Obat Radang Tenggorokan nan Alami dan Berbahan Kimia

Obat Radang Tenggorokan nan Alami dan Berbahan Kimia

Mencari obat radang tenggorokan saat ini bukan lagi hal nan sulit dilakukan, baik obat secara alami maupun obat dengan bahan kimia. Perkembangan teknologi dan informasi di global kesehatan dan pengobatan menjadikan semuanya mudah buat didapatkan.

Radang tenggorokan termasuk salah satu jenis penyakit nan dialami oleh anak-anak sampai dengan orang tua. Penyakit ini mudah menyerang sebab ditimbulkan oleh virus maupun bakteri. Virus maupun bakteri penyebab radang tenggorokan tersebut menyerang tubuh ketika kondisi orang tersebut tak fresh dan fit. Hal tersebut bisa diartikan bahwa virus dan bakteri tersebut menyerang ketika antibodi orang tersebut lemah.

Meski Anda telah menggunakan obat radang tenggorokan buat radang tenggorokan Anda, ada cara lain agar tubuh Anda terjaga kesehatan dan kekebalannya. Anda bisa menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dan fresh tentunya dengan olahraga rutin, mengatur asupan makanan bergizi, melakukan konsultasi dengan dokter jika terdapat gejala sakit pada diri Anda dan lainnya Cara tersebut juga bisa dilakukan ketika Anda mengalami radang tenggorokan.



Obat Radang Tenggokan: Menelusuri Penyakit Radang Tenggorokan

Penyakit radang tenggorokan merupakan suatu jenis penyakit berupa peradangan di daerah tenggorokan. Radang tenggorokan bisa dikategorikan ke dalam radang tenggorokan biasa ataupun akut. Jika termasuk akut bisa mengakibatkan kesulitan ketika menelan ataupun bernapas. Penyakit ini juga sering disertai demam maupun batuk. Sebelum membicarakan masalah obat radang tenggorokan, terlebih dulu kita mengenali gejala maupun penyebabnya.

Radang tenggorokan disebabkan oleh adanya infeksi, baik oleh virus ataupun bakteri. Salah satu bakteri nan menyebabkan radang tenggorokana ialah bakteri streptococcus. Radang tenggorokan nan diakibatkan infeksi bakteri ini memerlukan donasi dokter. Hal tersebut dikarenakan oleh kuman dari bakteri streptococcus itu sendiri. Jika kuman dari bakteri tersebut tak segera mendapatkan perawatan dan pengobatan, maka penyakit tersebut dimungkinkan bertambah parah.

Jika Anda tak mendapat obat antibiotik nan memadai, Anda bisa menggunakan obat alami. Selain itu, kuman bisa menyerang katup jantung sehingga menimbulkan penyakit demam rhematik.

Permasalahan radang tenggorokan biasanya semakin parah ketika si penderita mengalami kondisi sulit menelan, bahkan sampai tak dapat makan. Kondisi tersebut akan mengurangi asupan makanan bergizi.

Padahal, tubuh membutuhkan asupan makanan bergizi sebagai sumber energi dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.Jika asupan makanan bergizi tersebut tak terpenuhi, maka proses penyembuhan radang tenggorokan utamanya semakin sulit dan bisa dimungkinkan bertambah parah.

Jika radang tenggorokan disebabkan oleh virus influenza, maka hal tersebut mempunyai kemungkinan bisa menular dan sangat mudah tersebar. Peradangan nan disebabkan wirus influnza biasanya berlangsung mulai dari tiga sampai dengan sepuluh hari.

Peradangan pada tenggorokan akan terasa lebih berat di pagi hari. Kemudian, si penderita akan merasakan kondisinya membaik beberapa hari berikutnya. Biasanya tubuh si penderita mengalami rasa lemas, menurunnya nafsu makan, demam dan batuk. Setelah mengetahui apa penyebab dari radang tenggorokan, hal krusial selanjutnya adaah mengetahui gejalanya. Radang tenggorokan sebab infeksi bakteri streptococcus memiliki gejala sebagai berikut.

  1. Adanya tonsil serta kelenjar leher nan membengkak.
  2. Bagian belakang tenggorokan berwarna merah cerah dengan bercak-bercak putih.
  3. Mengalami demam dan sering disertai rasa menggigil. Biasanya demamnya lebih tinggi dari 38 derajat celsius.
  4. Si penderita akan merasa sakit ketika menelan.

Adapun gejala generik dari radang tenggorokan yaitu.

  1. Suara serak atau sering dikenal dengan parau.
  2. Hidung meler dan terdapat cairan di belakang hidung.
  3. Terjadi batuk dan bersin seperti halnya orang kena flu.
  4. Tenggorokan terasa gatal dan kering.
  5. Kadang si penderita mengalami demam seperti halnya gejala flu.


Obat Radang Tenggorokan nan Alami dan Berbahan Kimia

Setelah mengenali penyebab dan gejalanya, maka kita bisa mengetahui obat radang tenggorokan seperti apa nan harus kita gunakan buat mengobatinya. Ada dua jenis obat radang tenggorokan nan bisa kita konsumsi, yaitu obat nan alami dan nan berbahan kimia.

Berikut ini obat alami nan bisa dicoba diberikan bagi penderita radang tenggorokan.

  1. Daun Lidah Buaya. Kupas dan bersihkan daun lidah buaya. Ambil dagingnya sebanyak 90 gram. Setelah itu, blender dan panaskan hingga mendidih. Selanjutnya, peras jeruk lemon setengah bagian dan ambil airnya buat ditambahkan pada daging daun lidah buaya nan telah dipanaskan. Jangan lupa menambahkan madu secukupnya. Terakhir, aduk hingga merata dan minum sebanyak tiga kali sehari secara rutin.
  2. Daun Sambiloto. Ambil daun sambiloto kering sebanyak 5 gram, dan daun sirih sebanyak 5 lembar, kemudian cuci bersih. Rebus dengan air sebanyak dua gelas hingga tersisa satu gelas. Residu satu gelas tersebut lalu disaring. Air hasil saringan tersebut digunakan buat berkumur setiap beberapa jam sekali, lalu ditelan.

Selain obat radang tenggorokan alami tersebut di atas, Anda juga bisa menggunakan obat berbahan kimia buat mengatasi radang tenggorokan Anda. Berikut ini obat berbahan kimia buat radang tenggorokan.

  1. Antibiotik. Obat antibiotik nan dimaksud biasanya berupa Amoxicillin , Cefadroxil maupun Ciprofloxacin. Obat tersebut diminum dua sampai tiga kali sehari sinkron petunjuk dokter. Jika belum habis, maka Anda harus menghabiskannya meski radang tenggorokan Anda telah sembuh.
  2. Obat Pereda Nyeri. Yang termasuk obat pereda nyeri misalnya panadol, aspirin, paracetamol generik. Obat tersebut diminum buat meredakan panas dan rasa sakit pada tenggorokan. Obat ini juga berguna buat mengurangi nyeri maupun menurunkan panas. Jika panas sudah turun atau rasa sakit telah hilang maka pengobatan bisa dihentikan.
  3. Obat kumur. Obat ini biasanya digunakan buat meringankan gejala radang tenggorokan dan mengefektifkan pengobatan. Adapun contoh obat kumur nan digunakan yaitu Tantum verde atau Efisol Liquid.
  4. Multivitamin. Biasanya penderita radang tenggorokan mengalami kekurangan asupan makanan bergizi. Jadi, multivitamin seperti vitamin B kompleks maupun vitamin C bisa diminum buat memulihkan daya tahan tubuh. Jika penderita mendapatkan vitamin alami nan berasal dari buah-buahan seperti jeruk dan pisang lebih baik buat tambahan multivitamin.


Obat Radang Tenggorokan: Cara Merawat Tenggorokan

Jika Anda pernah mengalami sakit radang tenggorokan ataupun Anda pernah menderitanya, maka berikut ini ada beberapa cara buat merawat tenggorakan Anda. Selain bertujuan buat mencegah sejak dini radang tenggorokan juga bisa menjaga kesehatan tenggorokan Anda. Jadi, Anda tak perlu bingung buat mencari obat radang tenggorokan jika Anda telah melakukan pencegahan. Berikut cara merawat tenggorokan Anda.

  1. Menghindari rokok dan asap dari manapun asalnya, misalnya dari kendaraan bermotor. Anda bisa melatih diri mengurangi Norma merokok dengan sering berolahraga dan menambah nutrisi dalam tubuh dengan asupan makanan bergizi. Asupan makan bergizi tersebut bisa berupa buah maupun sayur.
  2. Menggunakan madu maupun lemon sebagai salah satu jenis minuman rutin Anda. Campurkan ke dalam air hangat. Madu bisa digunakan buat membersihkan lendir maupun meringankan sakit tenggorokan.
  3. Memakan permen pelega tenggorokan. Memakan permen jenis ini sebagai salah satu cara buat mendorong adanya produksi air ludah. Adapun fungsi air ludah ini yaitu buat membantu membasuh dan membersihkan tenggorokan Anda.
  4. Gunakan air garam buat berkumur secara rutin. Caranya yaitu mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian, gunakan buat berkumur. Ingat, jangan ditelan. Berkumur dengan air garam bisa meringankan tenggorokan serta membersihkan lendir.

Demikianlah ulasan mengenai obat radang tenggorokan nan manjur beserta bagaimana merawat tenggorokan Anda. Yang terpenting ialah menjaga kesehatan. Karena jika kita sehat, maka kita akan terhindar dari penyakit.

advertisements

Tips Sehat

advertisements