Manfaat Bagian Lain Nangka

Manfaat Bagian Lain Nangka

Tampaknya tidak ada nan tak mengenal nangka, buah musiman berdaging tebal berwarna kuning dengan rasanya nan manis nikmat. Rasanya nan enak menjadikan buah ini sebagai makanan nan sangat digemari. Apalagi Manfaat Buah Nangka sangat banyak dan majemuk dari kandungan gizinya nan tinggi.

Buah nangka nan mudah rusak mendorong munculnya berbagai upaya buat lebih mengawetkan makanan itu dalam berbagai bentuk olahan, seperti dijadikan keripik, dibuat selai, dijadikan dodol, dan berbagai bentuk olahan lainnya. Hal ini agar buah nangka nan kaya gizi bisa dikonsumsi setiap saat dan sepanjang waktu.

Unik buat ukurannya, nangka termasuk buah nan lezat dan kaya akan energi, serat, mineral, dan vitamin. Seperti seperti buah-buahan tropis lainnya seperti durian, pisang dll buah ini juga kaya akan energi.

Namun demikian, tak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, membuatnya menjadi salah satu buah nan sehat buat di santap di mana saja! Kecuali ketika berhadapan dengan getahnya.

Nama Botanikal, dari buah tropis nan populer di Asia ini milik keluarga Moraceae, genus: Artocarpus dan berkaitan erat dengan buah ara, murbei dan sukun. Nama Ilmiah: Artocarpus heterophyllus.

Pohon nangka diyakini orisinil di hutan hujan Barat Daya dari India. Dan saat ini banyak dibudidayakan di daerah tropis benua India, Thailand, Malaysia, Indonesia dan Brasil buat buahnya, biji nya, dan kayu nya. Pohon nya itu tumbuh dengan terbaik di bawah iklim lembab dan hujan tropis tetapi sporadis bertahan kondisi dingin dan beku. Nangka ialah pohon besar nan tumbuh sampai setinggi 30 meter, lebih tinggi dari pohon mangga.



Kandungan Gizi

Buah nangka kaya dengan kandungan energi nan tinggi, yaitu sebanyak 106 kalori buat setiap 100 gram. Begitu juga kandungan karbohidratnya nan mencapai 27,6 gram dan protein sebanyak 1,2 gram, menjadikan buah ini layak sebagai bahan pangan alternatif. Namun sebaiknya hati-hati dalam mengkonsumsi buah nangka dalam jumlah nan banyak. Hal ini sebab buah kenyal ini bisa menimbulkan gas dalam perut.

Buah nangka juga kaya dengan mineral dan vitamin nan sangat baik buat menjaga kesehatan maupun mencegah penyakit. Banyaknya kandungan vitamin A (sebanyak 51 RE) dan vitamin C (sebanyak 20 mg) sangat berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata.

Begitu juga dengan kandungan kalsiumnya nan tinggi (20 mg) dan fosfor (19 mg), maupun mineral lainnya seperti zat besi (0,9 mg) nan sangat baik sebagai anti oksidan, anti kanker, buat memperkuat tulang dan gigi, dan melancarkan pencernaan.

Manfaat buah nangka buat kesehatan juga terlihat dari kandungan kaliumnya nan cukup besar nan sangat berguna buat mengatasi hipertensi dan mencegah infeksi.

Lebih lengkapnya, berdasarkan USDA pada 100 gr nangka, kita akan beroleh kandungan nutrisi sebagaimana berikut :

Prinsip Gizi Nilai Persentase RDA

  1. Energi 95 Kcal 5%
  2. Karbohidrat 23,5 g 18%
  3. Protein 1,72 g 3%
  4. Total lemak 0,64 g 3%
  5. Kolesterol 0 mg 0%
  6. Serat 1,5 g Dietary 4%

evitamin

  1. Folates 24 mg 6%
  2. Niacin 0,920 mg 6%
  3. Pyridoxine 0,329 mg 25%
  4. Riboflavin 0,055 mg 4%
  5. Thiamin 0,105 mg 9%
  6. Vitamin A 110 IU 3,5%
  7. Vitamin C 13,7 mg 23%
  8. Vitamin E 0,34 mg 2%

elektrolit

  1. Sodium 3 mg 0%
  2. Kalium 303 mg 6,5%

Mineral

  1. Kalsium 34 mg 3,4%
  2. Besi 0,60 mg 7,5%
  3. Magnesium 37 mg 9%
  4. Mangan 0,197 mg 8,5%
  5. Fosfor 36 mg 5%
  6. Fosfor 21 mg 3%
  7. Selenium 0,6 mg 1%
  8. Seng 0,42 mg 4%

Phyto-nutrisi

  1. Karoten-ß 61 mg -
  2. Crypto-xanthin-ß 5 ug -
  3. Lutein-zeaxanthin 157 mg –

Selebihnya, terlepas dari segala jenis kegunaan gizi. Kebanyakan orang Asia menyukai buah nangka sampai ke tulang tulang eh maksudnya sampai ke biji biji. Kita dapat memakannya mentah, kita dapat memasak makanan itu dan kita bahkan bisa menemukannya di dalam sayuran kita serba ada pokoknya sebab hanya buah nangka inilah, nan buahnya dapat di sayur dalam berbagai bentuk termasuk di jadikan gudeg.

Kalori? Jadi jika Anda memiliki 165 g / secangkir nangka, di dalmany sudah ada ngepas 155 kalori. Lumayan buat asupan kalori harian, hanya 4 di antaranya berasal dari lemak, sehingga inipun pula jadi kabar baik.

Karbohidrat, Protein dan Lemak? Nangka mengandung jumlah nan sangat kecil dari lemak sebagaimana dicontohkan oleh 4 kalori nan kecil dari lemak. Sekarang, kita dapat fokus pada nutrisi lebih menonjol dalam nangka nan di namakan karbohidrat. Dan memang mengandung 40g dari karbohidrat nan 3g nya berasal dari serat makanan.

165g nangka menyumbang sekitar 13% dari asupan karbohidrat ideal Anda, sehingga ini dapat menjadi kabar baik buat tukang warteg meneruskan tradisi sayur nangka nya. Dan akhirnya pada protein, nangka jelas bukan sumber terbaik dari itu, tetapi porsi tersebut akan memberikan 2g protein pula.

Untuk gizi nangka termasuk Vitamin A dan vitamin C nan tersedia banyak sekali. Nangka ini juga mengandung sejumlah potasium, zat besi dan kalsium juga. Lain sedikit warta baik ialah bahwa nangka tak mengandung kolesterol dan sodium 5 mg, nan lumayan rendah.



Manfaat Bagian Lain Nangka

Selain buahnya, bagian nangka lainnya juga banyak mengandung gizi nan sangat berguna bagi kesehatan. Diantaranya biji nangka, diketahui banyak mengandung karbohidrat, protein dan energi nan tidak kalah besarnya dibandingkan buahnya. Begitu juga kandungan mineralnya, seperti kalsium, dan fosfor nan cukup banyak. Hal ini mendorong pengolahan biji nangka dalam berbagai bentuk olahan, khususnya buat dibuat tepung makanan.

Manfaat buah nangka juga bisa diambil dari bagian pohon lainnya. Daun nangka banyak dimanfaatkan buat pakan ternak.

Begitu juga dengan kayu pohon nangka nan kuat, mudah dibentuk, serta tahan terhadap rayap dan tak mudah lapuk, menjadikannya sebagai kayu pilihan. Kayu pohon nangka banyak digunakan buat membangun rumah maupun pembuatan berbagai peralatan dan perabot rumah tangga, seperti kusen, daun pintu, ataupun meja.

Sedangkan getahnya kadang dimanfaatkan buat mainan dalam menangkap capung ataupun serangga oleh anak-anak. Buah nangka nan masih muda juga banyak dimanfaatkan buat dijadikan sayuran, seperti sayur lodeh nan enak. Manfaat buat kesehatannya :

Buah ini terbuat dari lembut, daging mudah dicerna (lampu) dengan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa nan bila dimakan energi mengisi ulang dan merevitalisasi tubuh langsung.

  1. Nangka kaya serat makanan, nan membuatnya pencahar massal nan baik. Isi serat membantu buat melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi waktu gambaran dan serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.
  2. Buah segar memiliki sejumlah kecil vitamin pigmen-A dan flavonoid seperti karoten-ß, xanthin, lutein dan cryproxanthin-ß. Bersama-sama, senyawa ini memainkan peran krusial dalam antioksidan dan fungsi penglihatan. Vitamin A juga dibutuhkan buat menjaga integritas selaput lendir dan kulit. Konsumsi buah-buahan alami nan kaya vitamin A dan karoten-telah ditemukan buat melindungi dari paru-paru dan kanker rongga mulut.
  3. Nangka juga merupakan sumber nan baik dari antioksidan vitamin C-, menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23% dari RDA. Konsumsi makanan nan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas berbahaya.
  4. Buah ini ialah salah satu buah langka nan kaya B-kompleks kelompok vitamin. Ini berisi jumlah nan sangat baik dari vitamin B-6 (pyridoxine), niacin, riboflavin, dan asam folat.
  5. Buah nan segar merupakan sumber potasium nan baik, magnesium, mangan, dan besi. Kalium merupakan komponen krusial dari sel dan cairan tubuh nan membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  6. Nangka sangat bagus buat penambahan berat badan nan sehat, sebab mengandung fruktosa dan sukrosa sementara tak mengandung lemak.
  7. Menjadi kaya karbohidrat, itu niscaya merupakan sumber energi nan baik.
  8. Nangka juga mengandung baik jumlah antioksidan flavonoid nan banyak dibicarakan buat konservasi nan mereka berikan kepada tubuh manusia dari kanker dan masalah jantung.
  9. Jika flavonoid tak cukup, maka nangka juga mengandung potasium nan membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

advertisements

Tips Sehat

advertisements