Kandungan dan Manfaat Buah Apel

Kandungan dan Manfaat Buah Apel

Pernah mendengar slogan: an apple a day keeps the doctor away ? Ya. Jargon berbahasa Inggris tersebut sangat populer. Benarkah makan satu apel setiap hari bisa menjaga kesehatan tubuh? Apa saja kandungan apel bagi bagi kesehatan kita? Mari kita simak fakta-fakta berikut ini.



Manfaat Buah Apel

Buah apel dapat kita temui di mana saja. Rasanya nan manis dan renyah membuat buah ini banyak disukai. Mungkin Anda salah satunya. Di balik rasanya nan manis itu, buah aple menyimpan banyak manfaat.

Vitamin A nan dikandungnya sangat baik buat kesehatan kulit kita. Mungkin selama ini Anda hanya mengetahui apel sebatas buah sebagai pencuci mulut, padahal banyak kegunaan nan dapat kita rasakan dari buah ini.

Buah aple memiliki banyak jenis, namun kesemuanya memberikan kegunaan nan sama buat kita. Buah apel identik dengan buah nan mahal, maklum sebab apel memang termasuk buah nan eksklusif.

Harganya nan nisbi mahal membuat apel dikenal sebagai buah nan identik dikonsumsi oleh orang berada. Padahal buah apel tak selalu mahal harganya. Bahkan ada apel lokal nan sangat terjangkau oleh kita.

Anda tentu tahu dengan apel Malang bukan? Apel Malang merupakan salah satu apel nan dapat kita temui di Indonesia. Apel Malang tak kalah enaknya dengan apel impor seperti apel washington . Namun, soal rasa apel Malang tak dapat dipandang enteng. Bentuk buahnya nan lebih besar dan berwarna menghadirkan rasa nan unik, perpaduan manis, asam nan menyegarkan.

Tentu saja kita saat ini tak hanya membicarakan soal rasa apel nan manis atau perpaduan antara manis dan asam saja. Ada berjuta kegunaan dari apel nan sangat berguna buat kita.

Anda tahu ada nan mengatakan jika mengonsumsi buah apel setiap harinya dapat mengurangi risiko agresi jantung. Itu artinya kabar baik untuk kita nan ingin menjauhkan diri dari penyakit degeneratif seperti agresi jantung.

Lalu apakah hanya sebatas baik buat penyakit agresi jantung saja mengonsumsi buah apel? Tentu saja tidak. Masih banyaak kegunaan nan dapat kita dapatkan dari kandungan apel ini. Selama ini mungkin apel bermanfaat sebagai penghasil vitamin A saja, padahal buah apel juga sangat baik buat kesehatan dan kecantikan kulit.



Kandungan dan Manfaat Buah Apel

Berikut ini merupakan beberapa kandungan dan kegunaan apel.

  1. Apel kaya akan flavonoid dan polifenol nan merupakan antioksidan.
  2. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 100gr apel memberikan imbas antioksidan nan sama dengan 1500mg vitamin C.
  3. Apel mengandung banyak vitamin dan mineral nan memperkuat darah.
  4. Apel mengandung asam malat dan asam tartrat nan mencegah gangguan pada hati dan pencernaan.
  5. Cuka apel mencegah pembentukan batu ginjal.
  6. Kulit buah apel mengandung pektin. Pektin membantu menghilangkan zat racun dengan menghasilkan asam galakturonat.
  7. Mengonsumsi apel setiap hari mengurangi risiko penyakit kulit.
  8. Zat phloridzin dalam apel melindungi wanita menopause dari osteoporosis. Phloridzin juga meningkatkan kepadatan tulang. Boron yang terkandung dalam apel turut berperan menguatkan tulang.
  9. Penelitian menunjukkan bahwa anak penderita asma nan minum jus apel setiap hari lebih sedikit terserang sesak napas. Bayi nan lahir dari ibu nan rutin mengonsumsi apel selama hamil lebih sedikit menderita asma.
  10. Zat quercetin dalam apel melindungi sel-sel otak dari radikal bebas sehingga bisa mencegah penyakit alzheimer.
  11. Pektin dalam apel menurunkan LDL (kolesterol jahat). Orang nan mengonsumsi 2 buah apel setiap hari bisa menurunkan kolesterolnya hingga 16%.
  12. Menurut penelitian pada 10.000 orang, mereka nan makan banyak apel memiliki risiko terkena kanker paru 50% lebih rendah daripada nan tak mengonsumsi apel. Para pakar berpendapat bahwa kandungan flavonoid berperan mencegah kanker. Selain itu, apel terbukti mencegah kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker hati.
  13. Diet buat penderita diabetes. Pektin dalam apel menghasilkan asam galakturonat nan menurunkan kebutuhan tubuh akan insulin.
  14. Menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, wanita nan mengonsumsi 3 buah apel per hari bisa menurunkan berat badannya lebih banyak daripada wanita nan tak memasukkan apel dalam dietnya.
  15. Selain hal nan telah disebutkan, apel telah lama direkomendasikan buat obesitas, sakit kepala, arthritis , radang kandung kemih, gonorrhea, anemia, tuberkulosis, insomnia, katarak, cacingan, dan halitosis.


Kandungan Gizi Per 100 Gram Apel

Dalam 100 gram buah apel, terkandung gizi sebagai berikut.

  1. Vitamin A: 900 I.U.
  2. Vitamin B: Thiamine 0.07 mg.
  3. Vitamin C: 5 mg.
  4. Kalsium: 6 mg.
  5. Besi: 3 mg.
  6. Fosfor: 10 mg.
  7. Potassium: 130 mg.
  8. Karbohidrat: 14.9 gm.
  9. Kalori: 58

Nah, menjaga kesehatan tak sesulit nan Anda bayangkan, bukan? Sediakan selalu apel di rumah Anda. Pastikan membeli apel nan masih segar, tak berkerut. Apel nan sudah berkerut memiliki kandungan gizi nan sudah berkurang.



Kandungan Apel dan Kesehatan

Melihat deretan kegunaan apel di atas, semakin membuat kita yakit jika buah nan satu ini memang kaya akan manfaat. Tidak saja enak dimakan dan teman pencuci mulut nan manis, apel juga baik buat kesehatan kita. Ditambah lagi dengan kandungan gizi nan ada dalam buah apel, membuat kita tak sia-sia mengonsumsinya.

Sehat itu sangat mahal harganya. Jika kita sudah sakit tentu saja banyak hal nan tak dapat kita lakukan. Semua nan kita lakukan tak nyaman jika sedang sakit. Untuk itu sebaiknya kita harus menjaga kesehatan kita.

Untuk menjaga kesehatan tak perlu mengeluarkan biaya nan mahal, atau tak perlu menunggu sakit lalu kita konsultasi ke dokter. Pada dasarnya kita dapat menjadi dokter buat diri kita sendiri.

Banyaknya informasi menarik seputar global kesehatan nan kita temui dari berbagai sumber dapat kita jadikan sebagai informasi krusial buat menjaga kesehatan kita. Salah satunya ialah informasi mengenai kandungan apel nan sangat baik buat kesehatan. Bukankah apel mudah kita temui? Jadi informasi seputar kandungan apel sangat berguna.

Apel dapat menghindari kita dari berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit degeneratif sampai penyakit nan sering kita temui seperti sakit kepala, cacingan, osteoporosis, asma atau sesak napas, bahkan untk diet atau menurunkan berat badan pun dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi apel. Sebegitu besarnya kegunaan dari kandungan apel ini. Di balik buahnya nan kecil, tersimpan berjuta kegunaan nan baik buat kesehatan kita.

Tentu saja jika Anda ingin sehat dengan mengonsumsi buah apel, Anda juga harus mematuhi aturannya. Apel memang sangat baik buat kesehatan kita, namun bukan berarti kita mengganti konsumsi harian kita dengan memakan buah apel saja.

Tentu saja gizi dari bahan makanan nan lainnya juga kita butuhkan selain buah apel. Jangan sampai mengonsumsi apel secara berlebihan, sebab juga efeknya tak baik buat kesehatan.

Idealnya konsumsi buah apel secara rutin dan teratur sinkron porsinya. Jangan mengonsumsi buah apel tanpa memperhatikan kebutuhan asupan gizi dari bahan makanan lainnya.

Ingat sesuatu nan hiperbola itu niscaya hasilnya juga tak akan baik. Bukannya sehat nan Anda rasakan, tetapi malah penyakit lain nan Anda derita. Jadi bijaksanakan ketika mengonsumsi buah apel.



Kandungan Apel dan Kecantikan

Buah-buahan tak hanya baik buat kesehatan, tetapi juga sangat baik buat kecantikan. Buah juga bagus buat kecantikan kulit dan perawatan kulit. Vitamin A nan dikandung oleh apel sangat berguna buat menutrisi kulit paras kita menjadi lebih halus.

Anda tentu saja pernah mendengar masker buah apel buat menghaluskan wajah? Nah, masker apel merupakan salah satu produk dari buah apel buat kecantikan.

Mengonsumsi buah apel dalam keadaan segar setiap harinya berarti Anda memberikan nutrisi kulit Anda dengan vitamin A. Jadi, Anda tak perlu repot menyediakan suplemen vitamin A. Cukup dengan mengonsumsi buah apel, Anda sudah dapat mendapatkan asupan vitamin A buat kulit.

Banyak nan sudah mencoba merawat kecantikan kulit dengan buah apel ini, dan mereka sukses mendapatkan kulit nan sehat dari dalam. Kuncinya hanya rajin mengonsumsi buah apel, serta membuat ramuan masker buah apel sendiri di rumah.

Caranya cukup Anda blender buah apel, lalu langsung Anda aplikasikan ke wajah. Tidak hanya vitamin A nan menutrisi kulit, tetapi sekaligus membuat kulit terasa halus dan kencang sebab anti oksidannya nan juga bekerja pada kulit.

advertisements

Tips Sehat

advertisements