Fakta Kanker Kulit

Fakta Kanker Kulit

Kemajuan teknologi dan modernisasi ternyata juga membawa imbas munculnya banyak jenis penyakit. Apalagi dengan banyaknya polutan maupun penggunaan dan pemanfaatan zat-zat kimia dalam jumlah tidak terkendali, justru bisa memunculnya majemuk jenis penyakit. Salah satu penyakit nan belakangan sering menyerang ialah penyakit kanker kulit .

Penyakit ini nisbi mudah dikenali sebab umumnya menyerang kulit bagian terluar atau epidermis. Meskipun mudah dikenali dan diatasi, namun tidak sedikit pula jenis kanker ini nan ganas dan menyebabkan kematian. Kutil merupakan salah satu jenis penyakit kanker nan tak ganas, meskipun tetap perlu diwaspadai.

Banyak faktor nan menyebabkan terjadinya penyakit kanker kulit. Antara lain disebabkan banyaknya oksidan atau radikal bebas nan terhirup atau masuk dalam genre darah. Begitu juga radiasi sinar radio aktif maupun ultraviolet dari sinar matahari nan mengenai kulit dalam waktu lama dan terus menerus juga bisa menyebabkan penyakit ini.

Karena itu saat keluar rumah, banyak orang nan melindungi kulit dengan krim anti sinar matahari. Namun sebaiknya hati-hati dalam menggunakan handbody ataupun krim anti sinar matahari nan terbuat dari bahan kimia sebab dikhawatirkan justru bisa menyebabkan penyakit kanker kulit .

Penyakit kulit umumnya berawal dari tahi lalat ataupun adanya benjolan di kulit nan berwarna hitam atau gelap. Benjolan ini oleh kalangan medis dikategorikan dalam tiga jenis, yaitu tumor jinak, tumor prakanker, dan tumor ganas.

Apabila tahi lalat mengalami perubahan, baik bentuk, warna, ataupun terasa gatal, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.



Pelindung Alami

Pertumbuhan sel kanker nisbi sangat lama, bahkan hingga puluhan tahun. Oleh sebab itu, gejalanya nan mudah terlihat dan dikenali memudahkan pula dalam pengobatan maupun cara mengatasinya. Berikut beberapa tips buat meningkatkan konservasi terhadap kulit agar terhindar dari penyakit kanker kulit .

  1. Hindari kulit dari sengatan sinar matahari dalam waktu lama dan terus menerus. Sebaiknya selalu lindungi kulit saat keluar rumah. Pilih jenis handbody, sunscreen atau sunblock nan kondusif buat kulit. Akan lebih baik lagi mengenakan pakaian lengan panjang atau nan menutupi seluruh bagian kulit saat terkena sinar matahari.
  1. Selalu konsumsi buah-buahan dan sayuran nan banyak mengandung zat antioksidan. Beberapa nan dapat dipilih diantaranya tomat, wortel, kacang hijau, buah labu, ataupun buah anggur. Buah dan sayuran ini bisa dibuat jus dan dikonsumsi secara rutin.
  1. Sebaiknya kurangi atau hindari pemanfaatan krim atau lotion pemutih kulit. Selain mengandung bahan kimia nan bisa menyebabkan kanker kulit berwarna sebenarnya sangat baik buat mencegah pengaruh jelek sinar ultraviolet nan menyebabkan penyakit kanker ini. Orang nan berkulit putih, khususnya orang Barat, lebih berisiko terkena penyakit ini ketimbang orang berkulit berwarna.


Fakta Kanker Kulit

Kanker kulit ialah kanker nan paling generik mmbuat orang menderita di antara berbagai jenis kanker. Bahkan, jumlah orang nan menderita kanker kulit di negara terbesar di global seperti Amerika Serikat, Inggris dan Australia tampaknya tumbuh lebih tinggi dan lebih tinggi dari jumlah orang nan menderita jenis kanker lainnya.

Alasan paling generik mengapa kanker kulit tak diakui dalam termin awal sebab gejala tampaknya sangat normal dan satu bisa membingungkan mereka dengan masalah kulit lainnya nan terkait.



Penyebab
  1. Kanker kulit pada dasarnya disebabkan sebab gambaran ke cahaya ultraviolet nan merupakan bagian dari sinar matahari atau terpaan langsung matahari dan juga beberapa sumber lain.
  2. Orang diberkahi dengan kulit nan sangat normal berada pada risiko lebih besar terkena kanker kulit ini sebagai adil mudah terbakar.
  3. Karena kanker ini sangat lambat tumbuh, di sebagian besar gambaran kasus buat setiap melanoma menyebabkan zat-zat atau unsur-unsur dalam usia dini meningkatkan kemungkinan orang jatuh menderita kanker kulit di kemudian hari.
  4. Orang-orang nan memiliki sejumlah besar tahi lalat pada kulit berdiri kemungkinan tinggi tertular penyakit.
  5. Penyalahgunaan / terlalu sering menggunakan obat nan mengandung taraf tinggi unsur karsinogenik bisa menyebabkan kanker kulit.
  6. Paparan zat karsinogenik / elemen seperti arsenik, tar, creosote dan radiasi dll bisa menyebabkan kanker kulit.
  7. Bisa turun-temurun. Jika ada dari keluarga Anda menderita kanker kulit, maka Anda berada pada risiko lebih tinggi tertular penyakit.


Jenis Kanker
  1. Karsinoma Sel Basal: Ini ialah jenis nan paling generik kanker kulit. Hampir 8 dari 10 kasus ialah dari jenis ini. Tipe ini ialah kanker nan sangat lambat tumbuh dan berdiri kesempatan nan sangat kurang menyebar ke bagian lain dari tubuh.
  2. Karsinoma Sel Skuamosa: Hal ini lebih berbahaya daripada Karsinoma Sel Basal, dan juga berdiri kesempatan nan sangat kurang menyebar ke bagian lain dari tubuh. Jenis kanker kulit nan paling generik kedua setelah Karsinoma Sel Basal.
  3. Melanoma ganas: Jenis kanker kulit nan paling berbahaya dan pertumbuhan tercepat di antara jenis lainnya.
  4. Di antara jenis kanker kulit di atas, Karsinoma Sel Basal dan Karsinoma Sel Skuamosa juga disebut kanker nonmelanoma.


Pengobatan
  1. Bedah: Operasi buat kanker kulit melibatkan mutilasi daerah kulit nan terkena. Pembedahan bisa paling efektif jika daerah nan terkena dipotong dari kulit pada termin awal kanker kulit.
  2. Curettage Dan electrodessication: Sebuah alat nan disebut kuret digunakan buat menghapus area nan terkena kanker. Sebuah mesin listrik digunakan buat melewati saat ini di dan di sekitar daerah nan terkena nan berhenti sirkulasi darah ke dan dari daerah nan terkena, nan disebut electrodessication.
  3. Bedah Moh ini: Jenis operasi digunakan ketika dokter tak sangat konfiden tentang kedalaman, luas dan sifat kanker kulit. Dalam operasi ini, jaringan nan terkena dikeluarkan dari daerah tertentu. Bedah Moh tampaknya sederhana ialah sangat kompleks di alam dan lebih efektif bila tumor lebih besar dalam ukuran dan daerah nan terkena sulit buat diobati. Dalam Bedah Moh itu, lapisan jaringan akan dihapus berdasarkan studi mikroskopis dari jaringan di dalam dan sekitar daerah nan terkena.
  4. Cryosurgery: Dalam pengobatan jenis ini, daerah nan terkena didinginkan ke dalam suhu nan sangat rendah. Jaringan nan terkena akibat / sel dibekukan dan dibunuh dengan donasi nitrogen cair. Tergantung pada kompleksitas dan daerah nan terkena, perawatan ini bisa diulang beberapa kali.
  5. Laser Therapy: Sebuah sinar laser intensitas tinggi digunakan buat menghancurkan sel-sel di daerah nan terkena. Terapi ini digunakan di sebagian besar kasus di mana kanker belum mencapai lebih mendalam di dalam kulit.

Seiring dengan terapi nan disebutkan di atas, Radiasi dan Kemoterapi ialah pengobatan nan paling generik digunakan.



Apa nan Harus Saya Lakukan?

Kanker kulit dimulai dengan sangat kecil, berwarna terang benjolan pada kulit. Kadang-kadang benjolan juga bisa muncul menjadi kering dan kemerahan atau berwarna gelap, ini benjolan nan kasar di alam. Setiap benjolan tersebut bisa berfungsi sebagai kecambah dari kanker kulit. Melanoma kelak akan jatuh tempo menjadi mol besar nan telah menyebar di area nan luas. Jadi berhati hatilah.

advertisements

Tips Sehat

advertisements