Resep Menu Makanan Bayi 1 Tahun

Resep Menu Makanan Bayi 1 Tahun

Pada saat bayi berusia setahun, beberapa gigi biasanya mulai tumbuh. Bayi mulai dapat mengunyah dengan baik. Bayi juga mulai dapat menikmati hidangan nan sama dengan anggota keluarga nan lain. Oleh sebab itu menu makanan bayi 1 tahun mulai dapat diberikan dengan lebih bervariasi.

Bayi seusia ini mempunyai rasa ingin tahu nan sangat besar. Ia akan bahagia mencoba makanan-makanan jenis baru dengan warna, tekstur dan rasa nan berbeda-beda. Membiasakan anak dengan pola makan nan baik sangat tepat dilakukan pada masa usia 1 tahun.

Bayi mulai menunjukkan keinginan dalam hal makan pada saat memasuki usia 1 tahun. Dia akan mengoceh dengan bahasanya sendiri atau menangis bila dia merasa lapar. Bayi juga bisa menolak suapan Anda pada saat dia merasa kenyang.

Bayi dapat memahami dan mempelajari sesuatu dengan sangat cepat pada masa ini. Anda dapat memberi pengertian kepadanya bahwa susu bisa membuat tulangnya menjadi besar dan kuat, sehingga tubuh bisa tumbuh besar dan kuat. Biasanya dengan diberi pengertian seperti ini anak akan dengan sukarela minum susu nan diberikan kepadanya.

Kecepatan pertumbuhan fisik setelah anak berusia 1 tahun akan melambat. Tapi pada saat ini sel otak sedang mengalami pertumbuhan nan cepat. Oleh sebab itu pada masa usia 1 tahun diperlukan menu nan sehat dan bergizi agar sel otak bisa berkembang secara optimal. Karena ketidaksempurnaan pertumbuhan sel otak tak dapat diperbaiki dikemudian hari.

Tidak hanya sel otak nan memerlukan makanan bergizi seimbang. Kondisi fisik anak balita pun harus berkembang optimal sinkron dengan usianya, adapun zat-zat makanan nan dibutuhkan bersumber dari :

  1. Sumber zat tenaga berasal dari nasi, mi, bihun dan roti
  2. Sumber zat pembangun berasal dari tempe, tahu, telur, daging, ikan, ayam.
  3. Sumber zat pengatur berasal dari sayur dan buah


Contoh Menu Makanan Bayi 1 Tahun

Dibawah ini disajikan contoh daftar sehari menu makanan bayi 1 tahun :

Pukul 06.00 : Pemberian Air Susu Ibu (ASI) atau satu gelas susu sapi

Pukul 08.00 : Sup krim dengan cincang ayam dan wortel

Pukul 10.00 : Sari buah atau pisang dan jus jeruk

Biskuit

Pukul 12.00 : Nasi

Tuna goreng tepung

Sup wortel dan buncis

Pukul 16.00 : Buah

Malam : Nasi

Sup sayuran

Bistik daging cincang, perkedel tahu

ASI atau segelas susu sebelum tidur



Resep Menu Makanan Bayi 1 Tahun

Adakalanya bayi 1 tahun hanya ingin satu jenis makanan saja selama satu minggu dan dia tak mau diberikan jenis makanan nan lain. Jika ini terjadi, Anda tak perlu khawatir. Berusahalah mencari makanan pengganti buat makanan nan tak disukai bayi Anda. Disinilah kreatifitas seorang ibu diperlukan buat memperkenalkan makanan nan bervariasi pada anak sejak dini.

Dibawah ini disajikan resep makanan nan mungkin dapat Anda coba buat menu makanan bayi 1 tahun.

Resep 1 : Kentang Siram

Bahan :

  1. 100 gr kentang, kukus, kupas dan tumbuk kasar, beri 1 sendok makan mantega agar rasanya gurih.
  2. Saus :
  3. 250 ml kaldu ayam (dari rebusan tulang dan sedikit daging ayam)
  4. 25 gr wortel cincang halus
  5. 25 gr ikan kakap, cincang
  6. 25 gr tahu
  7. keju parut secukupnya

Cara membuat :

  1. Buat saus terlebih dahulu. Rebus kaldu, wortel, ikan, tahu sampai matang, masukkan keju, aduk rata. Angkat.
  2. Siram kentang tumbuk dengan saus dan makan selagi hangat.

Resep 2 : Semur

Bahan :

  1. ½ sdt margarine
  2. 25 gr daging ayam giling
  3. 50 gr tahu, iris ukuran kotak kecil
  4. 10 gr tomat masak
  5. 1 sdm kecap
  6. 250 ml kaldu

Cara membuat :

  1. Panaskan margarine, tumis ayam, tomat, tahu sampai matang dan lunak. Tambahkan kecap, garam dan merica bubuk secukupnya dan aduk rata.
  2. Tuangkan kaldu, rebus sampai ayam lunak dan kuah tinggal sedikit.
  3. Hidangkan panas-panas

Resep 3 : Telur Kocok Mayonaise

Bahan :

  1. 2 btr telur ayam
  2. 2 sdm mayonnaise
  3. 2 sdm mentega
  4. keju parut secukupnya
  5. 50 gr daging asap iris
  6. merica bubuk secukupnya

Cara membuat :

  1. Panaskan margarine, masukan daging asap, goreng sebentar.Angkat
  2. Dalam keadaan barah tetap menyala masukan telur kedalam bekas menggoreng daging asap diamkan sebentar baru diaduk diatas Pan, kemudian masukan daging asap goreng, mayonnaise, keju parut dan sedikit merica bubuk.
  3. Hidangkan selagi hangat.
  4. Itulah beberapa resep menu makanan bayi 1 tahun nan dapat menjadi favorit makanan baru bayi Anda.


