Fakta Tentang Wortel

Fakta Tentang Wortel

Wortel, buah berbentuk panjang dengan rona kemerahan ini sering digunakan sebagai masakan. Karena itu banyak pula nan menyebutnya sebagai sayur wortel. Manfaat buah wortel tak hanya sekedar sebagai bahan pelengkap masakan, tapi juga sangat baik buat kesehatan bagi nan suka mengkonsumsinya.

Anda suka minuman jus? Cobalah buat meminum jus wortel. Ini ialah salah satu cara buat mengkonsumsi buah wortel bila Anda malas buat memakannya langsung. Berbagai kegunaan buah wortel niscaya Anda rasakan bila Anda rutin mengkonsumsinya.



Kandungan Buah Wortel

Buah nan identik sebagai makanan kelinci ini ternyata memiliki banyak kandungan gizi dan non gizi nan sangat baik buat kesehetan tubuh.
• Mengandung berbagai vitamin, mulai dari vitamin A, B, C, D, E, dan juga vitamin K.
• Memiliki kandungan protein, karbohidrat dan lemak nan cukup menyehatkan tubuh.
• Zat-zat lain nan sangat bagus buat tubuh ialah beta karoten, kalsium, kalium, fosfor, zat besi, dan asam amino.
• Wortel merupakan buah nan mengandung cukup banyak serat.



Fakta Tentang Wortel

Ini ialah kantung eneri dari beberapa nutrisi termasuk, vitamin, mineral, dan antioksidan. Ini berisi jumlah nan sangat kecil dari total serta lemak jenuh, nan bisa menjadi makanan nan sangat baik bagi orang nan mencoba buat menurunkan berat badan, atau mengurangi jumlah lemak dalam diet mereka.

Selain itu, mengandung kolesterol. Sejauh Anda menuding hanya ada vitamin buat mata saja, justru vitamin, wortel melimpah di beta karoten, nan bisa dikonversi oleh tubuh kita bukan hanya menjadi vitamin A. Zat zat nya juga mengandung taraf tinggi vitamin C, E, K, dan vitamin B, seperti thiamin, folat, niacin, riboflavin, vitamin B6.

Selain vitamin, mengandung sejumlah besar mineral penting, termasuk, besi, seng, tembaga, selenium, fosfor, kalium, natrium, kalsium, mangan, dan magnesium. 100 gram wortel ditemukan buat menyediakan hampir 43 kalori, 10 gram karbohidrat, protein 1GM, dan 3 serat gm.

Dalam jumlah nan sama wortel mengandung sekitar, 9.2 mg vitamin C, vitamin E 0,8 mg, 0.147 mg vitamin B6, niasin 0,93 mg dan beta karoten 10108 mcg. Kandungan kalsium dalam 100 gram wortel ialah sekitar 27 mg, sedangkan magnesium 15 mg. Di sisi lain, 100 gram wortel biasanya mengandung 44 mg fosfor, potasium 323 mg, 0,6 mg zat besi, 35 mg sodium, 0,2 mg seng dan selenium 1,1 mcg.



Manfaat dari Wortel Bila Termasuk dalam Diet Anda

Kelimpahan vitamin, mineral dan nutrisi krusial lainnya membuatnya menjadi makanan ideal buat menghilangkan beberapa masalah kesehatan atau gangguan.

  1. Tingginya jumlah jumlah beta karoten nan ditemukan dalam wortel bisa dengan mudah dikonversi menjadi vitamin A, kekurangan nan bisa menyebabkan miskin visi dan kebutaan malam. Jadi, menambahkan beberapa wortel dalam makanan sehari-hari bisa membantu membalikkan masalah penglihatan tersebut.
  2. Hal ini bisa memperbaiki kondisi holistik kulit dan rambut. Kandungan kalsium tinggi sayuran ini bisa membantu memperkuat tulang juga.
  3. Fitonutrien seperti, beta karoten, karoten alpha, xantofil dan zeaxanthin ditemukan dalam wortel merupakan antioksidan kuat, nan bisa melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif nan disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini pada gilirannya, bisa menurunkan risiko beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung seperti aterosklerosis dan stroke.
  4. Jus dianggap sebagai salah satu cara nan paling menyegarkan mengolah wortel, jus sayuran, nan bisa membantu buat detoksifikasi tubuh, dan mengurangi stres dan kelelahan, dengan menyediakan energi instan.
  5. Jumlah tinggi serat membuat sayur ini merupakan obat rumah nan efektif buat sembelit. Jika diminum setiap hari, jus wortel merupakan salah satu metode terbaik buat memastikan buang air besar secara teratur.
  6. Asupan harian secara signifikan bisa menurunkan risiko buat mengembangkan beberapa jenis kanker.
  7. Hal ini juga dianggap bermanfaat dalam pengobatan infertilitas. Pada wanita, bisa merangsang atau meningkatkan genre menstruasi.
  8. Hal ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuannya buat melawan agen infeksi. Hal ini juga bisa menggiatkan kelenjar adrenal.
  9. Selain ini, beberapa kegunaan kesehatan lainnya dari sayuran ini ialah regulasi gula darah dan tekanan darah dan pengentasan beberapa kondisi kesehatan, termasuk anemia, asma, insomnia, maag, rematik, asam urat, rematik, penyakit gusi, dan retensi air.

Termasuk dari cara beberapa pengolahan wortel selain di masak sebagai sayuran dalam makanan sehari-hari, meminum segelas jus wortel bisa memberikan kita nutrisi krusial nan dibutuhkan buat menjaga kesehatan generik dan kesejahteraan.

Selain itu, bisa dikonsumsi dalam beberapa cara dengan cara direbus, digoreng, dikukus, atau sebagai roti wortel atau campuran pizza. Singkatnya, pola makan nan sehat dan seimbang akan cukup lengkap tanpa buah-buahan segar dan sayuran seperti wortel.

Buah berbentuk panjang ini sangat banyak khasiatnya mengingat kandungan nutrisinya nan sangat berlimpah. Berikut beberapa contoh kegunaan buah wortel nan harus Anda ketahui.
• Seperti nan sudah banyak diketahui oleh banyak orang bahwa wortel sangat kaya akan vitamin A. Vitamin ini sangat baik buat menjaga penglihatan dan kualitas kesehatan mata Anda. Bila Anda rutin mengkonsumsi buah wortel, mata Anda akan tak mudah rabun.
• Vitamin B-nya sangat membantu proses metabolisme dalam tubuh. Yang dimaksud metabolisme ialah segala reaksi kimia nan terjadi dalam tubuh, terutama pada proses pencernaan.
Manfaat buah wortel nan lain ialah buat menjaga daya tahan tubuh sehingga tak gampang terserang penyakit seperti flu atau demam. Selain itu juga menghindarkan kita dari panas dalam atau sariawan.
• Proses pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah sangat terbantu apabila Anda rutin mengkonsumsi buah wortel. Hal ini dikarenakan wortel mengandung banyak zat besi nan sangat baik buat proses regenerasi dalam sel darah. Manfaat buah wortel nan satu ini dapat dirasakan oleh penderita anemia atau nan biasa disebut anemia.
• Kalsium nan cukup tinggi pada buah wortel mampu membantu menjaga keutuhan tulang-tulang tubuh kita agar terhindar dari osteoporosis (tulang keropos).
• Buah wortel diklaim mampu buat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.
• Sangat baik dalam membantu proses menurunkan kadar kolesterol dursila sehingga terhindar dari stroke atau penyakit jantung nan membahayakan.
• Beta karoten nan tinggi dalam wortel dapat berfungsi sebagai zat antioksidan nan gunanya ialah buat melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga menghambat kerusakan sel dan menurunkan resiko terkena berbagai penyakit kanker maupun tumor.
Manfaat buah wortel juga dapat dirasakan oleh para wanita nan sedang haid atau datang bulan. Buah wortel ini dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri atau sakit nan diderita saat haid datang.

• Kandungan seratnya nan cukup banyak, dapat melancarkan proses pencernaan dalam perut Anda.

Ternyata kegunaan buah wortel sangat melimpah dan baik buat kesehatan. Karena itu makanlah buah wortel secara rutin, baik dalam bentuk kuliner ataupun dijadikan sebagai minuman jus. Sangat murah, tapi kaya manfaat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements