Contoh Makanan Makanan Penambah Berat Badan

Contoh Makanan Makanan Penambah Berat Badan

Makanan Penambah Berat Badan ialah salah satu hal nan informasinya selalu dicari-cari oleh si kurus, mungkin termasuk juga Anda.

Padahal, tubuh nan kurus tak selalu disebabkan sebab faktor makanan, lho! Faktor keturunan juga memiliki peran nan besar. Misalnya, jika ayah dan ibu Anda kurus, maka kemungkinan besar Anda juga berperawakan kurus.

Hal lain nan juga harus diperhatikan tentang tubuh nan kurus ialah terkait masalah psikologis. Apakah Anda kurus sebab memang berat badan Anda kurang, atau itu hanya perasaan Anda saja? Anda dapat berkonsultasi dengan pakar gizi soal hal ini. Tanyakan berat badan ideal Anda. Tanyakan pula, apakah problem kesehatan Anda (jika ada) selama ini disebabkan tubuh nan terlalu kurus.

Jika Anda memang masuk kategori sangat kurus dan perlu menambah berat badan, perhatikan pola makan Anda sehingga sasaran pencapaian berat badan ideal juga diiringi peningkatan kesehatan Anda.



Aturan Asupan Makanan Penambah Berat Badan

Jika Anda ingin menambah berat badan dengan makanan, perhatikan juga aturan-aturannya. Jangan sebab ngebet ingin cepat gemuk, semua makanan Anda sikat tanpa memerhatikan kandungan gizinya. Salah-salah, malah timbul penyakit nan membuat tubuh Anda justru bertambah kurus!

Berikut ini ialah makanan penambah berat badan nan dapat Anda atur asupannya dalam menu sehari-hari:

1. Makan Minimal Tiga Kali Sehari

Ini ialah anggaran paling dasar untuk Anda nan ingin menaikkan berat badan. Makan minimal tiga kali sehari ialah usaha dasar agar tetap tercukupi kebutuhan kalori Anda sehari-hari. Jadi, minimal berat badan Anda stabil, tak bertambah kurus.

Buat menambah kalori agar berat badan Anda meningkat, tambahkan camilan ringan nan sehat. Boleh juga menambah porsi makan menjadi 4-5 kali sehari.

2. Perbanyak Protein

Fungsi protein ialah meningkatkan massa otot. Nantinya, berat badan Anda akan naik sebab tubuh nan lebih padat berisi otot (tidak melulu sebab lemak). Contoh makanan penambah berat badan berprotein yaitu susu, kedelai, ikan, dan lain-lain.

3. Lemak Dan Gula

Pilihlah lemak nan ada dalam kacang-kacangan dan minyak nan banyak mengandung nutrisi. Untuk gulanya, pilih makanan manis nan bergizi seperti muffin, pie buah, atau jus asli.

4. Suplemen Penambah Nafsu Makan

Suplemen penambah nafsu makan krusial untuk Anda nan bermasalah dengan nafsu makan. Bagaimana berat badan bertambah jika Anda tak bernafsu makan? Tentu saja, pilih suplemen nan sehat dan sah serta telah bersertifikat Depkes.



Contoh Makanan Makanan Penambah Berat Badan

Di atas ditujukkan beberapa karakteristik makanan penambah berat badan. Bila Anda masih bingung menentukan menu makanan dikonsumsi tiap hari maka kami akan memberikan contohnya, di antaranya yaitu :

1. Menu Makanan Dengan Selai Kacang

Selai kacang merupakan pendamping setia dari roti. Rasanya nan enak dan gurih membuat lidah bergoyang. Namun tahukan Anda bahwa selai kacang ialah makanan penambah berat badan terbaik.setiap Anda memakan roti dengan selai kacang maka Anda akan mendapatkan setidaknya 250 kalori/sajian. Dengan menu makanan roti selai kacang bisa dipastikan Anda akantergiru dan ketagihan buat nambah lagi.

Bila Anda menginginkan gemuk dalam waktu singkat (misalnya 2 minggu) maka resep makanan nan cepat dan mudah ialah sajikan 3 lapis roti panggang diolesi selai kacang merata, segelas kopi manis, 250 susu segar. Yups inilah snack lezat berkalori tinggi pada pagi hari. Lebih dari 500 kalori akan Anda dapatkan bila memakan sajian ini. Pada malam hari sebelum tidur Anda dapat memakan roti bakar Bandung dengan susu segar. Dengan pola makanan seperti ini maka Anda akan menambah berat badan sekitar 2 kg dalam waktu 2 minggu. Enak, gurih dan menggemukkan inilah menu makanan nan pertama.

2. Menu Makanan Dengan Minyak Zaitun

Tahukah Anda bahwa minyak zaitun merupakan salah satu makanan penambah berat badan tercepat. 1 sendok makan minyak zaitun menganduk setidaknya 130 kalori.

Dengan kalori sebanyak itu ada nan berpendapat buat meminum satu gelas minyak zaitun per hari supaya cepat gemuk. Hal ini sebenarnya tak salah namun kurang tepat bahkan ada nan mengatakan itu menu makanan nan menyiksa. Menu makanan nan kami sodorkan yaitu oleskan 1 sendok minyak zaitun pada roti panggang, segelas susu segar, telor mata sapi. Itu ialah menu makanan buat pagi hari.

Untuk malam hari tambahkanlah 1-2 sendok minyak zaitun pada daging panggang sebelum Anda melahapnya, dapat juga memadukan minyak zaitun dengan mie pasta lengkap dengan sayuran sehat seperti wortel, gubis, tomat dan lainnya. Dengan menu makanan seperti ini maka Anda tak akan merasa jenuh buat mengkonsumsi minyak zaitun setiap hari.

3. Menu Makanan Dengan Alpukat

Alpukat ialah buah dengan seribu manfaat. Status buah ini tak hiperbola sebab memang kandungan gizi alpukat di atas rata-rata buah lainnya seperti apel, jeruk, semangka, nanas dan lainnya. Kandunga gizi alpukat diantaranya yaitu Vitamin K, Vitamin E, Fiber dan Folat serta kandungan nan lain. Mengkonsumsi alpukat setiap hari akan memberikan banyak kegunaan bagi Anda diantaranya mempercantik kulit, menambah ketajaman mata dan lainnya.

Alpukat ternyata merupakan makanan penambah berat badan nan secara praktis disajikan. Satu buah alpukat memiliki lebih dari 300 kalori. Bayangkan bila Anda mengkonsumsi alpukat lebih dari 1 buah per hari ! Maka berat badan Anda akan bertambah secara pesat. Menu makanan dengan alpukat nan pertama ialah jus alpukat dengan gula, susu kental dan cream. Dengan jus alpukat ini setidaknya Anda akan memperoleh lebih dari 450 kalori/sajian. Menu ini sangat cocok pada pagi dan siang hari. Bila pada pagi hari buat mempercepat sarapan agar tak terlambat kerja dan pada siang hari sebagai minuman penyegar dan pelepas dahaga bila dicampur dengan es.

Untuk menu makanan dengan alpukat pada malam hari ialah pangkas kotak-kotak buah alpukat dan pepaya berukuran sedang, taruh di dalam mangkok kemudian berikan potongan kenari panggang di atasnya. Tambahkan susu kental dan sirup di atasnya. Nah itulah resep mudah nan baik buat dimakan pada malam hari, akan terasa nikmat bila dimakan sambil menonton film.

4. Menu Makanan Dengan Kurma

Sebentar lagi bulan puasa Ramadhan akan segera tiba. Kebanyakan orang nan ingin menambah beratnya menjadi putus harapan sebab dianggap puasa akan menguruskan badannya. Namun tahukan Anda bahwa kurma makanan khas bulan puasa merupakan makanan penambah berat badan juga ?

Anda hanya membutuhkan 5 buah kurma ukuran sedang buat mendapatkan lebih dari 300 kalori. Pada sahur makanlah kurma 3 biji dengan menu makanan lain seperti nasi sepiring, telur mata sapi, susu segar dan 2 sendok madu. Dengan menu makanan sahur seperti ini maka Anda tak akan bertambah kurus bahkan bertambah gemuk dalam sebulan.

Untuk berbuka puasa maka makanlah 3 biji kurma dengan segelas air dicampur madu sebelum sholat Maghrib. Setelah sholat maghrib maka kurma beralih menjadi snack enak dan menyehatkan. Kurma ialah snack nan laris pada bulan puasa. Setiap rumah akan menambahkan kurma di sajian meja makannya. Kurma juga sangat enak buat dikonsumsi setelah pulang dari shalat tarawih berjamaah di masjid.



Olahraga Pendamping Makanan Penambah Berat Badan

Olahraga nan dilakukan secara tepat bisa pula menambah massa otot dan mempercepat kenaikan berat badan sebagai pendamping makanan penambah berat badan nan dikonsumsi setiap hari. Di samping itu, olahraga rutin sangat baik untuk kesehatan Anda. Olahraga juga bisa menambah nafsu makan secara alamiah.

Program latihan melibatkan holistik kelompok otot dalam tubuh. Gunakan teknik nan tepat agar sasaran Anda tercapai. Atau googling saja di internet untuk mendapatkan informasi tentang olahraga nan bisa meningkatkan massa otot.

Jangan lupa, program menaikkan berat badan ialah sebuah proses nan membutuhkan waktu. Jika Anda awam soal hal ini dan menginginkan diet nan khusus agar lekas tercapai sasaran Anda, berkonsultasilah dengan ahli diet dan gunakan trainer pribadi.

Itulah bahasan kita mengenai makanan penambah berat badan. Sebetulnya masih banyak lagi menu makanan nan berfungsi menaikkan berat badan secara cepat dan sehat, seperti telur, keju, almond, pasta dan lainnya. Namun Anda dapat mencoba menu di atas sebagai langkah awal menaikkan berat badan dalam sebulan ke depan. Selamat mencoba !

advertisements

Tips Sehat

advertisements