Variasi Resep Makanan dari Kentang

Variasi Resep Makanan dari Kentang

Ada banyak variasi makanan dari kentang nan dapat kita coba. Selama ini makanan nan terbuat dari bahan dasar kentang ini terbatas pada keripik kentang dengan berbagai rasanya nan unik. Padahal masih banyak variasi makanan lainnya nan terbuat dari homogen umbi-umbian ini.

Ada hubungankah antara makanan dari kentang dengan rumah kentang? Tentu saja tidak. Rumah kentang merupakan cerita mitos horor nan patut dicari kebenarannya.

Nah, kalau kentang nan ini bukan lagi cerita mitos, tetapi memang konkret dan dapat dimakan pula. Tertarik ingin tahu menu makanan apa saja nan dapat kita untuk dari bahan kentang ini? Dapat Anda temukan dalam ulasan singkat berikut ini.



Umbi-umbian Kaya Manfaat nan Bernama Kentang

Sebagian besar atau mayoritas orang Indonesia makanan pokoknya ialah nasi nan terbuat dari beras. Bahkan, sebagian lagi masyarakat Indonesia di sebagian wilayah di bagian timur menggunakan tepung sagu dan jagung sebagai makanan pokoknya.

Apapun itu, semua jenis makanan pokok tersebut mengandung karbohidrat . Bagi masyarakat Eropa makanan primer mereka ialah kentang. Lihat saja buat berbagai variasi menu kuliner steak misalnya, niscaya menggunakan kentang.

Kentang nan digunakan dalam berbagai menu kuliner Eropa ini dibuat dalam bentuk pasta, digoreng, dilamurkan buat selanjutnya dibuat berbagai bentuk, bahkan sampai kentang utuh nan dibakar.

Untuk sebagian orang nan belum terbiasa mengonsumsi kentang sebagai makanan beratnya, kentang masih dirasa asing. Namun, bagi nan sudah terbiasa mengonsumsi kentang tak akan mengalami rasa asing.

Dibandingkan dengan nasi, kandungan karbohidrat dalam kentang lebih rendah, sehingga baik dikonsumsi. Kandungan karbohidrat nan rendah dalam kentang ini baik buat mengontrol kadar gula dalam darah.

Dari banyak hasil penelitian, Indonesia termasuk salah satu negara nan banyak pengidap diabetes melitus sebab asupan gula nan besar. Dan asupan gula terbanyak ini ada pada karbohidrat di dalam nasi.

Nah, tentu saja Anda tak ingin termasuk dalam salah satu penderita diabetes melitus, bukan? Jika demikian kurangi asupan nasi dengan kentang.

Kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian selain singkong dan ubi rambat, nan enak buat dimakan. Teksturnya nan lembut jika sudah direbus atau dimasak, membuat banyak nan menyukainya.

Selain itu tentu saja rasanya nan manis alami dapat dipadukan dengan aneka rasa dan bumbu racikan. Mungkin Anda tak asing lagi dengan menu sambal goreng kentang. Bagaimana rasanya? Enak, bukan?

Nah, kentang tak hanya dapat diolah menjadi menu sambal goreng kentang saja, tetapi juga dengan menu kuliner nan lainnya. Bahkan, selain dibuat aneka masakan, kentang ini juga dapat dijadkan sebagai bahan pembuat aneka kudapan seperti kroket kentang dan kentang goreng.

Bagi sebagian orang Sunda, kentang digunakan sebagai bahan tambahan membuat baso tahu. Masih banyak variasi kudapan kentang lainnya bila kita telusuri dari penjuru nusantara ini.

Jadi, selain kandungan karbohidratnya nan rendah, kentang juga dapat diolah menjadi berbagai variasi masakan. Bahkan kentang sangat baik buat mereka nan sedang menjalankan diet karbohidrat, dan menurunkan kolesterol.



Variasi Pembuatan Makanan dari Kentang

Selama ini manakan nan paling populer terbuat dari kentang ialah kentang goreng atau fries fried . Tetapi, tahukah Anda jika sebenarnya ada banyak variasi pembuatan makanan dari kentang ini selain dari fries fried?

Berikut ini ada beberapa istilah nan perlu kita ketahui dari variasi pembuatan makanan berbahan dasar kentang.

  1. Sauted Potatoes. Jenis makanan ini terbuat dari kentang nan dipotong tipis-tipis, lalu digoreng sampai matang dan ditumis lagi menggunakan butter.
  2. Baked Potatoes. Jenis makanan nan dibuat dengan cara kentang dibungkus kertas aluminium foil, setelah dibungkus dipanggang ke dalam oven.
  3. Boiled Potatoes . Makanan kentang ini dibuat dengan cara kentang dibelah mejadi dua bagian dan dikupas kulitnya sampai berbentuk barrel sharp. Setelah dikupas kulitnya direbus sampai matang.
  4. Parsley Potatoes. Jenis makanan ini dibuat dari kentang nan sudah dikupas lalu dipotong tipis. Selanjutnya digoreng sampai matang dan tak lupa ditaburi dengan chopped parsley .
  5. Lyonaise Potatoes. Jenis makanan ini dibuat dengan cara kentang dipotong tipis, digoreng, dan selanjutnya ditumis lagi dengan butter dan onion.
  6. William Potatoes . Jika nasi dapat dibuat bubur, william potatoes ini ialah versi bubur kentangnya. Makanan ini dibuat dengan cara kentang dibuat menjadi bubur, setelah itu dibentuk menjadi bulat, buat selanjutnya digoreng dalam minyak nan banyak.
  7. Anna Potatoes. Sama seperti william potatoes, tetapi anna potatoes ini dibentuk menjadi seperti donat.
  8. Duchese Potatoes. Jenis makanan ini merupakan makanan pendamping sebab dibuat seperti bubur.

Jika Anda selama ini belum tahu apa saja variasi pembuatan makanan nan berbahan dari kentang, dapat Anda lihat ke dalam beberapa variasi nan telah disebutkan di atas. Jadi, kentang tak hanya dibuat fries fried saja, tetapi ada beberapa teknik pembuatannya nan lain.



Variasi Resep Makanan dari Kentang

Kentang tak hanya dapat dibuat menjadi keripik saja atau camilan teman minum kopi atau menonton film. Banyak variasi menu makanan lainnya nan terbuat dari kentang.

Beberapa resep berikut ini dapat Anda coba di rumah, buat merasakan sensasi lain dari berbagai jenis kuliner nan terbuat dari kentang ini.



Bayam Lapis Kentang

Bahan nan diperlukan:

  1. 400 gram bayam, dicincang kasar, lalu rebus sejenak
  2. 400 gram kentang nan sudah dikupas, lalu iris tipis dan rebus sejenak.
  3. 250 gram ayam fillet, dipotng dadu
  4. Garam dan merica secukupnya
  5. 2 sendok makan saus tiram

Bahan custard:

  1. 200 ml air kaldu ayam
  2. 3 butir telur
  3. Garam dan merica bubuk secukupnya
  4. 100 gram keju nan sudah diparut

Cara membuatnya:

  1. Anda lumuri terlebih dahulu ayam dengan garam, lalu merica bubu serta saus tiram. Diamkan selama 15 menit supaya bumbu meresap.
  2. Siapkan pinggan tahan panas nan diolesi dengan mentega sebelumnya.
  3. Tata sebagian irisan kentang tadi pada dasar pinggan, lalu tata bayam dan ayamnya, ratakan. Lakukan hal serupa sekali lagi sampai semua bahan habis digunakan. Sisihkan.
  4. Berikutnya Anda untuk custard dengan mencampur air kaldu, telur, garam dan merica. Selanjutnya dikocok dengan garpu sampai rata.
  5. Terakhir Anda tuangkan custard secara perlahan dan taburi keju parut.
  6. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 15 menit sampai matang.
  7. Angkat, siap disajikan.


Kaserol Kentang

Bahan nan diperlukan:

  1. 400 gram kentang, dikukus lalu kupas dan halsukan
  2. 150 gram daging giling
  3. 50 gram keju cheddar parut
  4. 100 ml susu cair
  5. 3 sdm margarin
  6. 3 butir telur, kocok sampai mengembang
  7. ¼ buah bawang bombay nan dicincang halus
  8. 2 siung bawang putih nan dicincang halus
  9. 1 buah tomat nan dicincang halus
  10. Merica, garam, gula secukupnya
  11. 25 gram keju parut sebagai taburan

Cara membuat:

  1. Campur kentang dengan susu, keju parut dan telur, lalu aduk rata. Selanjutnya Anda masukkan adonan ke dalam cetakan nan tahan panas, lalu sisihkan.
  2. Panaskan margarin, lalu tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
  3. Masukkan daging giling dengan tomat, merica, gula, garam, aduk rata, dan angkat.
  4. Terakhir, tuang adonan daging di atas kentang, dan taburi dengan sedikit keju parut di atasnya. Panggang dalam oven sampai matang.


Kentang Lapis Panggang

Bahan nan diperlukan:

  1. 750 gram kentang nan dikupas lalu dipotong bulat
  2. 150 gram daging giling
  3. 100 gram kacang polong
  4. 150 gram jamur kancing
  5. 500 ml susu cair
  6. 3 sdm margarin
  7. 1 buah bawang bombay nan dipotong dadu
  8. Telur sebanyak 6 butir
  9. 1 buah paprika merah nan dipotong dadu
  10. Garam dan merica bubuk secukupnya
  11. 3 sdm pasta tomat
  12. 100 gram keju parut

Cara membuat:

  1. Siapkan pinggan tahan panas terlebih dahulu dan diolesi dengan margarin. Kentang nan sudah disiapkan, disusun di dasar pinggan tahan panas.
  2. Panaskan margarin, lalu tumis bawang bombay sampai harum. Masukkan daging giling, masak sampai daging matang, lalu angkat.
  3. Kemudian kocok telur, dan campurkan tumisan daging, kacang polong, jamur, paprika, merica, garam dan pasta tomat. Aduk sampai rata.
  4. Terakhir, tuangkan adonan nan sudah jadi di atas kentang nan lebih dulu diletakkan di atas pinggan. Tidak lupa taburi dengan keju parut, lalu panggan dalam oven selama 1 jam sampai matang.
  5. Angkat. Sajikan.

Selamat mencoba!

advertisements

Tips Sehat

advertisements