Penyebaran

Penyebaran

Sebenarnya pengertian kelenjar getah bening ini sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Apa sih sebenarnya kelenjar getah bening itu? Bagaiman kelenjar getah bening ini dapat terlibat dalam sistem kekebalan tubuh manusia?

Mari kita coba uraikan segala pengertian kelenjar getah bening tersebut. Dengan demikian kita akan le.bih mengerti mengenai pengertian kelenjar getah bening



Definisi/ Pengertian kelenjar getah bening

Pengertian kelenjar getah bening ialah sebuah jaringan berbentuk bulat telur di dalam tubuh nan bertindak sebagai penghasil dan penyaring cairan nan disebut sebagai getah bening (limfosit). Getah bening ini berfungsi dalam pengeluaran sel-sel mati, dan nan paling primer ialah sebagai alat pertahanan terhadap infeksi.

Sebenarnya, kelenjar getah bening merupakan kumpulan sel-sel nan kecil. Akan tetapi, sebab dibungkus oleh selubung kapsul, sel-sel tersebut membentuk bulatan-bulatan kecil. Bagian terbesar dari kelenjar getah bening biasa kita sebut sebagai limpa.

Kelenjar getah bening termasuk ke dalam sistem peredaran getah bening ( lymphatic system) nan secara holistik mengatur kinerja sistem kekebalan tubuh.



Penyebaran

Setelah mengethaui pengertian kelenjar getah bening, kita akan mencari tahu dimana penyebarannya. Kelenjar getah bening tersebar di berbagai loka di dalam tubuh manusia, seperti di ketiak, lipatan paha, leher, panggul, dan perut. Di area-area tersebut, beberapa kelenjar getah bening dapat teraba seperti kacang atau kacang kecil.



Pembengkakan

Selain mengulas tentang pengertian kelenjar getah bening, dalam artikel ini juga mengulas tentang pembengkakan nan terjadi di kelenjar getah bening. Pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening di area mana saja dapat mengindikasikan adanya infeksi, kanker, atau penyakit lain nan berhubungan dengan sistem getah bening. Kebanyakan, pembengkakan kelenjar getah bening berhubungan dengan infeksi ringan nan sedang dihadapi oleh sistem kekebalan tubuh. Misalnya, demam atau infeksi pada gigi. Adapun area kelenjar getah bening nan mengalami pembengkakan biasanya ialah kelenjar getah bening nan paling dekat dengan area terjadinya infeksi. Misalnya, infeksi gigi dapat membuat kelenjar getah bening nan ada di sekitar leher membengkak.

Dengan sendirinya, atau dengan pengobatan tertentu, pembengkakan kelenjar getah bening seperti ini akan mengecil dan kembali ke ukuran normal. Akan tetapi, jika bulatan atau benjolan nan teraba pada tubuh tersebut diam dan keras buat waktu nan nisbi lama, ini biasanya berhubungan dengan kanker atau tumor.



Hal-hal nan Menyebabkan Pembengkakan

Ada beberapa hal-hal dan prosedur nan dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Di antaranya ialah sebagai berikut.

  1. Infeksi

Mekanisme pembengkakan kelenjar getah bening dampak infeksi ialah dengan cara peningkatan jumlah sel darah putih (limfosit) dengan cara multiplikasi sebagai respons atas adanya zat asing ke dalam tubuh (antigen).

  1. Virus

Reaksi pertahanan terhadap infeksi nan generik diakibatkan oleh virus biasanya berupa demam nan menyertai pembengkakan kelenjar getah beningnya.

  1. Peradangan

Mekanisme peradangan terjadi selama infeksi kelenjar getah bening oleh zat-zat asing. Peradangan merupakan suatu bentuk sel darah putih nan wafat oleh zat asing.

  1. Kanker

Mekanisme infiltrasi sel-sel kanker pada kelenjar getah bening juga sering menyebabkan pembengkakan. Bahkan, kelenjar getah bening nan bengkak dapat menjadi keras dan dapat menyebar ke kelenjar getah bening di tempat-tempat nan lain.

  1. Kanker darah

Kanker darah mungkin tak terlihat seperti kanker biasa nan membuat kelenjar getah bening bengkak. Akan tetapi, pada kanker darah, produksi limfosit di kelenjar getah bening sangat banyak dan tak terkontrol. Keadaan ini kita sebut sebagai limfoma atau leukemia.



Gejala Pembengkakan
  1. Gejala pembengkakan kelenjar getah bening bergantung pada lokasi kelenjar getah bening itu sendiri.
  2. Adanya infeksi saluran pernapasan atas (seperti hidung meler, sakit tenggorokan, dan demam), sakit leher, telinga, atau di bawah pipi.
  3. Kadang-kadang terlihat infeksi pada kulit, kemerah-merahan, sakit dada.
  4. Batuk parah
  5. Pembesaran di semua kelenjar getah bening (misalnya, pada HIV dan lupus)
  6. dan gejala-gejala lain


Penyakit Kelenjar Getah Bening

Dalam berbagai kondisi, kelenjar getah bening bisa terserang penyakit. Jenis penyakit nan paling banyak menyerang kelenjar getah bening ialah kanker kelenjargetah bening. Kenker kelenjar getah bening ini banyak disebut dengan limfoma. Tipe kanker kelenjar getah bening ini ialah nan menyerang sebagian besar sel darah putih atau eukosit nan ada di dalam kelenjar getah bening.

Kanker kelenjar getah bening ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan. Benjolan ini terasa kenyal. Benjolan ini tak menyebabkan rasa sakit atau pun rasa nyeri. Benjolan ini pun terkadang sangat gampang buat kita gerak-gerakkan.

Jika Anda merasakan adanya benjolan dengan ciri-ciri seperti di atas maka Anda patutlah curiga bahwa benjolan nan ada di tubuh Anda itu ialah bibit dari kanker kelenjar getah bening. Walau pun memang tak semua benjolan nan ada dalam tubuh ialah kanker kelenjar getah bening.

Namun benjolan nan ada di tubuh Anda bisa terkategorikan sebagai kanker kelenjar getah bening jika anda mengalami tanda-tanda berikut:

  1. Anda mengalami demam secara terus menerus. Suhu badan Anda melebihi 38 derajat celcius
  2. Pada saat malam hari, Anda sering mengeluarkan keringat
  3. Berat badan Anda menurun

kanker kelenjar getah bening ialah jenis kanker nan tidak ganas. Jenis kanker ini masih bisa buat diobati. Bahkan bisa dikatakan bahwa kanker kelenjar getah bening ialah jenis kanker nan paling mudah buat diobati.

Ada beberapa cara buat mengobati jenis kanker ini. Cara pengobatannya ditentukan oleh beberapa hal nan telah ditentukan oleh penaksiran dokter seperti bagaimana keadaan kanker itu sendiri apakah masih dalam termin awal atau sudah memasuki stadium taraf lanjut.

Selain itu kondisi pasien juga mempengaruhi jenis pengobatan seperti berapa umur pasien, kondisi badannya, apakah kanker ini termasuk kanker nan masih baru atau sudah pernah ada dan kambuh lagi. Serta hal-hal lain nan telah ditentukan oleh dokter.

Beberapa cara pengobatan nan bisa dilakukan buat menyembuhkan kanker kelenjar getah bening adalah:

  1. Kemoterapi

Seperti halnya jenis kanker nan lain, kemoterapi dianggap sebagai cara pengobatan nan paling efektif buat membunuh sel-sel kanker nan ada. Obat-obatan nan dikonsumsi pasien penderi kanker kelenjar getah bening ini dimaksudkan buat merusak dan membunuh sel kanker nan menyerang tubuh.

  1. Radiasi

Cara pengobatan kanker kelenjar getah bening dengan cara radiasi ini juga disebut dengan radioterapi. Cara pengobatan ini dilakukan dengan memberikan cahaya radiasi eksklusif ke arah bagian tubuh nan terserang sel kanker. Pengarahan radiasi ini haruslah dilakukan dengan sangat tepat pada posisi sel kanker.

Hal ini dimaksudkan buat benar-benar mematikan sela kanker tersebut. Selain itu juga buat mencegah radiasi pada bagian sel nan tidak terkena agresi sel kanker. Karena jika sel sehat nan tidak terserang sel kanker ini ikut terkena radiasi maka sel ini akan ikut terbunuh.

Ada syarat nan harus dipenuhi dalam cara pengobatan radiasi ini. Radiasi hanya bisa dilakukan jika sel kanker hanya menyerang pada satu atau dua daerah saja di tubuh kita. Jika terdapat banyak sel kanker nan tumbuh pada tubuh kita maka cara pengobatan radiasi ini tak bisa dilakukan. Maka dipilih cara pengobatan lainnya.

  1. Transplantasi

Kita mengenal cara pengobatan transplantasi buat berbagai jenis kanker termasuk kanker kelenjar getah bening. Transplantasi ini dlakukan buat menggantikan sel-sel nan terkena sel kanker dengan sel-sel baru nan ditransplantasikan.

Untuk cara pengobatan transplantasi ini, sel nan ditransplantasikan bisa diambil dari donor seperti dari keluarga pasien. Idealnya nan memiliki sel nan paling bisa buat ditransplantasikan ialah dari saudara kembar pasien. Selain itu, sel nan ditransplantasikan bisa berasal dari sel tubuh pasien itu sendiri.

  1. Pembedahan

Pembedahan dilakukan buat mengangkat sel kanker nan menyerang kelenjar getah bening.

  1. Pengobatan terapi eksperimental

    Cara pengobatan ini ialah cara alternatif nan dilakukan buat mengobati kanker kelenjar getah bening nan sering tumbuh lagi setelah dilakukan pengobatan.

Cara ini disebut sebagai terapi eksperimental sebab obat-obat nan digunakan ialah obat-obatan nan dicoba apakah dapat buat mengobati kanker kelenjar getah bening ini ataukah tidak.

Sebenarnya tak sulit buat menetahui pengertian kelenjar getah bening. Walaupun pengertian kelenjar getah bening ini terdengar masih asing bagi kita. Kita dapat mendapatan pengertian kelenjar getah bening ini dari berbagai sumber.

advertisements

Tips Sehat

advertisements