Tips Memasak Kuliner Indonesia Resep

Tips Memasak Kuliner Indonesia Resep

Banyaknya suku-suku nan mendiami wilayah Indonesia sangat memengaruhi pembendaharaan makanan nan ada di negeri ini. Suku-suku nan tersebar dari Sabang sampai Meurauke memiliki beranekaragam kuliner Indonesia resep. Akibatnya, Indonesia sangat kaya dengan kulinernya.

Jika Anda berkunjung dari ujung barat sampai ujung timur wilayah Indonesia, Anda akan menemukan beribu jenis makanan dan minuman khas nan berbeda. Itulah menariknya Indonesia, beragamnya suku, beranekaragam pula makanan khasnya. Makanan pokok di wilayah Indonesia ialah nasi. Tapi, dibeberapa loka khususnya di wilayah Indonesia timur, para penduduknya menjadikan sagu, jagung, dan ubi sebagai makanan pokoknya.

Sebagai makanan tambahan, orang-orang di Indonesia mengkonsumsi ikan, sayuran, maupun daging. Nasi berperan sebagai karbohidrat, sedangkan protein berasal dari ikan dan daging. Untuk sayuran, ada nan dimasak sebelum dikonsumsi dan ada nan dimakan secara mentah. Sayuran nan dimakan mentah dikenal dengan nama lalapan.

Ciri khas masakan Indonesia resep nan paling menonjol ialah bumbu. Kuliner Indonesia resep biasanya menggunakan bumbu-bumbu nan melimpah. Cita rasa kuliner nan pedas pun sangat digemari masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, kelapa juga mempunyai peranan krusial dalam setiap kuliner Indonesia resep. Hampir semua jenis kuliner Indonesia resep menggunakan santan dari kelapa. Dapat juga, kelapa tersebut diparut sebagai campuran sayuran.

Rempah-rempah nan banyak terdapat di wilayah Indonesia menjadikan masakan Indonesia mempunyai cita rasa nan sangat kuat. Setiap daerah nan ada di Indonesia memiliki cara-cara unik dalam hal memasak. Ada nan dibakar dengan menggunakan bambu seperti lemang di Sumatera, dimasak dalam tumpukkan batu panas di Papua, dibakar dengan alas daun pisang, atau ada nan dikubur dalam kuali seperti cara memasak ayam taliwang di Bali. Bahkan ada beberapa jenis ikan nan dimakan secara mentah di wilayah Indonesia timur.

Cara memasak nan berbeda, menciptakan rasa, aroma, dan tekstur makanan nan unik juga.Wilayah Indonesia mempunyai aneka jenis makanan nan khas. Di antaranya ialah rendang, nasi goreng, sate, soto, opor, gudeg, gulai, gado-gado, pepes, empek-empek, rujak cingur, aneka macam balado, sop buntut, dan lain sebagainya.

Untuk minuman, ada banyak pilihan. Seperti es cendol, es timun, es campur, es pisang hijau, wedang jahe, wedang ronde, bajigur, teh tarik, dan lain-lain . Semua jenis makanan dan minuman ini sangat digemari masyarakat, bahkan para wisatawan dan ekspatriat di Indonesia.

Ada satu jenis makanan Indonesia resep nan paling populer, yaitu nasi goreng. Hampir semua orang sangat menyukai nasi goreng. Kuliner Indonesia resep ini berupa nasi putih nan dicampur dengan beberapa bumbu masakan, kemudian digoreng. Cara penyajiannya dengan telur goreng, irisan mentimun, dan irisan tomat. Jangan lupa tambahkan kerupuk. Walaupun terlihat sederhana, tapi makanan ini sangat populer di semua kalangan masyarakat.

Para pelancong dari luar negeri pun bahagia makan nasi goreng. Anda juga menyukainya bukan? Selain nasi goreng, sate juga sangat populer. Ada sate ayam, kambing, sapi, sampai sate tempe juga ada bagi Anda nan vegetarian. Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pun sangat menyukai sate.

Masakan Indonesia resep ini juga sederhana seperti halnya nasi goreng. Sate berupa tusukan daging pada bambu nan dibumbui dan kemudian dibakar. Disajikan dengan sambal kacang dan irisan bawang. Biasanya dimakan dengan nasi atau lontong. Bagaimana, menarik bukan? Masakan Indonesia resep memang sangat majemuk dan enak.



Masakan Indonesia Resep Populer

Mungkin Anda sudah biasa memasak nasi goreng di rumah. Nasi goreng biasanya disajikan sebagai sarapan. Resep nasi goreng berikut ini merupakan resep nasi goreng komplit. Bahan dan bumbu masakannya sama dengan nasi goreng nan biasa. Hanya pada pelengkapnya saja ditambahkan udang, dada ayam serta daging kepiting. Bahan dan cara pembuatannya yaitu:



1. Nasi Goreng Komplit

Bahan:

  1. 4 piring nasi
  2. 2 sendok makan mentega

Bumbu halus:

  1. 6 buah cabe merah
  2. 10 buah bawang merah
  3. 1 cm terasi
  4. 1 sdt gula pasir
  5. Garam secukupnya

Bahan pelengkap:

  1. 4 butir telur, untuk mata sapi
  2. 1 buah dada ayam, rebus kemudian suwir-suwir
  3. 200 gram udang, kupas, belah dua, dan goreng
  4. 100 gram daging kepiting, rebus, dan tumis
  5. Irisan tomat dan mentimun, serta kerupuk

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu halus sampai harum.
  2. Masukkan nasi ke dalam bumbu, aduk sampai merata.
  3. Setalah bumbu tercampur rata, angkat
  4. Sajikan nasi goreng dengan telur, suwiran dada ayam, udang rebus dan tumis kepiting. Sajikan.

Resep nan kedua ialah sate ayam. Dengan belajar membuat sate ayam di rumah, Anda tak perlu lagi menunggu tukang sate ayam lewat depan rumah. Tinggal membeli bahannya saja, kemudian membuatnya di rumah. Berikut bahan dan cara pembuatan sate ayam, yakni:

Sate Ayam

Bahan:

  1. 600 gram daging ayam tanpa tulang
  2. 3 sdm minyak buat menumis
  3. Tusuk sate

Bumbu halus:

  1. 8 buah bawang merah
  2. 3 siung Bawah putih
  3. 1 sdm ketumbar
  4. 1 sdt jintan
  5. 1 ruas kunyit
  6. Gula pasir, gula jawa, dan garam secukupnya

Bahan sambal kacang:

  1. 150 gram kacang tanah tanpa kulit, sangrai
  2. 2 buah cabe merah
  3. 7 buah cabe rawit
  4. 1 siung bawang putih
  5. 100 cc air
  6. Garam, gula pasir, kecap manis

Cara membuat:

  1. Campurkan potongan daging ayam dengan minyak dan bumbu nan dihaluskan. Aduk sampai rata.
  2. Diamkan daging selama 1 jam sampai bumbu hakus meresap.
  3. Tusukkan daging ayam nan telah dibumbui pada tusukkan bambu sampai habis.
  4. Panggang daging di atas barah sambil diolesi bumbu
  5. Sementara menunggu daging matang, untuk sambal kacang. Caranya, campurkan semua bahan sambal kacang sambil di ulek. Tambahkan air sedikit-sedikit sampai kacang dan bumbu cabe merata. Jika bumbu sudah merata, sisihkan.
  6. Setelah daging matang, angkat, dan sajikan dengan sambal kacang.


Tips Memasak Kuliner Indonesia Resep

Setelah mengetahui jenis kuliner Indonesia resep nan populer, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui tips dalam memasak. Berikut tips dalam memasak nan mungkin berguna bagi Anda, yakni:·

  1. Untuk Anda nan getol memasak dengan bahan primer santan, sebaiknya parut beberapa buah kelapa sekaligus, kemudian peras dan simpan dalam kulkas. Jika Anda akan menggunakannya, tinggal keluarkan dari kulkas tanpa harus memarut kelapa.
  2. Buat bumbu primer kuliner Indonesia resep seperti campuran cabe merah, bawang merah, dan bawang putih. Caranya, bersihkan, kemudian blender, masak, dan tambahkan sedikit garam. Masak bumbu sampai bau bawangnya hilang. Setelah matang, dinginkan, dan simpan dalam toples.
  3. Jika Anda memasak rendang, gunakan air kelapa ketika proses memasak sedang berlangsung. Air kelapa akan membuat kuah rendang menjadi kental dan lebih gurih.
  4. Untuk jenis kuliner Indonesia resep dengan bahan primer daging atau ikan, sebaiknya daging tersebut dilumuri air perasan jeruk nipis terlebih dahulu. Diamkan sebentar, kira-kira 10 menit kemudian dicuci higienis sebelum dimasak. Air jeruk nipis bisa menghilangkan bau amis daging atau ikan.
  5. Gunakan daun asam koja jika Anda memasak gulai kambing.
  6. Jika Anda akan membuat jenis makanan nan dibakar, sebaiknya gunakan alas daun pisang pada pembakarannya. Selain tak lengket, daun pisang akan memberi aroma pada kuliner Anda.

Dari kedua resep tersebut, manakah nan akan Anda buat? Nasi goreng atau sate ayam? Keduanya sangat enak. Masakan Indonesia resep memang memiliki cita rasa nan khas. Selamat memasak !

advertisements

Tips Sehat

advertisements