Khasiat Semangka buat Kecantikan

Khasiat Semangka buat Kecantikan

Anda tentu pernah memakan buah semangka, bukan? Bagaimana jika Anda memakannya tengah hari, saat cuaca sedang panas-panasnya? Rasanya sungguh menyegarkan. Kesegaran semangka seolah tiada habisnya. Ini sebab buah semangka mengandung air nan banyak, kira-kira 6 % terdiri dari gula dan 92 % air, tak heran dibahasakan di barat sebagai Watermelon . Selain bisa menikmati kesegaran dan kelezatan rasanya, Anda juga bisa memperoleh berbagai khasiat semangka dengan mengonsumsinya.

Buah ini tumbuh awalnya di Mesir, dan Gurun Sahara. Sudah tentu Anda akan terbayang Gurun Sahara nan terik berdebu. Unik juga dan tak terbayangkan kan semangka dapat tumbuh di Sahara. Namun, sebelum tenggelam dalam kesegaran, Anda dipersilakan buat mengenali komposisi dan Khasiat semangka terlebih dulu.

Semangka mengandung banyak mineral dan vitamin, adapun pada takarannya, Vitamin A: 10%, Vitamin C: 25%, Vitamin B6: 10%, Vitamin B1: 10%, Magnesium: 7%, Potassium: 5%. Adapun manfaatnya bukan soal kesegaran saja. Karena Semangka bermanfaat dalam banyak hal, di antaranya sebagai berikut.

  1. Produksi energi
  2. Melindungi terhadap penyakit sebab proses penuaan
  3. Melawan penyakit jantung
  4. Sarat dengan antioksidan
  5. Mengurangi risiko kanker
  6. Mencegah disfungsi ereksi
  7. Baik sebagai sumber vitamin dan mineral


Khasiat Semangka buat Kesehatan Tubuh

Semangka terkonsentrasi dengan vitamin B. Vitamin B bertanggung jawab buat memperbanyak produksi energi tubuh Anda. Ini berarti makan semangka bisa memberikan Anda energi besar. Buah ini juga memiliki jumlah magnesium nan tinggi, pula nutrisi nan memberikan energi dari kalium. Makan semangka merupakan alternatif nan kondusif buat pengganti minuman energi sebelum latihan. Daripada meminum minuman energi nan banyak kafeinnya.

Memasukkan semangka ke dalam menu makanan Anda bisa membantu mencegah dan melawan kanker. Hal ini sebab profil nan kaya antioksidan. Antioksidan semangka nan sangat terkonsentrasi dan membunuh kanker penyebab radikal bebas. Juga membantu mencegah kanker jantung dan usus. Dari semua kegunaan kesehatan semangka, antioksidan ini mungkin ialah salah satu nan paling signifikan.

Oleh karenanya, sudah pula segar dan bermanfaat, pilihlah semangka sebagai teman di siang hari nan terik dan selamat menikmati kesegarannya. Dalam 1 hari, Anda tak perlu mengonsumsi 1 buah besar semangka. Idealnya, makanlah 1/8 sampai 1/2 buah semangka setiap hari. Jika dikonsumsi secara teratur, tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dan bugar, dan kulit Anda menjadi semakin cantik.



Khasiat Semangka buat Kecantikan

Tidak hanya dapat dikonsumsi, khasiat semangka juga dapat dirasakan oleh kulit dan rambut dengan mengolesinya. Kandungan air dalam semangka menyegarkan kulit dan antioksidannya baik buat menangkal radikal bebas. Belum lagi aromanya nan sedap dan menyegarkan dapat menjadi wahana relaksasi. Semangka nan kaya vitamin A, B, dan C ini juga tentu sangat bermanfaat buat kesehatan dan kecantikan kulit.

Karena majemuk kandungan dan manfaatnya itulah banyak produsen kosmetik perawatan kulit mengolah semangka menjadi berbagai jenis kosmetik. Beberapa di antaranya ialah masker, pelembab bibir, dan sebagainya. Jika Anda ingin merasakan kegunaan semangka secara alami, caranya tak sulit. Ini dia beberapa cara menikmati kesegaran dan kegunaan buah semangka di permukaan kulit Anda.

1. Masker semangka murni

Inilah cara paling mudah mengolah semangka sebagai kosmetik perawatan alami. Siapkan daging buah semangka secukupnya lalu haluskan. Bubuhkan ke paras nan sudah dibersihkan lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air hangat dan sudahi dengan air dingin.

2. Pasta semangka

Siapkan daging buah semangka secukupnya, yoghurt tawar, dan juga susu bubuk. Olah semangka menggunakan blender sampai benar-benar lembut lalu campur dengan yoghurt dan susu bubuk. Pastikan jumlahnya seimbang satu sama lain, hingga terbentuk sebuah campuran pasta nan siap dioleskan ke wajah. Selanjutnya, bersihkan muka Anda dan keringkan lalu oleskan pasta semangka secara merata. Biarkan menyerap selama 15 menit kemudian basuh dengan air bersih.

3. Masker kulit dalam semangka

Tidak hanya dagingnya, kulit dalam semangka (lapisan putih di bawah dagingnya) juga bermanfaat. Kandungan antioksidan di dalamnya lebih banyak daripada di dalam daging. Cara membuat masker ini, jemur kulit semangka sampai benar-benar kering lalu hancurkan sampai menjadi bubuk. Sediakan 1 batang lidah buaya (ukuran sedang) dan 1 buah mentimun, lumatkan keduanya menggunakan blender. Masukkan 2 sendok makan bubuk kulit semangka ke dalam jus tersebut lalu aduk rata sampai menjadi masker. Oleskan ke kulit paras nan higienis dan diamkan kurang lebih 15 - 20 menit. Bilas dengan air bersih.

4. Masker semangka madu

Daging semangka dan madu ialah perpaduan nan sehat bagi kulit. Siapkan sepotong daging semangka, buang bijinya, lalu lumatkan daging semangka tersebut. Tambahkan 1 sendok makan madu murni dan 1 sendok makan air jeruk nipis ke dalamnya. Aduk sampai rata kemudian oleskan ke paras nan sudah dibersihkan. Biarkan menyerap selama 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

5. Kulit semangka buat rambut rontok

Selain menyehatkan dan mempercantik kulit, kulit bagian dalam semangka (yang berwarna putih) juga baik buat kesehatan rambut nan rontok. Cara penggunaannya pun mudah, tak perlu menjadikannya masker atau pasta. Cukup gosokkan kulit semangka tersebut ke kulit kepala setiap kali akan tidur malam hari, kemudian tutup kulit kepala dengan shower cap . Biarkan semalaman lalu bersihkan dengan sampo pagi harinya. Selain menyembuhkan kerontokan, kulit semangka juga akan membuat rambut terlihat lebih sehat dan berkilau.



Cara Nikmat Mendapatkan Khasiat Semangka

Selain dikonsumsi secara langsung, semangka juga dapat diolah menjadi berbagai ciptaan makanan dan minuman. Dengan demikian, mengonsumsi semangka setiap hari tak akan terasa membosankan sebab terdapat variasi dalam rasa dan olahan semangka tersebut. Inilah beberapa makanan dan minuman nan dapat dibuat dari semangka segar.

1. Jus semangka segar

Ini ialah olahan semangka nan paling populer dan lazim. Salah satu caranya, blender 250 gram semangka segar, 300 ml jus jeruk, 100 gram stroberi segar, dan gula serta es batu secukupnya. Anda dapat menggunakan bahan-bahan tambahan lain selain stroberi dan jus jeruk. Artinya, Anda dapat berkreasi sesuka Anda dalam mengolah semangka menjadi jus.

2. Milkshake semangka

Anak-anak biasanya menyukai milkshake sebab rasanya nan segar sekaligus gurih. Untuk membuat milkshake semangka, Anda tak memerlukan susu, melainkan es krim vanilla. Inilah bahan-bahan nan dibutuhkan buat membuat 8 porsi:

  1. Semangka 500 gram, buang bijinya
  2. Es krim vanilla 2 skup
  3. Air jeruk lemon 100 cc
  4. Air jeruk manis 150 cc

Blender semua bahan sampai benar-benar lembut kemudian masukkan ke dalam botol milkshake (jika tak ada, Anda bisa menggunakan botol lain nan tak mudah bocor). Tutup botol rapat-rapat kemudian kocok sekuat tenaga. Anda dapat menambahkan es batu jika menginginkan. Setelah rata dikocok, sajikan dalam gelas saji nan menarik.

3. Puding semangka

Variasi olahan semangka nan satu ini barangkali tak begitu populer. Namun rasanya tak kalah lezat dan segar dibandingkan variasi lainnya. Untuk membuat puding semangka, siapkan:

  1. ½ buah semangka merah
  2. ½ kaleng susu kental manis
  3. 1 ons gula pasir
  4. 1,5 liter air
  5. 2 bungkus agar-agar putih
  6. Air jeruk nipis, vanili, dan garam secukupnya

Untuk menikmati khasiat semangka dalam bentuk puding, keruk daging buah semangka (hindari bijinya) menjadi bentuk kelereng lalu simpan ke dalam mangkuk. Taburkan sedikit gula pasir di atasnya, aduk rata lalu tiriskan. Setelah itu, campur semua bahan lainnya ke dalam panci, masak sampai mendidih sambil terus diaduk. Masukkan bola-bola semangka ke dalam panci, aduk sebentar lalu angkat. Bekukan puding semangka dan sajikan dingin.

advertisements

Tips Sehat

advertisements