Usia 6 sampai 9 bulan

Usia 6 sampai 9 bulan

Apa saja permainan bayi tahun pertama ? Bagi orang tua, melihat perkembangan buah hati nan semakin hari semakin pandai, merupakan kebahagiaan nan tidak terhingga.

Berbagai cara dilakukan agar buah hati senang, salah satunya ialah dengan memberikan bayi mainan. Permainan bayi tahun pertama tentu berbeda dengan permainan anak-anak nan sudah beranjak besar.

Memilih mainan nan tidak sekedar membuat bayi terhibur, tetapi mampu membantu perkembangan mental, fisik bayi, dan tentu dengan bahan dan bentuk nan tak membahayakan.

Bagi para orang tua, sebaiknya Anda memilih mainan berdasarkan umur dan perkembangan buah hati. Jangan memberikan mainan sembarang sebab dapat jadi mainan tersebut malah membahayakan.

Permainan nan baik ialah permainan nan dapat menjadi media pembelajaran dan perkembangan bayi. Jadi sebaiknya, sebelum membeli permainan bayi tahun pertama Anda mengetahui dahulu perkembangan bayi.



Bayi Usia 3 Bulan Pertama

Pada usia tiga bulan pertama, bayi lebih banyak menghabiskan waktunya di loka tidur. Kurang lebih hampir 20 jam ia habiskan waktunya buat tidur.



Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan Pertama

Walaupun hanya tidur dan minum ASI, pada usia tiga bulan pertama bayi mengalami perkembangan dan kemajuan. Berikut ini perkembangan bayi pada usia tiga bulan pertama.

  1. Bayi mulai dapat tersenyum. Ia akan merespons setiap senyuman nan Anda berikan.
  2. Bayi mulai memegang dan menggenggam benda atau jari manis nan Anda dekatkan.
  3. Bayi sudah mulai hendak meraih benda nan ada di atasnya. Matanya akan bersinar jika melihat lampu nan menyala.
  4. Bayi mulai membuka tangan dan menaruh tangannya di mulut.
  5. Jika posisi dia ditelungkupkan, maka dada dan kepalanya akan diangkat.
  6. Mengikuti objek nan bergerak dan berbunyi dengan matanya.


Permainan Bayi Usia 1 sampai 3 Bulan

Permainan-permainan tahun pertama nan cocok buat bayi berusia 1 sampai 3 bulan ialah sabagai berikut.

  1. Dari proses perkembangannya, permainan nan tepat buat bayi di usia 3 bulan pertama ialah dengan memperlihatkan benda di depan matanya dengan jeda sekitar 8 inci.
  2. Berikan mainan nan digantung. Mainan seperti ini tersedia di toko-toko. Mainan ini membantu mengembangkan kemampuan bayi dalam hal mengenali bentuk, serta tercipta kordinasi antara mata dan tangan.
  3. Selain bergerak, berikan mainan nan dapat mengeluarkan suara atau musik.
  4. Permainan bayi tahun pertama (3 bulan) lebih baik mainan nan memiliki warna-warna nan paradoksal dan mencolok.
  5. Kegiatan nan paling tepat ialah mengajak bicara bayi atau dengan menyanyikan lagu nan diiringi mobilitas tangan. Ia akan memperhatikan mulut dan tangan Anda dengan seksama.


Bayi di Usia 4 sampai 6 Bulan

Di usia empat bulan, bayi semakin mengalami perkembangan sebagai berikut:

  1. Pada usia ini bayi mulai mengenali dan mencoba meraih benda-benda di sekitarnya,
  2. Sebagian bayi sudah dapat duduk sendiri memasuki usia enam bulan.
  3. Ia mulai meraih benda dan memainkan benda dengan tangannya. Misalya ia akan menjambak / menarik rambut ibunya
  4. Bayi sudah mulai dapat tertawa terkikih-kikih
  5. Mengoceh, bayi sering mengoceh sendirian dengan bahasa nan tak dimengerti.


Permainan Bayi Usia 4 Bulan

Permainan nan tepat buat bayi berusia 4 sampai 6 bulan ialah sebagai berikut.

  1. Kalung warna-warni. Dengan menggantungkan kalung nan memiliki rona warni akan menarik perhatian bayi. Kalung akan menstimulasi pandangan dan motorik kasar bayi.
  2. Membacakan cerita bergambar. Pada usia ini, bayi sudah mampu melihat gambar dan huruf-huruf nan terdapat di dalam buku.
  3. Memperkenalkan jenis musik atau alat-alat musik. Bayi akan mendengarkan dan memperhatikan kecepatan dalam lagu, serta volume musik.
  4. Ajak bicara bayi dan nyanyikan lagu-lagu.


Usia 6 sampai 9 bulan

Perkembangan bayi pada usia 6 sampai 9 bulan ialah sebagai berikut.

  1. Bayi mulai meniru suara orang.
  2. Ia akan menangis jika tak dapat melakukan sesuatu nan ia inginkan.
  3. Bayi sudah mulai dapat duduk dan merangkak
  4. Sudah dapat mengambil benda dengan menggunakan dua jari.


Permainan Bayi Usia 6 sampai 9 bulan

Permainan nan tepat buat usia 6 sampai 9 bulan ialah sebagai berikut.

Permainan bentuk benda
Pada usia ini, Anda sudah dapat memberikan mainan nan bervariasi, seperti mengenalkan bentuk benda pada bayi. Hal ini dilakukan agar bayi menstimulus rasa keingintahuannya dan melakukan ekplorasi terhadap benda-benda.

Permainan berpikir dan bergerak
Beri permainan nan mengajak bayi buat berpikir dan bergerak. Ia sudah mulai mengerti dan mampu menumpuk dan memasukkan benda. Misalnya Anda dapat membeli bola-bola kecil plastik nan berwarna-warni dan keranjang plastik.

Bayi akan memasukkan bola ke dalam kantong. Jangan lupa buat memujinya. Karena ia akan bahagia dan mengulang memasukkan bola.

Bermain di kamar mandi
Karena bayi sudah dapat duduk, maka kegiatan mandi bagi dirinya ialah sesuatu nan sangat menyenangkan. Ia akan terlihat aktif jika terkena air. Untuk bayi kegiatan mandi ialah kegiatan bermain.

Oleh karenanya Anda dapat memberikan mainan spesifik buat di air. Misalnya, mainan bebek atau karet nan dapat mengambang, pistol-pistolan air, atau busa sabun.



Usia 9 sampai 12 bulan

Pada usia ini, bayi semakin bertambah banyak kemampuannya, seperti:

  1. Mulai meniru gerakan orang lain.
  2. Senang berada dekat orang tua dan akan menangis ketika ditinggal.
  3. Mulai mengembangkan rasa percaya diri. Merespons jika ada nan memuji atau memberikan tepuk tangan.
  4. Bayi sudah mampu memperlihatkan suasana hatinya dan aktualisasi diri jika sedih, senang, atau marah.
  5. Bayi mulai mengembangkan rasa humor dan membuat sesuatu terjadi. Misalnya, ia akan bahagia dan mengulang-ngulang memencet tombol nan memunculkan suara atau bergerak.
  6. Melakukan sesuatu nan disenanginya berulang-ulang.


Permainan Bayi Usia 6 sampai 12 bulan

Perkembangan bayi sudah mulai meningkat. Permainan bayi nan tepat buat usia 6 sampai 12 bulan ialah sebagai berikut.

  1. Permainan nan interaktif, misalnya mainan nan dapat menimbulkan suara atau cahaya dan gerakan. Anda dapat memberikan bayi mainan seperti robot-robotan atau boneka. Dengan mainan-mainan interaktif ia akan merespons dan belajar mengenai karena dan akibat.
  2. Bayi pada usia ini bahagia menarik dan mendorong sesuatu. Jangan menyimpan barang -barang nan berbahaya di atas meja atau tempat-tempat nan dapat ia gapai.
  3. Carilah nan membuat bayi dapat bergerak seluruh badannya. Misalnya dengan permainan nan mengharuskan ia memasukkan atau mengosongkan sesuatu.
  4. Bayi Anda sudah mulai belajar berjalan. Anda dapat memberikannya roda spesifik bayi. Dengan roda ini bayi dapat bergerak ke sana ke mari dengan aman.
  5. Berikan permainan nan mampu mengembangkan bahasa. Bayi sudah mulai mengeluarkan satu patah dua patah kata, seperti “mama”, “mamam”, “papa”, “abi”, dan lain sebagainya. Jadi pilihlah mainan nan dapat membantu mengembangkan kemampuan bahasa.
  6. Bayi akan memperhatikan dan menirukan mobilitas gerik Anda. Mainan seperti telpon-teleponan, mobil-mobilan , dan boneka menjadi mainan favorit mereka. Dengan mainan seperti itu membantu mereka buat mengenali dan mengeksplorasi dunianya.

Membesarkan Anak, membutuhkan kesabaran nan juga disertai dengan pengetahuan. Memberikan permainan bayi tahun pertama nan cocok ialah sama halnya dengan memberikan sesuatu nan berharga, nan menjadi dasar kuat buat pertumbuhan di tahun-tahun berikutnya.

advertisements

Tips Sehat

advertisements