Nama buat Calon Anak Perempuan

Nama buat Calon Anak Perempuan

Memberikan nama buat si calon jabang bayi rasanya memang menyenangkan sekaligus membingungkan. Selain memilih nama, arti sebuah nama bayi juga krusial dipikirkan dan tak boleh sembarangan memilih. Mengapa? Karena nama ialah doa buat anak kita kelak. Jangan pernah berpikiran buat mencantumkan keadaan genting kepada nama anak. Berikanlah nama-nama nan bagus buat anak kita.

Apa pun keadaan nan menimpa kita, walau itu jelek sekalipun, cobalah buat memberikan nama nan bagus. Mudah-mudahan dengan pemberian nama itu, si anak kelak akan menjadi pribadi nan baik atau bahkan lebih baik dari keadaan orang tuanya.

Kebanyakan para orang tua lebih bahagia memilihkan nama buat calon bayinya dengan bahasa Latin atau bergaya barat. Mereka lebih merasakan bahwa nama anak bergaya Latin atau barat terbilang menjadi tren. Padahal, di balik semua itu, buat para muslim dan muslimah, nama bayi Islami tak kalah bagusnya dibandingkan nama bayi bergaya Latin atau barat. Nama-nama bayi Islami juga mempunyai makna nan sama-sama bagus dan memberikan akibat nan positif.

Anak ialah anugerah dari Allah Swt. nan sangat berharga buat kita. Kebahagiaan akan lebih terasa paripurna ketika kita sudah mempunyai anak. Kebanyakan para orang tua ingin sekali mendapatkan anak nan saleh dan saleha. Perkara anak nan saleh dan saleha sudah tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Kahfi ayat 46 nan mempunyai arti: “Harta dan anak-anak ialah perhiasan kehidupan dunia, tetapi amalan-amalan nan kekal dan saleh ialah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik buat menjadi harapan.”

Maka dari itu, nama buat anak kita haruslah diberikan nilai-nilai positif nan dapat menjadikan amalan nan kekal. Kebanyakan nama bayi Islami nan sering kali dipakai oleh para orang tua ialah “Muhammad” buat bayi lelaki. Nama Muhammad nan biasanya ditaruh di awal nama ini, diinginkan oleh para orang tua agar kelak anak lelakinya mempunyai sifat seperti Nabi Muhammad .

Nama “Annisa” buat bayi perempuan juga ialah salah satu nama Islami nan sering diberikan oleh para orang tua. Pemberian nama Annisa oleh para orang tua juga diharapkan agar kelak anak perempuannya akan mempunyai jiwa lembut, sopan, dan berahlak mulia, sebagaimana perempuan semestinya.

Pemberian nama anak ternyata ialah salah satu kewajiban seorang ayah dalam rumah tangga. Jadi, selain mencari nafkah buat keluarga, seorang ayah juga harus ikut andil dalam memberian nama bayinya. Dalam hal ini, Islam selalu memberikan kemudahan buat segala urusan di dunia, termasuk urusan memberikan nama kepada anak.

Rasullulah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Nama nan paling disukai ialah ‘Abdullah dan ‘Abdul Rahman, dan nama nan paling baik ialah Harits dan Hammam, sedang nama nan paling jelek ialah Harb (perang) dan Murrah (pahit).” (HR. Abu Dawud)

Beberapa hadis seperti Abu Dawud dan Muslim juga menjelaskan isi nan sama bahwa nama paling baik ialah Abdullah dan ‘Abdul Rahman, maka kebanyakan para orang tua muslim memberikan nama anak mereka seperti itu.

Memberikan nama bayi dalam Islam juga ada adabnya. Ada hari di mana para orang tua disunahkan memberikan nama kepada bayinya. Mengetahui nama-nama bayi nan dimakruhkan juga perlu agar mengerti arti dari nama bayi nan seharusnya ada dalam golongan baik. Para orang tua juga harus mengetahui nama-nama bayi nan diharamkan.

Sekarang ini, buat mengetahui arti nama-nama bayi sangat mudah. Kita dapat menjumpainya di mana-mana. Mulai dari buku pedoman nama bayi hingga internet. Uniknya, di internet ada sebuah situs nan mengelompokkan nama bayi berdasarkan nama kedua orang tuanya.

Jadi, kemungkinan kecil bayi tak akan mempunyai nama nan sama dengan bayi nan lainnya sebab nama orang tua mereka berbeda. Pengkategorian nama bayi berdasarkan nama orang tua ini didasarkan atas nama bayi Islami. Jadi jangan khawatir, nama-nama bayi Islami beserta artinya akan dengan langsung terpampang dalam daftar buat segera dipilih. Beberapa arti sebuah nama bayi Islami buat calon buah hati ialah sebagai berikut.



Nama buat Calon Anak Lelaki
  1. Arhab = nan lapang dada. Sama seperti nama Radhi, nama Arhab juga bagus dipergunakan buat anak laki-laki nan dapat menerima keadaan dengan ikhlas dan tulus.
  1. Arkan = pondasi; pokok. Nama Arkan bagus dipakai buat nama lelaki di bagian depan nama. Dengan memberikan nama itu diharapkan anak dapat menjadi lelaki nan mempunyai pondasi nan kuat, konsisten, teguh pendirian, dan tak plin-plan.
  1. Dafi’ = nan mempertahankan, mendorong, memotivasi. Pemberian nama dafi’ buat calon anak laki-laki ini mudah-mudahan membuat si anak menjadii orang nan dapat memotivasi banyak orang menuju ke jalan nan benar.
  1. Raafat = sangat lembut; cinta . Pemberian nama Raafat ini diharapkan agar anak lelaki kelak akan menjadi sosok lelaki nan sangat lembut dan penuh cinta terhadap orang nan disayanginya.
  1. Raakin = disegani. Pemberian nama Raakin buat anak lelaki ini cukup bagus buat mengharapkan anak agar kelak menjadi lelaki nan dapat disegani, tetapi tak angkuh.
  1. Raashid = utama; dewasa; dibantu; bijak. Pemberian nama Raashid mudah-mudahan kelak anak laki-laki akan menjadi pria nan diutamakan dewasa dan bijak dalam bertindak.
  1. Rabbani = nan arif dan saleh. Ingin mempunyai anak nan saleh? Dapat sisipkan nama ini di belakang, depan, atau tengah nama anak laki-laki dan mudah-mudahan dapat menjadi anak nan saleh yang arif.
  1. Radhee = kekasih. Nama Radhee ialah nama nan cocok buat anak laki-laki. Diharapkan kelak menjadi kekasih nan baik budi yang sopan.
  1. Radhi/Radi = nan rela; nan ridha. Nama Radhi/Radi bagus diberikan kepada anak lelaki. Mudah-mudahan anak lelakinya kelak akan menjadi anak nan rela dan tak menjadi orang nan gampang dendam.
  1. Syatir = genius. Ingin mempunyai anak lalki-laki nan pintar ? Nama Syatir cocok diberikan buat calon anak lelaki. Mudah-mudahan kelak akan menjadi orang nan genius, tetapi tetap dalam pendirian.


Nama buat Calon Anak Perempuan
  1. Bussaina = cantik; menarik. Memberikan nama Bussaina pada anak perempuan, mudah-mudahan kelak si anak menjadi anak nan cantik dan menarik di mata semua orang.
  1. Dafinah = kekayaan nan tersembunyi. Nama Dafinah dapat dijadikan nama alternatif nan baik buat anak perempuan. Diharapkan dengan memberikan nama Dafinah, anak akan mempunyai kerendahan hati dengan semua kekayaan hati nan tersembunyi tanpa harus sombong.
  1. Matina = kuat. Dengan memberikan nama Matina di depan, tengah, atau belakang nama anak perempuan, diharapkan anak akan mempunyai jiwa dan hati nan kuat dalam menghadapi semua nan pernah dia rasakan.
  1. Akifa Naila = perempuan nan suka memberi juga rajin beritikaf di mesjid. Ini ialah rangkaian nama nan sudah jadi. Ingin mempiunyai akan nan pemurah dan sholehah? Nama akifa Naila bagus diberikan buat anak perempuan.
  1. Dzakira Aftani = anak perempuan nan mempunyai ingatan mengagumkan. Ingin memiliki anak perempuan nan cerdas? Nama ini cocok diberikan buat anak perempuan. Mudah-mudahan kelak anak akan menjadi orang nan gampang mengingat pelajaran dan rajin juga cerdas.
  1. Yumna Fariha = perempuan nan mendapat kebahagiaan dan keberuntungan. Dengan memberikan rangkaian nama anak perempuan seperti ini, diharapkan anak akan dapat menjadi orang nan selalu beruntung dan senang dalam hidupnya.
  1. Zalfa Naqiyya = permukaan mutiara nan jernih. Dengan memberikan anak perempuan rangkaian nama seperti ini, diharapkan dapat membuat anak cantik jiwa dan raga seperti permukaan mutiara nan jernih.
  1. Fazila = ulung, jujur, cemerlang. Nama Fazila bagus dipakai buat nama depan anak. Semoga dengan diberikan nama ini, anak akan menjadi perempuan nan jujur dalam berkata dan mempunyai pemikiran dengan ide nan cemerlang.
  1. Miza Karmila = berseri-seri/manis. Rangkaian nama ini mudah-mudahan akan membuat anak perempuan menjadi perempuan nan manis dengan senyum nan berseri-seri.
  1. Sima Sahirah = lambang keindahan/memikat hati. Dengan memberikan rangkaian nama ini pada anak perempuan, diharapkan anak akan menajdi seseorang nan cantik nan menjadi lambang estetika nan dapat memikat hati semua orang.

Beberapa nama-nama bayi, baik lelaki maupun perempuan di atas semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi. Ingat, berilah nama nan baik-baik buat anak kita, sebab nama ialah doa. Semoga bermanfaat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements