Menu Sarapan Praktis dan Sehat

Menu Sarapan Praktis dan Sehat

Anda tentu tahu betapa pentingnya sarapan di pagi hari. Sebelum beraktivitas,Anda dianjurkan buat sarapan terlebih dahulu. Bagi ibu rumah tangga, menyiapkan sarapan ialah tugas sehari-hari. Para ibu rumah tangga ini akan merancang berbagai menu sarapan praktis dan sehat buat keluarga. Menu sarapan nan itu-itu saja tentu akan membuat keluarga menjadi bosan dan akhirnya menjadi malas buat sarapan.

Sarapan sering juga disebut makan pagi. Sarapan merupakan makanan nan disantap di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Waktu dari sarapan ini antara pukul 06.00 hingga pukul 10.00 pagi. Saat sarapan, Anda sebaiknya memakan makanan nan ringan agar kerja saluran pencernaan tak terlalu berat. Anda bisa memakan makanan nan tinggi protein dan serat, tapi kadar lemaknya rendah.



Pentingnya Sarapan

Sarapan sering dianggap sepele oleh sebagian orang. Tapi, sebenarnya sarapan sangatlah krusial bagi tubuh, apalagi jika Anda dituntut buat bekerja seharian penuh. Biasanya, orang-orang mengabaikan sarapan ini dengan alasan tak sempat atau menunya nan tak bervariasi. Padahal, sarapan bukan hanya buat mengisi perut. Sarapan merupakan sumber energi pada otak dan tubuh. Dengan terpenuhinya energi buat otak dan tubuh maka otak dan tubuh bisa berkerja dengan optimal dan tak mudah lemas serta mengantuk. Inilah alasan mengapa sarapan dinilai begit penting.

Sesibuk apa pun Anda, usahakanlah buat sarapan terlabih dahulu. Sarapan ini semacam mengisi bahan bakar buat tubuh. Selain memberikan energi buat tubuh dan otak, sarapan juga memiliki berbagai kegunaan lain nan juga penting, di antaranya:

  1. Dengan sarapan, tubuh tak akan mudah lelah saat bekerja atau beraktivitas.
  2. Dengan sarapan makanan nan mengandung karbohidrat serta lemak nan rendah, otak bisa bekerja dengan baik dan berpikir dengan cepat.
  3. Sarapan bisa mencegah penyakit maag. Jika Anda sarapan, lambung akan terisi makanan sehingga bisa menetralisasi asam lambung nan bisa menyebabkan penyakit maag.
  4. Bagi anak-anak, sarapan bisa menguatkan daya ingat serta konsentrasi. Jadi, jika tak sarapan dulu, anak akan sulit konsentrasi dan mengingat pelajaran.
  5. Dengan sarapan, Anda akan bisa mengontrol pola makan Anda dari makan nan berlebih. Jika tak sarapan, akan menyebabkan Anda mengemil makanan nan tak sehat sehingga bisa menyebabkan tubuh menjaid gemuk.
  6. Menjadikan tubuh lebih langsing. Menurut sebuah penelitian, orang nan melakukan sarapan akan selalu langsing dibanding dengan nan tak sarapan sebab pola makannya terkontrol.

Jika alasan Anda tak sarapan ialah tak punya waktu atau tak sempat, mungkin tips berikut bisa membantu Anda.

  1. Persiapkan sarapan Anda pada malam harinya. Jadi, saat pagi-pagi Anda tinggal memasaknya.
  2. Anda juga dapat memakan makanan residu semalam. Yang perlu Anda lakukan hanya menghangatkannya saja.
  3. Bangunlah lebih pagi agar Anda bisa mempersiapkan sarapan. Dengan begitu, Anda tak usah buru-buru buat bisa menikmati sarapan Anda.
  4. Buat menu sarapan praktis dan mudah disiapkan. Jika waktu nan Anda punya hanya sedikit, Anda tinggal membawanya buat dimakan di perjalanan atau di loka kerja.
  5. Bagi Anda nan sangat sibuk, sereal mungkin pilihan nan tepat. Anda bisa mencampur sereal dengan susu segar. Dengan demikian, Anda tetap bisa menghemat waktu sarapan pun dapat Anda lakukan.


Menu Sarapan Praktis dan Sehat

Mengingat begitu pentingnya sarapan buat keluarga, tak ada salahnya jika Anda menyempatkan diri buat menyiapkan sarapan. Selain itu, menu sarapan nan itu-itu saja akan membuat keluarga Anda merasa bosan sehingga membuat mereka malas buat sarapan. Oleh sebab itu, pemilihan menu sarapan krusial Anda lakukan agar lebih bervariasi. Jika perlu, Anda browsing di internet berbagai resep menu sarapan praktis nan bisa Anda praktikkan.
Berikut ini beberapa menu sarapan prakris nan tak banyak menyita waktu Anda buat menyiapkannya. Apa sajakah menunya?

1. Martabak Mie
Martabak mie nan dicampur dengan berbagai sayuran dan bahan pelengkan lain, seperti seledri, wortel, sosis, keju, telur, dan lainnya akan memberikan nutrisi nan cukup bagi keluarga Anda. Dalam martabak mie ini terkandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan nutrisi lain. Goreng martabak ini dengan menggunakan margarin. Margarin bisa menjadi sumber lemak.

2. Pecel
Pecel dapat dikatakan menu sehat sebab terbuat dari sayuran , seperti kangkung, kol, tauge, selada, dan sebagainya, serta telur. Sayuran nan ada dalam pecel mengandung vitamin dan mineral, sedangkan protein terdapat dalam telur. Karbohidratnya terdapat dalam nasi nan dimakan bersama dengan pecel.

Untuk menyiapkan pecel, Anda bisa menyiapkan sayurannya semalam sebelumnya sehingga pagi-pagi saat akan sarapan tinggal dicampur dengan bumbu pecel nan sudah disediakan. Agar lebih praktis, buatlah bumbu pecel dalam jumlah banyak buat persediaan nan disimpan di lemari es.

3. Sandwich
Sandwich biasa juga disebut roti isi . Isi dari sandwich ini biasanya tomat, selada, timun, daging asap, atau keju lembaran. Dalam roti isi ini terkandung karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein. Anda juga dapat membuat roti isi dengan telut goreng dengan menggunakan saus atau mayonnaise . Tapi, bagi Anda nan sedang mengikuti program diet, sebaiknya hindari mayonnaise , dan buat saus, pilih saus nan kondusif dengan tanpa bahan berbahaya, seperti pewarna.

4. Pisang
Buah pisang mengandung banya karbohidrat, mineral, dan vitamin. Selain kandungan gizinya tinggi, menu sarapan nan satu ini sangat praktis, langsung dimakan. Jumlah nan harus dikonsumsi sekitar 7 hingga 10 buah. Tapi, kebanyakan orang hanya mampu makan dua hingga tiga buah saja. Oleh sebab itu, konsumsi pisang dengan segelas susu agar kebutuhan kalori Anda terpenuhi. Pisang ini dapat juga ditambahkan dengan yoghurt.

5. Jagung
Ada alternatif lain dari menu sarapan praktis ini, yaitu jagung rebus. Untuk sarapan, Anda dapat konsumsi dua hingga tiga buah. Jagung ini juga dapat ditambahkan dalam salad buah dan sayur. Misalnya, Anda membuat salad buah dengan bahan-bahan apel, anggur, tomat, mentimun, dan jagung. Salad ini mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral, serat dan vitamin.

6. Oatmeal
Menu sarapan nan satu ini terbuat dari gandum dengan kandungan serat nan tinggi. Dengan demikian, oatmeal ini dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama sebab mengandung karbohidrat nan kompleks. Oatmeal ini dapat dimakan dengan susu. Jadi, kandungannya lengkap yaitu karbohidrat, serat, dan protein.

7. Nasi Goreng
Anda bisa menyiapkan sarapan dengan menu nasi goreng buat keluarga. Agar gizinya lengkap, Anda bisa menambahkan telur, sosis, baso, jamur, kacang polong, wortel, dan potongan tomat. Dalam nasi goreng ini terdapat kandungan karbohidrat, protein, vitamin, serat dan mineral.

Bagaimana? Praktis, bukan? Sarapan memang krusial bagi tubuh. Dengan begitu, sebisa mungkin lakukan sarapan sebelum memulai aktivitas. Baik itu aktivitas di luar rumah seperti kerja sekolah dan lainnya maupun aktivitas di rumah.
Itulah beberapa menu sarapan praktis nan bisa Anda praktikkan dalam menyiapkan sarapan buat keluarga Anda. Semoga bermanfaat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements