Nilai Nutrisi Kedondong

Nilai Nutrisi Kedondong

Banyak orang nan tentunya sudah mengenal buah kedondong atau dondong ini. Buah nan rasanya asam manis ini banyak disukai orang, terutama buat dijadikan rujak atau manisan. Bahkan dalam global bisnis, buah kedondong juga dikembangkan dan dibuat berbagai bentuk makanan olahan lainnya, seperti selai ataupun dodol. Manfaat buah kedondong pun cukup besar terutama dari kandungan gizinya nan baik buat tubuh.

Pohon kedondong ( Spondias dulcis ) merupakan tanaman besar nan tingginya dapat mencapai 20 meter. Tanaman ini umumnya terdapat di daerah tropis dan lebih menyukai tanah di dataran rendah sebagai loka tumbuhnya. Bentuk buahnya bulat lonjong dengan kulit berwarna hijau. Namun kalau sudah matang, kulitnya akan berubah kuning dan mudah dikupas.

Jenis kedondong nan dikenal umumnya bentuk buahnya sebesar telur ayam. Namun ada juga jenis varietas lain nan ukuran buahnya cukup besar, bahkan dapat mencapai 3 atau 4 kali lebih besar dari varietas umumnya dan beratnya dapat mencapai 1 kg perbuahnya. Jenis ini umumnya terdapat di kawasan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah dan dikenal dengan nama kedondong Karimunjawa atau kedondong raksasa.



Vitalitas

Kandungan primer nan terdapat dalam buah kedondong ialah unsur gula dalam bentuk sukrosa nan krusial sebagai penambah energi dan vitalitas tubuh. Begitu juga dengan kandungan seratnya dan airnya nan cukup tinggi bermanfaat dalam melancarkan pencernaan serta mencegah dehidrasi.

Selain itu, kegunaan buah kedondong lainnya ialah dari rendahnya kandungan lemak, sehingga buah ini cocok sebagai makanan cemilan asupan nutrisi nan menyegarkan. Apalagi kandungan karbohidrat maupun proteinnya juga termasuk rendah. Selain itu, sebagian masyarakat juga ada nan memanfaatkan buah kedondong buat mengobati dan mengatasi luka dampak terbakar maupun borok.

Selain mengambil kegunaan buah kedondong , nan juga sering digunakan buat pengobatan ialah bagian daun dan kulit batang dari pohon kedondong. Daun dan kulit pohon ini banyak mengandung flavanoida, saponin, dan tanin. Kandungan ini sangat bermanfaat buat menyembuhkan penyakit disentri dan mengobati penyakit batuk.

Untuk membuat ramuan herbal buat mengobati disentri, kita tinggal mengambil kulit pohon kedondong sekitar 5 gram. Pilih kulit nan segar lalu bersihkan. Setelah itu diiris dalam bentuk kecil-kecil dan rebus bersama 2 air gelas hingga tersisa setengahnya. Kemudian diamkan agar lebih hangat, lalu saring dan minum airnya.

Begitu juga buat meracik ramuan buat mengatasi batuk, kita dapat membuatnya dari rebusan daun kedondong. Caranya, ambil dan pilih daun kedondong nan segar tiga atau empat lembar. Lalu rebus ke dalam 2 gelas air. Setelah masak dan air tinggal setengahnya lalu diamkan agar hangat. Setelah itu saring dan minum airnya. Akan lebih enak bila ramuan-ramuan tersebut diminum dengan menambahkan madu.



Nilai Nutrisi Kedondong

Spondias dulcis, juga dikenal sebagai kedondong, merupakan buah tropis nan berasal dari wilayah Pasifik Selatan antara Melanesia dan Polinesia. Kedondong merupakan buah asam dengan tekstur renyah nan rasanya seperti persilangan antara mangga dan nanas. Anda bisa makan buah segar, atau menggunakannya buat membuat jeli dan jus. Anda juga bisa menambahkannya ke rebusan dan sup. Buah ini membuat tambahan nan sehat buat asupan nutrisi Anda, membantu Anda memenuhi serat harian Anda, besi dan kebutuhan vitamin C.



Kalori

A 100-g, atau 3,5-oz, dari kedondong . Mengandung 157 kalori. Meskipun lebih tinggi kalori nya dibandingkan buah lainnya misalkan - apel 100-g biasa hanya mengandung 52 kalori - itu masih membuat kalori rendah dan mengisi pilihan makanan dengan air nan dan kadar serat nan tinggi. Termasuk lebih banyak makanan rendah kalori dalam asupan nutrisi Anda, seperti kedondong , bisa membantu memuaskan selera Anda sambil membantu Anda membatasi asupan kalori.



Karbohidrat dan Serat

Karbohidrat dalam kedondong berada dalam bentuk sukrosa, gula alami nan ditemukan dalam buah. Sebuah porsi 100-g mengandung rata-rata 9 g sukrosa dan 2,2 g serat. Sedangkan kadar gula dalam kedondong ini mungkin menjadi perhatian, gula alami dalam buah lebih sehat bagi Anda daripada gula ditambahkan dalam makanan epilog atau permen.

Tubuh Anda menggunakan gula sebagai sumber energi. Serat dalam buah membantu mengendalikan nafsu makan, meningkatkan gerakan usus dan menurunkan kadar kolesterol darah.



Protein dan Lemak

Kedondong bukanlah sumber signifikan baik protein atau karbohidrat. Satu porsi 100-g buah mengandung rata-rata 0,7 g protein dan 1,0 g lemak. Asupan nutrisi sehat harus mencakup 10 sampai 35 persen dari total kalori dari protein dan 20 sampai 35 persen dari lemak.



Vitamin Dan Mineral

Sebagian 100-g dari buah ini mengandung 42 mg vitamin C, nan merupakan 70 persen dari nilai harian Anda, berdasarkan asupan nutrisi 2.000 kalori. Vitamin C merupakan nutrisi krusial nan membantu tubuh Anda membuat kolagen.

Hal ini juga membantu dalam penyembuhan luka dan berperan dalam fungsi kekebalan tubuh. Vitamin C juga antioksidan, melindungi sel-sel Anda dari oksidasi dan membantu menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.



Mengenal Pohon Kedondong

Pohon besar ditopang, 25-45 m, batang 45-90cm dengan diameter, kulit pecah-pecah dangkal, keabu-abuan sampai coklat kemerahan. Daun dengan 4-10 pasang selebaran, malai 11-20 cm panjang, tangkai daun 9-15 cm, ovate selebaran-lonjong buat berbentuk pisau pembedah, 5-15 cm x1.5-5 cm, chartaceous, tak merata di dasar, marjin keseluruhan, bergerigi atau crenulate, acuminate puncak.



Bunga dari Kedondong

Inflorescences paniculate, terminal, biasanya muncul sebelum daun, sampai 35 cm, kembang krim putih, pedicel 1-4 mm panjang, lodes kelopak segitiga, 0,5 mm, kelopak bulat telur-lonjong, sekitar 2,5 cm x 1 cm. Buah ellipsoid atau bulat buah berbiji, 4-10 cm x 3-8 cm, berwarna oranye terang, endocarp aneh, dengan berduri tak teratur dan tonjolan berserat.



Fisik Buah

Ada variasi nan besar dan kualitas buah bervariasi dari pohon ke pohon. Buah dari tress terbaik dimakan mentah. Buah dari jenis nan nisbi kurang baik ialah direbus dan digunakan buat selai, jeli dan jus. Buah bisa disimpan selama beberapa bulan setelah itu direbus dan kemudian dikeringkan.

Buah ini memiliki batu kasar nan bergerigi dan beruang serat keras di dalam daging. Ketika buah tengah segar hijau dan sub-asam, seperti buah matang (di pohon atau setelah panen) atau menjadi berwarna kuning, saat daging kian lembut, perubahan rasa dan serat menjadi lebih terlihat

Buah mentah nan banyak digunakan dalam salad hijau dan kari dan buat membuat acar.

Selain manfaat buah kedondong yang lainnya nan dapat dimanfaatkan dari pohon kedondong adalah, daun nan tengah muda dapat nan dikukus dimakan sebagai sayuran. Buah nya juga dapat buat makanan babi, dan daun nan dimakan oleh ternak.

100 g bagian nan bisa dimakan buah mengandung, air 60-85 g, protein 0,5-0,8 g, lemak 0,3-1,8 g, sukrosa 8-10,5 g, serat 0,85-3,6 g. Kedondong merupakan sumber nan baik dari vitamin C dan zat besi. Mentah mengandung pektin sekitar 10%.

Kayunya ringan-coklat dan apung, berguna sebagai kayu, kadang-kadang digunakan buat kano.

advertisements

Tips Sehat

advertisements