Khasiat Jeruk Nipis buat Kesehatan Wanita

Khasiat Jeruk Nipis buat Kesehatan Wanita

Buah jeruk dikenal dengan rasanya nan manis asam segar dan kandungan vitaminnya nan melimpah. Buah ini banyak jenisnya, setiap jenis jeruk memiliki karakteristik khas tersendiri. Salah satunya ialah jeruk nipis. Buah nan juga dikenal dengan nama limau nipis ini berbentuk bulat kecil (diameternya hanya sekitar 3 - 6 cm). Buah ini tak lazim dimakan langsung sebab rasanya nan asam-asam pahit. Limau nipis sendiri memiliki aroma segar nan khas sehingga sering dijadikan penyedap makanan.

Buah ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Buah ini mengandung minyak terbang, seperti limonen, linalool, sitral, felladren, kalsium, asam sitrat, besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan fosfor. Kandungan vitamin C pada jenis jeruk ini jauh lebih banyak dibandingkan jeruk lainnya.



Khasiat Jeruk Nipis buat Kesehatan

Buah ini sejak dahulu sering kali dimanfaatkan sebagai obat herbal nan efektif mengobati berbagai penyakit jika diolah dan dikonsumsi secara bijaksana. Inilah beberapa khasiat limau nipis buat kesehatan nan dikenal oleh masyarakat kita:



1. Menambah Stamina

Untuk menambah stamina, campurkan air perasan 1 buah limau nipis dengan satu butir kuning telur ayam kampung. Agar lebih berasa, tambahkan sedikit gula merah. Aduk campuran hingga rata. Untuk hasil maksimal, minumlah secara teratur satu kali seminggu.



2. Mengobati Batuk

Ambil 1 buah limau nipis nan sudah matang, kemudian peras. Tambahkan madu lebah atau kecap manis sebanyak air perasan limau nipis. Aduk campuran hingga rata dan minum hingga habis. Lakukan pengobatan ini dua kali sehari hingga batuk sembuh.

Selain cara di atas, Anda juga dapat mencoba cara berikut ini. Siapkan 1 buah limau nipis, 1 sendok minyak kayu putih, dan ¼ sendok tepung biji buah pala. Peras limau nipis. Campurkan air limau nipis dengan tepung biji bula pala dan minyak kayu putih hingga berbentuk pasta. Oleskan pada dada dan punggung.



3. Mengobati Ambeien

Kali ini, nan digunakan bukan buah limau nipis melainkan akar pohonnya. Ambil 2 - 4 pangkas akar pohon buah ini lalu cuci hingga benar-benar bersih. Rebus dalam 1,5 liter air hingga mendidih. Saat air tinggal tersisa 1 liter, angkat lalu saring. Minum air akar ini 1 kali dalam sehari.



4. Mengobati Amandel

Siapkan 1 butir limau nipis, peras airnya. Siapkan juga 1,5 rimpang kunyit (kira-kira seukuran ibu jari), lalu parut dan peras airnya. Dalam ½ gelas air, campurkan air perasan jeruk, air perasan kunyit, dan 2 sendok makan madu. Aduk merata lalu saring. Minum 2 hari sekali.



5. Mengobati Malaria

Siapkan 1 butir limau nipis, garam secukupnya, dan 1 sendok makan kecap manis. Peras jeruk, campur air perasannya dengan garam dan kecap manis. Minum setiap pagi.



6. Mengobati Sesak Napas

Siapkan 1 butir limau nipis, 1 butir telur ayam kampung, 2 siung bawang merah, 1 pangkas gula batu, dan 1 sendok teh bubuk kopi. Peras limau nipis, sisihkan airnya. Parut bawang merah. Campurkan air limau nipis, parutan bawang merah, telur ayam, dan gula batu. Seduh dengan air panas lalu aduk rata. Saring ramuan herbal tersebut lalu minum setiap pagi.



7. Mengobati Influenza

Siapkan 1 buah limau nipis, kapur sirih secukupnya, minyak kayu putih ½ sendok. Panggang sejenak buah limau nipis lalu peras. Campur airnya dengan kapur sirih dan minyak kayu putih. Aduk merata. Minum ramuan herbal ini setiap hari.



8. Meredakan Demam

Siapkan 1 buah jeruk nipis, 1 sendok minyak kayu putih, ½ sendok minyak kelapa, dan 2 - 4 siung bawah merah nan sudah dihaluskan. Peras limau nipis, campur air perasan tersebut dengan bahan-bahan lainnya. Campuran ini bermanfaat sebagai obat gosok herbal nan dapat dioleskan ke punggung atau sebagai kompres dahi.



9. Menyembuhkan Sembelit

Siapkan 1 buah limau nipis, 1 sendok makan kayu putih, 2 - 4 siung bawang merah, buah asam, dan 2 sendok air matang. Peras limau nipis, campur air perasan tersebut dengan bahan-bahan lainnya. Haluskan campuran tersebut lalu oleskan di area perut.



10. Meredakan Disentri

Siapkan 2 pangkas akar pohon limau nipis. Cuci higienis akar tersebut lalu rebus dalam 2,5 gelas air. Didihkan dalam barah sedang, lalu saring. Minum ramuan ini 1 kali sehari.



Khasiat Jeruk Nipis buat Kesehatan Wanita

1. Mengatasi Terlambat Menstruasi

Siapkan 1 buah limau nipis, kapur sirih secukupnya, 2 rimpang kunyit (sebesar ibu jari), dan garam secukupnya. Peras limau nipis, campur air perasan tersebut dengan bahan-bahan lainnya. Minum ramuan herbal ini 1 kali sehari.



2. Mengatasi Nyeri Haid

1 buah limau nipis, 3 buah asam masak, 1,5 rimpang jahe (sebesar ibu jari), dan 1 pangkas gula kelapa. Peras limau nipis dan parut jahe. Campurkan air limau nipis, parutan jahe, dan bahan-bahan lainnya di dalam ¾ gelas air. Saring lalu minum di hari pertama menstruasi.



Khasiat Jeruk Nipis buat Kecantikan

Tidak hanya bermanfaat sebagai obat herbal berbagai penyakit, buah ini juga bermanfaat buat menjaga kecantikan wajah, tubuh, rambut, dan bagian-bagian tubuh lainnya. Perawatan tubuh herbal dengan limau nipis tak sulit buat dilakukan. Ramuan olahannya pun sederhana dan mudah dibuat. Inilah beberapa kegunaan buah limau nipis bagi kecantikan.



1. Mengecilkan Perut

Lemak perut merupakan musuh bagi sebagian besar orang. Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan ramuan limau nipis. Caranya, campurkan air perasan 1 buah limau nipis dengan minyak kayu putih sinkron banyaknya air limau nipis. Tambahkan sedikit kapur sirih. Aduk campuran hingga rata. Kemudian, balurkan ramuan pada bagian perut dan pinggang setiap pagi dan sore. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakanlah korset.



2. Melangsingkan Tubuh

Tubuh langsing tak hanya didapat dengan biaya mahal, Anda pun dapat melakukannya sendiri. Caranya, campurkan air perasan limau nipis dalam secangkir air seduhan teh hijau. Minumlah ramuan ini secara rutin tiap pagi dan sore.



3. Menyembuhkan Jerawat

Jerawat ialah musuh paling ditakuti oleh setiap orang. Sebelum jerawat semakin parah, cobalah ramuan limau nipis ini. Caranya, campurkan air perasan 1 buah jeruk nipis dengan satu sendok teh bubuk belerang seraya diaduk. Setelah rata, oleskan ramuan ke bagian paras nan berjerawat. Diamkan beberapa jam, lalu basuh dengan air bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari hingga jerawat hilang.



6. Menghilangkan Bau Badan

Bau badan merupakan masalah nan memalukan dan mengganggu orang lain. Oleh karena itu, hindari bau badan dengan cara mengusapkan campuran air limau nipis dan kapur sirih pada ketiak setelah mandi pagi dan sore. Lakukan tiap hari secara rutin.



7. Menghilangkan Ketombe

Rambut berketombe memang menimbulkan rasa tak nyaman dan gatal. Jangan khawatir, Anda bisa mengatasi ketombe dengan limau nipis. Sebelum keramas, sekitar 20 menit, gosokkan potongan limau nipis pada bagian kulit kepala nan berketombe. Ulangi cara ini hingga 3 atau 4 kali.



8. Menghaluskan Kulit

Kulit halus memang dambaan setiap wanita. Limau nipis dapat membantu Anda mendapatkan kulit halus. Caranya sangat mudah. Anda tinggal mengusapkan potongan limau nipis pada kulit paras dan ke seluruh tubuh. Perawatan teratur akan membuat paras terbebas dari jerawat dan komedo. Kulit tubuh pun akan lebih putih, halus, dan bersih.



9. Memperindah Kuku

Kebanyakan perempuan memilih buat melakukan pedicure dan manicure di salon buat memperindah kuku agar kelihatan segar dan sehat. Sebenarnya ada nan lebih mudah, yakni dengan memanfaatkan khasiat limau nipis.

Caranya siapkan 1 buah limau nipis nan sudah dibelah menjadi 3 bagian secara horizontal. Gosokkan searah potongan limau nipis tersebut pada kuku Anda ke arah luar (dari ujung bawah kuku ke bagian putihnya). Lakukan terus menerus, pasti kuku Anda akan terlihat berkilau, lembut, dan sehat berkat kandungan alami buah ini nan menutrisi kuku dan kutikula.

Itulah beberapa khasiat jeruk nipis. Semoga bermanfaat!

advertisements

Tips Sehat

advertisements