Manfaat Senam Irama

Pada saat kita masih menempuh pendidikan di sekolah dasar, waktu itu gerakan senam irama menjadi sebuah program nasional. Bahkan buat kebutuhan senam tersebut, pemerintah pusat telah mengirimkan kaset buat irama gerakan senam. Dari irama nan ada di kaset tersebut, maka kita bisa melakukan gerakan–gerakan senam. Karena kasetnya berasal dari pemerintah pusat, maka jenis senamnya juga sama. Gerakan–gerakan dalam senam tersebut sama buat semua daerah di seluruh negeri.

Sebagai gerakan nasional, maka senam kesegaran jasmani nan diiringi dengan musik atau irama menjadi sesuatu nan wajib bagi semuanya. Dan senam kesegaran jasmani ini memang bertujuan buat menyehatkan jasmani pesertanya. Anak–anak sekolah sebelum belajar diwajibkan terlebih dahulu buat melaksanakan senam kesegaran jasmani agar tubuhnya fresh dan tergugah semangatnya. Setidaknya, ketika pagi hari tubuh masih dalam kondisi kurang konsentrasi, maka setelah mengikuti senam kesegaran jasmani ini tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat.

Secara umum, sebagai kegiatan kesegaran jasmani, maka kegunaan nan kita dapatkan dari kegiatan senam ini ialah segarnya tubuh dan terbangkitkannya semangat buat melakukan kegiatan hayati di hari tersebut. Terutama buat membangkitkan semangat kerja dan semangat belajar. Hal tersebut bisa terjadi karena ketika gerakan senam kita lakukan dan keringat mengucur, maka pada saat itulah kehangatan tubuh kita meningkat. Denyutan jantung akan semakin meningkat sehingga laju genre darah juga meningkat. Dalam kondisi itulah, maka kesegaran tubuh didapatkan karena genre oksigen ke dalam tubuh lancar dan darah mengalami pertambahan jumlah oksigennya.

Tidak heran jika anak jaman tersebut mempunyai kemampuan intelektual bagus dan semangat belajar tinggi. Setiap pagi menjelang proses belajar, mereka selalu dalam kondisi fresh dan segar. Akibatnya, pada saat mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran, pikiran mereka juga fresh. Pada saat pikiran fresh, maka daya konsentrasi mereka juga meningkat. Tidak ada anak nan mengantuk apalagi tertidur pada saat mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran.

Begitu juga halnya jika gerakan senam tersebut diterapkan di perusahaan. Para karyawannya akan selalu fresh saat mengawali kerja. Mereka mempunyai kebugaran tubuh maksimal dan tubuh siap bekerja. Jika kondisi ini kita diterapkan, maka kinerja pegawai bisa meningkat dan hasil kerjanya juga maksimal. Begitu bermanfaatnya senam kesegaran jasmani bagi tubuh, sehingga senam tersebut mengalami perubahan hingga beberapa kali. Ada beberapa jenis senam nan didasarkan pada tahun pelaksanaannya.



Mari Kita Galakkan Lagi Senam Kesegaran Jasmani

Sungguh sangat bermanfaat kegiatan senam kesegaran jasmani bagi perkembangan diri anak didik ataupun orang nan melakukannya. Dengan senam kesegaran jasmani tersebut, maka kesehatan tubuh dan semangat kerja terjaga sebaik–baiknya. Mereka nan mengikuti kegiatan senam niscaya sangat merasakan betapa setelah mengikuti senam diri terasa begitu bersemangat.

Tetapi, sungguh disayangkan ternyata kegiatan tersebut tak lagi dilaksanakan secara nasional. Bahkan, sekarang kegiatan senam kesegaran jasmani sudah menghilang dari kegiatan pagi sekolah. Sporadis ada sekolah nan mengawali harinya dengan senam kesegaran jasmani. Setiap hari, begitu anak masuk ke lingkungan sekolah, bel berbunyi dan masuk ke ruangan kelas. Anak–anak tak dibangkitkan dulu semangatnya sebelum mengikuti proses belajar nan membutuhkan energi dan taraf kesegaran tubuh maksimal. Tidak heran jika anak–anak kita terlihat begitu lemas di kelas, sebab begitu datang ke sekolah mereka langsung masuk ruangan kelas buat belajar tak ada penghangatan tubuh dan pemanasan pikiran.

Sudah saatnya kita kembalikan kegiatan positif tersebut. Kita harus menjadikan kegiatan senam sebagai kegiatan pagi sebelum kegiatan primer dilaksanakan. Kita harus menjadikannya sebagai gerakan nasional agar masyarakat semakin disegarkan tubuhnya dengan gerakan–gerakan sederhana nan penuh energi. Setidaknya, kita ingatkan kembali betapa semaraknya waktu itu setiap pagi terdengar irama senam nan mengasyikkan. Bahkan ada lomba–lomba senam kesegaran jasmani buat masyarakat. Untuk itu, seharusnya ada lagi kegiatan–kegiatan persiapan buat gerakan senam irama secara nasional. Persiapan–persiapan tersebut meliputi:

  1. Pelatihan pelatih
    Agar kegiatan senam bisa terwujud kembali dan di lapangan bisa terlaksana sinkron dengan program, maka sudah seharusnya diadakan pelatihan instruktur senam. Para instruktur inilah nan selanjutnya menjadi pimpinan di depan barisan peserta senam kesegaran jasmani.
    Mungkin sebelumnya, instruktur ini melakukan pelatihan buat beberapa peserta terlebih dahulu. Misalnya, pada saat pelajaran olahraga, materi pelajarannya dikonsentrasikan pada senam kesegaran jasmani ini. Dengan cara seperti ini, maka anak–anak lebih cepat menguasai gerakan senam dan setiap pagi bisa diterapkan.
  2. Pembagian kaset musik senam
    Selanjutnya, kita perlu membagi kaset senam ke berbagai instansi, sekolah ataupun perusahaan agar mereka bisa mempraktekkan senam nan ada di kaset tersebut. Setidaknya kaset senam tersebut bisa dijadikan sebagai panduan buat menirukan gerakan–gerakan nan harus dilakukan dalam senam tersebut.
    Untuk pengadaan kaset ini dapat saja secara perdeo ataupun harus diganti pengadaannya. Akan lebih bagus jika kaset tersebut diberikan secara cuma–cuma kepada masyarakat. Jika sudah mendapatkan kaset tersebut, maka setiap penerima diwajibkan buat melaksanakan kegiatan senam. Setiap periode eksklusif dilakukan pemantauan aplikasi kegiatan.
  3. Pengadaan lomba–lomba senam
    Setelah dirasakan masa pengenalan senam cukup, maka langkah efektif nan bisa dilakukan ialah melakukan kegiatan lomba–lomba. Kegiatan lomba ini merupakan langkah efektif buat penghafalan gerakan senam. Ini sangat krusial karena bisa memacu dan memicu semangat masyarakat buat mengikuti kegiatan senam kesegaran ini. Lomba ini dilaksanakan buat setiap jenjang usia, instansi dan masyarakat.

Seyogyanya kegiatan senam kesegaran jasmani nan diiringi musik atau irama dijadikan sebagai kegiatan bersama secara nasional. Mengapa tak kita lakukan sejak sekarang saja? Ayo lakukan gerakan-gerakan senam irama!

advertisements

Tips Sehat

advertisements