Cara Buat Kue Kering Sendiri

Cara Buat Kue Kering Sendiri

Apakah Anda mengetahui cara untuk kue kering ? Kue kering dapat ditemukan dengan mudah setiap menjelang hari raya keagamaan, mulai dari Nastar, Kastengel, Puteri Salju, Lidah Kucing, kue kering kacang, kue kering coklat dan masih banyak lagi variasi kue kering lainnya. Hampir setiap toko menjual toples-toples bening berisi aneka kue kering dengan majemuk rasa dan bentuk.

Belum lagi para pedagang kue kering musiman nan muncul seperti cendawan di musim hujan , mereka berjualan di tepi-tepi jalan atau menawarkan dagangan mereka di rendezvous ibu-ibu. Kue-kue kering memang telah menjadi sajian wajib di meja tamu setiap hari raya keagamaan tiba, baik ketika hari raya Idul Fitri atau di hari Natal. Nah, sesekali ada baiknya Anda membuat sendiri kue-kue kering tersebut.

Mengapa? Sebab sebenarnya cara untuk kue kering tidaklah terlalu rumit. Anda hanya perlu menyisihkan waktu dan kesabaran buat menghasilkan kue kering protesis sendiri nan lezat . Untuk membuat kue kering, pertama-tama perhatikanlah mengenai pemilihan tepung terigu nan digunakan. Langkah ini krusial dilakukan karena tepung terigu memiliki jenis nan beragam.

Pada pembuatan kue kering, pilihlah tepung terigu dengan protein rendah atau soft wheat . Di Indonesia, salah satu merek tepung terigu dengan protein nan rendah ialah merek terigu Kunci Biru . Tepung terigu Kunci Biru memiliki kadar protein maximal 11%. Pastikan pula saat membeli tepung terigu, tepung tersebut tak apek atau berbau.



Cara Buat Kue Kering Sendiri

Nah, bila tepung terigu sebagai komponen primer pembuatan kue kering telah disiapkan, selanjutnya siapkan pula beberapa bahan lainnya sinkron dengan resep. Kali ini kita akan membuat dua kue kering yakni kue kering lidah kucing dengan dua rasa dan kastengel.



Resep Kue Kering 1: Lidah Kucing Dua Rasa

Kue kering lidah kucing ini sangat istimewa. Selain bentuknya nan cantik, rasanya pun tidak kalah lezat sebab memadukan rasa pisang dan rasa coklat . Kue kering ini pun cukup mudah pembuatannya. Berikut bahan-bahan dan langkah-langkah pembuatan selengkapnya.

Bahan-bahan:

  1. tepung terigu protein rendah 135 gram
  2. gula tepung 35 gram
  3. maizena 25 gram
  4. susu bubuk 15 gram
  5. garam 1/4 sendok teh
  6. gula tepung 85 gram
  7. putih telur 5 butir
  8. margarin 185 gram

Sedangkan buat memberi rasa pisang dan coklat pada kue kering lidah kucing ini, gunakan pisang ambon sebanyak 100 gram nan sudah dihaluskan serta cokelat masak pekat 50 gram nan telah diparut halus.

Cara membuat:

adonan pertama

  1. kocok margarin sampai lembut selama kurang lebih 12 menit
  2. tambahkan gula tepung dan pisang lalu aduk merata sampai benar- sahih lembut
  3. masukkan tepung terigu, maizena, dan susu bubuk lalu diaduk hingga rata.
  4. Selanjutnya sisihkan adonan nan pertama ini.

adonan kedua

  1. kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang.
  2. tambahkan gula tepung sedikit demi sedikit.
  3. Saat menambahkan gula tepung, aduk terus adonan hingga mengembang.
  4. masukkan adonan ini ke adonan nan pertama sedikit demi sedikit.

Pastikan Anda mengaduk terus adonan selama proses penggabungan dua adonan ini. Aduk perlahan-lahan saja sampai kedua adonan tercampur rata. Jika sudah, masukkan cokelat nan telah diparut dan aduk kembali hingga rata. Sekarang, kita masuk ke termin pencetakan adonan. Untuk mencetak adonan, siapkanlah kantong plastik segitiga .

Masukkan adonan nan telah selesai dibuat ke dalam kantong adonan. Lalu semprotkan adonan di atas loyang nan telah diolesi dengan margarin sehingga terbentuk pola kue kering lidah kucing. Bila seluruh adonan telah dibentuk, masukkan ke dalam oven dengan barah bawah bersuhu 140 derajat Celsius selama kurang lebih 20 menit.



Resep Kue Kering 2: Kastengel

Di resep nan kedua ini, kita akan membuat kue kering kastengel dengan rasa keju nan kental. Di permukaan kue kering ini, juga ditambahkan parutan keju sehingga rasa kejunya semakin lekat di lidah. Berikut ini bahan-bahan dan cara membuat kastengel nan sederhana dan mudah diikuti.

Bahan-bahan:

  1. Tepung terigu protein sedang 300 gram
  2. baking powder 1/4 sendok teh
  3. garam 1/4 sendok teh
  4. kaldu ayam bubuk 1/4 sendok teh
  5. margarin 250 gram
  6. telur 1 butir
  7. keju cheddar 75 gram nan telah diparut halus

Bahan Olesan:

  1. campurkan 2 kuning telur dengan 1 sendok teh susu cair.

Bahan Taburan:

  1. Untuk bahan taburan di atas kastengel, parut memanjang 100 gram keju cheddar.

Cara membuat:

  1. kocok margarin, garam, dan kaldu ayam bubuk selama kurang lebih 2 menit atau hingga lembut
  2. tambahkan telur dan kocok hingga merata
  3. masukkan keju cheddar parut dan aduk rata kembali
  4. masukan tepung terigu dan baking powder lalu mixer hingga merata

Untuk membentuk kue kering kastengel, ambil adonan sedikit demi sedikit. Lalu bentuk adonan menjadi bentuk lonjong sepanjang kurang lebih 4 cm. Lakukan langkah ini hingga seluruh adonan kue kering terbentuk menjadi bentuk-bentuk kue kering kastengel. Jika sudah, susun di atas loyang nan telah diolesi dengan margarin.

Sebelum memasukkan loyang ke dalam oven, olesi permukaan adonan dengan bahan olesan, lalu taburi dengan sedikit keju nan sudah diparut. Bila sudah, panggang dengan barah bawah bersuhu 140 derajat Celsius selama kurang lebih 25 menit hingga matang.



Tip Seputar Cara Membuat Kue Kering Sendiri

Resep di atas sepertinya cukup memberi citra bahwa cara membuat kue kering tidaklah rumit. Tetapi kadangkala terjadi pula kegagalan dalam proses pembuatan kue kering. Nah, buat menghindari kegagalan dalam pembuatan kue kering, perhatikanlah beberapa tips di bawah ini.

  1. Sebaiknya ayak terlebih dahulu bahan-bahan kering seperti tepung terigu protein rendah, garam, gula tepung, susu bubuk dan maizena, agar semua bahan tersebut tercampur rata dan tak ada bahan-bahan nan menggumpal. Bahan-bahan nan menggumpal akan membuat adonan tak sempurna.
  1. Bila di dalam resep kue kering terdapat margarin, hindari mengocok margarin dan gula terlalu lama. Aduk saja seperlunya asalkan kedua bahan tersebut tercampur rata. Sebab pada kue kering, margarine dan gula nan dikocok terlalu lama akan membuat kue kering menjadi lebar. Tentu saja dispensasi bila pada resep, Anda memang diminta mengocok margarin dan gula dalam waktu nan lama.
  1. Untuk loyang nan digunakan memanggang kue kering, pastikan Anda telah mengolesi permukaan loyang dengan margarin secara merata. Setelah itu taburi permukaan loyang dengan tepung terigu tipis-tipis. Langkah ini dilakukan agar tekstur kue kering tak terpengaruh oleh adanya margarin di permukaan loyang.
  1. Saat memanggang kue kering, pastikan Anda memutar arah loyang agar seluruh bagian loyang terkena panas secara sempurna.
  1. Bila kue kering telah matang, hindari menumpuk-numpuk kue kering nan masih panas karena tindakan ini akan membuat kue kering jadi tidak renyah.

Nah, berbekal resep kue kering sederhana dan cara untuk kue kering serta tips di atas, kini Anda dapat membuat kue kering sendiri. Anda dapat membuat kue kering kapan saja, tanpa harus menunggu hari raya tiba. Kue kering tidak hanya cocok disajikan di hari raya saja, tetapi juga cocok disajikan di sore hari buat menemani acara minum teh keluarga. Selamat mencoba!

advertisements

Tips Sehat

advertisements