Menjaga Diri dari Penyakit

Menjaga Diri dari Penyakit

Manusia mengkonsumsi makanan dan minuman merupakan bagian dari cara manusia tersebut buat memperoleh sumber-sumber energi tubuh. Orang nan tak makan atau tak minum selama beberapa waktu, terancam akan wafat sebab tak mendapatkan sumber energi buat hidup. Mengkonsumsi makanan harus selektif. Makanan dan minuman nan masuk ke dalam tubuh tak semuanya bisa diterima dengan baik oleh tubuh. Sebagian makanan dan minuman nan tak sehat justru akan menjadi sumber toksid nan akan membahayakan kesehatan manusia. Oleh sebab itu sangat krusial melakukan seleksi makanan dan minuman nan kita konsumsi. Pilih jenis makanan dan minuman sehat nan bermanfaat buat tubuh.



Penyakit Itu Bermula dari Perut

Pendapat ini bukanlah pendapat nan mengada-ada nan disampaikan oleh seseorang nan tak mengetahui ilmu pengetahuan tentang makanan. Kata-kata bahwa penyakit itu berawal dari perut ialah kata-kata penghulu para manusia, Rasulullah saw. Dalam satu hadist dinyatakan bahwa orang nan memakan makanan nan tak halal dan tak juga baik dalam mendapatkannya, maka orang itu akan mengalami sakit. Mungkin bukan sakit fisik, tetapi penyakit hati dan penyakit jiwa nan akhirnya akan mempengaruhi fisiknya.

Makanlah buat mengisi sepertiga perut dan berhentilah makan sebelum terasa sangat kenyang. Pertiga bagian dari perut nan lainnya buat bernapas dan buat air minum. Kalau terllau kenyang, perasaan tak enak niscaya menghampiri. Petunjuk bagaimana makan ini telah diajarkan oleh Rasulullah semasa Beliau masih hidup. Ketika umatnya tak mau mengikuti apa nan telah dituntunkan, maka umat Rasulullah ini harus mengalami banyak sekali berbagai penyakit nan berkaitan dengan pencernaan. Apa-apa nan dilarang itu niscaya ada manfaatnya. Sebaliknya, apa-apa nan dianjurkan itu niscaya juga ada manfaatnya.

Manusia memang sering kali membangkang sebab mereka mempunyai ego dan nafsu. Mereka bahkan ingin mencicipi segala macam makanan nan seharusnya tak dimakan. Misalnya, manusia makan monyet. Apa nan kemudian terjadi ialah bahwa manusia tertular penyakit AIDS dan virus ebola nan awalnya ada dalam tubuh monyet. Manusia makan babi. Apa nan terjadi, virus flu babi menyerang manusia. Walaupun babi itu telah dibersihkan sedemikian rupa, ternyata gaya hayati babi nan pada dasarnya kotor dan jorok menyebabkan binatang satu ini tak layak menjadi makanan manusia.

Babi memang mempunyai banyak manfaat. Namun, pelarangan mengkonsumsi dagingnya niscaya ada faedahnya. Kehidupan babi nan sangat liar terutama ketika mereka bercampur antara betina dan pejantannya, telah membuat kehidupan orang-orang nan makan babi menjadi seperti babi. Mereka berbuat persis seperti babi ketika melakukan aktivitas seks. Satu betina dikeroyok oleh beberapa penjantan. Padahal, hal ini haram dilakukan. Ini dapat dikatakan sebagai bentuk penyimpangan. Kesimpulannya ialah bahwa apa nan dimakan itu akan mempengaruhi perilaku.

Orang nan makan makanan haram, akan lebih banyak melakukan pekerjaan nan dilarang Tuhannya. Mereka nan minum minuman keras, tentunya tak akan dapat sholat dengan khusuk. Bahkan nan ada di pikirannya ialah bagaimana merampok dan membunuh orang-orang nan mereka benci. Mereka tak takut lagi dengan dosa. Mereka tak ada lagi hati. Hatinya telah dibutakan sehingga anak kandungnya sendiri pun diperkosa. Orang nan berhati higienis nan menjaga makanannya dari hal-hal nan diharamkan, tentunya akan melakukan perbuatan nan higienis juga. Hatinya mudah sekali merasa bersalah dan merasa berdosa.

Sebaliknya, orang makan makanan haram sulit sekali merasa bersalah dan merasa berdosa. Hatinya tak tenang dan ia niscaya mudah sekali marah. Ia juga mudah sekali tersinggung. Kemarahan dan ketersinggungannya ini akan membuatnya melakukan perbuatan nan akan menjerumuskannya ke jalan nan sesat. Ia dapat saja bunuh diri sebab frustasi. Hatinya tak pernah tersiram dengan air kudus lagi mensucikan. Inilah nan membuat orang berusaha menghindari makan makanan nan haram. Mereka sangat takut kalau hatinya menjadi tertutup. Isi perut ternyata akan menentukan isi hati dan otak. Hati-hatilah dengan apa nan masuk ke dalam perut.