Tips Menu Makanan Bayi 1 Tahun

Sikap kehatian-hatian seorang ibu ketika membuat menu makanan bayi 1 tahun harus terus dijaga, buat itu setidaknya ibu memiliki beberapa pengetahuan tentang apa-apa nan wajib dilakukan dan nan terlarang dilakukan. Kebanyakan ibu kurang memperhatikan hal tersebut sehingga melakukan beberapa kesalahan fundamental dalam menyiapkan makanan buat bayinya.

Berikut ini beberapa hal nan harus dilakukan dalam membuat menu makanan bayi 1 tahun, yaitu :

1. Cepatlah anda membuang residu makanan bayi nan sudah disajikan atau sudah terkena udara ruangan selama beberapa waktu. Karena kuman dan bakteri akan secara cepat berkembang pada makanan tersebut. Anda tak boleh merasa rugi ketika membuang makanan tersebut sebab kesehatan bayi anda lebih primer daripada makanan nan akan dibuang.

2. Perkenalkanlah menu makanan bayi 1 tahun nan baru kepada bayi anda secara rutin setiap minggu. Hal ini dilakukan agar bayi anda dapat menjadi imun terhadap alergi makanan. Selain itu melakukan variasi menu makanan akan membuat bayi menjadi bahagia terhadap banyak makanan dan ketika dia menjadi anak-anak akan doyan makan makanan nan sehat terutama sayuran dan buah.

3. Dalam menggemukkan bayi anda harus memberikan menu makanan bayi 1 tahun nan dilengkapi dengan air susu ibu, jus apel, susu sapi segar, susu formula, yogurt, keju dan lainnya. Bayi nan gemuk sebab memakanan makanan nan sehat akan memiliki tubuh nan sehat dan bergerak aktif, hal ini berbeda dengan bayi nan gemuk sebab kebanyakan makanan berlemak dan berkalori tinggi sebab mereka akan gampang sakit dan tak bergerak aktif.

4. Pastikan bahwa bayi anda mendapatkan nutrisi nan banyak dari sayuran dan buah-buahan. Nutrisi sayuran nan baik bisa anda dapatkan dari tomat, brokoli, gubis, wortel dan lainnya. Sedangkan buah-buahan nan bernutrisi baik yaitu apel, jeruk, alpukat, kiwi, dan lainnya. Dalam memasak sayuran anda harus merebus dan mengukusnya agar vitaminnya tak hilang dan hindari buat menggoreng/menumis sayuran sebab hal ini akan menghilangkan vitamin sayuran bahkan kolesterol dari minyak goreng tak baik bagi bayi berusia 1 tahun.

Beberapa hal nan terlarang buat dilakukan ibu dalam membuat menu makanan bayi 1 tahun yaitu :

1. Jangan memberi makanan bayi nan berbahan sayuran tanpa dimasak terlebih dahulu. Anda perlu tahu bahwa bayi nan berusia 1 tahun belum memiliki pencernaan nan kuat sebagaiamana anak-anak. Memasak sayuran terlebih dahulu berguna agar sayuran bebas dari bakteri serta mudah buat dicerna.

2. Jangan memberi bayi buah-buahan nan belum dikupas. Kulit buah seperti apel memiliki tekstur nan keras sehingga tak baik bagi mulut bayi nan masih lembut. Kulit buah-buahan memiliki getah nan akan menyakitkan lambung seperti jambu, mangga, jeruk dan lainnya. Selalu kupas buah sebelum anda menyajikannya kepada bayi.

3. Jangan memberikan bayi anda kacang oven dan gongseng sebab masih terlalu sulit bagi bayi buat mencernanya. Selai kacang juga harus anda hindari sebab memiliki lemak dan kalori berjumlah tinggi nan membuat bayi anda obesitas.

4. Jangan menambahkan terlalu banyak garam dan gula dalam membuat menu makanan bayi 1 tahun. Karena terlalu banyak garam dan gula tak baik bagi metabolisme tubuh bayi. Dan akan lebih baik bila anda tak menggunakan garam dan gula dalam membuat beberapa menu makanan bayi.

5. Jangan memberikan bayi makanan dari kaleng entah itu sayuran atau buah, hal dikarenakan makanan kaleng akan ditambah sodium dan zat nan berbahaya bagi bayi.

Itulah beberapa menu makanan bayi 1 tahun nan dapat anda buat. Anda harus mengingat beberapa hal nan wajib dan terlarang buat dilakukan dalam membuat makanan bayi di atas agar bayi anda sehat dan terhindar dari bahaya makanan.

advertisements

Tips Sehat

advertisements