Menu Buka Puasa dari Berbagai Negara

Menu Buka Puasa dari Berbagai Negara

Berbicara soal menu buka puasa , sudah niscaya kita akan terbayang dengan waktu berbuka dan terbayang tentang berbagai jenis makanan nan menggoda selera. Menu buka puasa setiap orang nan ada di daerah-daerah pastinya beragam. Menu buka puasa juga tentunya disesuaikan dengan selera.

Meski bulan kudus Ramadhan masih terbilang cukup jauh, tapi tak ada salahnya kita mencari tahu, kira-kira menu buka puasa apa saja nan paling banyak dicari orang. Dapat juga menu buka puasa itu datang dari dalam negeri atau, kita sedikit mengintip menu buka puasa, nan biasa dikonsumsi oleh orang-orang di luar negeri sana. Atau barangkali Anda tengah bingung dalam hal menyiapkan buat menu buka puasa nanti? Hmmm… ada baiknya Anda terlebih dulu membaca artikel sederhana nan satu ini.

Sebelum menilik lebih jauh tentang apa saja menu buka puasa dari daerah-daerah di luar negeri, ada baiknya kita bahas menu buka puasa nan ada di dalam negeri. Setuju? Ok, lalu apa panganan atau makanan nan banyak dicari oleh orang–orang kebanyakan di Indonesia? Ya, jawabannya ialah kolak. Panganan nan satu ini paling banyak dicari oleh orang-orang sebagai menu buka puasa.

Kolak memang paling sering dijumpai jika tiba bulan Ramadhan. Kolak ialah makanan, nan biasanya diberi isi dapat berupa kulang-kaling, pisang, singkong, ubi atau dapat juga campuran dari ketiganya. Campuran bahan-bahan itu kemudian diberi kuah nan dibuat dari bahan santan dan gula, jika sudah bosan dengan variasi kolak nan itu-itu saja, dapat juga Anda menambahkannya dengan campuran pacar cina atau apa pun sinkron selera Anda.

Daftar menu buka puasa nan selanjutnya, nan juga banyak dicari, ialah minuman segar seperti es buah, cendol atau es dawet. Minuman ini sangat akrab dilidah kebanyakan orang Indonesia, sebagai menu berbuka puasa.

Memang ada banyak masakan dan berbagai macam panganan nan dengan mudah bisa dibuat oleh umat muslim, namun menu buka puasa kolak, rasanya tak dapat dilepaskan dan menjadi urutan nan pertama dalam daftar wajib menu buka puasa bagi sebagian besar orang-orang Indonesia.

Jika dari tadi kita berbicara mengenai makanan, sekarang kita bahas bagian minumannya. Tips memilih minuman sehat buat dijadikan menu buka puasa, dokter kesehatan menganjurkan memilih minuman nan manisnya alami, alias tanpa bahan tambahan gula. Minuman alami tersebut dapat kita dapatkan dari air kelapa, jus buah-buahan, atau dari sari kurma, misalnya.

Terlalu banyak mengonsumsi gula pasir, akan berdampak kurang baik bagi tubuh dan kesehatan. Menu buka puasa juga harus ditambah dengan mengonsusmi makanan nan mengandung karbohidrat kompleks. Dan alangkah lebih baik jika tak memakan makanan nan digoreng atau terlalu banyak minyak dan berlemak.

Mengingat aneka gorengan seringkali dijadikan menu berbuka puasa, ternyata gorengan dapat mengikat oksigen darah hingga 20%. Lebih sehat jika kita mengikuti sunnah Rasul. Bahwa kita memang dianjurkan buat memakan buah kurma sebagai menu buka puasa.



Menu Buka Puasa Sehat

Menu buka puasa nan baik dan bergizi, tentu akan menguatkan dan mengembalikan kondisi tubuh agar fit dan prima lagi, sesudah kita mengonsumsinya. Sehingga kita dapat melakukan aktivitas tarawih dan nan lainnya. Ada beberapa tips dan info menarik mengenai memilih makanan sehat buat sebagai menu buka puasa dan pastinya mengundang selera.

Anda dapat mencoba menu buka puasa sehat seperti nasi merah dengan kombinasi sate ayam plus buah pisang. Yang kedua nasi merah dicampur dengan soto ayam, dan buah cuci mulutnya jeruk manis. Atau jika lidah Anda sudah terbiasa dengan makanan dari luar negeri seperti spaghetti dapat juga dicampur dengan saus tuna dan salad buah.

Setelah kita membahas mengenai menu buka puasa nan ada di Indonesia, kini giliran kita menengok menu buka puasa apa saja nan ada di luar negeri sana. Kita awali dengan mencari tahu menu buka puasa dari Turki.



Menu Buka Puasa dari Berbagai Negara

Masyarakat Turki akan bersuka cita menyambut bulan Ramdhan dan mempunyai menu buka puasa nan khas. Spesifik di kota-kota besar Turki, nan paling banyak dicari semisal Sup Iftariye, hingga roti panggang nan hanya akan ada pada bulan Ramadhan saja. Roti ini bernama Roti Pide. Ada juga menu buka puasa seperti Pastırma, Sujuk, dan berbagai kue-kue nan disebut Börek.

Hidangan primer menu buka puasa orang-orang Turki ialah panganan tradisional khas Turki bernama Ottoman. "Güllaç"" nan terbuat dari air mawar dijadikan menu buka puasa nan paling banyak dicari sebagai pencuci mulut.

Setelah dari Turki, kita beralih ke Lebanon. Salah satu menu buka puasa khas Lebanon di antaranya ialah Mezza, Tabbouleh, Houmous, dan aneka olahan daging panggang lainnya. Menu buka puasa seperti ini tentu akan terasa makin sangat nikmat, ditambah ketika kita seharian penuh menahan lapar dan haus.

Di Yordania kita sering mendengar menu buka puasa bernama Mansaf dan Qatayef. Makanan Mansaf ialah daging domba nan dicampur dengan bumbu rempah-rempah. Menu ini ialah hidangan khas Yordania. Sementara Qatayef merupakan hidangan seperti kue pancake dengan kayu manis dan isinya terbuat dari biji kenari serta gula. Qatayef semakin lezat dinikmati jika Anda menambahkan sirup madu di atasnya.

Sementara menu buka puasa nan ada di Mesir, di negeri Piramida itu terkenal dengan makanan Medames. Kuliner Medames ialah menjadi hidangan utama. Selai Medames menu berbuka puasa nan lainnya seperti Molokheya nan terbuat dari daging ayam dan nasi, paling banyak dikonsumsi orang Mesir. Banyak nan mengatakan bahwa tiada terasa suasana Ramadhan di Mesir, jikalau menu buka puasa seperti Medames dan teman-temannya itu tak ada.

Hyderabad Haleem, menu buka puasa asal India ini merupakan makanan khas. Hyderabad ialah menu nan mirip dengan bubur gandum tradisional, nan ada dalam berbagai rasa, pedas, citarasa gurih, dan biasanya menu buka puasa nan ‘wajib’ ada di India ini paling nikmat disajikan bersama daging domba.

Menu buka puasa nan terdapat di Pakistan, bernama Samosa. Samosa ini ialah makanan lezat nan terasa pedas dan memiliki bentuk segitiga. Samosa hanya akan muncul saat-saat bulan Ramadhan.

Sementara umat Muslim nan berada di Malaysia dapat memilih menu buka puasa dengan mengonsumsi makanan kering atau kurma segar. Menu buka puasa di Malaysia sebenarnya tak begitu jauh dengan menu nan ada di Indonsesia. Namun di Malaysia warganya paling banyak mengonsumsi seperti air tebu, percek ayam, nasi lemak, laksa, sate, nasi ayam dan lain-lain.

Memang makanan nan disebut di atas itu, ialah makanan tiap waktu bisa dijumpai dan ditemukan dengan mudah. Tapi tetap saja ada rasa kurang lengkap, jika tak menyantapnya sebagai menu buka puasa.

Nah, itulah ragam menu buka puasa nan unik dan beraneka rasa mulai dari dalam negeri hingga luar negeri. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda tak lagi merasa bingung buat menentukan menu buka puasa apa nan akan dikonsumsi, atau barangkali Anda mau mencoba membuat menu buka puasa khas luar negeri? Silakan dicoba! Semoga menu buka puasa dari berbagai negara itu cocok di lidah Anda.

advertisements

Tips Sehat

advertisements