Kandungan Gizi Anggur

Kandungan Gizi Anggur

Anggur merah memang populer lewat salah satu lagu dangdut almarhum Meggy Z. Tapi tahukah Anda kalau anggur merah sama sekali tak memabukkan selama dikonsumsi dalam keadaan segar? Bahkan dalam penelitian, Anggur merah terbukti baik buat otak.

Buah anggur merah nan masih segar, sangat bagus buat mencegah influenza dan membuat kulit lebih awet muda sebab kaya anti-oksidan. Selain itu, rajin-rajin mengonsumsinya juga akan membuat tubuh lebih kebal dari berbagai virus.

Manfaat Buah Anggur merah nan paling utama, seperti nan sudah dibuktikan para ilmuwan, ialah dapat mengurangi resiko stroke pada otak.



Melindungi Otak

Sesuai penelitian nan dilakukan di Baltimore, Amerika Serikat, anggur merah dapat mengurangi resiko kerusakan otak sebab penyakit stroke. Bagian anggur merah nan paling bagus ialah kulit dan bijinya, sebab keduanya mengandung resvetatrol , enzim nan dapat mencegah saraf otak dari gangguan stroke.

Mengonsumsinya selagi muda, juga dapat meningkatkan kekebalan otak dari kerusakan. Percobaan ini sudah dilakukan pada hewan di laboratorium Baltimore, nan diberi zat nan dapat merusak saraf otak. Otak hewan nan disuntik resvetatrol ternyata jauh lebih kebal dibanding hewan nan tak disuntik.

Hasil percobaan ini sudah diumumkan di berbagai jurnal kesehatan di dunia. Dengan begitu terbukti kalau enzim anggur merah ini sangat bagus buat penderita stroke taraf ringan agar kerusakan otaknya tak semakin parah.

Selain dapat mencegah sel otak dari kerusakan, kegunaan buah anggur merah juga bagus buat mengontrol tekanan darah sebab kandungan kaliumnya nan tinggi. Minum sari anggur merah (yang murni, bukan nan difermentasi menjadi alkohol) juga membuat gula darah lebih stabil, sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

Anggur juga memiliki kandungan karotenoid nan dapat meningkatkan kekebalan dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Untuk para wanita nan baru menjalani operasi kanker payudara, anggur merah juga bagus dikonsumsi buat mengembalikan fungsi-fungsi hormon kewanitaan.

Selain itu, anggur juga kaya akan flavonoid dan vitamin E nan membuat kulit lebih segar dan tampak lebih awet muda. Anggur merah lebih baik dikonsumsi segar atau diekstrak sebagai jus. Dari berbagai negara penghasil anggur, anggur merah dari Brazil ialah anggur nan paling bagus dan tertinggi kadar vitaminnya.

Siapa nan tidak kenal dengan buah anggur? Buah kecil ini salah satu buah favorit nan digemari banyak orang. Selain rasanya nan enak, kegunaan Buah Anggur ternyata sangat banyak banyak.

Jadi bila Anda termasuk penggemar buah anggur, Anda ialah salah satu orang nan beruntung buat merasakan khasiatnya nan baik buat kesehatan.



Kandungan Gizi Anggur

Buah dengan ukuran kecil nan selalu bergerombol ini memiliki kandungan vitamin nan cukup tinggi, misalnya vitamin A, B, dan C.

Selain vitamin, buah anggur juga mengandung beberapa mineral, contohnya kalsium, kalium, fosfor dan menral mangan nan sangat dibutuhkan tubuh.

Zat-zat kimia lain nan terkandung dalam buah anggur ialah flavonoid, karotenoid, likopen dan beberapa komponen kimia lain nan dapat menunjang kesehatan tubuh.



Manfaat Buah Anggur
  1. Saat makan anggur, makanlah dengan bijinya!

    Ternyata, biji anggur ini sangat baik bila dimakan. Menurut penelitian beberapa ahli, biji anggur mengandung zat pycnogenol, yaitu zat kimia nan berguna buat melenturkan pembuluh darah pada tubuh.

    Orang nan berusia lanjut, pembuluh-pembuluh darahnya cenderung lemah/rapuh sehingga mengakibatkan penyakit stroke atau jantung nan disebabkan adanya penyumbatan darah di pembuluh-pembuluhnya.

    Untuk menghindari hal ini, diperlukan zat penguat kolagen buat memperkuat pembuluh darah, salah satunya ialah zat pycnogenol nan banyak terkandung dalam biji buah anggur.

    Anda tak perlu cemas memakan bijinya, sebab biji anggur nisbi lunak dan dapat dicerna oleh tubuh sehingga Anda tak perlu risi terkena usus buntu.

  2. Manfaat buah anggur nan lain ialah buat menurunkan tekanan darah tinggi.

    Anda harus tahu bahwa penderita hipertensi ialah orang nan memiliki kadar natrium berlebih di tubuh. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda kadang harus mengurangi konsumsi garam.

    Cara lain nan lebih mudah ialah dengan mengkonsumsi buah anggur, sebab anggur memiliki kandungan kalium nan dapat menurunkan atau menekan jumlah natrium nan ada di dalam tubuh sehingga tak berlebih dan tak menganggu genre darah nan menjadi penyebab hipertensi.

  3. Manfaat buah anggur juga terdapat pada mineral mangan nan ada pada buah ini.

    Mineral ini sangat berguna dalam metabolisme tubuh dan membantu dalam pengontrolan gula darah tubuh agar tak berlebih.

  4. Kandungan antioksidan anggur berupa karotenoid atau likopen mampu melawan radikal bebas dalam tubuh nan menjadi penyebab primer munculnya penyakit-penyakit berbahaya. Misalnya penyakit jantung atau kanker.

  5. Kandungan flavonoid dalam anggur dapat menekan produksi kolesterol dursila dalam tubuh.

    Manfaat buah anggur nan satu ini sangat berguna buat menurunkan resiko terkena berbagai penyakit dampak kolesterol. Misalnyanya hipertensi atau stroke.

  6. Beberapa vitamin dalam anggur juga dapat menunjang kesehatan.

    Vitamin A sangat baik buat mata dan kesegaran kulit, vitamin B sangat baik buat perkembangan otak Anda, dan vitamin C buat daya tahan tubuh serta dapat memperbaiki sel jaringan nan rusak.

  7. Saat makan anggur, jangan kupas kulitnya!

    Karena kulit anggur banyak mengandung suatu zat kimia bernama resveratrol nan berfungsi buat menghambat proses penuaan ataupun penyakit kanker.

  8. Zat antioksidan pada anggur sangat baik buat bagi wanita penderita kanker payudara nan melakukan radioterapi (pengobatan kanker payudara).

    Pengobatan ini menyebabkan jaringan di sekitar payudara akan mengeras dan menimbulkan rasa sakit. Pengerasan jaringan nan menyakitkan ini dapat dicegah dengan konsumsi buah anggur secara rutin.

Manfaat buah anggur nan begitu banyak ini sangat sayang bila kita abaikan. Mulailah mengkonsumsi buah anggur secara rutin. Dan ingat, jangan buang kulit dan bijinya. Makanlah kulit dan biji anggur sesekali buat mendapatkan kegunaan nan luar biasa.



Manfaat Lain Anggur Merah

Anggur merah menawarkan sejumlah bahan nan bisa memperlakukan tubuh Anda secara baik, tanpa imbas samping nan merugikan. Yang menonjol dalam daftar kebaikan dan manfaat buah anggur merah bersifat antioksidan seperti resveratrol, flavonoid dan non-flavonoid.

  1. Manfaat pada Jantung

    Mengurangi taraf kolesterol berbahaya (LDL) dan meningkatkan taraf kolesterol baik (HDL) dalam darah. Konsumsi anggur merah menekan produksi LDL, maka kadar kolesterol dalam darah tetap pada taraf nan sehat. Polyphenol dalam anggur merah juga melindungi lapisan pembuluh darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

  2. Anti-Karsinogenik

    Yang paling mengemuka dari kegunaan nya jelas anti-karsinogenik. resveratrol, nan merupakan antioksidan, mengurangi pertumbuhan enzim nan memiliki potensi buat menciptakan pertumbuhan sel kanker. Oleh sebab itu, daerah nan terserang kanker akan hancur bahkan sebelum terbentuk dalam tubuh. Resveratrol juga berguna buat meminimalkan risiko kanker payudara pada wanita, sebab mengurangi kemungkinan pertumbuhan sel.

  3. Hindari Penyakit Degeneratif

    Anggur merah sebagian besar dipandang sebagai 'air awet muda' sebab mengurangi kemungkinan mendapatkan degeneratif, penyakit saraf seperti penyakit Alzheimer. Menjadi antioksidan, meningkatkan suplai darah ke sel-sel dan perkelahian oksidan reaktif dalam tubuh. Ternyata pada diri kelangsungan hayati jalur sel dan mencegah kerusakan kepada mereka.

  4. Mencegah Aterosklerosis

    Aterosklerosis ialah kondisi nan disebabkan sebab penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah nan menciptakan kendala dalam arteri. Aterosklerosis bisa berpotensi berbahaya sebab meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, stroke dan penyakit kardiovaskular. Maka anggur merah membantu menurunkan kolesterol LDL, atau kemungkinan akumulasi kolesterol nan sangat rendah.

  5. Mengurangi Kemungkinan Stroke

    Minum anggur merah juga mengurangi kemungkinan seseorang menderita stroke fatal. Hal ini diyakini bahwa konsumen anggur merah memiliki taraf fibrinogen, nan meningkatkan kemungkinan bekuan darah..

advertisements

Tips Sehat

advertisements