Tips Tidur Sehat

Tips Tidur Sehat

Tidur. Sebuah kata nan sangat enak buat dibayangkan. Namun, tahukah Anda jika tidur ini terdiri atas dua jenis, yakni tidur sehat dan tidur nan tak sehat? Nah, daripada Anda penasaran dan bertanya-tanya, ada baiknya aku langsung jelaskan kedua disparitas jenis tidur tersebut. Namun sebelum mengulasnya lebih jauh, simaklah uraian berikut.

Semua orang, sebagian dari umurnya dihabiskan tanpa kesadaran, alias tidur, tetapi boleh jadi waktu nan terbuang kurang lebih sepertiga usia itu bukan tidur sehat.

Misalkan seseorang nan berusia 30 tahun. Kalau dia menggunakan waktunya buat tidur selama sehari semalam 8 jam, itu berarti orang tersebut sebenarnya telah menggunakan 10 tahun umurnya hanya buat tidur. Nah, kalau tidurnya tak sehat, tentu itu suatu kerugian hayati nan besar.

Bayak orang beranggapan bahwa tidur ialah sesuatu nan tak berharga. Orang nan banyak tidur biasanya dicap sebagai pemalas, sehingga orang tidur itu seperti orang mati, tak ada gunanya. Tulisan Ini bukan bermaksud mendukung mereka nan banyak tidur dan membiarkan orang nan suka tidur menjadi sedikit bekerja. Akan tetapi, dalam tulisan ini aku akan menguraikan bagaimana tidur nan sehat itu.

Kita memerlukan tidur buat beristirahat, walaupun sebagaian orang ada nan mengalami susah tidur, bahkan bagi mereka nan doyan tidur suka berlama-lama berbaringan di loka tidur. Kalau sepanjang hari hanya tidur melulu, bukan berarti itu ialah tidur nan sehat.

Tidur nan sehat itu meliputi bagaimana caranya tidur dan bagaimana hasil nan diperoleh dari tidur itu sendiri, sebab Tuhan memberi kita waktu buat tidur bukan tanpa kegunaan atau tanpa hasil nan diperoleh dari tidur.

Akan tetapi kalau tidur kita tak sehat, jangan harap tidur itu dapat memberi manfaat, malah bisa berakibat nan tak baik. Bukan soal waktu nan digunakan buat tidur, banyak atau sedikit, tetapi kualitas dan nilai dari tidur kitalah nan menentukan tidur kita sehat atau tidak.

Tidur nan sehat ialah tidur nan memiliki bobot, bahkan punya kandungan “produktivitas”, maksudnya tidur nan produktif. Kok dapat ya? Di mana-di mana nan namanya tidur itu kan tak melakukan apa-apa, kan gak dapat tidur sambil menyiram pot bunga, apalagi tidur sambil memasak. Tentu bukan itu maksudnya, tetapi tidur nan sehat dan berbobot itu bisa memengaruhi produktivitas kerja, nan bisa terasa setelah bangun tidur.



Tidur Sehat - Beberapa Kebiasaan Tidur nan Tidak Sehat

Orang biasanya sering melakukan ini tanpa disadari, bahwa aktivitas tidur nan dilakukannya bukanlah tidur nan sehat atau dapat dikatakan sebagai tidur nan merugikan, bahkan bisa disebut juga sebagai tidur nan membawa petaka. Lantas apa saja nan temasuk ke dalam kebiasan-kebiasaan tidur nan tak sehat ini? Berikut ialah beberapa di antaranya.

  1. Tidur terlalu lama sebab tak tahan atau menghindari kesulitan beban hayati saat terjaga. Tidak mau bangun bukan sebab tidurnya nyenyak dan enak, tetapi sebab takut bangun. Hal itu sebab apabila bangun akan menghadapi banyak kesulitan dan persoalan hayati nan tak sanggup dihadapi dan ingin dilupakan atau ingin dihindari. Tentu menghabiskan waktu nan seperti ini ialah bukan tidur sehat .
  2. Tidur dengan membawa kemarahan atau membawa perasaan kesal terhadap suatu masalah. Sering, di antara kita membiasakan diri kalau sudah kesal, marah, jengkel, dilarikan ke pembaringan hingga tertidur. Boleh jadi, ini memang bisa membuat kita sementara menjadi tenang, setidaknya bisa menghindari perasaan sakit ketika itu. Padahal sesungguhnya kita sedang menanamkan perasaan kesal itu menjadi lebih dalam ke alam bawah sadar kita. Apa nan akan dihasilkan dari aktivitas tidur seperti ini? Tentu bukan hasil dari tidur nan sehat.
  3. Tidur nan terlalu lama sebagai dampak dari kegiatan begadang. Dalam kasus ini, bukan tidurnya saja nan tak sehat, melainkan aktivitas bergadangnya pun sebisa mungkin harus dikurangi karenan memiliki imbas nan kurang bagus bagi tubuh, terutama dalam hal daya tahan tubuh terhadap agresi penyakit. Dengan begadang, tidak sporadis tubuh akan terasa begitu lemah.

Sedikit pengetahuan tentang hal ikhwal tidur, seperti apa nan sebenarnya kita alami di seputar tidur. Hal itu perlu kita ketahui supaya kita bisa memiliki kualitas tidur nan sehat secara mental.

Sesungguhnya, pada saat kita tidur, alam bawah sadar kita nan bekerja. Itulah nan kita alami dalam global mimpi. Raga kita dan pikiran sadar kita tak bekerja, tetapi alam bawah sadar kita tetap bergulat dalam kehidupan, yaitu kehidupan bawah sadar atau mimpi.

Oleh karena itu, tidur nan sehat harus memerhatikan waktu kritis, yaitu sesaat sebelum tertidur, saat kita sedang meletakkan kepala di atas bantal. Sesungguhnya, saat itulah nan menentukan apa nan akan kita bawa ke alam tidur kita atau ke domain bawah sadar kita. Apakah itu sesuatu nan baik atau sebaliknya? Tidur nan sehat berarti membawa pikiran nan sehat atau pikiran positif ke alam bawah sadar saat beranjak tidur.



Tips Tidur Sehat

Jika Anda termasuk kategori orang nan mengalami kesulitan tidur, sebaiknya baca dulu tips berikut. Tips ini akan menjadikan kualitas tidur Anda bermutu dan menjadikan tidur Anda sebagai tidur nan sehat.



Tidur Sehat - Tentu Bersihkan Tangan dan Kaki Sebelum Tidur.

Nasihat Ibu kita sewaktu kanak-kanak ini masih berlaku. Hal itu diakibatkan oleh pikiran negatif nan dialami sebelum tidur. Jadi bersihkanlah tangan dan kaki Anda sebelum tidar, agar pikiran kotor nan ada juga ikut dibersihkan.



Tidur Sehat - Baringkan Badan dengan Miring ke Kanan buat Menghindari Mimpi Buruk atau Perasaan Tidak Nyaman Saat Tidur.

Hal ini sebab pusat pencerahan bawah sadar kita berpusat di hati/jantung nan letaknya ada di sebelah kiri dada kita, kalau kita tidur miring ke kiri itu bukanlah tidur nan sehat, sebab akan menekan bagian nan vital bagi alam bawah sadar kita, yaitu jantung. Inilah cara tidur nan sehat.



Tidur Sehat - Relakskan Tubuh dan Pikiran Anda Seolah Kosong

Lakukan ini dengan melenturkan tubuh Anda, seperti terjatuh secara bebas. Kosongnya pikiran memungkinkan munculnya firasat-firasat nan baik dari dalam alam bawah sadar Anda. Anda bisa mendukung proses ini dengan do’a atau dzikir, mengingat keagungan Tuhan nan terwujud dalam wujud diri Anda sendiri nan patut Anda syukuri. Karena Tuhan menghendaki Anda sehat, maka tidurlah dengan cara nan sehat seperti ini.



Tidur Sehat - Teruskan dengan Merasakan atau Memikirkan Hal-Hal Baik nan akan Anda Alami Saat Terbangun Nanti

Misalnya Anda akan mendapatkan jodoh nan baik, seseorang nan Anda dambakan, atau Anda akan mendapatkan rezeki nan banyak dari Tuhan atas kerja keras Anda nan sungguh-sungguh, atau apa saja sinkron gambaran nan baik nan Anda harapkan saat itu.

Lakukan ini hingga Anda benar-benar tak ingat lagi, artinya hingga Anda benar-benar tertidur. Jadikan tidur ini sebagai alat Anda buat mencapai apa nan Anda impikan. Karena apa nan Anda bawa ke alam bawah sadar Anda, akan berproses menjadi kenyataan.

Selamat tidur sehat, sampai jumpa lagi nanti. Saat Anda terbangun kembali, semoga masih ada waktu membaca artikel lain buat merealisasikan mimpi Anda kali ini.

advertisements

Tips Sehat

advertisements