Gejala Sakit Maag Akut

Gejala Sakit Maag Akut

Bagaimana cara mengatasi maag akut ? Maag akutadalah salah satu jenis maag nan umumnya disebabkan oleh mikroorganisme nan merusak organ dinding lambung. Penyakit ini pada awalnya merupakan sakit maag ringan. Namun sakit maag itu dalam waktu lama tak terobati secara tuntas, kemudian timbul kerusakan organ dalam dinding lambung. Pada dinding lambung terjadi pembengkakan dan luka. Rasa nyeri nan timbul pada penyakit ini disebabkan sebab adanya peradangan dan luka tersebut. Lalu



Penyebab Sakit Maag Yang Akut

Sebelum membahas lebih jauh tentang penyakit ini, ada baiknya kita mengetahui lebih dulu apa saja penyebab sakit maag? Dengan mengetahui penyebabnya, diharapkan kita dapat mencegah lebih dini dan lebih berhati-hati dalam menerapkan pola hayati sehat.

Pola hayati nan tak sehat, terutama pola makan, merupakan salah satu pemicu timbulnya gejala sakit maag. Sakit maag pada dasarnya tidaklah berbahaya. Namun apabila sakit maag dibiarkan berlarut-larut dalam jangka waktu lama dapat fatal akibatnya. Hal ini dapat menimbulkan sakit Maag Kronis dan bahkan dapat terjadi gejala kanker lambung.

Faktor-faktor penyebab sakit maag banyak sekali nan mempengaruhi. Namun apabila diringkas, terdiri dari tiga faktor, yaitu: 1. Faktor Internal, 2. Faktor Eksternal, dan 3. Faktor Psikologis. Ketiga faktor ini saling mempengaruhi, dan saling berkaitan.

Faktor Internal ialah faktor nan menyebabkan maag nan ada dalam diri fisik seseorang. Misalnya adanya bakteri, virus atau mikroorganisme eksklusif nan merugikan.

Mikroorganisme itu bertahan hayati di lambung dalam waktu lama. Dan akhirnya merusak dinding-dinding lambung. Salah satu bakteri nan dapat menyebabkan sakit maag yaitu bakteri Helycobacter Pylori.

Sedangkan faktor eksternal berkaitan dengan gaya hayati seseorang. Pola hayati nan tak sehat merupakan pemicu terbesar timbulnya sakit maag. Pola hayati nan tak sehat seperti: pola makan nan tak teratur, ritme tidur nan berubah-ubah, mengkonsumsi makanan eksklusif nan dapat merusak organ lambung seperti obat-obatan, polusi lingkungan dan lain-lain.

Selanjutnya ialah faktor psikologis . Salah satu faktor psikologis nan dapat memicu sakit maag yaitu stress. Penyebabnya sebab stress dapat meningkatkan produksi asam lambung secara berlebih. Asam lambung nan tak termanfaatkan akan mengiritasi selaput pada dinding lambung, nan pada akhirnya dapat memudahkan timbulnya luka.

Penyebab sakit maag memang tak dapat diketahui secara pasti. Adanya peradangan dan luka di dinding lambung dapat disebabkan salah satu atau gabungan ketiga faktor tersebut di atas. Namun, kebanyakan penyakit ini disebabkan sebab mikroorganisme nan merusak dinding lambung dan menimbulkan gejala maag nan hebat.



Gejala Sakit Maag Akut

Gejala penyakit ini pada beberapa kasus dapat jadi menyiksa bagi penderitanya. Dan, cara mengatasinya dengan penanganan nan tepat, diharapkan penderita sakit ini dapat sembuh dengan baik. Dengan mengetahui gejala-gejalanya, maka dapat lebih mendekati pada konklusi apakah sakit maag itu termasuk sakit akut atau bukan.

Gejala nan generik dirasakan pada penderita sakit maag ialah rasa nyeri perut. Rasa nyeri itu dapat datang secara mendadak. Biasanya sehabis makan makanan nan mengandung asam tinggi seperti jeruk, cabai, dan lain-lain.

Pada penderita penyakit ini, terkadang dapat timbul rasa sakit atau nyeri nan hebat di bagian lambung sampai ke ulu hati. Pada kasus lain bahkan dapat sampai pingsan. Hal ini terjadi sebab dapat jadi penderita tak kuat menahan rasa sakitnya. Rasa sakit nan hebat itu diakibatkan adanya luka di dinding lambung nan sudah parah.

Gejala lain nan sering timbul ialah perut terasa mual dan terkadang disertai muntah. Rasa mual ini diakibatkan sebab produksi asam lambung nan berlebih.

Oleh sebab itu ketika muntah seringnya berupa cairan dan terasa asam serta getir di lidah. Pada kasus lain, bahkan sampai ada nan muntah darah, sebab luka pada lambungnya nan semakin parah dan mengelupas.

Penderita juga sering mengeluhkan perutnya kembung. Terasa sebah atau merasakan kenyang meskipun perutnya dalam keadaan kosong. Hal ini dapat diakibatkan sebab adanya produksi gas berlebih nan keluar dari dinding lambung nan mengalami pembengkakan atau peradangan.

Kurang nafsu makan ialah salah satu gejala nan generik dialami penderita sakit maag. Terlebih pada penderita nan sudah akut, nafsu makannya sangat kurang. Hal ini dapat dipahami sebab penderita biasanya mengeluhkan sakit perut atau perutnya terasa seperti terbakar sehabis makan. Jadi, wajar saja penderita merasa nafsu makannya kurang.

Sering masuk angin dampak kondisi perut nan kosong, juga banyak dikeluhkan penderita penyakit ini. Gejala nan sering mengiringinya ialah keluar keringat dingin secara mendadak, paras pucat dan kepala terasa pusing.

Gejala lain nan timbul ialah sering sekali bersendawa. Hal ini sebagai salah satu dampak adanya produksi gas dalam lambung nan berlebihan. Terutama ketika perut dalam keadaan lapar.



Cara Mengatasi Maag Akut Secara Alami

Sebagaimana diketahui, penyakit ini banyak disebabkan sebab pola hayati nan tak sehat. Terutama dalam hal pola makan. Dan buat mengatasi penyakit ini dapat dilakukan dengan cara alami. Mengatasi secara alami di sini ialah dengan mengatur pola hayati nan sehat.

Untuk merubah pola makan nan tak sehat dibutuhkan sebuah komitmen nan kuat. Tanpa komitmen nan kuat, maka hasilnya tak akan maksimal. Bahkan dapat jadi mengalami kegagalan. Hal-hal sederhana nan dapat dilakukan buat mengatasi penyakit ini antara lain:



1. Mengatur pola makan secara teratur

Hal ini dapat dilakukan dengan membuat jadwal makan secara rutin. Bagi penderita penyakit ini hal ini dapat jadi terasa berat, sebab umumnya nafsu makannya rendah. Maka, diperlukan penekanan pemahaman bahwa aktifitas makan bukan hanya saat lapar saja. Namun, ketika jadwal makan tiba, mau tak mau harus makan.



2. Makan makanan nan lembut dan lunak

Setelah membuat jadwal makan, maka hal selanjutnya nan harus diperhatikan ialah jenis makanannya. Penderita penyakit ini sangat disarankan buat makan makanan nan lembut dan lunak. Hal ini buat mengurangi konstraksi luka nan ada pada lambung. Makanan nan lunak akan mengurangi rasa sakit nan dapat timbul.



3. Mengkonsumsi herbal alami

Saat ini global pengobatan herbal sudah berkembang pesat. Banyak beredar herbal-herbal nan dapat mengatasi sakit maag. Bahkan ada herbal nan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ini hingga nan paling kronis. Tentu saja harus dengan teliti dan jeli dalam memilih produk herbal. Harus diperhatikan kualitasnya dan juga harus memenuhi standar.



4. Diet ketat terhadap makanan dan minuman tertentu

Penderita penyakit ini sebaiknya melakukan diet secara ketat terhadap makanan dan minuman tertentu. Diet ketat nan dilakukan ialah buat menghindari timbulnya asam lambung atau gas secara berlebih.

Minuman nan perlu dihindari seperti: kopi, minuman anggur, jeruk, minuman soda dan susu. Beberapa minuman tersebut diyakini dapat merangsang produksi asam lambung .

Sedangkan makanan nan perlu dihindari antara lain: makan makanan instan, makanan nan bersifat asam dan pedas seperti cuka dan cabe, makanan nan sulit dicerna dan berlemak misalnya keju atau coklat, jenis sayuran nan berserat tinggi dan banyak mengandung gas misalnya sawi dan kol.

Diet ketat ini dilakukan buat membantu salah satu proses penyembuhan luka atau peradangan dalam dinding lambung. Diet ketat ini diharapkan akan mereduksi gas dan asam lambung nan berlebih.

Itulah hal-hal sederhana cara mengatasi maag akut secara alami nan dapat dipraktekkan. Dan dengan mengetahui beberapa gejala penyakit ini, maka langkah sederhana buat mengatasinya ialah dengan menerapkan pola hayati sehat, terutama sekali pola makan nan sehat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements