Makanan Sehat

Makanan Sehat

Makanan nan enak belum tentu mengandung sumber nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Terkadang gizi dalam makanan justru menjadi berkurang bahkan hilang sebab kesalahan dalam proses penyimpanan maupun pengolahannya. Banyak makanan sehat nan justru mudah dalam pengolahan dan tetap tinggi kandungan gizinya.



Piramida Nutrisi

Dalam penentuan aneka makanan sehat, kita bisa mengelompokkannya di dalam piramida ini. Pengelompokan aneka makanan ini buat memudahkan di dalam penyajian atau jumlah asupan nan disarankan ( serving suggestion ) per harinya. Piramida makanan sehat ini juga berguna terutama buat menyusun menu bagi balita dan ibu hamil.

Kebutuhan gizi ini harus sinkron dengan jumlah nan dibutuhkan setiap harinya buat pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Terutama bagi Balita nan masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, jumlah asupan gizi nan tepat dan seimbang sangatlah penting. Berikut ini jumlah atau dosis gizi nan disarankan dalam piramida nutrisi berdasarkan dari paling bawah atau paling banyak.



1. Biji-bijian

Aneka makanan sehat nan mengandung gizi nan berasal dari jenis serealia atau biji-bijian ini, antara lain roti, pasta, nasi, dan lainnya nan mengandung karbohidrat. Jenis makanan ini bisa dikonsumsi lebih banyak dibandingkan dengan jenis aneka makanan nan lain. Saran penyajian jenis asupan gizi makanan ini ialah eat liberally atau porsi makan tak dibatasi dan dikonsumsi setiap hari.

Karbohidrat ialah komponen nan krusial bagi tubuh sebab karbohidrat merupakan sumber energi nan dibutuhkan tubuh kita buat bergerak dan melakukan aktivitas.

Ada dua jenis karbohidrat pada bahan makanan, karbohidrat sederhana dan kompleks. Makanan dengan karbohidrat sederhana nan banyak mengandung gula dan sedikit serat, dapat menyebabkan kegemukan pada tubuh.



2. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran nan mengandung gizi nan krusial bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh, juga membantu di dalam proses metabolisme tubuh. Kandungan serat juga air serta kandungan gizi lainnya, seperti vitamin dan mineral, sangat baik buat tubuh.

Sumber gizi ini berasal dari berbagai macam sayuran. Oleh sebab itu, biasakanlah buat membuat variasi sayuran buat dikonsumsi setiap harinya. Sayuran nan baik dimakan ialah sayuran nan masih segar, tepat di dalam pengolahan maupun penyiapannya.



3. Buah-buahan

Jenis makanan sehat ialah makanan nan banyak mengandung vitamin, baik vitamin A, B, C, D, E, dan vitamin K. Berbagai vitamin ini sangat krusial buat menunjang kesehatan tubuh, meningkatkan daya tahan dan perawatan organ tubuh kita. Kebutuhan vitamin ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah-buahan.

Buah-buahan sebagai sumber gizi juga sangat krusial bagi tubuh. Kandungan air serta vitamin dan mineral dalam buah-buahan baik bagi kesehatan tubuh. Konsumsi buah-buahan menempati jumlah nan lebih sedikit dibandingkan dengan sayur-sayuran.



4. Susu

Susu juga termasuk dalam piramida makanan sehat nan harus dipenuhi oleh setiap orang. Tapi, tak hanya susu nan berlemak saja, tetapi juga disarankan buat mengonsumsi susu nan tak berlemak maupun nan rendah lemak. Susu ialah sumber kalsium nan baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tulang, terutama bagi balita. Susu ialah sumber protein hewani nan dibutuhkan oleh manusia.

Protein berfungsi sebagai enzim nan dibutuhkan pada reaksi-reaksi kimia nan terjadi dalam metabolisme tubuh. Ada dua jenis protein nan dibutuhkan oleh tubuh, yaitu protein hewani dan nabati. Jenis makanan sehat ialah makanan nan mengandung kedua protein tersebut.



5. Daging dan kacang-kacangan

Daging dan kacang-kacangan sebagai sumber nutrisi nan juga diperlukan oleh tubuh. Hanya saja, dalam piramida ini, daging dan kacang-kacangan terletak di paling atas atau hanya dikonsumsi dalam jumlah nan kecil saja. Konsumsi lemak nan hiperbola kurang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Lemak nan baik buat tubuh ialah lemak tidak jenuh nan banyak terdapat pada kacang-kacangan, minyak zaitun, biji-bijian (wijen, biji kembang matahari), buah alpukat, ataupun ikan.

Lemak jenuh atau nan sering disebut lemak jahat/ berbahaya, sering kita temukan pada produk olahan hewani, seperti daging dan jerohan (hati, paru, usus, dll). Lemak jenis ini tak baik buat tubuh sebab akan meningkatkan kolesterol dalam darah.

Oleh sebab itu, Anda boleh makan daging buat memenuhi kebutuhan protein, tapi sebaiknya tak terlalu sering mengonsumsinya sebab makanan ini mengandung lemak jahat.

Jenis makanan sehat ialah makanan nan mengandung zat-zat nan telah disebutkan di atas. Karena itu, menu nan baik buat dikonsumsi ialah menu nan mengandung keenam unsur tersebut (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat).

Tak hanya itu, agar menyehatkan, kita harus memperhatikan porsi nan tepat buat menu kita. Misalnya, tak terlalu banyak mengkonsumsi daging dan memperbanyak makan sayur. Hal ini dapat sangat berguna bagi tubuh.

Selain itu, cara masak juga harus diperhatikan. Bahan makanan nan dimasak terlalu lama atau matang dapat menyebabkan makanan tersebut menjadi miskin gizi atau kekurangan gizi.

Perhatikanlah jenis makanan sehat buat mendukung program hayati sehat. Mulailah pada diri sendiri buat menjalani pola hayati sehat. Setelah itu, ajaklah orang lain buat berbuat hal tersebut.



Makanan Sehat

Saat ini banyak sekali beredar jenis makanan instan atau cepat saji. Jenis makanan nan satu ini paling banyak diminati sebab cara memasak nan praktis dan mudah didapat di mana-mana. Makanan seperti ini banyak sekali dikonsumsi oleh orang-orang sibuk nan mengaku tidak punya banyak waktu luang buat memasak atau makan.

Makanan instan dan cepat saji seperti itu sebenarnya bukan termasuk jenis makanan sehat nan kondusif buat dikonsumsi sebab tak meningkatkan kesehatan, sebaliknya makanan ini dapat menyebabkan tingginya resiko terkena penyakit.

Pola hayati manusia semakin hari semakin sibuk menjadi salah satu penyebab makanan instan banyak beredar. Karena tak ada waktu buat memasak lama, maka orang nan sibuk lebih baik memakan makanan nan cepat saji atau instan.

Padahal dengan pola hayati nan seperti itu, menjadi salah satu faktor penyebab hayati tak sehat. Pola hayati nan tak teratur dan sporadis berolah raga menjadikan seseorang mudah terserang penyakit.

Dalam keadaan global nan mengalami perkembangan nan sangat cepat, tentu saja mempengaruhi pola hayati manusia juga. Kemajuan teknologi menjadi pemicu manusia lebih mudah dan sibuk. Kesibukan sebab terlena dengan kemajuan teknologi menyebabkan manusia menjadi malas.

Apabila manusia malas buat bergerak, malas buat makan, dan malas buat berinteraksi, maka pola hidupnya akan rancu dan tak sehat. Karena kurang mobilitas dan sporadis olah raga, maka tubuh akan terasa epat lelah dan capek. Di tambah dengan memakan makanan nan cepat saji, sehingga tubuh kurang menerima asupan gizinya. Selain itu, malas berinteraksi dengan orang lain membuat hati dan pikiran tak nyaman dan stress.

Apabila semuanya terjadi, maka tubuh kita lama-lama akan sakit. Tubuh dan pikirannya mengalami gangguan kesehatan. Hal tersebut bukan hal nan baik buat menciptakan pola hayati nan sehat.

Walaupun manusia hidupnya sibuk, itu bukan alasan buat tak dapat hayati sehat. Semua orang bisa hayati sehat tergantung kepada dirinya sendiri. Apakah orng itu bisa mengatur waktunya buat membuat pola hidupnya sehat dan teratur.

Pola hayati nan tak sehat dan tak teratur bukan hanya dialami oleh kaum dewasa saja, tapi anak-anak juga bisa mengalami hal tersebut. Kegiatan seorang anak sekarang ini sangat padat. Waktu pergi dan pulang ke rumah dapat sama dengan kegiatan orang dewasa nan pergi bekerja, yaitu pergi pagi dan pulang sore.

Kegiatan nan padat tersebut, bisa menyebabkan pola hayati anak tersebut tak teratur dan tak sehat. Akibatnya sang anak lebih mudah sakit dan pertumbuhannya terganggu.

Kegiatan nan padat harus tetap didukung oleh pola hayati nan sehat juga, agar pola hidupnya seimbang. Dengan kegiatan nan padat, hayati sehat melalui makanan bisa terlaksana, yaitu dengan memilih jenis makanan sehat buat sang anak atau diri sendiri.

Jenis makanan sekarang ini banyak macamnya, terutama makanan buat anak-anak. Selektif dalam memilih makanan sangat diperlukan. Makanan nan dijual tanpa komposisi nan jelas lebih baik jangan dikonsumsi. Kandungan nan ada di dalam makanan tersebut tak jelas, apakah sehat atau malah membuat tubuh kita sakit.

Kesadaran akan hayati sehat memang harus dimulai dari diri sendiri dan harus berkelanjutan, sehingga pola hayati sehat menjadi kebiasaan. Meskipun kegiatan padat, sebab sudah terbiasa dengan pola hayati nan sehat, maka hidupnya akan sehat dan teratur. Terbiasa meluangkan waktu buat berolah raga, memilih jenis makanan sehat, dan bersosialisasi dengan orang lain, itu sudah menjadi pola hayati sehat.

Dengan pola hayati nan sehat, manusia sesibuk apa pun akan selalu sehat jasmani da rohani. Pencerahan mengenai hayati sehat juga bisa menjadikan lingkungan disekitar menjadi sehat dan teratur. Hayati akan terasa nyaman dan aman. Untuk itu, perhatikan nutrisi pada makanan kita. Semoga artikel generik sumber nutrisi pada makanan ini bermanfaat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements