Keripik Buah dan Sayur: Keripik Sayur Sederhana

Keripik Buah dan Sayur: Keripik Sayur Sederhana

Jika selama ini buah dan sayur dapat diolah menjadi manisan atau asinan, saat ini buah dan sayur dapat diolah menjadi keripik. Pengolahan buah dan sayur nan identik dengan asinan atau manisan mulai tergeser dengan semakin maraknya keripik buah dan sayur .



Inovasi Keripik Buah dan Sayur

Saat ini saja, sudah dapat kita jumpai majemuk jenis keripik sayur dan buah. Jika selama ini keripik buah hanya identik dengan keripik pisang atau keripik kentang, maka akhir-akhir ini sayur, nan bagi sebagian orang hanya pas dikonsumsi dengan cara dimasak terlebih dahulu, dapat dijadikan cemilan di saat santai.

Sebutlah beberapa jenis sayuran nan sudah banyak dijadikan keripik sayur, di antaranya wortel, kubis, lobak. Adapun buah nan telah dijadikan keripik yaitu mangga, nangka, sukun, kedondong, dan masih banyak lagi.

keripik sayur dan buah memang tidak hanya menjadi camilan semata, namun telah menjadi huma bisnis nan potensial bagi para usahawan. Semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap jenis cemilan nan sehat ini, membuat para usahawan melihat peluang usaha nan besar dengan mengolah buah dan sayur menjadi keripik.



Teknologi Vacuum frying dalam Pembuatan Keripik Buah dan Sayur

Pengolahan buah menjadi keripik selama ini banyak dilakukan dengan cara manual, namun saat ini telah hadir pengolahan nan lebih efektif dari segi waktu, biaya, dan hasilnya yakni menggunakan mesin pembuat keripik sayur dan buah nan disebut dengan vacuum frying .

Vacuum frying merupakan mesin pengering hampa nan dapat mengolah buah dan sayur menjadi keripik dengan mudah dan efisien. Produsen keripik sayur dan buah dalam skala besar maupun kecil berupa home industry saat ini telah banyak nan menggunakan mesin vacuum frying . Mesin ini dijual dengan harga dua puluh jutaan dan dapat mengolah sebanyak 1,5 hingga 50 kilogram buah dan sayur.

Penggunaan mesin vacuum frying membuat para usahawan keripik sayur dan buah mendapatkan hasil nan maksimal. Keripik sayur dan buah nan dijual dengan berat 250 gram rata-rata dijual dengan harga mulai Rp10.000,00 hingga Rp20.000,00. Namun buat keripik sayur dan buah nan diolah menggunakan cara manual biasanya harganya lebih murah, yakni mulai dari Rp7.500,00 hingga Rp15.000,00.

Keuntungan menggunakan vacuum frying ialah keripik tak akan gosong, renyah, dan kandungan nutrisinya tak hilang. Keripik tetap beraroma buah atau sayur, rasanya pun lezat sehingga Anda tak perlu menambahkan perasa buatan. Selain itu, keripik nan diproses dengan mesin ini akan lebih awet tanpa perlu menggunakan bahan-bahan kimia nan mengawetkan.

Keripik sayur dan buah tidak hanya dapat kita temui di sentra pembuatan keripik sayur dan buah atau di pusat jajanan oleh-oleh saja. Saat ini keripik sayur dan buah telah banyak dijual juga di pasar-pasar tradisional, warung-warung tradisional, hingga supermarket.

Keripik sayur dan buah dapat menjadi alternatif cemilan bagi mereka nan getol mengemil. Mengonsumsi keripik sayur dan buah merupakan cara sehat buat mengemil, terlebih bagi mereka nan memiliki kekhawatiran akan kesehatan jika banyak memakan cemilan.



Keripik Buah dan Sayur: Keripik Sayur Sederhana

Sebelum bisa membuat keripik buah dan sayur nan proses pembuatannya rumit dan membutuhkan peralatan khusus, cobalah untuk keripik sayuran nan mudah dan sederhana terlebih dahulu. Keripik ini dibuat dari perpaduan bayam merah dan wortel. Inilah bahan-bahan nan Anda butuhkan buat membuat keripik sayur:

  1. Bayam merah 1 ikat, petik daunnya lalu cuci higienis dan tiriskan
  2. Wortel 1 buah, iris tipis sinkron selera
  3. Tepung terigu protein rendah 100 gram
  4. Tepung tapioka 1 sendok teh
  5. Garam 1 sendok teh
  6. Lada bubuk ¼ sendok teh
  7. Ketumbar bubuk ¼ sendok teh
  8. Air 125 ml

Cara membuat keripik bayam merah dan wortel:

  1. Campur tepung terigu, tepung tapioka, garam, lada bubuk, dan ketumbar. Aduk sampai rata.
  2. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan menjadi agak kental.
  3. Panaskan minyak. Celup sayuran ke dalam adonan lalu goreng sampai berubah rona menjadi kuning kecokelatan.
  4. Angkat lalu tiriskan.


Keripik Buah dan Sayur: Keripik Salak

Salak ialah salah satu buah nan dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi keripik lezat. Untuk membuat keripik ini, dibutuhkan peralatan spesifik sebab pembuatan keripik salak cukup rumit. Resep keripik ini cocok bagi Anda nan sedang mulai berbisnis produksi keripik sayur dan buah. Untuk membuatnya, bahan nan harus disiapkan ialah 15 kg buah salak segar dan 50 liter minyak nabati. Ini dia proses pembuatannya:

  1. Kupas salak dan ambil kulit arinya.
  2. Iris salak berbentuk vertikal. Singkirkan bijinya.
  3. Cuci salak nan telah dicuci lalu masukkan ke dalam freezer . Diamkan selama 1 - 2 jam.
  4. 1 - 2 jam kemudian, masukkan salak ke dalam mesin vacuum frying nan telah diberi minyak. Tutup mesin sampai kedap lalu nyalakan pompa dan kompor. Tekanan harus menunjukkan angka -65 cmHg dengan suhu tabung penggoreng sekitar 85°C. Semakin panas minyak (saat menggoreng), semakin tinggi tekanan dan suhu tersebut.
  5. Goreng dan goyangkan tuas penggoreng setiap 5 menit agar keripik matang merata.
  6. Dalam 2 jam, keripik akan matang. Pertanda keripik telah matang ialah hanya ada sedikit gelembung di tabung penggoreng, kaca pengintip menjadi jernih, dan tekanan vacuum kembali ke angka -69 sampai -70 cmHg.
  7. Tarik tuas penggoreng ke arah atas kemudian matikan pompa. Bukalah kran pelepas vacuum dan epilog tabung.
  8. Masukkan keripik salak ke dalam spinner. Jalankan spinner buat membuang minyak nan menempel di permukaan keripik.
  9. Kemas keripik dengan aluminium foil.

Resep ini dapat digunakan bagi para wiraswasta di bidang keripik buah. Selain salak, buah lain nan dapat diolah menjadi keripik ialah apel, nangka, melon, pepaya, durian, dan nanas. Adapun sayuran nan dapat diolah dengan cara seperti ini ialah wortel, kentang, labu, kacang panjang, terung, dan sebagainya.



Berbisnis Keripik Buah dan Sayur

Setelah mengetahui peralatan nan dibutuhkan buat membuat keripik buah serta sayur dan memahami proses pembuatannya melalui resep keripik salak di atas, mungkin terbesit di benak Anda buat memproduksi berjualan keripik seperti ini.

Peluang bisnis di bidang ini memang masih terbuka lebar, sebab Indonesia kaya akan buah-buahan dan sayur mayur serta belum banyaknya saingan bisnis. Inilah beberapa alasan mengapa bisnis ini menguntungkan:

  1. Bahan standar nan melimpah ruah dan murah.
  2. Proses pembuatan nan mudah, terutama dengan menggunakan mesin vacuum frying nan dapat memasak sampai 20 kg bahan sekaligus.
  3. Jika metode pemasaran Anda baik, kapital akan kembali dalam waktu 6 bulan dan laba cepat didapat.
  4. Rasa keripik buah dan sayur nan unik, sehingga banyak diminati.
  5. Pasar luas, Anda dapat menjual di warung-warung hingga supermarket.
  6. Karena awet dan sehat, keripik sayur dan buah dapat menjadi komoditas ekspor nan menguntungkan.

Berbisnis keripik buah dan sayur dapat Anda coba. Dengan menjual keripik nan lezat dan bergizi, Anda dapat mendapatkan laba nan lumayan besar. Jangan risi Anda tak dapat mengoperasikan peralatan pembuat keripik, sebab biasanya penjual akan memberikan pelatihan tentang cara menggunakan alat ( vacuum frying , spinner, dan lain-lain).

advertisements

Tips Sehat

advertisements