Kebutuhan Kalori

Kebutuhan Kalori

Tercapainya berat badan nan ideal bukan hanya bermanfaat secara keindahan tetapi juga berdampak pada kesehatan. Banyak tipe diet ditawarkan misalnya diet atkins, diet mayo, food combining, diet golongan darah ataupun detoksifikasi, tetapi belum tentu memberikan hasil seperti nan diharap.

Kunci Sukses Diet terletak pada pengetahuan nan berada pada diri dieter atau orang nan melakukan diet. Pengetahuan ini nan kemudian harus dihayati dan diaplikasikan dengan sungguh-sungguh ketika melakukan diet.

Jenis pengetahuan nan mendukung suksesnya diet antara lain:



Body Mass Index atau Indeks Massa Tubuh (IMT)

Seseorang harus mengetahui indeks massa tubuhnya apakah berada pada kisaran underweight, normal, overweight, obese dan over obese. IMT dihitung dengan rumus berat badan dalam kilogram dibagi dengan kuadrat dari tinggi badan dalam meter. Kisaran IMT nan normal antara 18,5-25. Seseorang dengan berat badan 50 kg dengan tinggi 1,5 m akan mempunyai IMT = 22,22 nan masuk dalam kisaran normal. Dengan IMT nan normal risiko terkena penyakit degeneratif juga akan semakin kecil.



Kebutuhan Kalori

Kebutuhan kalori salah satunya ditentukan oleh berat badan. Untuk seorang wanita kebutuhan kalori dasar atau basal sekitar 25 kalori per kg berat badan sedangkan buat pria 30 kalori per kg berat badan. Misalkan berat badan seorang wanita ialah 50 kg, maka kebutuhan kalori dasar ialah 50 kg x 25 kal/kg yaitu sebesar 1250 kalori.

Jika melakukan aktivitas ringan maka faktor pengali ialah 1,5, bila melakukan aktivitas sedang faktor pengalinya 1,8, sedangkan bila melakukan aktivitas berat faktor pengali ialah 2. Misalkan wanita dengan kebutuhan kalori dasar seperti nan telah disebutkan sebelumnya sebesar 1250 kalori melakukan aktivitas ringan maka kebutuhan kalori totalnya sebesar 1875 kalori.



Jumlah Berat Badan nan Ingin Dikurangi

Setelah mengetahui apakah nilai IMT dan kebutuhan kalori total, maka bisa ditentukan jumlah kalori harus dikurangi buat mencapai berat badan ideal. Misalkan, wanita dengan berat badan 50 kg tadi ingin mencapai berat badan 45 kg, artinya harus mengurangi 5 kg.

Secara generik bisa digunakan hitungan ekivalensi 3500 kalori setara dengan 0,5 kg. Ini berarti bila wanita tersebut mengurangi asupan kalori sebesar 500 setiap harinya, dalam satu minggu ia akan kehilangan berat badan 0,5 kg. Untuk mencapai penurunan 5 kg diperlukan waktu 10 minggu atau 2,5 bulan.

Pengurangan kalori dapat dari pengurangan asupan makanan atau menambah aktivitas fisik nan membakar kalori.



Jenis Diet nan Sesuai

Tidak setiap tipe diet sinkron buat seseorang. Dieter harus memilih jenis diet nan paling sinkron dengan dirinya berdasarkan pertimbangan fisiologis dan psikologis. Seseorang nan mempunyai permasalahan dengan ginjal sangat tak disarankan buat melakukan diet tinggi protein sebab akan semakin membebani ginjal.



Aktivitas Fisik Mutlak

Berhentilah teriming-imingi dengan tawaran diet tanpa olahraga atau aktivitas fisik. Diet aktivitas fisik hanya akan sukses dalam jangka pendek. Aktivitas fisik akan bermanfaat buat menambah massa otot nan membakar kalori lebih banyak selain buat menambah imbas kardio buat kesehatan jantung. Carilah informasi kebutuhan kalori bermacam aktivitas fisik sehingga Anda bisa memilih aktivitas nan sesuai



Metabolisme dan Usia

Di atas usia 30 tahun metabolism akan melambat sebesar kurang lebih 10% per pertambahan 10 tahun umur. Seseorang nan ingin tetap berada dalam berat badan ideal harus mengurangi asupan kalori 10% dari kebutuhan energi totalnya. Misalnya wanita nan kebutuhan energinya 1875 kalori, di atas usia 30 tahun harus mengurangi kebutuhan kalori menjadi sebesar 1687,5 kalori. Pada usia 40 tahun menjadi 1500 kalori.



Tips Diet Sederhana

Sebentuk planning diet nan sederhana terdiri dari semua nan di butuhkan dalam Singkatnya, menjadi takaran harian dalam pemenuhan nutrisi - vitamin, mineral, omega 3 dan 6 asam lemak dan serat. Buatlah daftar semua makanan nan kaya akan unsur-unsur dan biasakan buat membeli di toko-toko makanan organik buat membuat sebagian besar dari makanan begitu bebas alami dari zat kimia berbahaya.

Berikut ialah bagaimana Anda dapat memulai sesuatu nan dinamakan semangat merubah diri di antaranya :



1. Selalu dekat dengan Air

Selalu punya keinginan buat minum air dan selalu menghindari koloid campuran seperti jus. Tujuan dari air minum ialah buat membersihkan racun dalam tubuh nan menumpuk dari waktu ke waktu dan perlu memerah keluar bersama dengan limbah tubuh kita. Ini membantu tubuh juga menyingkirkan kelebihan dibangun air dalam jaringan, menghilangkan masalah seperti retensi air dan kembung.

Minum minimal 8 gelas air putih setiap hari dan menggunakannya sebagai salah satu pilihan nomor satu buat memuaskan dahaga. Hal ini bisa membunuh rasa lapar dan membantu Anda tetap kenyang tanpa perlu menjangkau buat makanan ringan. Minum segelas air 10 menit sebelum makan sehari-hari dan perhatikan bagaimana Anda dengan mudah mengurangi asupan kalori Anda.



2. Makan Porsi Terpisah

Dianjurkan buat makan dengan porsi nan terpisah dari makanan dalam satu hari, nan bertentangan dengan diet makan tiga. Dua jam setelah sarapan dan dua jam sebelum makan siang, kudapan tetap di tangan seperti mangkuk kecil kacang atau semangkuk buah.

Jangan menumpuk pada makanan ringan asin atau apa pun dengan gula. Gula dan garam harus dikonsumsi dalam takaran nan sangat kecil, dan tak dalam jumlah besar sebab gula memperlambat sistem kekebalan tubuh seseorang dan garam (gunakan sangat sedikit saat memasak dan sebaliknya) menyebabkan air menumpuk di tubuh.



3. Makanan Kaya Serat

Buah-buahan dan sayuran ialah sumber terbesar dari serat. Buatlah setidaknya satu kali makan dari sayuran / hari dan lakukan dengan tekun.



4. Daging

Anda harus berhati-hati ialah kambing, sapi, babi dan kerbau. Mereka berisi lemak padatan nan tinggi dan bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan nan berkaitan dengan jantung Anda dan tak akan meninggalkan Anda bahagia dengan pinggang meningkat. Beralih ke daging pilihan sehat seperti makanan bahari nan merupakan sumber besar protein, asam lemak omega dan nutrisi lainnya, bersama dengan ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak (untuk pecinta daging sapi) dan kalkun.



5. Makanan Sampah

Musuh Anda ialah junk food dalam segala bentuknya nan berminyak, lemak dan gula nan ditunggangi. Lupakan tentang makan makanan ini berkalori kosong, sebab mereka tak melakukan apa pun buat tubuh Anda selain menambah beban.

Jus buah dalam kemasan nan tak ketat 100% segar, donat, kue, kue, siap buat makan makanan ringan, wafer kentang, makanan microwave instan, burger, dan sebagainya merupakan alternatif makanan cepat saji nan tak akan membantu Anda sama sekali.



6. Pentingnya Tidur

Delapan jam sehari tidur sangat penting, buat bisa merevitalisasi tubuh Anda dan reboot sistem anda buat mengambil kegiatan hari ketika Anda terjaga. Tanpa tidur nan cukup Anda menempatkan kesehatan Anda dalam masalah sebab Norma jelek Anda tidur terlambat.

Dapatkan tidur berkualitas di awal malam sehingga Anda timbul sehat dan tak terasa lelah sebelum hari Anda dimulai. Tidur dua-tiga jam setelah makan malam terakhir buat menghindari kembung.

Tips diet sederhana di atas harus bisa merevolusi kesehatan dan tampilan luar tubuh Anda dalam hitungan minggu, dan menjadi kunci berhasil diet.

Dibutuhkan banyak pada tekad Anda buat bisa sekedar jauh jauh dari godaan makanan dan Anda perlu bertanya pada diri sendiri serius tak nih dengan diet?

advertisements

Tips Sehat

advertisements