Cuka Nanas buat Bumbu Masak

Cuka Nanas buat Bumbu Masak

Mungkin banyak sekali dari kita nan menyukai buah nanas sebagai kudapan. Namun, terlalu banyak makan buah tersebut juga disinyalir tak terlalu baik bagi tubuh sebab kandungan asamnya mampu membuat perut serasa dililit. Untuk menyiasatinya, kita dapat membuat berbagai aneka makanan nan terbuat dari bahan dasar buah nanas.

Buah nanas bisa menghilangkan penyakit sariawan dan panas dalam ini dapat menjadi kudapan enak tanpa harus merasakan sakit perut. Berikut ialah resep nan dapat kita ikuti buat membuat hidangan special bagi keluarga nan terbuat dari bahan dasar nanas.



Bolu Nanas Tabur Keju

Bahan-Bahan:

  1. 4 butir telur (diambil kuningnya saja)
  1. 1 sendok makan pengemulsi (SP/TBM)
  1. 150 gr gula pasir
  1. 150 gr tepung terigu protein sedang
  1. 200 gr nanas nan sudah diparut dan dihaluskan
  1. 75 ml minyak goreng
  1. 75 gr keju (diparut)
  1. 3 sdm susu kental manis

Cara Membuat:

  1. Kocok telur, pengemulsi, dan gula pasir dengan menggunakan aduk-aduk sampai kaku dan mengembang.
  1. Masukkan tepung terigu sedikit-sedikit secara perlahan dan bergantian dengan minyak goreng, serta nanas sambil diaduk.
  1. Masukkan keju dan susu kental manis sambil diaduk.
  1. Olesi Loyang berukuran 20x20x7 dengan margarindan berilah kertas roti di atasnya.
  1. Tuang adonan ke dalam Loyang ukuran 20x20x7 cm nan sudah diolesi margarine dan taburkan keju.
  1. Oven dengan panas kurang dari 180 derajat celscius selama 45 menit hingga matang.
  1. Potong-potong sinkron selera, dan sajikan.

Selain sehat dan bergizi, kita juga tak takut buat sakit perut setelah memakan bolu nanas tabor keju ini sebab setelah disatukan dengan bahan-bahan lain, seperti tepung terigu nan berkualitas baik, susu kental manis, serta pengemulsi, zat-zat nan dapat membuat kita sakit perut akan ternetralisasi oleh zat lain. Jadi, kita tak perlu risi lagi jika anak atau adik kecil di rumah makan bolu nanas dengan porsi nan cukup besar.



Kue Mangkok Nanas

Jika biasanya kita mengudap kue mangkok nan bahan dasarnya umbi-umbian, seperti singkong, tape, atau ubi, sekarang kita juga dapat membuat hidangan kue mangkok dengan bahan dasar buah nanas . Untuk anak nan sulit makan buah, kita dapat menjadikan makanan ini sebagai alternative nan lezat agar asupan vitamin C bagi anak dapat terpenuhi tanpa harus memaksa si anak memakan buah-buahan nan tak disukainya.

Berikut ialah resep nan dapat kita ikuti buat menyajikan hidangan berbahan dasar nanas.

Bahan 1:

  1. 50 gr tepung terigu protein rendah
  1. 1 sdm ragi instan100 ml air

Bahan 2:

  1. 400 gr nanas nan sudah diparut dan dihaluskan
  1. 400 gr tepung terigu protein rendah
  1. 400 gr gula pasir
  1. 150 ml santan kental dari butir kelapa (masak dan dinginkan)
  1. 2 butir telur, dikocok lepas
  1. 1 sdt garam
  1. Vanili bubuk secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan dan aduk hingga rata.
  1. Dalam wadah lain, aduk nanas dan gula pasir sampai rata.
  1. Masukkan campuran tepung bahan 1 dan aduk hingga rata.
  1. Tambahkan tepung terigu dan santan perlahan-lahan dan bergantian. Aduk hingga merata.
  1. Masukkan vanili bubuk dan garam. Aduk hingga rata.
  1. Diamkan adonan selama 45 menit.
  1. Tuang ke dalam cetakan kue mangkok. Kukus di atas barah sedang selama 25 menit sampai matang.
  1. Angkat dan hidangan lezat buat keluarga siap buat disajikan.


Cuka Nanas buat Bumbu Masak

Selain dapat diolah menjadi beraneka ragam kuliner dan kudapan nan lezat, buah nanas juga dapat digunakan sebagai campuran atau cuka dalam bumbu masakan. Untuk membuat cuka nanas nan enak, perlu waktu seminggu atau lebih agar cuka terasa lebih enak dan masamnya lebih membuat rasa kuliner terasa, seperti warisan leluhur kita.

Namun, jika kita ingin langsung mencampur makanan nan dimasak dengan menggunakan nanas, kita dapat langsung mencampurnya dengan potongan nanas berukuran dadu atau parutan buah segar tersebut. Kuliner nan dapat dicampur dengan menggunakan buah tersebut, antara lain nasi goreng (dengan dicampur pada akhir masakan), acar (langsung disatukan dengan bahan-bahan acar nan lain), ayam rujak (dengan memasukkan nanas parut atau nanas pangkas ke dalam adonan bumbu ayam rujak), dan lain-lain.

Selain mengikuti resep nan sudah ada, kita juga dapat mencoba memodifikasi buah nanas dalam bentuk hidangan nan lain sehingga kuliner di rumah tak membosankan bagi keluarga kita.



Minuman Nanas

Jika makanan nan dihidangkan bukan berbahan dasar nanas, kita dapat membuat nanas menjadi bahan dasar buat minuman. Campuran nanas dan buah segar lainnya akan semakin menambah kualitas hayati nan sehat. Misalnya saja, kita dapat membuat jus nanas nan dicampur dengan buah lemon. Kedua buah tersebut berkhasiat buat detoksifikasi tubuh sehingga racun-racun nan terdapat di dalam tubuh kita akan keluar setelah meminum jus buah tersebut.

Selain dijus, buah nanas juga dapat disajikan sebagai minuman atau es bul-bul. Buah nanas dipotong kecil-kecil (berbentuk dadu), bersama dengan beberapa jenis buah lainnya, seperti papaya, apel, dan semangka. Setelah itu, masukkan ke dalam air gula nan sudah diberi es. Maka es bul-bul alias koktail ringan pun siap buat dihidangkan sebagai minuman epilog dahaga di siang hari.

Ada lagi satu minuman nan dapat kita untuk dengan special, yaitu blue sky pinnaple. Berikut ialah bahan-bahan dan cara membuatnya supaya minuman buat keluarga lebih bervariasi.

Bahan-bahan:

  1. Satu mangkok nanas nan sudah dipotong berbentuk dadu
  1. Segelas pepsi blue
  1. Buah selasih
  1. Nata de coco
  1. Jus jeruk Sunkist

Cara Membuat:

  1. Masukkan jus jeruk Sunkist ke dalam gelas (tuang hingga seperenam gelas).
  1. Masukkan nata de coco sebanyak 3 potong.
  1. Masukkan nanas sebanyak 5 potong.
  1. Masukkan pepsi blue hingga gelas terisi penuh.
  1. Campurkan satu sendok biji selasih.
  1. Minuman segar pun siap disajikan.

Apabila Anda merasa terlalu banyak buah dan bahan nan dimasukkan, pilih saja salah satu bahan buat dikurangi. Misalnya, jus buah Sunkist diganti dengan jus nanas atau potongan nata de coco ditiadakan saja dan diganti dengan potongan buah nanas. Gunakan bahan-bahan nan ada sinkron dengan selera Anda dan keluarga.

Satu lagi jenis pencuci mulut nan juga dapat dibuat di rumah ialah salad nanas. Buah nanas dipotong-potong, dicampur dengan timun Jepang dan buah anggur, lalu ditaburi dengan yoghurt atau mayonaise.

Jika sudah mengikuti berbagai resep tersebut, ada juga hal-hal nan perlu diperhatikan. Orang nan sedang hamil muda tak dianjurkan buat mengonsumsi buah nanas sebab bisa memicu pendarahan di rahim atau keguguran. Jika hamilnya sudah besar, boleh memakan buah nanas asalkan tak hiperbola sebab jika dimakan secara hiperbola akan menimbulkan kontraksi perut kembung atau rasa mulas sehingga mengganggu saluran pencernaan ibu dan bayi dalam kandungan.

Sangat banyak bukan variasi dari buah nanas. Anda bisa menyajikan buah nanas dalam berbagai bentuk hidangan, seperti kue, cuka, minuman, salad, dan sebagainya. Hal itu merupakan keanekaragaman masakan Indonesia nan harus tetap dilestarikan. Selamat mencoba berbagai resep tersebut.

advertisements

Tips Sehat

advertisements