Menjaga Diri dari Penyakit

Berbagai macam jenis penyakit nan menimpa tubuh manusia diawali dari cara konsumsi makanan dan minuman nan kurang sehat. Ada banyak jenis makanan dan minuman tak sehat nan disukai orang. Misalnya, berbagai minuman nan dikarbonasi. Minuman ini mengandung gula nan begitu tinggi sehingga dapat menyebabkan penyakit diabetes. Tetapi ternyata minuman ringan ini sangat disuka oelh tua maupun muda bahkan minuman ini menjadi minuman favorit di masa lebaran Idul Fitri.

Padahal secara tak sadar, makanan dan minuman tersebut merupakan biang toksid nan akan terakumulasi dalam tubuh, selanjutnya memicu munculnya berbagai macam penyakit nan membahayakan nyawa manusia. Pilihlah selalu jenis-jenis makanan dan minuman sehat nan baik buat tubuh. Di dalam jasad nan sehat, akan terbentuk kepribadian dan ruh nan kuat. Jangan sampai mengorbankan kesehatan demi keinginan menyantap makanan nan kaya dengan kalori tinggi dan dengan lemak nan berlimpah.

Memang tak mudah menghindari diri dari godaan nan hadir di depan mata. Namun, pikirkanlah apa nan akan terjadi dengan tubuh kalau makan makanan nan tak sehat tersebut? Bayangkan biaya nan akan dikeluarkan kalau mengkonsumsi makanan dan minuman nan membahayakan tubuh. Makanan cepat saji nan katanya meningkatkan derajat gengsi, hanya akan membuat tubuh melar tak karuan dan jantung serta hati juga akan membengkak.

Tidak hanya diabetes, agresi jantung koroner dan kulit nan tak cerah sebab tak ada asupan sayuran dan buah serta sembelit nan akut dapat terjadi kalau terlalu banyak makan makanan cepat saji nan hanya dimakan dengan saos tomat dan saos sambal. Tinggalkanlah makanan nan tak sehat kalau ingin hayati tua tanpa terikat dengan rumah sakit dan dokter. Ingatlah bahwa makan itu buat hayati dan bukan hayati buat makan.



Daftar Makanan dan Minuman Tidak Sehat

Berikut ini beberapa macam contoh jenis makanan dan minuman nan tak sehat buat selalu dikonsumsi, sebagian dari jenis makanan berikut ini tercantum dalam daftar makanan nan dilarang oleh pihak WHO;

  1. Makanan dan minuman cepat saji
  2. Makanan dan minuman nan mengandung bermacam-macam zat aditif secara hiperbola seperti; pewarna, perasa, pemanis, pengawet dan sebagainya.
  3. Minuman beralkohol.
  4. Makanan gorengan
  5. Makanan kalengan
  6. Mie instant
  7. Daging olahan
  8. Makanan nan dibakar/ dipanggang
  9. Makanan daging berlemak atau jerohan
  10. Makanan nan diawetkan.


Jenis Makanan dan Minuman nan Baik buat Tubuh

Makanan dan minuman baik nan masuk ke dalam tubuh tak hanya akan membuat tubuh sehat. Kebersihan pikiran dan pribadi seseorang juga dipengaruhi oleh kebaikan makanan nan dikonsumsinya, baik secara zat maupun cara memperoleh makanan tersebut. Makanan nan diperoleh dari hasil usaha kerja nan halal akan lebih menyehatkan tubuh ketimbang makanan nan diperoleh dengan cara nan kurang baik. Berikut ini beberapa macam jenis makanan dan minuman sehat nan sangat berguna buat tubuh;

Buah dan sayur

Buah dan sayur merupakan sumber primer berbagai macam vitamin nan krusial sebagai biokatalis reaksi-reaksi enzimatis di dalam tubuh. Jenis buah kiwi, mangga, pepaya, strawbery, semangka dinyatakan oleh pihak WHO sebagai daftar buah-buahan terbaik buat dikonsumsi.

Sedangkan buat jenis sayur diantaranya ialah teronng, seledri, brokoli, wortel, bunga kol, daun bawang dan sebagainya sangat baik buat dikonsumsi.

Air putih dengan oksigen terlarut nan tinggi merupakan minuman nan menyehatkan.

Oksigen terlarut dalam air putih akan mampu membuat otak dan tubuh terasa lebih sehat. Kekurangan suplay oksigen pada otak akan menyebabkan kepala menjadi pusing. Meminum air putih dengan kandungan oksigen terlarut nan tinggi akan membuat kepala dan tubuh Anda menjadi lebih segar, terbebas dari sakit kepala.

Jika Anda letih dan merasa lelah sehabis bepergian, biasanya Anda akan merasakan sakit kepala, pada saat ini ada baiknya Anda mengkonsumsi air putih mengandung oksigen terlarut nan tinggi.

Makanan buat perlindungan otak

Pihak WHO secara resmi mendaftar makanan-makanan berikut sebagai daftar makanan nan baik buat perlindungan otak; pocai (soinancia oleracea), labu merah, kucai, bunga kol, tomat, kacang polong, sawi putih kecil, wortel, daun bawang, he tau, seledri, kacang tanah, jambu mente dan sebagainya. Usahakan buat sadar makan makanan sehat dan juga minuman nan menyehatkan. Makanan sehat itu tak harus mahal. Makanan tak sehat malah nan biasanya malah membuat kantong tak sehat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements