Pernikahan a la Koboi

Pernikahan a la Koboi

Menikah ialah sesuatu nan sangat sakral nan diinginkan oleh setiap orang buat terjadi hanya sekali dalam seumur hayati mereka. Maka tak heran resepsi pernikahan terkadang merupakan salah satu agenda nan dipunyai oleh para pengantin.

Resepsi pernikahan sendiri sebetulnya bukan hal primer dalam pernikahan. Hal primer nan sebenarnya berlaku dalam pernikahan tentu ialah akad nikah nan membuat pasangan pengantin terikat secara absah di mata kebiasaan agama dan hukum negara.

Namun, kebutuhan emosional mengenai adanya ungkapan rasa syukur, bahagia, dan terkesan tentu tak dapat dikesampingkan begitu saja. Oleh sebab itu, hampir semua orang memilih buat melakukan resepsi pernikahan.

Resepsi pernikahan biasanya dilakukan secara bersamaan dengan akad nikah. Biasanya, akad nikah dilakukan pada pagi harinya nan kemudian disusul dengan acara resepsi pernikahan pada siang atau malam hari.

Namun, tak sedikit pula nan menyelenggarakan acara resepsi pernikahan jauh hari setelah dilakukan akad nikah. Hal tersebut tentu dilakukan atas dasar berbagai alasan dan pertimbangan.

Ada nan beralasan kuat buat mematuhi anggaran agama sehingga pernikahan agama atau akad nikah dilakukan sebelum terjadi sesuatu hal nan tak diinginkan (dalam hal ini ialah perzinahan).

Ada juga nan memilih buat menunda acara resepsi pernikahan sebab pertimbangan waktu dan biaya. Orang sibuk mungkin akan memilih waktu nan tepat agar mereka dapat melaksanakan acara resepsi tanpa dikejar oleh deadline pekerjaan.

Sementara itu, hambatan keuangan pun menjadi salah satu alasan mengapa seseorang menunda terlaksananya acara resepsi pernikahan berbarengan dengan akad nikah.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas bagaimana melaksanakan resepsi pernikahan murah tanpa harus meminjam uang atau melakukan hal lain nan menganggu kelancaran pernikahan.



Perekonomian Menunjang Pernikahan

Pada dasarnya setiap orang tak selalu mempunyai taraf ekonomi nan cukup memadai buat mengadakan sebuah resepsi pernikahan. Maka dari itu resepsi pernikahan murah sangat dicari oleh setiap orang nan ingin menikah.

Banyak alternatif nan dapat dipilih buat menyelenggarakan resepsi pernikahan nan murah meriah. Baik dalam bentuk jasa Event Orgenaizer (EO) nan biasanya menawarkan paket-peket respsi pernikahan dengan harga nan bervariasi dengan segala fasilitas dan keahlian nan mereka punya buat memuaskan ratu dan raja sehari (pengantin).

Atau dapat juga mengadakan resepsi pernikahan dengan pengaturan nan kita lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa resepsi pernikahan. Bila kita memilih buat mengatur segala sesuatunya sendiri, tentu kita harus mempunyai tenaga nan ekstra dan persiapan nan matang dari jauh-jauh hari.

Persiapan bisa dilakukan dengan meminta donasi kolega-kolega nan mempunyai usaha atau pun kenalan nan berhubungan dengan segala sesuatu tentang resepsi pernikahan nan akan kita lakukan.



Pernikahan Murah nan Instan

Resepsi pernikahan mungkin suatu hal nan menggembirakan sekaligus merepotkan. Di satu sisi, seseorang merasa gembira sebab akan mengikat interaksi dengan orang nan dicintainya.

Akan tetapi, di sisi lain, hal itu juga dapat sangat merepotkan apabila dilakukan dengan sendiri, tanpa menggunakan jasa event organizor.

Menghubungi orang-orang nan dikenal akan mendapatkan beberapa keuntungan, antara lain kita sudah mengetahui kualitas kerja mereka dan mungkin kita akan mendapatkan harga spesial.

Persiapan buat resepsi pernikahan nan murah meriah dengan cara nan instan antara lain ialah :

  1. Mencari kartu undangan dengan harga terjangkau dan kualitas nan bagus.
  2. Untuk masalah baju nan akan digunakan pada saat resepsi nanti, kita bisa membeli dalam bentuk baju jadi. Biasanya harga baju jadi lebih murah dari pada harus menjahit secara khusus. Bila ukuran badan tak sesuai, kita dapat merombaknya dengan biaya nan cukup murah.
  3. Untuk baju panitia, kita juga bisa membeli dalam bentuk baju jadi. Pembelian baju panitia dan baju pengantin bisa kita cari di pasar-pasar grosir seperti pasar Tanah Abang. Kualitas bahan nan ada di pasar grosir ini tak diragukan lagi. Selain itu, harga nan ditawarkan pun jauh lebih murah dari harga-harga nan ada di pasaran.
  4. Untuk dekorasi pernikahan, kita bisa meminta donasi dari teman-teman kita dalam mendekor ruangan buat acara resepsi pernikahan kita. Ide buat pendekorasian ruangan ini bisa kita cari dari berbagai sumber, antara lain melalui situs-situs nan ada di internet atau pun majalah-majalah nan ada.
  5. Untuk makan para tamu nan hadir kita bisa menyewa 2 atau 3 orang ibu-ibu buat memasak makanan di dapur, biasanya bila kita hayati bermasyarakat, tidak sporadis para tetangga pun akan turut serta buat membantu urusan dapur ini. Dan buat bahan-bahan sayur mayur nan akan dimasak nanti bisa kita peroleh di pasar-pasar tradisional nan besar buat memasok sayuran nan akan kita butuhkan.

Namun, pada dasarnya resepsi pernikahan tidaklah bersifat wajib, nan krusial dalam sebuah pernikahan yakni terpenuhinya syarat-syarat nikah yakni adanya wali, calon suami, calon istri, dan ijab qabul. Jadi, tak adanya resepsi pernikahan diharapkan tak menghalangi setiap orang buat menikah atau pun menunda pernikahan.



Pernikahan a la Koboi

Resepsi pernikahan tidaklah selalu harus menggunakan dekorasi bertemakan istana. Ada juga pilihan unik nan membuat acara resepsi pernikahan tetap meriah dan tanpa mengeluarkan uang nan berlebihan.

Hal pertama nan dapat dilakukan buat mengadakan resepsi pernikahan murah a la koboi ialah dengan menentukan tema nan unik. Misalnya saja, tema koboi itu sendiri.

Pengantin hanya tinggal menggunakan satu baju saja, tanpa perlu gonta-ganti baju dalam berbagai sesi pemotretan. Selain menghemat baju, Anda juga dapat menghemat waktu bukan?

Pilihlah setelan jas sederhana buat pengantin pria dan dress nan juga sederhana buat pengantin wanita. Kedua baju tersebut dapat didapatkan dengan cara menjahit sendiri, membeli, atau menyewa.

Sementara itu, baju para pendamping juga dapat disesuaikan dengan baju kedua mempelai. Apabila kedua mempelai menggunakan baju berwarna putih, maka para pendamping juga dapat menggunakan dress atau baju pribadi mereka nan berwarna sama.

Untuk tempat, Anda juga tak perlu menyewa gedung nan mahal. Cukup pergunakan halaman rumah Anda atau tetangga dengan mendirikan tenda pernikahan nan cukup besar sehingga dapat digunakan buat para tamu nan ingin berteduh.

Pesta kebun juga dapat menjadi tema istimewa buat resepsi pernikahan murah. Selain tak membutuhkan kursi dan meja nan banyak, Anda juga dapat menggunakan tanaman hias di rumah Anda sebagai dekorasi acara pernikahan.

Makanan nan diperlukan buat menjamu dapat didapatkan dengan katering atau memasak sendiri sinkron dengan kebutuhan, sedangkan undangan dapat dibuat dengan cara mendesain sendiri.

Desain tersebut dapat dibuat dengan menggunakan jasa teman atau kolega nan dapat mendesain. Setelah itu, cetaklah ke percetakan sehingga Anda dapat mengurangi biaya desain dari percetakan nan digunakan tersebut.

Untuk souvenir, Anda juga dapat membuat souvenir dari barang-barang murah nan dibuat sendiri. Misalnya saja, membuat pembatas buku dari karton nan digambari, ditempeli tulisan kata-kata mutiara, lalu dilaminasi sehingga lebih kuat.

Buku kenangan juga dapat dibuat dengan cara mengumpulkan kertas bekas, lalu dibakar sisinya sehingga terlihat unik, lalu bundellah tumpukan kertas tersebut dengan menggunakan kardus bekas nan dikelupas bagian atasnya sehingga tinggal bagian bergerigi saja. Tempelkan foto pernikahan di depan sampulnya.

Demikianlah tips nan dapat digunakan buat mendapatkan resepsi pernikahan murah nan Anda butuhkan. Semoga bermanfaat!

advertisements

Tips Sehat

advertisements