Cara Pemakaian

Cara Pemakaian

Tahukah Anda Manfaat Buah Rambutan ? Saya konfiden jawabannya niscaya banyak nan tak tahu. Mengapa? Karena banyak orang nan tidak sadar dan tidak mau tahu tentang kegunaan dari buah rambutan.

Banyak orang justru lebih memperhatikan jenis buah rambutan. Mereka seakan tahu jenis dan karakteristik rambutan nan manis, asam, setengah manis, dan sebagainya. Bukan seberapa besar khasiatnya bagi kesehatan tubuh.

Buah rambutan menjadi salah satu buah favorit kebanyakan orang di negeri ini. Tak heran, sebab hampir di setiap daerah buah rambutan ada dengan berbagai jenis. Jika musim panen tiba, rambutan melimpah ruah dan harganya pun murah.

Buah rambutan menjadi salah satu buah favorit kebanyakan orang di negeri ini. Tak heran, sebab hampir di setiap daerah buah rambutan ada dengan berbagai jenis. Jika musim panen tiba, rambutan melimpah ruah dan harganya pun murah.

Kalau sudah musimnya, rambutan itu merajalela di banyak loka di Indonesia, bagaimana tidak, buah ini ialah buah oleh oleh nan menjadi trade mark bagi masyarakat kecil di Indonesia sendiri, sebab harganya nan murah dan satuannya, nan massif. Dua ikat rambutan saja, jika pada musimnya nan di Indonesia sendiri berlangsung pada awal tahun, di hargai sebesar 3000 rupiah, dan berisikan lebih dari 30 butir rambutan.

Bahkan keluarga penulis pernah ‘menyewa’ satu pohon pada saat panennya, seharga 200 ribu rupiah saja, dan tentu saja semua isinya bebas di eksploitasi, asal jangan merubuhkan pohonnya.



Kandungan dan Manfaat Buah Rambutan

Manfaat buah rambutan dapat disejajarkan dengan buah favorit nan lain, seperti jeruk dan apel. Rambutan mengandung fosfor, besi, protein, lemak, vitamin C, karbohidrat, dan sebagainya.

Tak hanya buahnya, kulit rambutan pun mengandung tanin dan saponin. Biji nan mengandung polifenol dan lemak juga menjadikan buah rambutan semakin istimewa sebab selain enak buahnya, juga banyak manfaatnya.

Beberapa ahli telah melakukan berbagai penelitian mengenai seberapa besar kegunaan buah rambutan. Diantaranya, buah rambutan kaya kandungan kalium, besi dan vitamin C.

Setiap 100 gr atau sekitar 3 buah rambutan mengandung 18 gr karbohidrat, 58 gr vitamin, dan 70 kalori. Kandungan serat rambutan juga tergolong tinggi yakni 2 gr dari setiap 100 gr buah. Seperti nan Anda ketahui penggunaan serat cocok bagi orang nan berminat buat menurunkan bobot tubuh.

Kandungan bermanfaat rambutan bukan hanya berasal dari buahnya saja, tapi juga dari berbagai elemen lain seperti kulit buah, kulit kayu, dan daun.

Kulit buahnya dapat digunakan buat menyembuhkan penyakit disentri dan menurunkan demam. Sementara kulit kayunya dapat digunakan buat menyembuhkan sariawan. Daun rambutan buat mengobati diare dan juga dapat buat menghitamkan rambut.



Cara Pemakaian

Berikut beberapa kegunaan buah rambutan dan cara pemakaiannya.



Penyakit Disentri

Sediakan kulit buah rambutan secukupnya. Potong-potong kecil. Setelah agak halus, tambahkan tiga gelas air secukupnya dan didihkan hingga mencapai suhu 100 derajat. Setelah airnya berwarna kehitam-hitaman dan tersisa setengahnya, angkat dan dinginkan. Setelah itu, lakukan penyaringan buat selanjutnya diminum secara rutin tiga kali sehari.



Menyuburkan Rambut

Ambil beberapa helai daun rambutan, kemudian tumbuk sampai halus. Campurkan air masak dingin secukupnya. Peraslah, dan saring air hasil perasan tersebut. Maka, shampo berbahan standar daun buah rambutan pun siap buat menyuburkan rambut Anda.



Penyembuhan Demam

Ambil kulit rambutan nan sebelumnya telah dikeringkan. Cuci dan tambahkan beberapa gelas air, setelah itu rebus hingga mendidih. Minumlah airnya secara rutin 3 kali sehari.



Kencing Manis

Ambil 5 biji rambutan, kemudian goreng sangrai. Setelah itu, biji nan telah disangrai tersebut tumbuk sampai halus dan campurkan dengan segelas air putih panas. Setelah dingin, minumlah sekaligus dan lakukan secara konsisten.

Semoga artikel ini membantu Anda buat mengetahui lebih dalam kegunaan buah rambutan.



Serba Serbi Manfaat Buah Rambutan

Punya banyak rambut di kulitnya. Itulah mengapa buah ini dinamakan dengan rambutan. Meski mungkin fungsinya tak sama dengan rambut kita, namun di balik itu semua, ada kegunaan buah rambutan nan lain. Yaitu buat kesehatan. Meski mungkin tak begitu di kenal di global kesehatan seperti buah nan lain, namun fenomena nan ada memang membuktikan kalau buah nan ukurannya kecil ini punya manfaat nan besar bagi kita semua.



Mengenal Buah Rambutan

Pohon rambutan termasuk pohon nan besar dan berkayu. Merupakan tumbuhan nan dapat hayati di alam tropis namun nan mempunyai iklim bersifat lembab. Ketika masih muda buahnya berwarna hijau. Namun setelah mulai tua atau matang, kulitnya berangsur-angsur menjadi merah dan akhirnya merah tua. Kulit tersebut bentuknya tebal. Demikian pula dengan buahnya nan berwarna putih seperti beras. Sedang bijinya sebesar kelereng kecil namun bentuknya agak lonjong.

Rambutan juga termasuk buah musiman. Sering berbuah pada bulan antara awal Desember sampai dengan pertengahan Februari. Bila ingin mengembangbiakannya dapat melalui beberapa cara. Yaitu dapat dengan menanam bijinya atau cangkokan.



Kandungan Buah Rambutan

Rambutan punya banyak kandungan. Dalam setiap butir buahnya terdapat Vitamin, karbohidrat, lemak, fosfor, protein dan zat besi serta kalsium. Dalam bijinya juga ada kandungan polifenol dan lemak. Sementara di daun dan kulitnya ada zat lain nan berguna bagi kesehatan badan. Semua niscaya sudah tahu apa manfaat zat-zat tersebut bagi tubuh kita.



Manfaat Buah Rambutan

Meski bentuk dan ukurannya kecil namun manfaat buah rambutan sangatlah besar. Dan bukan hanya pada buahnya saja, semua bagian dari buah ini dapat dipakai buat mengobati beberapa penyakit nan sering kita derita. Kulit dari kayunya saja dapat buat mengobati sakit sariawan.

Caranya ambil kulit dari pohon rambutan seukuran jari kemudian dicuci higienis lalu direbus dengan air sekitar dua gelas. Air rebusan ini dapat dapat digunakan buat berkumur. Bila rajin melakukannya, tak sampai satu minggu luka sariawannya dapat mengecil kemudian hilang dan sembuh.

Manfaat buah rambutan nan lain ialah pada bijinya nan dapat menyembuhkan penyakit kencing manis. Adapun caranya ialah menggoreng biji rambutan sebanyak lima butir tanpa minyak sampai kandungan airnya habis atau kering.

Biji ini kemudian dihaluskan sampai menjadi bubuk lalu dimasukan ke dalam gelas dan diberi air panas. Setelah diaduk lalu diminum ketika airnya masih hangat. Pengobatan ini akan mendapat hasil nan maksimal jika dilakukan dua kali dalam sehari.

Setelah biji lalu kulitnya. Demam dan disentri ialah dua penyakit nan kelihatannya sepele namun bila tak segera diobati dapat menimbulkan penyakit lain nan lebih serius. Untunglah ada buah rambutan nan kulitnya dapat digunakan buat menyembuhkan kedua penyakit ini. Untuk nan demam dapat mengeringkan dulu buah rambutan kemudian di bersihkan dengan cara dicuci.

Lalu masukan ke dalam panci nan sudah diberi air dan direbus sampai mendidih. Setelah matang dan airnya dingin lalu disaring dan diminum tiga kali dalam sehari. Untuk nan disentri, caranya juga sama dengan nan sakit demam. Tapi kulit nan digunakan harus nan masih segar, bukan nan sudah kering.

Bila semua penyakit sudah sembuh, sekarang waktunya buat mengambil kegunaan buah rambutan nan sesungguhnya yaitu kelezatan dan kesegarannya.

advertisements

Tips Sehat

advertisements