Memanfaatkan buat Kesehatan

Memanfaatkan buat Kesehatan

Buah jeruk memiliki banyak khasiat nan dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin C nan ada dalam daging buah jeruk mampu menambah daya tahan tubuh. Selain daging buah jeruk, khasiat lain juga banyak terkandung pada kulit jeruk. Kandungan kulit jeruk ternyata tak kalah banyak dibandingkan dengan kandungan buah jeruknya sendiri. Manfaat nan ditawarkan mulai dari sebagai penenang hingga obat anti-nyamuk.



Kandungan Kulit Jeruk

Jeruk ialah salah satu jenis buah nan banyak mengandung vitamin C dan berguna buat menjaga daya tahan tubuh. Buah ini termasuk dalam keluarga Citrus nan berasal dari suku Rutaceae . Sebagian besar jeruk memiliki rasa nan asam dan menyegarkan, itu sebab kandungan asam sitrat dalam jeruk tersebut, meskipun tak sporadis kita menemukan buah jeruk nan rasanya manis.

Buah jeruk memiliki beberapa spesies. Masing-masing spesies jeruk tersebut dapat disilangkan dan menghasilkan spesies buah jeruk nan baru. Tanaman jeruk berasal dari benua Asia. Khususnya Asia Timur dan Asia Tenggara. Buah jeruk nan banyak terdapat di Asia Timur ialah jeruk manis dan jeruk sitrun. Sementara itu buat buah jeruk nan berasal dari Asia Tenggara, antara lain ialah jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut.

Rupanya jeruk bukan cuma bermanfaat daging buahnya tetapi juga kulitnya. Kandungan kulit jeruk rupanya sangat bermanfaat. Zat bermanfaat nan terkandung dalam kulit jeruk salah satunya ialah minyak atsiri. Kandungan dalam kulit jeruk nan satu ini banyak bermanfaat bagi manusia.

Minyak atsiri ialah homogen minyak botani nan bisa berubah mengental jika diletakkan pada suhu ruangan. Minyak ini mengeluarkan aroma nan sangat khas dan biasa digunakan sebagai bahan pembuat minyak gosok alami nan digunakan buat pengobatan.

Pada bisnis parfum, hasil penyulingan minyak atsiri nan terkandung dalam kulit jeruk biasa digunakan sebagai bibit parfum. Dalam kaitannya dengan bidang kesehatan, minyak atsiri berguna buat menstabilkan sistem saraf sehingga bisa menimbulkan imbas tenang bagi siapa pun nan menghirupnya.

Senyawa limonen nan terkandung pada minyak atsiri juga bisa memperlancar peredaran darah, meringankan rasa sakit dampak radang tenggorokan dan batuk, serta bisa juga menghalangi berkembang biaknya sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, kandungan kulit jeruk ini juga bisa meningkatkan selera makan seseorang. Selain limonen, zat lain nan juga merupakan kandungan kulit jeruk ialah lonalol, linalil, dan terpinol, nan masih memiliki fungsi sebagai penenang.

Selain ketiga zat tersebut, kandungan kulit jeruk lainnya nan berguna ialah sitronela. Zat atau senyawa ini dapat digunakan sebagai zat anti-nyamuk. Aroma minyak atsiri nan menyengat membuat nyamuk tak mau mendekat apalagi menggigit.



Memanfaatkan Kandungan Kulit Jeruk buat Kesehatan

Setelah memahami kandungan zat bermanfaat dalam kulit jeruk, sebaiknya kita tak serta merta membuang kulit jeruk setelah memakan jeruk. Kulit jeruk segar bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal nan dapat menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai keluhan penyakit. Inilah beberapa cara memanfaatkan kandungan kulit jeruk buat kesehatan:

  1. Untuk meredakan batuk, keringkan 5 gram kulit jeruk. Rebus dalam 2 gelas air selama 10 - 15 menit. Masukkan irisan jahe dan gula merah secukupnya. Minum hangat-hangat.
  2. Untuk mengatasi sembelit, Anda dapat menggunakan 6 gram kulit jeruk kering atau 12 gram kulit jeruk segar. Rebus kulit jeruk tersebut dalam air secukupnya selama 10 - 15 menit. Minum 2 kali sehari.
  3. Untuk mengobati bronchitis , buatlah teh kulit jeruk. Caranya, seduh 5 - 15 gram kulit jeruk dengan segelas air panas. Minum sesering mungkin.
  4. Untuk mengobati sakit gigi, letakkan secuil kulit jeruk segar di atas permukaan gigi nan sakit sebelum tidur. Diamkan selama 10 menit.
  5. Untuk menghilangkan bau mulut, kunyah kulit jeruk segar secukupnya.
  6. Untuk meredakan muntah-muntah dan mengobati sakit perut, rebuslah beberapa pangkas kulit jeruk segar dengan beberapa iris jahe. Minum airnya selagi hangat.
  7. Untuk meningkatkan nafsu makan, keringkan kulit jeruk segar. Campur dengan daun teh lalu seduh dengan air panas, tambahkan gula jika berkenan. Minum selagi hangat.
  8. Untuk meredakan gejala flu dan mengatasi kedinginan, rebus beberapa pangkas kulit jeruk dan beberapa iris jahe segar dalam air secukupnya selama 15 - 20 menit. Tambahkan gula merah sinkron selera lalu minum selagi hangat.
  9. Untuk mengobati rasa ngilu dampak gigi sensitif, seduh kulit jeruk dengan air panas. Tutup gelas dan diamkan selama 5 - 10 menit. Minum air seduhan kulit jeruk ini secara berkala.
  10. Untuk meredakan mual dan tak enak badan setelah mabuk minuman keras, rebus 30 gram kulit jeruk segar dalam air secukupnya selama 15 - 20 menit. Masukkan sedikit garam lalu minum hangat-hangat.
  11. Untuk meredakan gejala alergi sea food, rebus beberapa pangkas kulit jeruk nan masih segar lalu minum.
  12. Untuk mencegah radang dingin, bakar beberapa pangkas kulit jeruk lalu bubukkan. Campur dengan minyak sayur lalu oleskan ke bagian tubuh nan membengkak dampak kedinginan.
  13. Untuk melegakan sesak napas, seduh beberapa kulit jeruk segar dalam segelas air. Diamkan selama 10 menit. Tambahkan gula secukupnya lalu minum selagi hangat.
  14. Untuk meluruhkan dahak di paru-paru, rendam kulit jeruk dalam anggur putih selama minimal 20 hari. Minumlah secara teratur.
  15. Untuk mengobati masalah-masalah sistem pencernaan, rendam 50 gram kulit jeruk dalam anggur putih selama minimal 20 hari. Minum secara teratur.
  16. Untuk mengobati radang pankreas, rebus 30 gram kulit jeruk dan 10 gram akar manis di dalam air secukupnya. Minumlah air tersebut.
  17. Untuk mengobati payudara nan membengkak sebab berlebihannya produksi ASI, rebus 30 gram kulit jeruk segar dan 6 gram akar manis. Minum air rebusan itu 2 kali sehari.


Memanfaatkan Kandungan Kulit Jeruk buat Kecantikan

Zat nan terdapat dalam kulit jeruk juga berguna buat menjaga kecantikan paras dan tubuh kita. Kandungan dalam kulit jeruk membuatnya mampu menyerap minyak dari kulit paras dan mengangkat sel kulit wafat sehingga kulit terlihat lebih bersih, lembut, dan cerah.

Untuk mendapatkan khasiatnya, Anda dapat membuat sendiri masker kulit jeruk. Ada beberapa cara membuat masker kulit jeruk, inilah beberapa di antaranya:

  1. Keringkan kulit jeruk sampai mengeras. Kemudian hancurkan menggunakan blender dan campurkan dengan susu segar dengan perbandingan 50:50. Bersihkan wajah, oleskan masker kulit jeruk tersebut. Diamkan selama 30 menit lalu bilas paras dengan air dingin.
  2. Keringkan kulit jeruk sampai mengeras lalu hancurkan sampai bubuk. Larutkan bubuk tersebut dengan air mawar secukupnya. Oleskan pada wajah, biarkan 10 - 15 menit agar kandungan kulit jeruk terserap dengan baik. Basahi tangan lalu lakukan pijatan memutar di paras Anda buat mengangkat sel kulit mati. Jangan gosok paras Anda terlalu keras sebab bisa menyebabkan rusaknya jaringan kulit.

Selain diolah menjadi masker wajah, kulit jeruk juga sering kali dimanfaatkan sebagai bahan standar pembuatan lulur. Semakin hari, produk lulur berbahan standar kulit jeruk semakin mudah ditemukan. Harganya pun nisbi terjangkau.

Akan tetapi Anda juga dapat membuat lulur kulit jeruk sendiri di rumah jika berkenan. Selain kulit jeruk, ada bahan-bahan pendukung lain nan juga harus dipertimbangkan. Untuk membuat lulur ini, siapkan:

  1. 1 mangkuk kulit jeruk (dari 2 buah jeruk) nan sudah dikeringkan dan diparut
  2. 1 mangkuk daun kemuning iris tipis
  3. 1 mangkuk tepung beras
  4. 1 mangkuk kembang kenanga iris tipis
  5. 1 mangkuk temugirin parut
  6. 1 mangkuk kunyit parut

Campur semua bahan, tambahkan air putih atau susu murni secukupnya. Oleskan ke seluruh tubuh, pijat-pijat lalu bilas dengan air. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak zaitun jika berkenan.

Kandungan kulit jeruk juga dapat dimanfaatkan sebagai penghalus kulit nan menebal, pecah-pecah, dan kasar, seperti tumit. Caranya mudah, cukup gosokkan kulit jeruk segar di tumit Anda secara berkala. Kandungan asam dan garam dalam kulit jeruk membantu mengangkat sel-sel kulit wafat pada tumit.

Selain itu, jika Anda sering kali merasa kulit tangan menjadi kaku, kering, dan kasar setelah mencuci piring, Anda dapat memanfaatkan kulit jeruk buat menghindari ini terjadi. Caranya tak sulit, cukup campurkan potongan kulit jeruk segar dan cairan sabun pencuci piring di dalam wadah, lalu gunakan buat mencuci piring. Kandungan dalam kulit jeruk akan membuat kulit Anda tetap lembut dan alat-alat makan semakin harum.

Itulah kandungan kulit jeruk dan beberapa cara mudah memanfaatkannya. Semoga bermanfaat!

advertisements

Tips Sehat

advertisements