Gejala Diabetes Mellitus

Gejala Diabetes Mellitus

Apakah saja nan termasuk pada klasifikasi diabetes mellitus mungkin tak terlalu diperhatikan oleh para penderita diabetes. Bahkan juga oleh orang awam nan bukan penderita diabetes apalagi. Namun meski anda seorang penderita diabetes atau bukan sekalipun, ada baiknya anda mengenali penyakit diabetes nan dikenal sebagai the silent killer ini.



Mengenali Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus sering juga disebut dengan nama penyakit gula. Hal ini sebab meningkatnya kadar gula darah si pasien penderita diabetes dampak hormon insulin dalam tubuhnya nan tak berfungsi.



Gejala Diabetes Mellitus

Gejala diabetes atau penyakit gula ini terlihat dari sikap penderita nan terlihat seringkali buang air kecil atau kencing. Sehingga penyakit diabetes juga disebut penyakit kencing manis. Gejalanya nan lain ialah dari timbulnya keinginan buat banyak makan sebab merasa sering lapar. Mulut juga rasanya kering dan sering haus sehingga pasien penderita diabetes banyak minum .

Tubuh penderita diabetes juga memperlihatkan reaksi gampang lelah dan seringkali merasa sesak napas . Demikian tanda-tanda awal dari penderita diabetes walau kadang tak banyak orang nan menyadari bahwa diri mereka menderita penyakit diabetes sebelum akhirnya menjadi kronis dan berlarut-larut.



Klasifikasi Diabetes Mellitus

Berikut data klasifikasi diabetes mellitus nan dikeluarkan oleh Serikat Endokrinologi Indonesia atau PERKENI,



  1. Diabetes Mellitus Tipe 1

Adalah jenis penyakit diabetes mellitus nan diakibatkan oleh kerusakan sel penghasil insulin pada pankreas . Kerusakan ini pada umumnya menjurus ke arah kekurangan insulin absolut atau mutlak nan disebabkan oleh idiopatik dan auto imun.



  1. Diabetes Mellitus Tipe 2

Penyakit diabetes mellitus tipe 2 ini penyebabnya tak hanya satu. Salah satunya terutama ialah dampak resistensi insulin yaitu banyaknya jumlah insulin tapi tak bisa berfungsi. Dapat juga sebab kekurangan insulin atau sebab gangguan sekresi atau produksi insulin.



  1. Diabetes Mellitus Gestasional

Diabetes Mellitus Gestasional ini ialah kondisi diabetes nan bersifat temporer atau sementara. Kondisi ini biasanya dialami oleh para wanita nan sedang dalam kondisi kehamilan .



  1. Diabetes Mellitus Tipe Lain

Diabetes Mellitus nan disebabkan oleh bermacam mis defek atau stigma genetik. Seperti stigma genetik fungsi sel pada pankreas, stigma genetik kerja insulin, infeksi, pankreatitis, dan pengaruh obat atau bahan kimia .

advertisements

Tips Sehat

advertisements