Khasiat Pinang Muda

Khasiat Pinang Muda

Pinang mempunyai banyak istilah. Kata pinang lebih dikenal di daerah melayu seperti Sumatera, sedangkan masyarakat Jawa mengenalnya dengan istilah jambe. Mendengar kata jambe, benak penulis langsung melayang kepada kata jambi. Adakah ikatan antara kedua kata tersebut? Penulis sering sekali mendengar tentang khasiat pinang buat kesehatan. Dalam artikel berikut ini, penulis akan mengupas tentang beragam khasiat pinang muda dan interaksi antara buah pinang dengan daerah Jambi sebagai intermeso.



Asal-usul kata Jambi

Pada jaman dahulu kala, di salah satu daerah di Pulau Sumatera, hiduplah seorang puteri nan sangat jelita nan bernama Pinang Masak. Puteri Pinang Masak tak hanya cantik wajahnya, tetapi sangat baik budi pekertinya. Oleh sebab itu, tak salah jika sang puteri dicintai oleh rakyatnya.

Kecantikan puteri Pinang Masak ternyata sampai juga ke telinga seorang raja nan kaya raya. Sayangnya raja tersebut memiliki paras nan kurang rupawan atau lebih tepatnya jelek rupa. Meskipun mempunyai paras nan buruk, sang raja berniat buat mempersunting sang puteri jelita. Dengan gelimang hartanya, sang raja merasa percaya diri, bahwa sang puteri tak mungkin menolaknya.

Kenyataannya memang demikian. Lamaran sang raja jelek rupa dengan berat hati diterima oleh puteri Pinang Masak, dengan satu pertimbangan bahwa jika dirinya menolak, maka sudah bisa dipastikan raja jelek rupa akan murka. Jika hal tersebut terjadi, maka prahara terhadap kerajaan dan rakyatnya niscaya akan menimpa.

Puteri Pinang Masak, selain jelita, dia juga sangat pintar. Maka dengan kecerdikan akalnya, dia menerima pinangan sang raja dengan satu persyaratan. Jika sang raja sukses membuatkan sebuah kota dalam satu malam sebelum bunyi kokok ayam pertama, maka sang puteri siap diperistri oleh raja. Namun apabila sang raja gagal, maka kesepakatan dianggap gagal dan sang raja jelek rupa diharuskan menyerahkan kerajaannya kepada sang puteri.

Persyaratan sang puteri diterima. Dengan kekayaannya nan melimpah ruah, sang raja jelek rupa hampir sukses membuat sebuah kota dalam satu malam. Namun sayang, sang puteri nan sebenarnya enggan buat menjadi isteri sang raja menggagalkannya dengan cara membangunkan ayam-ayam sebelum waktunya. Pekerjaan sang raja pun dianggap gagal sehingga perjanjiannya pun batal.

Raja jelek rupa dengan legowo mengakui kegagalannya dan menyerahkan seluruh kerajaan kepada puteri Pinang Masak. Sejak saat itu puteri Pinang Masak memimpin kerajaan nan diberi nama kerajaan Pinang Masak. Kemasyhuran kerajaan Pinang Masak sampai juga ke telinga penduduk Jawa nan menyebut negeri Pinang Masak dengan kata negeri Jambi, sebab kata pinang di Pulau Jawa dikenal dengan kata jambe atau jambi.



Khasiat Pinang Muda

Jika dalam cerita di atas dikisahkan tentang kemasyhuran puteri Pinang Masak, maka dalam uraian ini, akan dijelaskan tentang kemasyhuran khasiat pinang muda. Pohon pinang ( areca catechu ) merupakan tumbuhan nan bisa tumbuh baik hampir di semua benua, oleh sebab itu tak mengherankan jika tumbuhan tersebut banyak ditemukan di benua Asia dan Afrika.

Secara morfologi, pohon pinang mempunyai kemiripan dengan pohon kelapa, sawit, atau pohon palem lainnya. Begitu juga dengan buahnya. Buah pinang dilindungi oleh sabut dan cangkang nan keras seperti buah kelapa. Letak perbedaannya, buah pohon pinang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan buah kelapa.

Masyarakat Indonesia, sudah menggunakan buah pohon pinang sejak jaman nenek moyang. Konon, buah pinang sering digunakan sebagai buah pelengkap buat sesaji atau upacara adat. Buah pinang juga sering digunakan oleh orang tua jaman dahulu nan suka makan sirih. Buah pinang dijadikan bumbu pelengkap nan bisa menguatkan rasa dan memberi rona merah pada sirih nan dikunyah.

Buah pinang mengadung senyawa-senyawa kimia krusial nan baik buat kesehatan seperti arecoline, arecaidine, areca red, guacine, guvacoline, senyawa-senyawa alkaloid, dan lain-lain. Senyawa-senyawa tersebut berkhasiat buat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti menghentikan berbagai pendarahan, baik sebab luka maupun sebab penyakit, mengobati berbagai penyakit kulit , penyakit saluran pencernaan, cacingan, batu ginjal, dan lain-lain. Untuk mengetahui khasiat pinang muda secara terperinci, mari kita simak uraian berikut ini.



Ejakulasi dini

Ejakulasi dini merupakan penyakit nan sangat mengganggu bagi keintiman suami istri, dikarenakan sperma bisa keluar lebih awal sebelum interaksi intim mencapai klimaksnya. Dengan mengonsumsi ramuan pinang muda secara rutin, ejakulasi dini bisa disembuhkan, sehingga bisa meningkatkan keharmonisan rumah tangga. Kemampuan pinang muda sebagai obat herbal ejakulasi dini sudah terkenal dan terbukti keakuratannya.



Sakit haid

Bagi wanita nan sudah baligh dan mengalami mentruasi, merasakan sakit haid sepertinya sudah biasa. Meskipun demikian, sakit haid sering sekali mengganggu berbagai macam aktivitas. Bahkan sakit nan luar biasa nyeri pada hari-hari pertama haid, dapat menghentikan aktivitas . Air rebusan pinang muda nan didiinginkan ternyata mempunyai khasiat alami nan sangat baik buat menghilangkan rasa sakit pada hari pertama menstruasi. Jika diminum secara rutin, rasa sakit setiap menjelang menstruasi akan hilang dengan sendirinya.



Cacingan

Cacingan identik dengan penyakit nan menyerang anak balita, di mana kondisi tubuh mereka tetap kurus meskipun nafsu makannya meningkat. Faktanya, cacingan tak hanya menyerang anak-anak tetapi juga banyak ditemukan orang dewasa nan menderita cacingan. Air rebusan pinang muda nan dikonsumsi secara rutin, mempunyai khasiat buat mengobati cacingan dengan sempurna.



Penyakit kulit

Penyakit kulit sebab jamur seperti panu, kadas, kurap, bahkan kusta bisa diobati dengan pinang muda. Biji pinang muda nan ditumbuk halus kemudian dicampur dengan kapur buat menyirih ditempelkan pada bagian kulit nan sakit. Lakukan secara rutin, maka penyakit kulit tersebut akan cepat sembuh sekaligus menghilangkan bekas lukanya.



Mengecilkan rahim

Rebusan air pinang muda sangat baik dikonsumsi oleh wanita nan baru saja melahirkan. Air rebusan pinang muda tersebut selain baik buat mengobati pendarahan dampak melahirkan, juga bisa menyusutkan rahim dengan cepat agar segera kembali ke bentuk semula.

Umumnya, bagi wanita nan baru saja melahirkan, buat mengembalikan rahimnya ke bentuk semula, mereka menggunakan kemben nan cukup merepotkan. Jadi alangkah lebih baik, jika diganti dengan mengkonsumsi air rebusan pinang muda. Selain praktis dan tak ribet, kita bisa memperoleh kegunaan nan lainnya.



Menguatkan gigi

Orang tua jaman dahulu nan suka menyirih, ternyata mempunyai gigi nan kuat. Salah satu campuran rempah nan digunakan buat menyirih selain tembakau, kapur, kapulaga, saga, juga biji pinang muda. Biji pinang muda dipercaya mempunyai khasiat buat menguatkan gigi mereka. Suku-suku pedalaman di Papua mempunyai Norma buat mengunyah biji pinang, dan ternyata mereka mempunyai gigi-gigi nan kuat.



Bisul

Bisul merupakan salah satu penyakit kulit nan menimbulkan ketidaknyamanan. Bisul umumnya menyerang bagian pinggul, ketiak, atau bagian tubuh lainnya. Bisul ternyata bisa diobati dengan cepat oleh ramuan biji pinang muda nan ditumbuk halus serta ditambahkan kapur sirih. Caranya, tempelkan ramuan tersebut pada kulit nan bisul, secara rutin sehingga bisul mengempis dan mengering.

Buah pinang muda merupakan buah nan tak sulit kita temukan. Mengingat manfaatnya nan luar biasa serta cara meramunya nan sederhana, jadi sangat bijaksana jika kita menyediakan beberapa butir pinang muda di rumah. Semoga bermanfaat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements