Cara Membuat Tempe Mendoan

Cara Membuat Tempe Mendoan

Siapa nan tidak ketagihan kalau mengemil tempe mendoan, atau tempe dan tahu goreng nan diiris tipis-tipis kemudian dicelupkan dalam tepung terigu lalu dimasak. Tempe mendoan juga akan sedap dinikmati dengan secangkir teh hangat di sore hari atau jadi teman makan berat. Akan tetapi sebagian dari kita niscaya penasaran, bagaimanakah cara membuat mendoan ?



Apa Itu Mendoan?

Mendoan berasal dari bahasa Banyumasan yaitu mendo . Mendo memiliki arti ’setengah matang’ atau ’lembek’. Makanan mendoan ini dimasak dengan minyak panas, namun bahan nan dimasak dicelupkan secara cepat sehingga tak matang benar. Bahan-bahan dasar makanan nan biasa dijadikan mendoan ialah tempe dan tahu. Tempe mendoan lebih enak disertai cabe rawit atau sambal kecap manis.

Tempe mendoan ini mudah didapatkan di warung-warung tradisional di Banyumas dan Tegal. Para pelancong di Banyumas bisa membeli oleh-oleh tempe mendoan di daerah Sawangan, Purwokerto, nan merupakan pusat jajanan khas Purwokerto. Tak hanya itu, tempe mendoan juga tersedia di kota-kota besar di Jawa Tengah sampai ke Jakarta.

Untuk kota Semarang, mendoan lebih berbentuk tempe goreng dari tepung nan biasa disebut tempe kemul. Tempe kemul ialah tempe nan berbentuk irisan nan amat tipis lalu digoreng sehingga dimakan garing dan menimbulkan bunyi kriuk-kriuk nan renyah. Sementara mendoan Purwokerto lebih terasa basah minyaknya sehingga nikmat dimakan dalam keadaan masih hangat.

Yang dibutuhkan buat membuat mendoan ialah tempe kedelai spesifik nan berupa lembar-lembar tipis, nan kemudian dilapisi daun pisang. Atau biasa disebut tempe buntel. Langkah pertama ialah mencampur tepung beras dengan sedikit tepung terigu, ditambahkan daun bawang atau kucai nan diiris-iris secara halus, kemudian untuk bumbu halus dari campuran bawang putih, garam, dan ketumbar, dan tentu saja minyak buat menggoreng.

Keunikan panganan ini yakni dari segi teknik menggorengnya nan dapat dikatakan setengah matang. Mendoan dikatakan lezat jika mendoan tersebut tak terlalu basah dan tak terlalu kering.

Jika mendoan terlalu basah rasanya akan tak enak sebab terdapat banyak sekali minyak. Makanan nan berminyak bisa berpotensi mempunyai gangguan kesehatan seperti kolesterol nan sangat berbahaya sekali. Kalau terlalu kering pun rasanya tak jauh beda dengan tempe goreng biasa.

Jika Anda jalan-jalan ke Purwokerto, sempatkanlah mampir di Warung Bu Mul nan terletak di Jalan Cenderawasih. Warung ini warung makan nasi rames nan memiliki menu mendoan nan amat nikmat. Tapi buat mendapatkan mendoan nan enak tersebut, kita harus datang pagi-pagi sekali sebab harus ‘saingan’ dengan pembeli lain.



Dijadikan Usaha

Meskipun makanan ini merupakan makanan khas daerah Banyumas, tempe mendoan sudah menjadi kudapan enak nan akrab di lidah masyarakat Indonesia. Namun kemudian pembuatan mendoan pun berkembang agar penikmatnya tak jenuh.

Mendoan pun dapat hadir dengan tujuh varian isi, seperti udang , telur, sosis, kornet, daging sapi, keju, dan ayam. Bentuknya pun seperti gulungan dengan harga mulai Rp2.000 sampai Rp12.000 per buah.

Contohnya ialah mendoan hasil usaha Asep dengan merek Razan’e Mendoan nan dibuka pada 2008. Saat ini jumlah mitranya sudah lebih dari dua puluh kawan nan tersebar di berbagai daerah, kota besar seperti Cirebon, Semarang, dan Yogyakarta.

Ia menawarkan dua paket investasi yaitu paket senilai 7 juta rupiah dan paket booth tertentu senilai tujuh belas juta rupiah. Kawan mendapatkan, banner, peralatan masak, bahan standar awal, dan dua buah seragam, serta pelatihan karyawan.



Cara Membuat Tempe Mendoan

Tempe dapat dijadikan aneka makanan, termasuk mendoan. Selain nikmat, makanan dari fermentasi jamur dan kacang kedelai ini sarat nutrisi kompleks nan amat berguna buat manusia. Jika selama ini tempe banyak dijadikan goreng tempe biasa, tumis, dijadikan sayur , makanan gorengan, atau campuran bahan kuliner lain, maka buat menghindari kejenuhan, tempe dapat dibuat mendoan. Bagaimanakah caranya?

  1. Pertama, siapkanlah bahan-bahan nan diperlukan. Siapkan tiga ratus gram tempe, iris melebar dan usahakan tipis-tipis sekitar 10 X 15 cm. Siapkan batang daun bawang sebanyak dua ruas. Kemudian bersihkan dan iris tipis-tipis. Siapkanlah tepung beras sebanyak seratus gram, satu sendok makan tepung terigu, seratus dua puluh lima ml air masak, dan tentu saja minyak buat menggoreng.
  1. Kedua, siapkan bumbu halus. Sediakan bawang putih sebanyak 3 siung, bawang merah 2 siung, satu sendok makan ketumbar, setengah sendok teh merica, dua sendok teh garam. Haluskan semua itu.
  1. Ketiga, campur tepung terigu dan juga tepung beras dan aduklah dalam satu wadah. Masukkan bumbu halus beserta irisan-irisan batang bawang daun . Aduklah sampai merata. Setelah itu, celupkan potongan tempe ke dalam minyak nan telah dipanaskan sampai adonan menutupi tubuh tempe.
  1. Keempat, gorenglah sampai terigu kekuningan. Cara membuat mendoan anganlah menggoreng sampai berwarna merah, karena dikatakan tempe mendoan jika taraf kematangannya sedang. Setelah pas, angkatlah lalu tiriskan. Sediakan cabe rawit atau saus kecap. Nikmati selagi hangat dengan ditemani secangkir kopi atau secangkir teh.


Mendoan ialah Makanan nan Sehat dan Bergizi

Sebagaimana nan kita tahu, tempe mengandung banyak gizi nan dibutuhkan oleh tubuh kita. Sebab ada banyak hal bermanfaat di balik tempe ini. Berikut kegunaan dan gizi dari tempe akan dipaparkan secara singkat.

  1. Tempe dipercaya bisa mengobati penyakit maag. Kenapa? Karena tempe mengandung protein nan siap dicerna tubuh, mengingat tempe terlebih dahulu dicerna oleh jamur dan senyawa anti-inflamasi.
  1. Tahukah Anda jika di Kyoto, Jepang, ada pengusaha tempe nan menjual tempe di sana? Namanya Rustono nan dijuluki King of Tempeh . Selain di Jepang, tempe ternyata populer di Amerika Perkumpulan dan benua Eropa.
  1. Ternyata tempe sudah dikenal sejak lama. Pemprosesan tempe sudah berlangsung sejak abad 16 seperti tertulis pada Serat Centhini .
  1. Kenapa tempe makanan nan sehat? Karena tempe mengandung antibiotik alami, dengan kata lain makanan dengan protein paling lengkap dan mengandung semua asam amino esensial. Tempe juga termasuk makanan probiotik nan sejajar dengan makanan probiotik lain.
  1. Tahukah Anda, kalau tempe menjadi makanan penyelamat buat para tahanan Perang Global II pada sekitar tahun 1940-1960?
  1. Apakah Anda berpikir tempe berasal dari kedelai ? Ternyata tak begitu di Swedia, tempe dibuat dari barley dan oat. Meski demikian, rasanya tidak kalah gurih dan tidak galah bergizinya.
  1. Untuk vegetarian, tempe merupakan pengganti daging. Tempe dapat dikonsumsi mereka dengan direbus atau digoreng, tentu disertai nasi dan kecap atau saus sebagai penambah selera.

Jadi, setelah Anda mampu mengetahui mudahnya cara membuat mendoan, tunggu apa lagi buat mencobanya? Selain bahan standar nan murah dan sangat gampang didapatkan, tempe juga sangat baik dikonsumsi buat kesehatan. Dan tempe mendoan akan sangat menyenangkan jika dinikmati bersama keluarga, pasangan, atau menemani hari-hari santai Anda sendirian.[]

advertisements

Tips Sehat

advertisements