Mari Berkreasi dengan Kuliner Mie

Mari Berkreasi dengan Kuliner Mie

Bagi anak kos, kuliner mie seperti pelengkap di akhir bulan. Ya, tentu saja nan dimaksud ialah mie instan . Mie instan tentu saja bentuk cepat saji dari mie. Tahukah Anda dimanakah mie tertua ditemukan? Ya, Cina ialah jawabnya. Mie ini berusia 4000 tahun dan ditemukan di Cina barat laut. Diketahui bahan mie ini ialah jawawut yaitu jenis lain gandum nan berasal dari Cina. Jadi benarkah mie pertama kali ditemukan di Cina?

Ada pendapat lain nan menyatakan bahwa Cina hanyalah pengimpor mi dari Timur Tengah. Teknologi pembuatan mie disebut-sebut sebagai hasil kreasi orang-orang Arab. Di belahan negara lain tepatnya di Italia ada juga jenis lain dari mie yaitu pasta. Disebutkan bahwa Marcopolo membawa pasta dari China. Pasta sendiri sudah ada sejak abad ke- 8. Adanya pasta ini dikatakan mendapat pengaruh Timur Tengah.

Jika ditelusuri lebih lanjut di Eropa sendiri telah mengenal mie sebelum adanya pasta. Nama mie itu ialah “lagane”. Mie ini diketahui berasal dari jaman Etrusco-Roman. Lain Itali, lain lagi dengan Jepang. Jepang sendiri terkenal dengan produk mie ramennya. Mie ramen sendiri ada sejak tahun 1900. Mie instan juga diketahui berasal dari Jepang. Pada tahun 1958 mie instan mulai diperkenalkan oleh Momoku Undo.

Selain kental dengan sejarah nan unik mie ialah masakan nan lekat dengan tradisi tertentu. Bulan Maret dikenal sebagai National Noodle Month. Pada bulan ini semua orang merayakan mie. Masyarakat China sendiri mempercayai mie sebagai symbol kehidupan nan panjang. Itulah sebabnya orang China selalu menghadirkan mie dalam seremoni ulang tahun mereka. Di jepang mie hadir sebagai pelengkap upacara minum teh. Setelah Perang Global II mie memiliki kedudukan nan penting. Saat itu Jepang kekurangan bahan makanan dan hanya mie kering nan ada.

Mie memiliki bukti diri sendiri di tiap daerah. Selain bukti diri mie juga bisa dimodifikasi. Pada umumnya mie terbuat dari gandum. Bahan mie juga bisa dimodifikasi dari bahan beras, ubi pati,, soba, dan kacang hijau. Di Jerman mie dikenal sebagai speatzle. Di India disebut sebagai mie ragi. Orang Asia sendiri mengenal berbagai jenis mie seperti soun, soba, udon, dan lain sebagainya.



Mie Instan: Kuliner Mie Terpopuler Sepanjang Masa

Siapa nan tak mengenal mie instan? Di Indonesia mie instan lebih akrab sebagai teman makan anak kos ketika akhir bulan. Selain harganya murah dan mengenyangkan, cara membuatnya juga mudah, Bukan hanya di Indonesia, ternyata di negara lain mie instan juga sangat populer. Kalau di Indonesia ada beberapa mie instan nan populer seperti Mie Sedap, Indomie, dan Sarimi. Bagaimana dengan negara lain?
1. Singapura
Negara terdekat Indonesia ini juga memiliki beberapa produk mie terkenal, yaitu:
• Mie Goreng Spicy Singapore Fried Noodles
Mie ini ialah jenis mie nan rasanya pedas. Bagi penyuka rasa pedas niscaya sangat menyukai jenis mie ini
• Mie Kuah/ Goreng Spicy Black Pepper Flavour
Mie ini rasanya pedas manis dan berbahan dasar sayuran. Mie ini memiliki cita rasa nan kuat dan rendah lemak
2. Malaysia
Di Malaysia ada dua jenis mie nan terkenal, yaitu :
• Mie Segera 2 Minit Perencah Kari
Mie ini ialah jenis mie kuah dengan rasa kari. Rasanya sedikit pedas dan penyajiannya juga cukup mudah
• Mie Kuah Ibumie Harmee Perisa Udang
Mie dengan rasa udang ini memiliki taraf pedas nan pas. Mie ini terjamin halal dan dapat disantap siapa saja
3. Thailand
• Mie Goreng Instan Oriental Kitchen
Mie ini ialah salah mie favorit di Thailand. Mie ini memiliki rasa nikmat nan khas.
• Mie Goreng Instan Yumsaab Flavour
Mie ini juga salah satu favorit masyarakat Thailand. Rasanya seperti Tom Yam Kun dan harganya terjangkau.
• Mie Kuah Instan Pork Flavour
Mie ini juga cukup disukai masyarakat Thailand. Namun tak semua dapat menikmatinya sebab bahannya mengandung babi.
4. Vietnam
• Mie Goreng THIT XAO
Mie ini dikemas dalam Styrofoam dengan mereka THIT XAO. Seduh dengan air panas, tunggu beberapa menit dan mie bisa dinikmati.
• Bihun Kuah: Mie’n ( Mang Gio Heo)
Rasa mie ini ialah khas oriental Vietnam. Mie ini juga simple dan bisa dibawa kemana saja.
• Bihun Kuah: Mie’n (Cua)
Rasa mie ini khas dan tekstur bihunnya sangat lembut. Mie ini ialah salah satu mie favorit di Vietnam.



Mari Berkreasi dengan Kuliner Mie

Setelah cukup berkenalan dengan mie dari berbagai, mari kita coba berkreasi dengan kuliner mie. Berikut ini ialah beberapa menu mie nan bisa kita coba di rumah.

1. Omelet Mie
Omelet mie ialah resep nan cukup mudah. Hampir setiap orang dapat membuatnya.
Bahan:
• 1 bungkus Mie instan
• 2 btr Telur ayam
• 1 buah Cabe merah besar (buang bijinya, iris bulat tipis)
• 2 siung Bawang merah (iris tipis)
• Minyak goreng secukupnya
Cara membuatnya rebus terlebih dahulu mie instan. Kocok telur dan tambahkan bumbu mie instan. Aduk rata telur dengan bumbu . Selanjutnya tumis cabe merah dan bawang merah sampai matang, kemudian masukkan dalam adonan kocokan telur. Tambahkan mie nan sudah direbus ke dalam adonan telur. Aduk rata.
Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng adonan mie tadi dan goreng sampai matang. Sajikan.

2. Mie Goreng Asam Manis
Bahan:
1 bungkus mie telur nan sudah direbus
Udang 150 gram nan sudah dikupas dan dibelah pungggungnya
Pepaya muda 100 gram, pangkas dengan irisan korek api
Tomat 1 buah
Nanas 100 gram dipotong dadu
Mangga muda ½ buah, pangkas dengan irisan korek api
Bumbu:
Cabai merah 1 buah
Bawang putih 4 siung, iris tipis
Air jeruk nipis 2 sendok makan
Kecap ikan 1 sendok makan
Gula merah secukupnya
Cabe rawit secukupnya
Cara membuat :
Tumislah cabai dan bawang sampai berbau harum. Setelah itu masukkan udang, papaya, nanas, tomat, dan mangga. Aduk rata bahan-bahan tersebut. Masukkan mie. Masukkan juga kecap ikan, jeruk, gula, dan cabai rawit. Masak sampai matang. Sajikan. Agar lebih nikmat beri taburan daun ketumbar, cabe merah cincang dan kacang tanah goreng.

3. Mie Ayam
Siapa tak kenal dengan mie ayam? Kini Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini ialah resep lezat dan nikmat mie ayam .
Bahan:
mie ayam ½ kg
Minyak ayam 100 ml
Kecap asin 100 ml
Daging ayam direbus dan dipotong kotak sebanyak 300 gram
Kecap manis 3 sendok makan
Kecap Ingris 2 sendok makan
Daun bawang nan sudah dirajang 2 batang
Caisin, penyedap dan bawang goreng secukupnya.
Bumbu:
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 5 siung
Ketumbar 1 sendok teh
Kunyit 3 cm
Jahe 3 cm
Kemiri 4 butir
Bahan Kaldu:
Air 2 liter
Tulang ayam ½ kg
Garam 1 sendok teh
Lada bubuk ½ sendok teh

Cara membuatnya cukup mudah. Buatlah kaldu ayam terlebih dahulu. Rebus tulang ayam dengan barah kecil, Rebus sampai mendidih kemudian masukkan lada bubuk dan garam. Tunggu sampai aromanya harum. Buatlah bumbu. Tumis bumbu nan sudah dihaluskan sampai berbau harum. Masukkan ayam dan tumis sampai matang. Jangan lupa tambahkan penyedap. Kemudian masukkan minyak ayam dan ¼ sendok teh penyedap. Langkah berikutnya rebuslah mie dan caisin nan sudah dipotong-potong. Rebus sampai matang. Setelah matang masukkan ke dalam mangkok nan sudah diberi bumbu. Masukkan ayam. Beri taburan bawang goreng dan daun bawang.

Kunci kelezatan mie ayam terletak pada minyak ayamnya. Untuk membuat minyak ayam ambillah kulit ayam beserta lemaknya. Panaskan kulit ayam di atas wajan. Masukkan 2 buah bawang putih nan sudah digeprak. Masak sampai minyak keluar dari kulit ayam.

advertisements

Tips Sehat

advertisements