Manfaat dari Kandungan Gizi Kacang Merah

Manfaat dari Kandungan Gizi Kacang Merah

Pernah melihat kacang berwarna merah? Ya! Itulah kacang merah. Di Indonesia, kacang merah ditemukan dalam bentuk kacang kering dan biasanya diolah terlebih dahulu baru dapat dinikmati dalam bentuk bubur, sup atau sebagai campuran es, nasi tim dan sayur. Selain itu, kacang merah juga bisa dibuat selai manis nan digunakan buat mengisi kue-kue seperti bakpau, kue moci dan kue bulan. Kandungan gizi kacang merah nan lengkap membuat banyak orang menyukai kacang merah.



Kandungan Gizi Kacang Merah

Kandungan gizi kacang merah salah satunya ialah protein nabatinya memiliki sifat rendah lemak dibandingkan protein hewani nan kita dapatkan dari daging. Selain itu, keistimewaan kacang merah ialah membantu penderita diabetes buat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Kacang merah juga memiliki kandungan lemak dan natrium sangat rendah dan nyaris bebas lemak jenuh. Kacang ini sangat tinggi serat nan terdiri dari serat larut air dan serat tak larut air. Kacang merah sangat baik buat dikonsumsi bagi kesehatan tubuh.

Secara lengkap, kandungan gizi kacang merah ialah sumber karbohidrat kompleks, serat makanan, vitamin B terutama asam folat dan B6, protein, besi, mangan, fosfor dan thiamin. Kandungan asam glutamat, leucine, arginine, serini dan berbagai protein lainnya sangat lengkap di dalam kacang merah ini.



Manfaat dari Kandungan Gizi Kacang Merah

Kandungan serat nan tinggi dan Omega 3 serta Omega 6 di dalam kacang merah menghasilkan asal lemak nan bisa mencegah kolesterol dursila di dalam tubuh dan memperlancar pencernaan. Kandungan lemak dan natrium di dalam kacang merah sangat rendah. Kacang merah bisa dijadikan sumber serat agar terhindar dari sembelit dan menyehatkan pencernaan.

Kandungan karbohidrat kompleksnya mampu mencegah risiko diabetes. Kacang merah juga bisa membantu pembekuan darah pada luka. Kacang merah memiliki keistimewaan buat mengatasi berbagai macam penyakit. Kacang ini bisa mengurangi kerusakan pembuluh darah dampak diabetes, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan risiko berkembangnya sel kanker usus besar dan kanker payudara serta mengurangi kadar gula dalam darah.

Kadar serat nan tinggi pada kacang merah bisa digunakan dalam menu program diet. Kadar seratnya nan tinggi tersebut akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kandungan thiaminnya mencegah penyakit beri-beri. Vitamin B6 dalam kandungan gizi kacang merah bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Zat mineral berupa besi dan tembaga di dalam kacang merah membantu tubuh dalam pembentukan tulang, mencegah kurang darah dan membantu dalam pembentukan enzim-enzim krusial di dalam tubuh.

Meski memiliki segudang manfaat,kacang merah juga memiliki kekurangan. Kacang merah bisa menyebabkan perut terasa kembung sebab kacang merah memiliki kemampuan buat memproduksi dan menghasilkan gas di dalam usus. Untuk mengatasi kelemahan kacang merah ini, diperlukan pengetahuan nan sahih dalam pengolahan kacang merah.



Menikmati Kandungan Gizi Kacang Merah

Kacang merah biasanya diolah menjadi berbagai jenis makanan. Sebelum diolah, sebaiknya kacang merah direndam dahulu. Setelah membuang air rendaman, kacang merah direbus dalam panci tertutup selama kurang lebih 3-5 menit. Setelah proses perebusan, diamkan kacang merah selama 2 jam agar air hasil perebusan mengendap.

Setelah itu, gantilah air tersebut dengan air matang. Kemudian, diamkan selama semalam. Keesokan harinya barulah kacang merah siap buat diolah menjadi makanan kesukaan Anda. Inilah beberapa ciptaan makanan olahan buat menikmati kandungan gizi kacang merah .

1. Sayur kacang merah

Sayur kacang merah ialah jenis makanan kacang merah nan lazim dihidangkan di meja makan di seluruh Indonesia. Cara membuatnya tak begitu sulit. Untuk membuatnya, terlebih dahulu siapkan:

  1. Daging tetelan sapi 250 gram, rebus sampai lunak kemudian potong-potong

  2. Kaldu perebus daging tetelan sapi 500 ml

  3. Minyak buat menumis

  4. Daun salam 2 lembar

  5. Santan 250 ml, parut

  6. Kacang merah 200 gram

Haluskan bumbu-bumbu berikut ini:

  1. Bawang merah 5 siung

  2. Bawang putih 4 siung

  3. Keluak tua 2 buah, ambil dagingnya

  4. Kunyit 2 cm, sangrai

  5. Gula Jawa 2 sendok teh

  6. Garam 1 sendok teh

Untuk membuat sayur kacang merah, didihkan kaldu dan daging tetelan sapi. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus. Masukkan daun salam dan tumis semuanya sampai harum. Setelah itu, tuangkan bumbu nan sudah ditumis ke dalam kaldu nan sudah mendidih. Tambahkan santan dan kacang merah. Aduk sampai matang lalu sajikan.

2. Es kacang merah

Tidak hanya dapat diolah menjadi lauk makanan berat, kacang merah pun lezat dijadikan camilan manis dan dingin. Salah satunya ialah dengan dibuat es kacang merah. Rasanya nan lezat dan kandungan gizinya nan kaya baik buat dikonsumsi anak-anak sebagai camilan. Untuk membuatnya, siapkan:

  1. Kacang merah kering 200 gram, cuci bersih

  2. Air 1.000 ml

  3. Daun pandan 2 lembar, ikat

  4. Gula pasir 150 gram

  5. Garam

advertisements

Tips Sehat

advertisements