Khasiat Fish Oil

Khasiat Fish Oil

Apakah Anda pernah mengonsumsi fish oil atau minyak ikan? Jika ya, berarti Anda sudah pernah merasakan khasiat fish oil ini. Meskipun memiliki bau nan kurang sedap, yaitu amis, fish oil ternyata memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Seperti nama dan baunya, fish oil memang merupakan minyak nan berasal dari ikan.

Fish oil terbuat dari jaringan ikan nan berminyak, seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan mackerel, ikan trout danau, ikan herring, dan ikan sarden. Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya Anda mengonsumsi fish oil dua kali dalam seminggu. Dengan pengonsumsian teratur, kegunaan fish oil ini akan sangat terasa oleh Anda dan keluarga.

Banyaknya kegunaan fish oil boleh jadi membuat Anda berpikir lebih baik langsung mengonsumsi ikannya. Toh, fish oil dibuat dari bahan dasar ikan juga. Sayangnya, pemikiran tersebut tak sepenuhnya benar. Mengapa? Mengonsumsi aneka jenis ikan secara langsung cukup memiliki risiko dibanding mengonsumsi hasil olahan lemaknya, yaitu fish oil.

Risiko tersebut dipicu oleh banyaknya ikan nan telah terkontaminasi racun, seperti mercuri. Namun, kecanggihan teknologi telah mampu memusnahkan setiap toksin atau racun serta aneka logam berat nan bersarang di dalam tubuh ikan. Dengan teknologi nan kian modern tersebut, kualitas fish oil nan diproduksi pun akan semakin baik.



Kandungan Fish Oil

Sama halnya dengan lemak hewani lain, fish oil mengandung zat-zat eksklusif nan sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Bedanya, fish oil memiliki kandungan nan sangat kompleks, di antaranya vitamin A, vitamin D, asam lemak tidak jenuh, serta Omega 3 (EPA dan DHA).

Kandungan asam lemak tidak jenuh ganda pada fish oil mampu meningkatkan kecerdasan dan sistem kekebalan tubuh pada balita. Fish oil merupakan sumber Omega 3 terbaik di dunia.

Omega 3yang terkandung dalam fish oil ini memiliki aneka kegunaan bagi kesehatan tubuh. Di antaranya, mengurangi risiko terserang penyakit jantung serta jantung koroner, memerangi gangguan depresi bipolar, serta memerari penyakit skizofrenia.

Dibanding lemak hewani lain, lemak ikan atau nan lebih dikenal dengan sebutan fish oil alias minyak ikan memang memiliki kandungan kolesterol sangat minim. Minimnya kandungan kolesterol pada fish oil tentu sangat menguntungkan bagi Anda sebab kolesterol berlebih hanya akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Konsumsi fish oil di global semakin meningkat seiring tingginya pencerahan masyarakat akan pentingnya asupan gizi baik guna menunjang kesehatan. Hal ini tentu saja merupakan kemajuan sangat baik mengingat semakin banyaknya penyakit ganas nan sewaktu-waktu dapat merenggut keselamatan manusia. Fish oil pun hadir sebagai solusi.



Khasiat Fish Oil

Tidak bisa dipungkiri, kesehatan merupakan aset primer dan paling berharga dalam kehdupan. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga aset berharga ini melalui pencegahan sejak dini. Salah satu cara pencegahan paling mudah ialah mengonsumsi fish oil nan dipercaya memiliki segudang khasiat.

Berikut ini merupakan beberapa rincian khasiat fish oil bagi kesehatan tubuh manusia.



1. Khasiat Fish Oil - Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung memang masih merupakan penyakit pembunuh nan paling ditakuti di dunia. Namun, Anda bisa menangkal penyakit ini sedini mungkin dengan cara mengonsumsi fish oil secara teratur.

Sebuah penelitian nan dilakukan oleh Dr. Alexander Leaf serta koleganya di Harvard Medical School, menyatakan bahwa mengonsumsi ikan (tuna atau salmon), baik sudah berupa fish oil maupun belum seminggu dua kali mampu mencegah risiko terkena penyakit jantung.

Pendapat ini didukung oleh hasil penelitian nan dilakukan di Universitas Southampton. Berdasarkan penelitian di universitas tersebut, kandungan Omega 3 dalam ikan bisa menjauhkan tubuh manusia dari risiko penyakit jantung dan stroke. Berpangkal pada kedua penelitian tersebut, sangat tepat jika Anda mengonsumsi fish oil sebagai langkah antisipasi penyakit mematikan ini.



2. Khasiat Fish Oil - Mengurangi Risiko Kematian

Mengonsumsi fish oil secara rutin ternyata mampu mengurangi risiko kematian dampak agresi penyakit jantung mendadak. Mengenai hal ini, Dr. Roberto dan Consortia Mario selaku ketua peneliti di forum penelitian Santa Maria Embargo, Italia, telah sukses menemukan sebuah kasus.

Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa kandungan beberapa gram Omega 3 dalam takaran harian fish oil nan dikonsumsi terbilang signifikan buat mengurangi risiko kematian dampak agresi penyakit jantung mendadak. Tidak tanggung-tanggung, masih menurut penelitian nan sama, risiko kematian tersebut bisa dikurangi hingga 42 persen.



3. Khasiat Fish Oil - Mengurangi Gejala Lupus

Lupustermasuk salah satu penyakit nan belakangan menjadi teror menakutkan dan dapat mengakibatkan kematian. Namun, Anda dapat mengurangi gejala penyakit ini dengan mengonsumsi fish oil.

Beberapa peneliti asal Irlandia Utara Universitas Ulster sukses menemukan fakta bahwa orang nan berpenyakit lupus akan mampu mengurangi gejala penyakitnya dengan cara mengonsumsi ikan tongkol, ikan tuna, ikan kembung, serta ikan lain nan mengandung Omega 3.



4. Khasiat Fish Oil - Mencegah Kanker Prostat

Sebuah penelitian nan dilakukan di The Institute Paterson telah sukses menemukan fakta mencengangkan. Yaitu, fish oil nan kaya akan kandungan Omega 3 bisa mencegah tubuh manusia dari terjangkitnya kanker prostat.



5. Khasiat Fish Oil - Mengurangi Pertumbuhan Kanker Payudara

Kanker payudaratermasuk penyakit kronis nan kerap mengancam nyawa kaum wanita. Keganasan kanker ini bisa merenggut nyawa setiap wanita kapan saja. Namun, fish oil bisa menjadi solusi pencegahan maupun penghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Berdasarkan sebuah penelitian nan dilakukan di Indiana University, kandungan Omega 3 asam lemak pada fish oil mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara.



6. Khasiat Fish Oil - Mengurangi Radang

Beberapa peneliti dari Harvard Medical School dan Brigham serta Women’s Hospital menemukan fakta bahwa diet tinggi nan terdapat dalam fish oil dapat membantu meningkatkan kondisi tubuh serta mengurangi penyakit radang.



7. Khasiat Fish Oil - Mencegah Gejala Kanker Lanjutan

Fish oil pun ternyata mampu mencegah beberapa gejala kanker lanjutan. Pendapat ini dikemukakan oleh Prof. Kevin Fearon dan koleganya berdasarkan penelitian nan mereka lakukan di Edinburgh Royal Infirmary. Secara lengkap, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa fish oil bisa mencegah cachexia-wasting parah serta berat badan nan berkaitan dengan jenis-jenis kanker lanjutan.



8. Khasiat Fish Oil - Menyembuhkan Asma

Berdasarkan hasil penelitian di Universitas Cambridge, fish oil terbukti mampu menjaga tubuh Anda dari penyakit nan berhubungan dengan gangguan pernapasan, yaitu asma.



9. Khasiat Fish Oil - Baik buat Perkembangan Anak

Selain menangkal dan menyembuhkan aneka penyakit kronis, fish oil ternyata sangat baik buat membantu perkembangan anak serta peningkatan visual otak mereka. Pernyataan ini dikemukakan berdasarkan hasil penelitian nan dilakukan di Bristol University.



10. Khasiat Fish Oil - Membantu Sindrom Kelelahan Kronis

Hal nan tak kalah mencengangkan, fish oil ternyata sangat ampuh buat membantu sindrom kelelahan nan sangat parah. Penelitian nan dilakukan di sebuah rumah sakit di London oleh dr. Basant Puri dan koleganya telah menemukan fakta bahwa fish oil dapat memperingan beberapa gejala nan berhubungan dengan sindrom kelelahan kronis.
Itulah beberapa khasiat fish oil nan sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh manusia.

Di balik baunya nan amis, fish oil ternyata mampu memberikan pertolongan dan pencegahan berbagai penyakit kronis, bahkan penyakit-penyakit nan bisa menyebabkan kematian dalam waktu singkat.

Berdasarkan uraian tersebut, bisa diambil simpulan bahwa fish oil alias minyak ikan memiliki khasiat luar biasa bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mulai mengonsumsi lemak ajaib ini secara rutin, yaitu dua kali setiap minggunya. Bagaimana, apakah Anda tertarik buat mulai membiasakan penjagaan kesehatan dengan mengonsumsi fish oil?

advertisements

Tips Sehat

advertisements