Komunitas Mungkin Diperlukan

Komunitas Mungkin Diperlukan

Tahukah Anda kalau ada banyak cara diet sehat cepat ? Salah satunya ialah dengan Food Combining. Tetapi tetap saja satu syarat lagi, yaitu berolahraga dengan teratur harus menjadi rutinitas nan tidak boleh dilupakan. Percayalah bahwa hasil dari diet sehat dan olahraga ini tak hanya tubuh nan lebih singset, lebih berisi tapi tanpa lemak nan tidak dibutuhkan, lebih segar, dan lebih bertenaga.



Food Combining Itu Apa?

Food Combining itu ialah satu sistem mengkonsumsi makanan dengan pertimbangan ekuilibrium isi sehingga akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Tahukah bahwa sebenarnya masyarakat di seluruh global atau mungkin kita semua telah mencampur berbagai jenis makanan dalam satu hidangan?

Orang sering membuat sarapan dengan telur dan roti, kentang dan daging, hamburger dan kentang goreng. Padahal campuran makanan itu tak sehat. Apalagi gaya makan orang Indonesia nan sering dikatakan seperti 'jeruk makan jeruk'. Makan nasi lauknya mie instan. Ini juga kurang baik sebab tak ada ekuilibrium antara basa dan asam nan bermanfaat bagi tubuh.

Orang Cina mempunyai konsep Yin dan Yang. Konsep inilah nan sebenarnya sebagai dasar dari gaya mencampur makanan agar mendapatkan kegunaan nan sebaik-baiknya dari makanan dan minuman nan diasup. Misalnya, setelah makan itu, sebaiknya malh tak langsung makan buah-buahan segar sebab tubuh menjadi kurang dapat menyerap buah-buahan dengan baik.

Makan buah-buahan itu sebaiknya 1-2 jam setelah makan sehingga semua makanan terserap dengan baik dan tubuh pun akan lebih bertenaga. Begitu juga dengan minum teh. Ada baiknya tak mengikuti apa kata iklan 'apa pun makanannya, minumnya teh S****'. Teh itu akan menyerap kalsium kalau segera diminum setalh makan. Sebaiknya minum teh minimal satu jam setelah makan sehingga asupan makanan itu benar-benar menjadi sesuatu nan berguna bagi tubuh.

Mengetahui cara makan dan makanan apa nan sebaiknya masuk ke dalam tubuh, akan membuat tubuh terasa lebih bertenaga walaupun tak harus makan makanan nan cukup banyak. Hal inilah nan akan membuat berat badan berkurang tanpa harus berpikirt buat menahan makan.

Tidak menjadi masalah mau makan asal tahu bahwa makan itu hanya ketika membutuhkan makan. Kalau tak butuh makan, tak harus makan. Keteraturan makan baik, tetapi kalau masih kenyang sebab tak banyak menggunakan energi, maka makanlah seperlunya saja. Setiap orang mempunyai taraf kebutuhan makanan nan berbeda.

Jadi hal nan pertama harus dilakukan bila akan melakukan diet dengan pola mencampur makanan ialah mengetahui makanan apa saja nan dapat dicampur dan kapan makannya. Makanlah sebab memang membutuhkan makan dan makanan nan dibutuhkan oleh tubuh. Jangan makan apa saja sinkron dengan selera. Makanan buat hayati dan bukannya hayati buat makan. Inilah konsep nan perlu dicamkan terlebih dahulu sebelum melanjutkan gaya dan pola makan seperti ini.



Komunitas Mungkin Diperlukan

Demi menjaga komitmen buat hayati sehat dengan cara mencampur makanan, ada baiknya mempunyai komunitas dengan jumlah beberapa orang. Kalau melakukan diet secara bersama-sama, biasanya kesuksesan itu malah akan lebih cepat terlihat. Masing-masing anggota komunitas akan saling mengingatkan dan akan saling memberikan dukungan.

Kalau ada nan mengatakan bahwa teman nan mempunyai nafsu makan besar itu memberikan pengaruh nan kurang baik, pendapat ini benar. Kalau ingin membuktikan sendiri, silahkan. Tanpa disadari akhirnya akan mempunyai pola makan dan cara makan seperti teman nan bahagia makan itu. Berhati-hatilah. Ada baiknya tetap mengingat komitmen buat mendapatkan tubuh nan ideal tanpa harus mengalami stres sebab berat badan nan naik turun.

Dengan adanya teman seperjuangan ketika menjalani cara diet sehat cepat , maka akan ada nan mengingatkan ketika lupa. Biasanya akan lupa dengan pola makan sehat ketika mendapatkan makanan perdeo sewaktu kondangan. Pesta nan diadakan oleh teman juga dapat menjadi biang keladi lupa dengan diet.

Agar tak lupa dan tak terlihat aneh sebab tak makan, ada baiknya tangan selalu memegang gelas minuman nan diisi dengan air mineral dengan sepiring makanan nan diletakan sedemikian rupa sehingga terlihat penuh padahal hanya sedikit-sedikit. Misalnya, ambil nasi sedikit, sayur nan agak banyak. Kalau ada sup, ambil sup secukupnya.

Jika masih kebagian buah, makan buah saja tanpa makan makanan nan berat lainnya. Perhatikan keadaan tubuh apakah sudah merasa kenyang atau belum. Jangan memaksakan diri. Tubuh terasa enteng tapi tak lapar kalau dapat berjalan dengan tegap. Kalau tak bisa, ada dua kemungkinan, pertama sebab kekenyangan dan kedua sebab kelaparan.



Makanan nan Dapat Dicampur

Buah-buahan ialah makanan nan luar biasa. Misalnya, melon. Melon itu mudha sekali diserap oleh tubuh dan dapat langsung masuk ke usus. Hal ini dapat terjadi hanya kalau makan melon saja tanpa makan makanan nan lain. Tetapi kalau makan melon dicampur dengan makanan berat, melon tak dapat seperti itu. Kecuali kalau makan melon dengan semangka atau dengan buah-buah lainnya.

Campuran makanan nan akan membuat hayati lebih lama dan sehat itu misalnya, makan makanan kaya sayuran dan kacang-kacangan dalam satu waktu. Kacang-kacangan ini akan membuat kenyang lebih lama. Apalagi kacang almond. Sayuran juga akan membuat kulit terlihat lebih sehat dan lebih berseri sehingga tak hanya menyehatkan tetapi juga akan terlihat awet muda.

Daging nan sehat itu bukan daging merah. Tidak menjadi masalah makan daging ayam atau bebek apalagi ikan. Tetapi campur dengan nasi sedikit saja dan sayuran nan direbus agak banyak. Yang paling baik itu ialah sayuran nan dimasak dan bukan nan tak dimasak. Sayuran nan dimasak akan lebih mudah dicerna daripada sayuran nan tak dimasak.

Kalau makanan nan masuk ke dalam tubuh tak mudah dicerna, artinya saluran pembuangan bermasalah. Kalau pembuangan bermasalah, perut akan membuncit. Tentu saja hal ini akan menjadi masalah tersendiri. Untuk itulah makan pisang nan penuh dengan potassium perlu dilakukan. Minimal makan 2-3 buah pisang raja atau pisang lainnya. Tetapi bukan pisang goreng. Pisang rebus boleh saja tetapi tak perlu ditambah dengan keju atau gula dan krim.

Seharusnya 90% asupan makanan itu berasal dari biji-bijian termasuk kacang. Lalu buat protein hewani itu hanya 1% saja. Sisanya sayuran segar. Kalau makanan ini dicampur, maka inilah makanan nan memenuhi syarat menjadi makanan nan akan memberikan energi terbaik bagi tubuh tanpa tubuh harus menjadi bertambah gendut.

Misalnya, makan nasi jagung seperti nan dilakukan oleh orang Madura. Makan roti gandum utuh ditambah dengan sayuran dan buah-buahan segar. Kalau makanan ini menjadi menu setiap hari, diet itu pun menjadi pola hayati nan baik. Jadi, dapat jadi seseorang dengan tubuh tambun itu sebenarnya malah kurang gizi. Isi tubuhnya mungkin hanya lemak nan membuat dirinya malah tak bertenaga.

advertisements

Tips Sehat

advertisements